Kabar Blog Burungkenari

Tak terasa hampir 2 minggu blog terbengkalai, ada beberapa kegiatan yang membuat blog ini terbengkalai karena kesibukan di tempat bekerja, persiapan si sulung masuk SMP dan yang cukup banyak menyita waktu persiapan syukuran khitanan anak. Pokoknya akhir bulan ini padat merayap hehe….. Mudah-mudahan kita semua diberi keluasan waktu dan kemudahan dalam mengembangkan potensi diri….

Pada milad pertama blog burungkenari alhamdulillah dapat masukan dari suhu maya saya Pak Yodhia… beliau menyarankan untuk merubah background menjadi warna putih dan fokus membahas mengenai isu burung kenari,  insya Allah semua saran beliau akan dilaksanakan… Perlu rekan-rekan ketahui yang membuat blog ini beda dengan blog lainnya (terutama yang membahas dunia hobi) adalah karena saya rajin mengikuti perkembangan blog  http://strategimanajemen.net  walaupun masih banyak blog favorite yang sering saya kunjungi tetapi yang teratur saya kunjung blog ini…..

Sebagai pengasuh blog saya harus banyak membaca tabloid, majalah maupun searching di mbah Google mengenai dunia kenari untuk memperkaya ilmu. Mudah-mudahan dengan banyak membaca tulisan yang saya sampaikan bisa beragam dan up to date…. Sehingga rekan-rekan bisa mengupdate terus pengetahuan mengenai perkenarian. Saya menyadari masih perlu banyak belajar dan update ilmu mengenai perkenarian….

Mengamati perkembangan blog burungkenari membuat hati ini senang sekaligus takut, senang karena saya merasa bahwa blog ini bisa diterima rekan-rekan satu hobi dan yang membuat takut adalah semakin banyak pengunjung semakin beragam keinginan, semakin banyak pertanyaan dan harapan semakin beragam…. Semua ini perlu penanganan dengan baik dan menyenangkan bagi semua-nya. Mohon maaf akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang belum saya jawab karena keterbatasan waktu dan banyak pertanyaan yang mirip-mirip. Mulai saat ini saya mohon bagi rekan-rekan yang ingin bertanya lebih baik baca-baca dulu tulisan saya yang terdahulu berikut komentarnya…. Insya Allah saya akan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dasar yang rekan-rekan tulis di komentar, mudah-mudahan dengan adanya halaman FAQ (Frequently Asked Questions) bisa membantu rekan-rekan pemula yang ingin belajar ternak kenari….

Demikian kabar dari dapur blog https://burungkenari.wordpress.com semoga rekan-rekan tidak bosan untuk membaca artikel-artikel yang saya buat……

 —===ooo000)Fina Bird Shop(000ooo===—

44 Responses to “Kabar Blog Burungkenari”


  1. 1 faiq saban 25 September 2011 at 6:51 am

    salam kenal om.saya baru beli brung kenari tp mabungdditambah kepala saat ini botak licin kira2 bisa kepalanya supaya tumbuh lg,kasian om padahal burungnya gacor tp kepala pelontos.thx om.

    Kepala plontos bukan akibat mabung om, bisa diakibatkan oleh ada kutu atau terlalu diporsir kawin…. coba diberi white germ oil, kalau tidak ada bisa diberi pakan yang ada campuran wheat germ oil. Yang saya tahu pakan yang dicampur wheat germ oil.

    wassalam

  2. 2 HANDI 9 February 2011 at 6:41 am

    Salam kenal buat Om Sopyan, juga seluruh penggemar burung kicauan (terutama kenari).
    Om, saya mau tanya nih!
    Kebetulan belakangan ini saya lagi seneng-senengnya memelihara burung kenari. Ternyata setelah saya telusuri, banyak istilah-istilah yang justru bikin saya jadi bingung. Contohnya F1, F2, F3, AF, WS, Fusan dan masih banyak lagi istilah lainnya.
    Yang ingin saya tanyakan apa sih pengertian dari istilah-istilah tersebut, dan bagaimana cara membedakannya?
    Soalnya banyak penjual yang menawarkan jenis-jenis tersebut, takut kejeblos saya harus tahu dulu specifikasinya.
    Terima kasih.

    Jangankan om saya juga bingung hehe…. saat ini istilah F1, F2 dan F-Fan lainnya jadi membingungkan karena tidak ada aturan baku… kalau ingin beli F1, F2 dan F lainnya lebih baik ke penjual yang sudah dikenal biar aman… klo WS dan Fusan jenis kenari impor. Kalau om tinggaal didaerah Jabotabek coba datang pada kegiatan Kopi Darat Paguyuban Burung Kenari Indonesia….

    Wassalam

  3. 3 pat 1 August 2010 at 5:20 am

    om,sy mo tny klo kenari tiba2 ga bunyi d sebabkan apa om? gejalanya kmrn suaranya serak,kemudian lama2 ilang ga ada suaranya,apa krn msk angn,kmrn dah sy ksh kencur,larutan penyegar jg udah tp kayaknya ga ada pengaruhnya

    bisa saja masuk angin om pengobatannya tidak bisa instan om harus sabar karena penyembuhannya lama coba diberi daun mengkudu 1 lembar setiap hari, pagi hari dijemur sekitar 30 menit dan sorenya di krodong. Jangan lupa makanan & minuman di hanti setiap hari karena bisa saja penyakit pernapasan ini akibat dari makan makanan atau minuman kotor… demikian..

  4. 4 Ferry 23 July 2010 at 7:10 am

    Terima kasih om sofyan atas masukan nya tapi nutrisi vitamin apa yg baik digunakan jika ys lagi mabung om..!!
    Mohon petunjuknya om..!!

  5. 5 Ferry 22 July 2010 at 4:06 am

    Om sofyan saya mau tanya berapa lama yach..!! Kalo ys itu mabung alias rontok tolong dong penjelasan nya karna saya punya udah rapih rontok lagi..!!
    Terima kasih
    Dari ferry

    • 6 ahmad sofyan 23 July 2010 at 1:17 am

      lama mabung tergantung pada perawatan saat mabung itu sendiri, kalau perawatannya kurang mabungnya akan lama bahkan bisa mabung seumur hidup, biasanya pada saat mabung membutuhkan nutrisi yang cukup tinggi… jadi rawatlah dengan benar pada saat mabung… demikian om semoga membantu

      salam

  6. 7 Ferry 22 July 2010 at 3:56 am

    Salam kenal dari ferry buat para mania kenari dan spesial buat 0m sofyan

  7. 8 ahmad sofyan 16 July 2010 at 2:57 am

    Alhamdulillah turut senang om…. wah om Fadly bisa aja kenari titipan wong tukeran sama kertas warna merah jambu hehe….jangan bilang titipan dari saya om nanti banyak SMS yang minta kenari ke saya hehe…. ini bener2 kejadian… saya sering mendapat SMS yang minta hibahan kenari dari saya hehe… sukses selalu om, semoga kenarinya berkah kalau ada masalah sms aja insya Allah klo bisa saya sharing ….

    salam
    sofyan

    • 9 Fadly 16 July 2010 at 4:11 am

      titipan sama hibah khan beda om, klo titipan om nitip KN, saya nitip RP ……ha ha ha ha….. yg dari om sofyan yg jantan krn KN yg satu sepertinya jantan juga dan sudah tinggal nama….

  8. 10 cahaya 14 July 2010 at 1:29 pm

    ooo gt ya om,,lucu jg tuh arti bodol dr om jun asal jgn bodong aja ya om…lam knl om jun

  9. 11 cahaya 14 July 2010 at 1:21 pm

    oo gitu ya om berarti ga mslh,om jun jg lucu tuh ngartiin bodol asal jgn bodong aja…lam knl om jun,maaf kmrn k tdran om jd ga smpt bls! om klo ada ys bahan yg murh kbrn ya…

  10. 13 ahmad sofyan 14 July 2010 at 8:28 am

    ohh bodol itu botak yach om..?? hehe… maaf perbendaharaan kata saya sedikit hehe…. biasanya kenari kawin bukan di kepalanya yach ..?? hehe… saya rasa tidak pengaruh lah om selama botaknya bukan karena mabung… biasanya induk betina jika diporsir (diternak terus menerus tanpa istirahat) bulu sekitar kepala atau leher rontok… nanti setelah anaknya besar diistirahatkan sebentar, diberi multivitamin dan EF… demikian semoga membantu

    salam
    sofyan

    • 14 Fadly 16 July 2010 at 1:25 am

      Alhamdullilah , kenari titipan dari om Sofyan sudah menghasilkan, tadi pagi sudah ada yg netas……..mohon arahannya……

  11. 15 ahmad sofyan 14 July 2010 at 12:13 am

    om Cahaya maaf bodol itu maksudnya apa yach …?? maaf kuper hehe….

    salam
    sofyan

  12. 18 cahaya 13 July 2010 at 3:44 pm

    om…klo kenari betinanya bodol tp dah d kwn kira2 bìsa jd ga,mslhnya pas kmrn secara sengaja saya mskn betina yg bodol k dlm kandng jantanya buat mancing biar gacor lg eee mlh d kwn ama jntnya skrg dah bunderin sarangnya

  13. 19 cahaya 12 July 2010 at 4:55 pm

    om sy junior ttg kenari,kmrn pg kenari af sy yg br mengeram d embat tikus pusing deh om! pdhl dah 1 mggu lbh,sy sng dgn blog ini,slm knl bwt cmuanya…mg bs bermanfaat bwt junior spt sy

    • 20 ahmad sofyan 13 July 2010 at 3:54 am

      turut prihatin om… disini juga ada yunior yang sudah jago ternak dan jualan kenari om hehe….kalau masalah kenari di embat tikus sich tidak hanya menimpa pemula yang sudah bongkotan saja kenarinya bisa di embat tikus om hehe… (maaf becanda…)… tetap semangat om semoga bisa cepat dapat penggantinya…

      salam
      sofyan

  14. 21 Dedrix 8 July 2010 at 4:17 pm

    Salam kenal om sofyan…..mau cari ilmu tentang merawat burung kenari nih, bagi2 ya ilmunya

  15. 23 yunior 6 July 2010 at 4:21 am

    mantap..mantap he..he

  16. 24 sofyan 5 July 2010 at 12:54 am

    Waalaikumsalam,
    Pak Sukendra… biar tidak stagnan harus ada peningkatan dari ternak kenari lokal ke kenari impor atau 1 tingkat diatasnya hehe…, ciri-ciri F1YS susah neranginnya Pak yang penting ada kemiripan dengan YS, body besar tetapi tidak sebesar YS, badan besar keatas seperti wortel terbalik. Bapak bisa lihat foto disini https://burungkenari.wordpress.com/2009/09/03/tambah-amunisi , semoga bisa membantu … mengenai permintaan Yorkshire masih tetap tinggi… keunggulan YS ini susah diternak jadi harganya stabil…

    salam
    sofyan

  17. 25 prie23 numpang mampir 4 July 2010 at 1:09 pm

    selamat bersabar aja buat smua sesama penghobi kenari yang sedang dirundung duka karena terjadi sesuatu pada kenarinya (ada yang hilang,ada yg mati,ada yg sakit,ada yg loyo,ada yg macet bunyi,dll). bumbu kehidupan memang sering tak terduga kapan datangnya dan apa bentuknya. tapi yakinlah ditengah kesulitan pasti ada kemudahan.
    tetap semangat…
    chayoo…

  18. 26 prie23 numpang mampir 4 July 2010 at 12:40 pm

    turut prihatin juga buat om (wongbedjo). emang kadang bumbu hidup itu seringkali gak terduga. dulu juga saya pernah kehilangan kenari sampai 8 ekor sekaligus, tapi krn mati tinggal moedik. pdhl kalau dijual trus duitnya di beliin cendol, wah bisa dipake berenang tuh… hehehe…. ikhlasin aja om, sy doain biar rejeki tambah lancar biar bisa beli kenari yang baru lagi.

  19. 27 Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen 3 July 2010 at 11:08 am

    Great blog. Great design. Simple dan fokus……

    Mudah-mudahan blog ini suatu saat menjadi kiblat dan rujukan utama bagi para penggemar burung kenari seIndonesia…..

  20. 29 g sukendra 3 July 2010 at 10:50 am

    Assalamualikum wr wb

    Apa kabar pak sofyan, pak saya mau nanya, kalau ingin bagaimana ciri-ciri burung kenari jika dikatakan F1YS? saya kok tertarik untuk mencoba untuk beternak. Saya ingat saran pak Sofyan supaya saya beternak kenari yang bagus? Berapa kisaran harga untuk kenari F1YS betina dan jantan? dan bagaimana permintaan terhadap burung YS saat ini apakah permintaannya juga banyak?
    Terima kasih atas jawabannya pak.

  21. 30 arif pintoko 2 July 2010 at 3:29 am

    kira2 adanya kapan? trus perkiraan harganya brapaan pak? bisa hubungi saya di no 0856 164 8709.

    • 31 ahmad sofyan 2 July 2010 at 4:32 am

      Ada temen yang mau lepas F1YS usia 2 bulan harganya Rp. 700.000,- kalau menurut saya dengan umur masih muda harganya terlalu tinggi, tetapi terserah om kalau memang mau diambil nanti saya hubungi orangnya… kalau om pingin harga yang kompetitif harus sabar… sekarang nyari F1YS istimewa (kualitas bagus harganya kompetitif) susah dapetnya… dulu peternak yang nyari pembeli sekarang kebalik om hehe….

      salam
      sofyan

  22. 32 arif pintoko 2 July 2010 at 3:27 am

    OK pak perkiraan harganya brapa, trus kira2 kapan adanya?
    bisa hubungin saya di 0856 164 8709. makasih mas.

  23. 33 Afiudin_Lampung 1 July 2010 at 11:39 pm

    Buat Mas Bedjo, itulah bukti bahwa isteri sebenarnya mendukung kita. Masih mending melihara burung daripada melihara isteri kedua (hehehe,,,kidding Mas). Tetap semangat Mas, saya juga pernah mengalami kejadian seperti anda tapi kasusnya beda. Dulu isteri saya gak yakin kalau saya bisa nernak kenari, sekarang setelah tiga kandang yg saya ternak netes semua dia yang berinisiatif nyariin telur puyuh dan memberikannya pada waktu aku lagi kerja.:)

  24. 34 Slam 1 July 2010 at 1:54 pm

    Turut prihatin om…
    tapi yakin lah bahwa setiap kejadian itu ada hikmah nya.

    mungkin aja mau dapet kenari F1 yg lebih bagus… (dari om Sofyan)…hehehehehe…

    salam dari Shanghai

    slam

  25. 35 Slam 1 July 2010 at 1:53 pm

    Turut prihatin om…
    tapi yakin lah bahwa setiap kejadian itu ada hikmah nya.

    mungkin aja mau dapet kenari F1 yg lebih bagus… (dari om Sofyan)…hehehehehe…

    salam dari Shanghai…

  26. 36 yunior 30 June 2010 at 9:27 am

    ayo om ada yg tanya f1 ys betina nih????? he..he

  27. 37 arif pintoko 30 June 2010 at 8:52 am

    bos salam kenal saya arif dari tangerang, lagi mau belajar ternak kenari, kbetulan dirumah punya AF jantan, pengen nyoba beli YS betina masih mahal buat kantong karyawan, makanya saya beranikan diri bertanya sama mas, klo F1 betina ada gak? harganya berapa? terima kasih.

  28. 40 Estu 30 June 2010 at 6:55 am

    Wah dapat satu lagi blog yg bermanfaat…trims om sofyan…btw om saya mau nanya saya punya F1Ys jantan dan F1corona betina, tiap hari saya dekatkan, tapi kok yg betina anteg2 saja,sudah saya kasih obat breeding, padahal jantannya nafsu bgt-jantan tanpa obat breeding.Mau saya masukan kandang breeding, ragu2 soalnya betinannya belum mbunderin sarang, takutnya nanti malah berantem. Minta solusinya dong om. Terimakasih Om, maaf kalo oot.

  29. 41 wongbedjo 30 June 2010 at 4:56 am

    Tamu : Ayahnya kemana ?
    Alif : Kerja
    Tamu : Kalo Ibu ?
    Alif : Ke pasar
    Tamu : Ya Udah kalo gitu
    Kemudian alif menutup kembali pintu rumah dan meneruskan main bersama teman-temannya di ruangan lain. Beberapa saat kemudian ibunya datang, curiga … kok F1 YS yang biasanya bunyi nggak ada suaranya ? Ternyata … burung yang sebelumnya macet berbulan-bulan tapi sudah mulai gacor lagi seminggu ini ( setelah mengikuti nasihat Om AS ) raib … RAIB … teganya😦

    Pagi hari ini, dapat kabar dari tukang yang sedang bangun rumah … semua peralatan juga RAIB … duh Gusti …

    • 42 ahmad sofyan 30 June 2010 at 5:17 am

      Waduh turut prihatin om semoga F1YS bisa tergantikan dengan kualitas yang lebih bagus…. sayang saat ini saya tidak punya F1YS klo ada boleh dimaharin setengah harga dech hehe…..

      salam
      sofyan

    • 43 munir 30 June 2010 at 6:58 am

      dg latar putih, mata jd agak ringan kalo baca om AS….
      buat kang bejo: sabar kang….kali yg ngambil gak ada duit buat beli…. mungkin si-mali-ng dah lama seneng ma burung kang bejo…

      • 44 wongbedjo 30 June 2010 at 11:04 am

        Waktu ngrawatnya sih nggak sabar, 6 bulan lebih nggak bunyi-bunyi. Istri dah mesam-mesem aja nyukurin. Terus ngikutin nasihat Om AS kasih vitamin, plus saya jemur tiap pagi akhirnya mulai gacor. Pas hilang, saya-nya sih sabar, istri yang uring-uringan … gantian saya yang mesam-mesem … hehehe


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


