Indahnya kebersamaan

Mohon maaf hampir 1 bulan saya tidak meng-update blog, pekerjaan di Palembang cukup padat dengan cakupan tugas yang cukup luas jadi keteteran…. Berhubung lama tidak menulis jadi susah untuk memulainya lagi, saya coba sharing mengenai kondisi blog saat ini. Walaupun jarang update artikel tetapi saya selalu mengusahakan untuk membaca komentar-komentar dari rekan-rekan. Hanya mohon maaf belum semua komentar saya jawab karena keterbatasan waktu dan sarana.

Kalau saya perhatikan ada beberapa komentar yang menurut saya Pribadi sudah menjurus ke hal yang kurang baik, ada dendam Pribadi dan ada persaingan bisnis yang dibawa-bawa di komentar blog ini. Saya merasa dunia kenari ini berfungsi sebagai media untuk menyalurkan hobi, membebaskan kita dari beban pekerjaan. Dari hobi kenari selain melepaskan beban pekerjaan kita bisa mendapatkan teman ataupun lawan tanding hehe….

Pengalaman saya dari kenari, saya bisa mendapat banyak temen …. Di Palembang saya tidak punya siapa-siapa, Alhamdulillah dari komunitas kenari saya bisa kenal dengan om Handoko, om Eddy atau om Fediyan. Pada saat week end saya bisa mengisi kegiatan dengan berkunjung ke pasar burung sambil mencari kesempatan apa yang bisa dikembang di Palembang… Saya punya temen yang dimutasi 3 tahun yang lalu berhubung keluarganya tidak bisa ikut ke Palembang setiap minggu pulang ke Jakarta, karena di Palembang dia tidak punya kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosong pada saat week end, sedangkan biaya pulang pergi Palembang Jakarta sekitar 1 juta, berarti karena kenari saya bisa saving uang 1 juta setiap minggunya…hehe…..

Sekarang kita balik ke pokok masalah yang saya sebutkan diatas, secara saya Pribadi dari pada gontok-gontokan yang tidak karuan lebih baik mari kita berjabat tangan, kita galang persahabatan antar sepeng-hobi. Kita galang kekuatan untuk mengembangkan dunia hobi kita menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri ataupun bagi lingkungan di sekitar kita.

Hampir setiap hari permintaan kenari kepada saya baik lewat sms ataupun email ada saja (hal ini pernah saya bicarakan waktu kopdar pertama di rumah om Tommy, melihat permintaan cukup banyak tetapi keterbatasan kemampuan rekan-rekan maka timbul wacana untuk pembentukan paguyuban hanya sayang rencana yang bagus ini belum terbentuk), sebetulnya permintaan ini kesempatan yang kalau tidak dimanfaatkan sangat sayang. Selama ini setiap permintaan saya coba arahkan ke rekan-rekan yang saya kenal hanya rekan-rekan peternak yang saya kenal juga masih terbatas baik personal maupun jumlah kenarinya maka banyak kesempatan yang terbuang percuma…

Melihat dari kondisi diatas saya mengajak temen-temen untuk coba mengambil kesempatan yang bagus ini, saya rasa dengan bersatu padu insya Allah kesempatan ini bisa kita ambil… Saya berharap rekan-rekan yang berselisih paham saling memaafkan kita songsong masa depan dengan persaudaraan, kita coba saling dukung peternakan rekan-rekan. Alangkah indahnya jika diantara rekan-rekan saling mendukung dalam menjalankan hobi kenari ini…. Ada permintaan kenari dari kota A umpamanya untuk menghemat biaya transportasi kita coba arahkan ke rekan kita yang ada di kota A, atau jika ada permintaan ke peternak B tetapi kenari dipeternak B sedang kosong dia referensikan ke peternak C dan seterusnya dan seterusnya. Atau ada kasus rekan kita induk jantannya sedang mabung dari pada indukan betinanya nganggur lebih baik kita pinjam jantan dari rekan lain yang induk betinanya sedang mabung hasilnya di sharing, sehingga bisa menghemat dana untuk pembelian indukan dan mengurangi waktu tunggu mabung ……. Uppsss… mohon maaf jadi sok tahu, ini hanya sebuah renungan untuk diri sendiri yang merasakan nikmatnya nilai persahabatan……

18 Responses to “Indahnya kebersamaan”


  1. 1 andri 15 November 2010 at 4:10 pm

    Permisi,,,izin gabung dng para senior, kalo boleh tahu untuk basecamp pecinta kenari di palembang dimana ya??? Saya lagi mabok kenari neh om…tapi ga’ tahu mau konsul kemana…hehehe….
    Trims

    di Palembang belum ada basecamp-nya om, saat ini kami komunikasi hanya lewat SMS atau email, kalau ingin konsultasi di sini aja, disini banyak pakar-pakarnya…

    salam

  2. 2 fediyan syahputra 24 August 2010 at 4:31 am

    Siap Om ..kalau perlu kita sama2 aja di pasar nantinya..
    sambil kita pelajari karakter yang ada di pasar..
    mengenai preman ..yah kita ikutin aja aturan yg ada dengan membayar retribusinya…kayaknya ngak besar koq om cuman 1000- 2000 lah….
    Kita kumpulin materinya dulu atau contohnya ya om…..apalagi kita punya yg impor/istimewa yah…..
    Insya Allah renc kita bisa terlaksana om..Amin
    Fediyan menunggu kalau om Sofian dah ngak sibuk yah….
    wasalm

  3. 3 fediyan syahputra 23 August 2010 at 8:53 am

    Hmmm berarti kita selisih aja om…
    Fediyan pulang …om Sofian baru datang …heheh
    yang penting dah tau pasar ya om…..
    kayaknya jadi nih kita buka lapak ……
    Emang fediyan lihat ada beberapa kenari yang dipajang disana…kyaknya dah mulai agak rame tuh kenari…biasanya cuman 1 -2 lho om…
    Kalau buka lapak dah matang dulu ya om..biar rencananya juga berjalan lancar.
    Fediyan siap bantulah om …jangan khawatir..
    Sukses selalu.
    wasalam

    Insya Allah saya jadi buka lapak om, nanti kalau ada waktu kita bicarakan progress-nya om… saya juga butuh support rekan-rekan di Palembang, saya belum menguasai medannya hehe…

    salam

  4. 4 yunior 23 August 2010 at 7:44 am

    oh ya om pesenan kenari import om sofyan nanti sms in ja ya nanti kalau dah masuk saya kabarin…

    siap om… disini ada beberapa yang nanyain kenari impor, saya sich pinginnya ngambil beberapa jenis kenari impor (YS, Lizard dan WS) buat contoh hehe….

  5. 5 yunior 23 August 2010 at 7:41 am

    saya setuju om…intinya kebersamaan seperti yg dulu saya bilang he..he

  6. 6 anton 23 August 2010 at 6:26 am

    Om senior, aku minta saran neh….
    Aku baru saja dapat momongan kenari jantan import, warnanya putih polos.Rencananya akan aku jodohin.
    Menurut para senior lebih baik betinanya berwarna apa???
    Apa benar kurang cocok bila betinanya berwarna putih juga???

    Disini tidak ada om Senior ada juga om Yunior hehe….dunia peternakan kenari penuh misteri dan penuh kejutan… belum tentu kenari putih di jodohin dengan kenari putih anaknya putih kadang-kadang anaknya mempunyai warna diluar yang kita harapkan… solusi yang terbaik si Putih dijodohkan sama betina yang siap ternak warnanya terserah warna apa saja hehe…. kita tidak tahu hasilnya kalau tidak mencobanya…

    salam

  7. 7 fediyan syahputra 23 August 2010 at 2:39 am

    Ass Wr Wb Om Sofian dan Om2 semua
    Oh yah minggu pagi fediyan ke pasar burung 16..tapi dah keliling ngak lihat om Sofian..?
    Apa om Sofian jadi survey untuk buka lapak di pasar 16…?
    Semoga rencana yang bagus ini dapat terealisasi…….
    Jadi masyarakat punya pilihan yang sangat banyak dan menarik…apalagi KN merah Om gede bisa dikrim ke Palembang…wah makin mantaplah….
    Fediyan pengen jadikan indukan tuh kenari merahnya Om Gede….
    Semoga semangat om2 semua untuk menjadikan paguyuban kenari akan semakin maju…
    was

    Om Fediyan… mohon maaf saya datangnya agak siangan sekitar jam 9 pagi, cuman disana tidak lama habis panasnnya minta ampun udah gitu merasa kurang nyaman asap rokok dimana-mana… hehe… walaupun waktunya sedikit tetapi banyak hal yang bisa di explore, diantaranya ada beberapa orang yang jual kenari tetapi jumlahnya hanya sedikit dan kenarinya sudah jadi semua, setiap lapak di mintain uang keamanan, kisaran harga kenari sekitar 150K s/d 400K…. tinggal mencari tahu untuk mendapatkan lapak, kalau langsung gelar takutnya berantem rebutan lapak hehe… insya Allah dengan niat yang kuat apapun akan tercapai…

    salam

  8. 8 hary key 22 August 2010 at 2:23 pm

    Amien Om Jaelani, saya perlu banyak masukan dari senior-senior di sini. Insya Allah dipertemuan berikutnya akan saya launching webnya. Terima kasih.

    Salam

  9. 9 gunturmilan 22 August 2010 at 8:12 am

    ass wr wb,pa kabar om sofyan …..semoga wacana om untuk menyatukan penghobi kenari terwujud saya liat/baca banyak di media (FB) memang iya banyak dr kita kesannya saling menyaingi semoga tdk akan terjadi…sukses buat om sofyan dan cita citanya aku bantu doa ya om…wassalam

    Amin, semoga apa yang kita cita-citakan dapat tercapai….

    salam

  10. 10 Hary Key 21 August 2010 at 2:07 am

    Saya setubuh dengan Om Softy eh Om Sofyan. Hehehe. Kalo memang mau berkolaborasi kita harus meredam ego masing-masing. Berani berkorban dan saling percaya. Jangan saling mengandalkan satu sama lain tapi saling bahu membahu. Tidak saling menunggu dan saling ketergantungan. Jangan maunya selalu untung sendiri tetapi tidak mau merugi. Kita berbagi bersama baik untung maupun rugi. Insya Allah web saya burung-kenari.com sudah dapat hadir setelah lebaran nanti. Saat ini sedang dalam pembenahan menu-menu yang kurang. Web ini sengaja saya buat salah satunya untuk kepentingan paguyuban burung kenari indonesia. Mungkin detailnya akan saya terangkan bila ada pertemuan lagi. Bravo indahnya kebersamaan.

    Salam
    Hary – Bekasi

    Wuihh mantap… semoga apa yang om Hary rencanakan dapat tercapai…

    salam

  11. 12 Afiudin_Lampung 20 August 2010 at 12:24 pm

    Hehehe… Feeling saya Om Sofyan bakal menulis HAL ini. Dan ternyata benar, saya sms tadi belom baca blog ini lho Om.:) Saya berharap rekan-rekan sekalian saling sharing ilmu dan bantu memajukan perkenarian saja, diluar itu sebaiknya by PM saja. Thx.

  12. 13 jaelani 20 August 2010 at 4:34 am

    Ide yang bagus Om,cuma bisa ga ya apa yg diharapkan terwujud saling bantu antar peternak,dan bekerja sama. mudah2an bisa ya? amin.

    Bisa tidak bisanya, ya tergantung kita… dalam hal ini antar sesama harus aktif dan mau berkorban jangan saling menunggu atau hanya menunggu untungnya saja kalau menguntungkan diri sendiri baru ikut tetapi pada saat harus berkorban alasannya ada2 aja hehe…. Jadi disini azasnya manfaat… yang agak sulit mencari rekan-rekan yang mau berkorban demi kemajuan kita bersama… Pengalaman saya sharing indukan juga butuh kepercayaan dan keberanian untuk mengorbankan indukan tersebut… contohnya indukan kenari om Yunior ada beberapa yang mati di tempat saya tetapi beliau tidak marah ataupun kapok.hehe…. mencari orang-orang seperti ini susah om… jadi ya harus sabar dan tekun untuk mencapainya….

  13. 15 gede 20 August 2010 at 4:19 am

    wah… mantap pisan kang tulisannya… terimakasih sudah mengingatkan dan memberi inspirasi yg sangat bagus… Lanjutkan… terus berkarya…

    Siap om, ngomong2 masih ternak kenari merah om ??…. bisa kirim ke Palembang ..?? kita coba buka lapak di Palembang, Saya mau nyontek rencana om Gede yang mau buka lapak di Mall menggunakan kandang impor hehe…

    salam

  14. 16 fediyan syahputra 20 August 2010 at 3:04 am

    Kayaknya…tulisan2 Om Sofian sangat menenangkan dan sangat berkesan sekali…
    Menyatukan dan merapatkan para penghobi kenari….sambil terus menjalin tali silaturahmi..
    Memang dah lama ngak nulis ya om….soalnya tiap hari fediyan pasti buka blog ini….yah min mengupdate ilmu kenari…
    tadi pagi betna kenari dr om handoko mati….sedih rasanya…mungkin overdosis ngasih obatnya om….
    Mudah2an sgr dpt gantinya yg lbh baik lagi….Amin
    Terus kembangkan hobi dan tingkatkan tali silaturahmi sekalian bisa memenuhi permintaan kenari dari teman2…
    Oh ya om kapan kita ketemuan lagi nih…hehehhe kayak yg jauh aja yah..padahal ktrnya cuman 5 menit doang….
    Sukses selalu om
    wasalam

    akhir2 ini kegiatan saya padat banget om… minggu kemarin selama 1 minggu ke Lampung, insya Allah minggu saya ke pasar burung om, kalau om ngga ada acara kita ketemuan di Pasar burung 16 Ilir… saya mau survey mudah2an bisa buka lapak disana hehe…. maklum pendatang survey-nya harus lebih detail takutnya nanti malah rebutan lahan hehe…

    salam

  15. 17 Bay 20 August 2010 at 2:27 am

    wah, ide yg bgus tuh om. Smg tdk mnjadi wacana saja, dan cpt2 drealisasikan. Smg sukses. Bdw, skrg saya lg mnjodohkan lg 2 pasang, tinggal nunggu brtelurnya. Ad tips om biar produksi tlurnya banyak dan jadi smua? Trims.

    Amin… saya hanya manusia biasa om tanpa dukungan om dan rekan2 yang lainnya tidak bisa apa-apa… kalau ingin telurnya banyak cari kenari petelur aja om hehe…. maaf becanda pada dasarnya kenari punya kemampuan bertelor yang berbeda-beda selain kemampuan juga harus didukung pemeliharaan yang optimal… saya rasa kalau telornya banyak juga sayang jadinya kurang optimal dalam perawatan anaknya, kalau menurut saya yang optimal itu maksimal 4 butir, lebih dari itu biasanya anaknya ada yang mati… demikian semoga kenarinya cepat beranak pinak om….

    salam

    • 18 Bay 13 September 2010 at 3:41 am

      heheheh, maw donk kalo ada kenari petelur ??? sori om baru bales. sibuk nungguin kenari yang baru melahirkan. alhamdulillah dari 4 telur menetas 3 ekor tanggal 6 september kemarin. tanggal 11 kemarin barusan dipasang ring. Pengen upgrade indukan ke gloster ato RI tapi belum ada modalnya. hehehheh. brgkali ada yg maw hibah indukan ke saya, heheheheh.

      Waduh selamat atas keberhasilannya dalam beternak kenari om, jangan berharap terlalu banyak om, kalau ada yang mau hibahin gloster atau RI saya juga mau hehe….dari pada terlalu berharap lebih baik kembangin kenari yang ada nanti dari hasil jualan anakannya bisa dipakai buat up grade indukan…

      salam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


