Asisten Peternakan

Mumpung ada waktu senggang saya coba buat tulisan… maaf baru bisa update blog hari ini, sebetulnya waktu senggang ada tetapi perasaan otak ini mampet hehe… mungkin terlalu banyak permasalan yang dihadapi sehingga susah untuk fokus membuat tulisan, selama ini saya hanya bisa menjawab beberapa komentar. Seperti rekan-rekan ketahui bulan ini saya harus mutasi ke daerah lain, setelah mendapat SK mutasi pikiran saya terbebani berbagai masalah mulai dari rencana kerja di tempat baru, memikirkan kediaman untuk anak dan istri yang terakhir mengenai keberlanjutan peternakan kenari yang saya kelola selama ini. Alhamdulillah berkat bantuan rekan-rekan semua permasalahan sedikit demi sedikit mulai terurai.

Selama ini dalam ternak kenari saya kelola sendiri, berhubung hobi walaupun cape tetapi ada rasa sensasi tersendiri pada saat bergelut dengan kenari. Pekerjaan rutin yang biasa saya lakukan setelah pulang bekerja….. istirahat sebentar langsung bercengkrama dengan kenari mulai dari penggantian alas sangkar, membersihkan kotoran sekitar kandang ternak dan mengkrodong sangkar. Paginya sebelum berangkat bekerja ganti pakan dan air minum, kalau masih ada waktu sambil minum teh hijau mendengarkan kenari bernyanyi. Untuk hari libur lebih seru lagi pagi-pagi semua kenari di jemur kecuali yang sedang bertelor dan mengeram.

Hari libur merupakan hari yang saya tunggu-tunggu saya bisa seharian bergelut dengan kenari (kadang-kadang anak atau istri protes karena perhatian lebih banyak tertuju ke kenari hehe….). Semua dilakukan dengan senang hati dan tulus sehingga walaupun cape ada rasa kepuasan tersendiri.

Dengan berjalannya waktu alhamdulillah ternak kenari bisa berjalan dan banyak rekan-rekan tertarik dengan hasil ternak saya…. tahap selanjutnya saya coba kembangkan kios OnLine, sambutan rekan-rekan cukup menggembirakan pesanan berdatangan mulai dari aceh sampai mataram. Kedua kegiatan ini prospeknya cukup cerah, saya semakin bersemangat untuk mengembangkan kedua kegiatan ini, karena semangat yang menggelora saya belum menghire asisten untuk mengelola ternak kenari. Demikian juga dengan kios OnLine berhubung baru berdiri jadi belum mencari asisten karena saya pikir masih bisa saya kelola sendiri… Ternyata yang saya rencanakan meleset ketika saya mendapat perintah mutasi semuanya jadi berantakan. Penyebab utamanya yaitu saya tidak mau mencari asisten semuanya di pegang saya sendiri sehingga ketika saya berhalangan tidak ada asisten pengganti yang akan mengelola.

Semuanya sudah berlalu, kita tidak bisa mengulang kejadian yang sudah berlalu… kita hanya bisa bercermin dari kejadian masa lalu atau biasa dibilang sebagai pengalaman… Belajar dari pengalaman diatas untuk kedepannya kita tidak hanya berpikiran yang teknis tetapi harus mulai memikirkan non teknis seperti mencari asisten untuk mengelola peternakan, mendelegasikan masalah domistik peternakan ke asisten dan belajar berkompromi dengan asisten. Keuntungan adanya asisten yaitu kondisi peternakan tidak tergantung dengan peternaknya (owner)… karena operasional peternakan dijalankan oleh asistena (orang kepercayaan).

Dalam mencari asisten tidak semudah yang kita bayangkan, banyak kendala yang di hadapi yang utama perawatan kenari tidak bisa sebagus yang kita lakukan, asisten bekerja berdasarkan upah sedangkan kita sebagai peternak mengelola peternakan sepenuh hati , seperti sudah saya tulis di tulisan ini mengenai passion. Hanya dengan adanya asisten peternakan tidak terlalu tergantung ke owner. Demikian pengalaman saya dalam mengelola peternakan kenari, saya berharap dari kejadian yang saya alami ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua…

31 Responses to “Asisten Peternakan”


  1. 1 Deni_ Bekasi 9 August 2010 at 4:50 pm

    Apa kbr Om Sofyan ? Mdh2an Allah SWT senantiasa tetap mencurahruahkan anugerahNya buat kita semua.

    Lama ga mengunjungi Om Sofyan, jd ketinggalan banyak info…. dan yg terpenting lagi ketinggalan informasi kalau Om Sofyan skarang bertugas di Palembang. Selamat menjalani di tempat baru ya Om Sofyan. Dimanapun bekerja yg penting enjoy, bukan begitu Om ?

    Secara pribadi sy sangat mafhum, bagaimana perasaan Om Sofyan ketika harus berpindah tugas, jauh lagi. Bukan masalah pekerjaan dan adaftasi di tempat baru, tp yg berat itu meninggalkan sarang-sarang kenari…beraaaaat rasanya he he he.

    Benar spt Om sofyan katakan, bahwa kita mengelola farm atas dasar kecintaan terhadap farm itu sendiri. Mencari asisten tentu saja amat susah, tp yg lebih susah lagi mengobati kerinduan akan kebiasaan apa yg kita geluti kesehariannya.

    Bersyukur Om Sofyan sdh menemukan asisten yg cocok untuk mengelolanya, sy berharap assisten trsebut dapat memperlakukan kenari-kenari yg di tinggalkan sebaik ownernya.

    Sekali lagi, sy ucapka semoga Om Sofyan dapat lebih menikmati hidup dan perikehidupan di tempat baru.

    Wassalam

    • 2 yunior 10 August 2010 at 2:37 am

      mantap om komentarnya on ya ini om deny yg dulu pernah dateng ketemapat ane ya???

      • 3 Deni-Bekasi 10 August 2010 at 5:18 pm

        Om Yunior, apa kbr Om ?
        Lama juga tidak dengar komen-komennya Om Yunior. Gara-gara kepincut FBan, jdnya sy jarang mengunjungi forum yg kita cintai ini.

        He he he he….. Om Yunior, yg pernah dateng ke tempat Om Yunior pasti Deni yg lain Om. Sy belum pernah tuh di beri kesempatan untuk ketemu sama Om yunior…. pengen banget…

  2. 4 Bay 2 August 2010 at 2:57 am

    Makasih masukannya om AS, hmpir aja lokalnya saya lego smw klo nda baca komentar anda. Hehehe.

    Bdw, om yun ad foto hsil ternakan RI/Gloster. Kalo brkenan saya pgn liat sampelnya dl. Trus sepasang brp om? Bs jawab lwt email jg om d bayuazzza@gmail.com. Maw pesen om AS g brani. Tkutx kenari ud pada migrasi smw d luar pulau. Hehehe

    Sama-sama, saya sering melihat peternak kita pada saat up-grade indukan, indukan yang sudah ada di jual semuanya di ganti dengan indukan yang baru… akibatnya si peternak harus menunggu lama untuk menghasilkan anakan… karena ketika ganti indukan butuh beberapa kondisi seperti penyesuaian situasi buat indukan baru dan mempelajari karakter indukan baru. Ada peternak senior yang saya kenal beliau sudah berhasil ternak kenari dengan kualitas bagus, karena tergoda ingin beternak BT… indukan kenari yang beliau punya di lelang semua…. kabar terakhir katanya sekarang beliau balik lagi ke kenari karena peternakan BT-nya selama 1 tahun tidak menghasilkan anakan satu ekor pun….demikian om

    salam

  3. 7 yunus 30 July 2010 at 1:32 am

    mohon bantuannya om….

    kadang indukan kenari saya gk pandai menbagi makanan kepada anaknya…kl misalkan ada yang perkembangan anaknya kurang apa bisa kita beri makan sendiri…dan bagaimana meramu makanannya…trims om
    Kalau om mau direpotin dengan membantu menyuapin sich bisa aja hanya mulai nyuapinnya sejak anakan usia 7 hari, karena lebih dari 7 hari susah menyuapinnnya anak kenari takut melihat kita. Formula makanannya bubur buat bayi bisa rasa kacang hijau atau rasa buahan2an di campur dengan kuning telor rebus… demikian om

  4. 8 bay 24 July 2010 at 1:15 am

    Salam kenal buat om AS dan para sesepuh peternak kenari. Beruntung akhirnya saya menemukan blog khusus kenari. Saking senangnya saya sampai nge-save seluruh artikel yg uda om AS bwt, skdar bwt arsip om skalian ngejar ketinggalan kuliah saya di blog ini. Gpp kan om ? sapa taw az artikelnya om AS nantinya bs jd warisan ke anak cucu ^^

    Sdikit curhat om, Awalnya saya cm punya 1 ekor az. Tau2 sekarang punya 5 jantan 4 betina. 5 ekor yg lain ud laku. Smuanya cuma dari 1 indukan az, Sekarang msih nunggu mabungnya selesai ntar dikawinin lagi. ad stok obat biar mabungnya cepet selesai om AS ?

    Bdw Om AS, Om Yunior, Om Gede, atau senior yg lain yg baik hati. kalo boleh bulan oktober saya inden sepasang anakan kenari RI / border (klo g salah ad jambulnya). Pgn ekspansi usaha om, biar ga’ lokal melulu. Lokasi saya di daerah Waru, Sidoarjo. saya brcita2 jd peternak kenari sukses kyk om. “Setiap tujuan besar tidak akan tercapai tanpa langkah kecil” btul ga’ om ? Ma’af kalo kebanyakan om, ini aja ud disunting sampe 5 kali ^,^

    Salam
    Bay (Calon Peternak)

    Salam kenal om Bay,
    silahkan saja kalau mau mengambil artikel-artikel yang saya tulis, saya senang kalau memang bermanfaat buat om…mengenai upgrade indukan tujuanya bagus om hanya jangan langsung berubah, indukan yang sudah ada tetap diternak secara pelan-pelan indukannya di upgrade … jangan sampe indukan yang sudah ada langsung di ganti dengan indukan yang baru. Pengalaman saya banyak temen2 yang up grade indukan secara langsung akibatnya waktu tunggunya jd lama, karena indukan yang baru butuh penyesuaian apalagi indukan impor penyesuaiannya cukup lama.

    salam

    • 9 yunior 30 July 2010 at 2:08 am

      salam kenal juga om saya masih belajar juga..kalau border gk ada jambulnya om yg berjambul itu gloster, LS…

    • 11 Bay 27 August 2010 at 8:51 am

      om yun punya gloster, om gede punya RI. lngkap sudah pesanan saya. heheheh. kira2 hrga brpa y om sepasang. bwt persiapan az biar g kurang fulusnya. hahahah

  5. 12 Muri 22 July 2010 at 2:22 pm

    salam. om sofyan… mohon bantuannya ttg istilah” dari jenis” kenari. (F1, F1YS, F2, F3.. atau yg laennya). mana kenari yang lokal & kenari import…karena saya pemula sekali dlm hal ini. kl bisa dijelaskan berikut foto” masing” nya,serta gambaran harga pasarannya. saya ada 3KN jantan & 2KN betina. tapi gk tau jenisnya. padahal mau belajar untuk beternak KN. kandang pun dah saya siapkan. tolong ya om,, kl bisa dijelaskan secara detail. mudah”an berguna bagi pemula KN yg laen. satu lagi om.. sewaktu kenari udah dijodohkan, apa perlu di trodong terus tiap malam (jika kandang untuk kawinnya pake kandang harian), karena KN rentan ma nyamuk, apalagi kl dah punya piyik nantinya. katanya sih KN itu gk nyaman kl sering dilihat & diganggu, apalagi sewaktu ngeram telornya. nah gmn tuh om,, buka pasang tutup trodong kan buat KN yg lagi bertelor merasa tidak nyaman. gmn juga antisipasi serangan nyamuk terhadap kandang khusus, yg kita buat. kan kandangnya gk bisa di trodong tuh.. apa emg ternak kenari harus di dlm rumah. atau di dalam ruangan tertutup. terimakasih om… byk ya pertanyaannya. mohon maaf sebelumnya. salam

  6. 14 alir 20 July 2010 at 9:13 am

    wahhh…wahhh…
    selamat Oem Sofyan menjadi wong kito..klo mo bongkar kapal selam jgn lupa perut hrs diisi dulu..he..he..sukses selalu.
    ..salam..

  7. 15 guntuemilan 17 July 2010 at 10:47 pm

    semoga sukses om di tempat yg baru……..semakin berkah juga buat keluarga …(amin)

  8. 16 prie23 17 July 2010 at 12:36 pm

    sukses om…

  9. 17 jaelani 16 July 2010 at 4:31 am

    Moga lebih sukses ditempat yang baru ya? lebih semangat dan berkembang OM
    Goodluck!

  10. 18 fediyan syahputra 14 July 2010 at 3:40 am

    Siplah Om Sofian…..kayaknya untuk mencari kost kayaknya ngak sulitlah om ,toh diseputaran kantor om juga banyak kost2an lah….Kayaknya teman2 kantor om juga banyak yang kostlah…tinggal pilih yang paling dekat dengan kantor saja om.
    Kalau saran fediyan lebih baik Om dan klg boyongan ke Palembang setelah memasuki SM II anak2 sekolah saja, soalnya tanggung kalau baru masuk 3 bulan sekolah terus pindah lagi,agak repot dalam pembelajarannya nanti om.
    Itu hanya saran fediyan aja koq,tapi semuanya berpulang dengan om dan klg.
    Toh jarak Jkt-Pg cuman 45 menit dgn pesawat ditambah dari kota palembang ke bandara cuman 20-30 menit paling lama.
    Sukse buat Om dan klg.

    • 19 ahmad sofyan 14 July 2010 at 5:06 am

      siap om, terimakasih atas perhatian & sharingnya…

      salam

      • 20 Afiudin_Lampung 14 July 2010 at 7:38 am

        Yup, betul sekali apa yang dikatakan Om Fediyan. Lebih baik Om Sofyan dulu yang berangkat, karena waktu ajaran barusan dimulai. Sambil adaptasi biar fikiran juga lapang.:)

  11. 21 ahmad sofyan 14 July 2010 at 12:10 am

    Om Fediyan, saya dapat masa orientasi selama 1 minggu selama orientasi saya nginep di hotel mudah2an dalam masa orientasi bisa mencari tempat kost. Rencananya sampai lebaran saya sendirian, nanti setelah lebaran baru boyongan keluarga…terimakasih atas perhatiannya om

    salam
    sofyan

  12. 22 redmoz 13 July 2010 at 9:41 am

    ikutan mantabb

  13. 23 fediyan syahputra 13 July 2010 at 9:15 am

    Oh sampai lupa nih…
    Om Sofian sudah dapat tempat tinggalnya?Terus sekolah anak-anak sudah dapat ? Kalau perlu nanti saya temanin ke Diknas kota palembang untuk melapor anak yang pindah.
    Semoga anak2 cepat adaptasi dengan teman2 barunya di palembang. Anak saya yang sulung juga baru masuk SMP Neg 1 Palembang.
    Kantor Om Sofian Indosat sangat strategis tempatnya…depannya lapangan Stadion Bumi Sriwijaya,Mall Palembang Square,dan dekat hotel Horoson,Arya Duta.
    Pokoknya mantap OM.
    Selamat datang Om di Bumi Sriwijaya.
    was

  14. 25 fediyan syahputra 13 July 2010 at 9:09 am

    hehhe Om Sofian bisa aja…..
    kalau fediyan masih peternak pemula yang tidak bosan menimba ilmu dari Om Sofian.
    emang kalau fediyan merupakan penghoby unggas ,sehingga sangat senang dan tentram kalau dah ngurus kenari dll.
    Emang di palembang kicaumana cukup banyak bahkan cukup sering diadakan kontes maupun latber…namun fediyan usw hanya menonton saja sambil mencari teman dan informasi.
    Di Palembang emang banyak mania kenari contohnya apabila ada kenari yang masuk dari Malang maupun bandung biasanya ngak lama Habis……
    Mudah2an Om Sofian bisa menularkan ilmu kenarinya ke mania Palembang,kalau perlu kita bentuk paguyuban kenari cab Palembang…hehhe
    Kalau gitu nanti bisa dapet bibit bagus dari Om Sofian yah…..Soalnya Om Sofian pasti bawa bibit kenari dari jakarta buat diternak di palembang….
    Sukses selalu buat Om Sofian.
    was

    • 26 sofyan 13 July 2010 at 1:14 pm

      sep om, wah indukan kenari habis di borong temen… saya belum berani bawa kenari kePalembang karena saya belum jelas kos atau kontrak rumah… di tinggal di rumah takutnya istri ngga sempet ngurus dari pada terbengkalai lebih baik di jual ke temen….

      salam
      sofyan

  15. 27 ahmad sofyan 13 July 2010 at 8:44 am

    Mantap kang… saya kadang-kadang kurang percaya sama asisten, sehingga sayang untuk mendelegasikan peternakan kenari ke orang lain…. tetapi dengan pengalaman yang saya alami ini tidak ada kata sayang harus punya asisten hehe…

    salam
    sofyan

  16. 28 Slam 13 July 2010 at 3:51 am

    Om, di Palembang setahu saya banyak temen2 komunitas Kicau Mania yg juga Kenari Mania sejati…
    mungkin om bisa mendapatkan kontak mereka dari web kicau mania..atau dari sumber lain.

    Saya doakan om Sofyan semoga bisa sukses menebarkan sayap perkenarian di kota Palembang khusus nya, dan Sumsel umumnya.

    Komunitas sudah ada, market terbuka lebar…
    Kesuksesan menanti om di sana…..Amiien…..

    • 29 ahmad sofyan 13 July 2010 at 4:00 am

      sep… om, ini ada kenarimania di Palembang om Fediyan, mudah2an bisa sama-sama mengembangkan kenari di Palembang hehe….

      salam
      sofyan

      • 30 Slam 13 July 2010 at 4:02 am

        Dan… kalo gak salah, ada rekan satu kantor om Sofyan yg berdomisili di Palembang juga dan beliau jg kicau mania sejati…
        saya lupa namanya….he3x..

  17. 31 yunior 13 July 2010 at 3:09 am

    mantap om….


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


