Penanganan Yorkshire Macet

cari YS macet ring ’08 hrg 1 jt – 1,25 jt n ring 0’9 hrg 1,25 jt – 1,5 jt, kl ada call 0817380088, tk’s

Itulah komentar om Donny seorang pakar kenari dari Malang yang sekarang tinggal di didaerah Serpong Tangerang (maaf kalau salah om hehe…) di blog saya. Anda bisa bayangkan harga Yorkshire (selanjutnya saya singkat YS) lagi macet saja diatas 1 juta bagaimana kalau dalam kondisi optimal (dalam artian sehat dan rajin bunyi)… harganya bisa diatas 2 jutaan, sebuah harga yang menurut saya cukup fantastis buat seekor burung sebesar burung kutilang… makanya sampai saat ini belum ada yang jualan Yorkshire mateng karena mentahnya saja mahal hehe…..

Memang merawat YS itu susah yach om sampai ada YS macet segala, kok saya jadi serem belinya… awalnya tahun ini saya berencana membeli YS buat diternak, setelah baca komentar om Donny saya jadi mikir lagi mau beli YS… itulah email yang saya dapat dari salah satu pengunjung setia blog burungkenari.wordpress.com ……

Bagi kenarimania memelihara dan beternak Yorkshire merupakan suatu kebanggan tersendiri terutama jika berhasil ternak YS…. ”Saya beli YS karena napsu aja om sudah tidak memakai akal sehat lagi habis saya penasaran belum pernah berhasil ternak YS ”…. sebuah ungkapan dari salah satu kenarimania ketika saya ngobrol dengan beliau…. Kalau saya kutip seluruh celoteh temen-temen kenarimania saya rasa tulisan ini akan panjang…. jadi saya kutip beberapa saja mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran kita bersama…..

Sekarang siapa sich yang tidak kecantol dengan Yorkshire ??… body besar dan tinggi proporsional, kalau berkicau anggun diam di tempat dan yang utama suaranya berwibawa dan berbobot…. halah… ini sich penilai saya secara subjectif, mungkin buat yang lain sich biasa-biasa saja hehe…. Dengan keunggulan yang begitu banyak akibatnya menjadi kenari Favorite kenarimania, tetapi disamping banyak kelebihan ada juga kekurangannya yang harus hobis ketahui.

Yorkshire merupakan kenari hasil pemuliaan genetika dimana untuk menghasilkan bentuk badan seperti sekarang telah mengalami beberapa proses genetika dari seratus tahun yang lalu, akibatnya Yorkshire membutuhkan penangan yang agak rumit karena untuk meningkatkan gen tertentu akan menghilangkan gen yang lainnya. Akibatnya kita sebagai hobis harus tahu betul cara perawatan YS secara optimal, ada beberapa faktor penunjang keberhasilan perawatan YS.

Faktor Pakan

Badan YS termasuk bongsor akibatnya membutuhkan pakan, nutrisi dan gizi yang lebih banyak dari pada kenari umumnya. Pakan yang diberikan tidak hanya biji-bijian tetapi harus di tunjung dengan sumber nutrisi lainnya seperti telor, multivitamin dan faktor pendukung lainnya…. Lingkungan hidup YS sangat terbatas (dalam sangkar) YS hanya makan-makanan yang diberikan oleh kita, mereka tidak bisa memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan YS pada saat itu. Jika kita tidak mengetahui kebutuhan gizi YS akibatnya YS akan mengalami kekurangan gizi. Dengan kekurangan gizi YS tidak bisa hidup optimal jangankan tenaga untuk berkicau untuk mempertahankan kondisi tubuh saja sulit akibatnya kondisi YS memprihatinkan sering sakit-sakitan, tidak mau berkicau (macet) atau mabung seumur hidup (hobis biasanya menyebut nyulam)…

Faktor Perawatan

Sebagian hobis dalam memelihara/merawat YS masih berpatokan pada pemeliharaan kenari secara umum… kadang-kadang mengikuti pola perawatan kenari lomba dengan harapan bisa menambah optimal kondisi YS, YS dijemur beberapa jam dan ditempatkan di tempat terbuka yang kadang-kadang tertiup angin kencang… YS termasuk burung impor kenari jenis ini tidak tahan panas jika di jemur lebih dari 1 jam akibatnya bukan bagus malah membuat fisiknya drop dan stress. Untuk penjemuran cukup 30 menit pada saat matahari terbit (sekitar jam 7 pagi pada saat udara cerah). YS jangan sekali-kali di mandikan dengan cara disemprot seluruh badannya…. YS termasuk burung yang mempunyai bulu tebal jika dimandikan dengan cara di semprot akibatnya bulu lama kering. Dengan bulu tebal membutuhkan waktu penjemuran lebih lama sedangkan YS tidak tahan panas matahari… jika sebelum kering betul sudah diangkat bisa masuk angin….

Itulah sekelumit pengalaman saya dalam memelihara Yorshire… ketika kita berhasil merawat Yorkshire secara optimal capek dan lelah dalam merawat YS akan terbayarkan dengan mendengarkan suaranya maupun bisa pamer ke temen-temen hehe…. Mohon maaf kalau kurang berkenan

 —===ooo000)fina bird shop(000ooo===—

40 Responses to “Penanganan Yorkshire Macet”


  1. 1 kasyful 19 September 2013 at 3:17 am

    Assalamu’alaikum..setelah baca di blog, kok saya tertarik untuk ternak yorkshire lebih menantang he..he..kalo di daerah sidoarjo (yg dekat sda) dimana untuk mendaapatkannya ya..maklum pemula takut ketipu ntar kalo beli di pasar burung..kalau untuk yang bakalan harga berapa ya..trim’s

  2. 2 Yezky Wae Lah 10 January 2013 at 11:21 am

    mantap om..thank’s bisa buat pembelajaran ini…hehehe

  3. 3 suta 11 August 2012 at 6:34 am

    om sofyan makanan yang baik buat YS yang lagi mabung apa ya om…..? pemula om tapi nekad beli YS mabung….. mohon pencerahannya….. sebelumnya ksuwun….

  4. 4 herman 3 April 2012 at 6:38 am

    om saya mau beli kenari ys jantan yang ngisi yang sudah diternakkan, berapa harganya dan dimana? saya digarut no hp 085223851975

    Informasi terakhir YS yang sudah terbukti ngisi harganya sekitar 7 jutaan/ekor, wassalam

  5. 5 Agung Putra 13 October 2011 at 4:57 am

    salam kenal om, aq mw cri kenari F1 pa F2 yang betina kira2 beli dmn y om? mw cba2 ternak om?

    thank…..

    ayo temen2 yang punya F1 atau F2 hubungi om Agung, mudah2an bisa membantu beliau

    wassalam

  6. 6 Barran Hamiman 24 February 2011 at 4:27 pm

    ada yg mo jual YS macet ? he he he…

  7. 7 deni 2 February 2011 at 4:37 am

    om om sekalian saya mau beli KENARI Y F1 JANTAN dan BETINA kemana saya harus beli “di JAKARTA”, trus harga sekarang berapa yang jantan dan betina berapa? saya mau datang langsung ke peternak kenari, ga mau di pasar burung. Mohon infonya yah saya mau kasih hadiah buat Bapak saya sepasang Yorkshire. Mungkin om sofyan bisa? Terima Kasih

  8. 8 naryo 1 November 2010 at 8:11 am

    Salam kenal boss
    gara gara keisengan sering buka blok kenari mania pada saat jam istirahat kantor… saya jadi suka burung kenari
    baru 2 bulan ini saya piara 9 ekor anakan kenari F1YS…
    tiap hari saya sempatkan nengok blok kenari mania biar tambah ilmu dalam dunia perburungan……
    blok kenari mania sungguh bermanfaat buat saya
    matur nuwun … naryo garuda solo

    Senang kalau om Naryo merasakan manfaat dari blog ini, mantap om baru suka 2 bulan sudah punya F1YS 9 ekor… saya tidak terbayang kalau setelah 1 tahun bisa berpuluh ekor hehe…. selamat datang di dunia kenarimania om…

    salam

  9. 9 dendy 5 October 2010 at 8:43 am

    Berarti saya beli YS kondisi macet 2,5jt mahal bangets ya???

    mahal atau tidaknya relatif om.. nanti kalau saya bilang mahal yang jualnya marah hehe…. disini faktor utama yang perlu diperhatikan kesehatan YS-nya sendiri, kalau YS-nya sehat insya Allah akan bunyi yang penting perawatannya pada saat mabung bagus…. semoga mabungnya cepat selesai om

    salam

  10. 11 Wahyu Purwadi 12 August 2010 at 6:43 am

    Om Sofyan, bisa dibantu untuk harga YS brp ? Kalau mau ternak harus disilang dengan betina Import atau F1 ?
    Terima kasih. Jakartanya dimn ? Biar bisa main sambil belajar.

    Om Wahyu, kalau menurut informasi dari om Yunior harga YS jantan sekitar 2 juta katanya sudah gacor, betinanya sekitar 1,75 jt… kalau menurut saya harga segitu wajar apalagi sudah bunyi, kalau ternyata tidak bunyi (gacor) balikin aja om hehe….ternak kenari tujuannya hasil ternak bisa dijual, yang menjadi pertanyaan hobis kenari disekitar om senangnya sama kenari apa. Kadang-kadang orang merasa kemahalan untuk membeli kenari hasil silangan impor… demikian

    salam

    • 12 yunior 6 October 2010 at 2:37 am

      siap om …kalau gk gacor dipulangkan kembali he..he

      • 13 Prasetyo arifin 21 October 2010 at 2:32 pm

        maaf om salam kenal sebelumnya..no. telp berapa? alamat dimana ya om yunior itu…..

        makasih sebelumnya sukses selalu buat bapak & kita semua

      • 14 ade irwan 28 November 2012 at 3:49 pm

        salam kenal om yunior., saya irwan.
        kalo sekarang harga ys berapa om?
        saya mau om

    • 15 ade irwan 28 November 2012 at 3:47 pm

      salam kenal om sofyan,
      saya irwan om, kalo ys harga 2jutaan saya mau om

      Ada om YS harga 2 jutaan cuman dalam kondisi sakit parah, mauuuu ? hehe… maaf becanda om, sebagai informasi harga YS saat ini sekitar 4,5 jutaan…

  11. 16 Anda 3 June 2010 at 9:51 am

    Terima kasih byk pak…sukses utk bpk dan keluarga.

  12. 17 Anda 3 June 2010 at 5:35 am

    mhn mf sebelumnya pak , maklum pemula, Indukan KN yg bagus ciri2 nya boleh minta info pak?

  13. 19 Anda 3 June 2010 at 2:11 am

    Pak, dmn sy bs memperoleh Kenari siap produksi ? dan bgm kt mengetahui/membedakan kenari lokal dan super lokal? sy domisili jkt pak…makasih sebelumnya.

    • 20 ahmad sofyan 3 June 2010 at 3:46 am

      Kalau mau cepet dapat indukan siap ternak datang ke pasar burung Pramuka aja om… perbedaan kenari lokal dan lokal super itu hanya penamaan saja om … biasa orang dagang suka nambah-nambahin saja biar dagangannya laku hehe… akibatnya awam tambah pusing hehe…. kenapa saya menyuruh mencari kenari ke pasar burung agar kita tidak terikat sama seorang peternak atau seorang pedagang…. yang perlu di tingkatkan adalah pengetahuan kita mengenai kenari… saya rasa kalau om rajin baca di blog ini tidak akan tertipu. hehe… selamat hunting kenari om….

      salam

    • 21 yunior 4 June 2010 at 3:11 am

      ya om semoga anda gk tertipu..oh ya hati2 ma calo di pasar pramuka banyak euy sebanyak burungnya..menurut saya supaya orang cepat pinter itu banyak membaca, bertanya dan pengalaman he..he maaf kalau salah

  14. 22 imam setiawan 1 June 2010 at 9:47 am

    salam kenal om..
    blognya bagus om..
    ikut belajar tentang kenari boleh yach om…

    • 23 ahmad sofyan 2 June 2010 at 2:25 am

      terimakasih atas atensinya om… silahkan kalau ingin baca-baca tulisan yang lainnya semoga bisa menambah semangat dalam menggauli kenari….

      salam

  15. 24 Hary Key 27 May 2010 at 3:21 am

    saya bukan dukung lagi… saya gendong Om Sofyan. Hehehehe.

  16. 27 yunior 26 May 2010 at 2:59 am

    ane dukung juga deh he..he

  17. 31 Bp Prayogo 25 May 2010 at 3:48 pm

    salam kenal om Sofyan, saya dulu pernah sms jenengan..hehe. Saya dukung blognya om…Good luck

    salam kenari mania

  18. 33 donny malang 25 May 2010 at 10:38 am

    ulasannya bagus pak sofyan, bagi yg mau coba tdk perlu serem, seharusnya malah senang kan disini ada pak sofyan dll, cuma kl beli YS gara2 nafsu aja itu yg serem hehehe.., saya disini cari YS macet untuk kasih solusi buat peternak jadi saling mengisi, kl peternak YS bisa produk kan bisa buat isi dompet hehe…
    salam

    • 34 sofyan 26 May 2010 at 12:10 am

      Siap om Donny… saya senang om Donny berkenan berinteraksi dengan blog saya, mudah2an suatu saat om berkenan membuat tulisan yang lebih berbobot sehingga menambah khazanah per-Yorkshire-an …. semoga usaha memajukan peternak YS bisa sukses om…

      salam

  19. 35 Ram 25 May 2010 at 8:59 am

    Waduh syg bgt om..
    Semut mlh yg mkn daging ys..
    Coba 1.25 dibeliin kambing om kenyang dach hehe…

  20. 36 irfan 24 May 2010 at 9:13 am

    Om Sofyan…

    itu YS yang digambar, punya Om Sofyan sendiri? mantab bener Om…
    kalo boleh tau, ngadopsi dari mana n dengan mahar berapa Om?

    Tks

    Salam.

    • 37 sofyan 24 May 2010 at 11:56 pm

      iya om, YS saya … cuman sekarang sudah RIP jadi santapan semut kalau ngga salah dulu saya pernah cerita YS mati dikerubungin semut …. dibeli dari importir awal tahun 2008, kalau yang ini sich harganya ngga setinggi jaman sekarang cuman 1,25 juta….

      salam

  21. 38 redmoz 24 May 2010 at 7:13 am

    mantabb om…benull om ehh betul…stelah hampir 2.5 bulan ngurusin ys sy yg sedng mabung..alhamdulillah..sudah smakin gacor n smakin kenceng suaranya..walau msh ada bulu halus yg jatoh…msh harus sabar sampe dia siap naek sarang…hehehe bidadarinya yg sudah pada ga sabar boz…coz doi khan poligami, punya 2 bidadari..heheheeh…thanks om…thanks jg wat om yunior


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


