Faktor Keberhasilan Ternak Kenari

Setelah hampir 2 bulan tidak pernah menonton balapan motor GP, akhirnya semalam kekangenan tersebut terobati.. Kami bersama anak yang laki-laki menonton jalannya lomba diselingi saling ejek, Anak menjagokan Stoner karena senang warna merahnya sedangkan saya menjagokan Team Yamaha (Valentino Rossi dan Lorenzo). Dari jalannya perlombaan saya merasa sesi ini merupakan perlombaan yang terburuk yang dialami duo Yamaha … Seperti kita ketahui diawal-awal lomba duo Yamaha begitu mendominasi V. Rossi dengan kepiawaiannya membejek roda dua dan pandai mengatur ritme lomba, Lorenzo sebagai pembalap muda usia akhir-akhir ini menjadi perbincangan anak ajaib ini memang jago ngebut. Namun akhir-akhir ini sejak V. Rossi mengalami kecelakaan kedigdayaan duo Yamaha ini mulai meredup…

Menurut hemat saya penyebab meredupnya team Yamaha ini adalah karena kecelakaan V. Rossi… menurut informasi yang saya terima V. Rossi sangat mencintai dunia balap motor, saya sering melihat bagaimana Valentino Rossi begitu sayang sama motornya mengenai kecintaan terhadap motornya bisa baca disini, ketika menang dia mencium head lamp motornya dengan sepenuh hati dan saya belum pernah melihat Rossi memukul motornya seperti pembalap lainnya ketika mengalami kecelakaan atau motor mogok di pertengahan lomba.. selain mencinta motornya dia begitu menguasai seluk beluk dunia lomba GP.. kemampuan skill individu yang mumpuni dalam berlomba, mengerti segi teknis mengenai motor sehingga ketika mengendarai motor dia tahu betul kemampuan motornya. Dan dia bisa menyampaikan keluhan yang dia alami ke bagian teknisi dengan gambling sehingga si Teknisi mengerti dan bisa menterjemahkan apa yang dikeluhkannya.

Lho kok malah bahas balapan sich hehe… mari kita kembali ke dunia hobi kita.. Di dunia kenari juga kalau ingin menjadi peternak yang sukses berlaku Pribadi seperti Valentino Rossi. Kita harus menguasai skill teknis, memahami kemampuan kenari yang kita miliki dan yang utama harus mencintai kenari yang kita rawat.. Motor saja yang termasuk benda mati membutuhkan kasih sayang tuannya apalagi burung sebagai makhluk hidup akan lebih mengerti akan kasih sayang tuannya.

Untuk mempelajari teknis mengenai ternak kenari mudah didapat bisa baca buku, searching di internet atau ikut komunitas/forum kenari. Ada satu bidang yang sulit mempelajarinya yaitu mengenali karakter kenari yang kita peliharaan… Setiap kenari mempunyai karakter masing masing, tugas tuannya adalah mengenali karakter kenari… Kita sering mendengar kejadian ada kenari yang ketika diternak bukannya bertelor malah ngacak-ngacak isi sarang…, bertelor di tempat pakan, atau ketika disatukan di kandang ternak bukannya bermesra ria malah saling adu jotos.. hehe…

Hal-hal diatas terjadi karena si tuan tidak memahami keinginan dari momongannya, untuk menyelesaikan masalahnya tidak hanya baca buku atau cari referensi diinternet tetapi si tuan harus menyelidiki penyebab kejadian-kejadian diatas, walaupun kasusnya sama tetapi penyelesaiannya berbeda. Saya punya temen menurut saya beliau cukup sukses dalam ternak kenari. Ketika beliau berkeluarga dan punya anak, kenarinya mulai bertingkah ada saja kejadian-kejadian yang kalau menurut saya tidak mungkin terjadi.. kenarinya pada mati, banyak kenari yang gagal ternak dll…padahal selama ini kenarinya termasuk produktif… Setelah ditelusuri penyebabnya ternyata sejak menikah dan mempunyai anak, kenarinya jarang diperhatikan akibatnya kenari kurang sehat dan terbengkalai.

Untuk hobis yang senang lomba mungkin sering dengar trik yang aneh-aneh, pada saat berangkat lomba ada yang menempatkan burung kenari menghadap ke depan, ada yang memakai krodong sampai 3 lapis, ada yang menyemprot kaki kenari pada saat mau mulai lomba ada juga yang memijit kenarinya sehari sebelum lomba.. semua dilakukan karena si tuan tahu karakter dari momongan. Kita tidak bisa latah mengikuti apa yang disarankan seseorang, kenari yang tidak pernah dipegang jika malamnya dipijitin malah tambah stress..hehe…

Demikian dulu ulasannya btw saya mohon do’a dari rekan-rekan saat ini saya sedang nego kenari isian dengan Pak Basuki, mudah-mudahan dengan adanya kenari dari Pak Basuki blog ini bisa tambah berwarna. Kebetulan rumah kontrakan di Palembang dekat dengan kantor jadi bisa masuk kerja agak siang dan bisa merawat kenari lebih intensive… Dengan ikut lomba saya bisa membuat artikel lebih membumi karena saya bisa merasakan atmosphir (suasana) lomba, tetapi tujuan awal buka lapak masih tetep berlaku hehe….

37 Responses to “Faktor Keberhasilan Ternak Kenari”


  1. 1 kusuma 30 August 2012 at 9:17 am

    Pak, salam kenal.
    Saya mau tanya, apakah bisa dan memungkinkan dilakukan perkawinan antara jantan lokal dengan betina F2. Dengan kondisi bodinya yg betina lebih gede dari yg jantan?
    Terimakasih…

  2. 3 ados warjam 30 July 2012 at 3:12 pm

    mantaaaaaaappppp…..

  3. 4 Vebz 15 May 2011 at 8:20 am

    Om2 pakar kenari sy mau tanya neh, apakah ada yang membedakan mastering KN lokal dan impor? Mhon pencerahan ny.
    Trimksh sblm ny.

    Kalau pendapat saya untuk masterin KN lokal dengan impor sama saja, demikian

    wassalam

  4. 5 dwi 26 October 2010 at 9:19 am

    om kenariku ludes disikat sama tikus kepala hitam, btw kalo ada om2 yang mau lepas sepasang kenari boljug tuch, kalo ada yang domisili di bogor, bisa info2

    Turut prihatin om Dwi, coba cari di link ini https://burungkenari.wordpress.com/lapak semoga bisa membantu

    salam

  5. 6 anton 12 October 2010 at 7:17 am

    Kang Gede rencananya kenari tersebut mau dijodohin dengan YS.Sekarang udah pertengahan oktober, Kapan YS nya masuk kang? Kalau udah masuk kabarin ya…….
    Mau pesan betina kuning neh kang……..
    Ntar anakannya aku lepas deh ke kang Gede….Xi,xi,xi,…

  6. 7 anton 12 October 2010 at 7:10 am

    Satu hal lagi kang, sejak 3 bulan yang lalu tempat minum sudah diberi vitamin yang saya beli di jl Garuda berwarna orange kemerahan(entah apa namanya). Seminggu ini vitamin tersebut dicampur dengan kenari post dan corivit.Apa tindakan saya sudah benar kang.Apa akang jual obat yang MUANTAF gitu???

    • 8 gede 12 October 2010 at 9:19 am

      kita pasti sayang banget sama KN peliharaan, tapi kalo sampai over kasih pakan atau multivitamin atau obat maka akibatnya akan jelek buat KN kesayangan kita… analisa kendala, lalu ambil tindakan yg diperlukan. Jangan sembarangan Obat Om, apalagi Obat produk lokal krn banyak yg bikin tanpa prosedur seharusnya alias “asal” hehehe

  7. 9 anton 12 October 2010 at 7:05 am

    MANTAF benar informasinya kang Gede……
    Terima kasih ya.
    Semenjak datang ke Bandung sekitar 3bulan yang lalu kondisi kenari larguet jantan tersebut tidak bunyi.Hanya cuit2 doang itupun dengan suara yang serak.Punya masukan yang MUANTAF lagi gitu kang….

  8. 10 anton 7 October 2010 at 4:21 am

    Kalau saya lihat di google sih lebih mirip ke Belgian Canary om…warnanya sama putih.
    Saya lihat di cincinnya ada tulisan:
    201
    048
    09E
    BOF
    Artinya apa om?

    Wah saya belum mengetahui maksud dari kode-kode diatas mungkin untuk BOF nama peternak, 09E tahun kelahiran sedangkan 201 dan 048 saya belum tahu, mungkin rekan-rekan yang lain bisa sharing, terimakasih

    salam

    • 11 gede 11 October 2010 at 5:03 pm

      BOF = Bergische Ornithologische Federatia Belgie
      09E = 2009 (kode tahun)
      201 = SN Ring
      048 + BOF = identitas Peternak Belgia (BOF) bernama Jack Bloemen (048).

      ada jg yg KBOF, sama2 di belgia tp beda distrik.

      Demikian

      Salam

      Mantap kang, di luar sono hebat yach ada standar penamaan.. kapan kita bisa seperti mereka hehe….

      salam

      • 12 gede 11 October 2010 at 5:06 pm

        duuhhhh katro “E” maksudnya xixixixi

      • 13 gede 12 October 2010 at 3:55 am

        iya kang, perlu asosiasi atau paguyuban utk menfasilitasi hal tsb… ayo kang lanjutkan bentuk paguyubanya, sy siap support.

        Sebetulnya untuk paguyuban tinggal jalan aja kang, menurut saya paguyuban sudah mempunyai tokoh seperti Pak Nungki beliau cukup mumpuni baik ilmu maupun pengalamannya dan mempunyai komitmen yang tinggi dalam pembentukan Paguyuban sekarang tinggal support beliau saja, kalau saya mohon maaf belum bisa membantu karena keterbatasan tempat saya yang jauh dari Jakarta

        salam

  9. 14 anton 7 October 2010 at 2:07 am

    Om Sofian 3 bulan yang lalu pamanku dari Yogya memberikan kepadaku seekor kenari berwarna putih polos yang menurut beliau jenis impor bernama larkuet. Postur khasnya berleher agak panjang dan sedikit membungkuk.Memang ada jenis kenari larkuet om?

    om kenarinya seperti gambar di link ini http://www.acfa-canaryclub.com/images/acfascot1.JPG ?

    salam

  10. 15 Zaky 24 September 2010 at 11:13 am

    Salam kenal om…sekarang sya sedang mengawinkan kenari lokal,sya mau tanya nih om…kira2 butuh waktu brp hari proses mengawinkan s/d bertelur? utk menyiapkan sangkarnya apakah pd saat awal dikawinkan atau tunggu ada tanda2 mau bertelur om…mohon infonya om,maklum pemula….thnx

    Kalau om rajin mencarinya semua sudah saya tuliskan di artikel terdahulu, coba baca link ini … terimakasih

  11. 16 achmad depok 24 September 2010 at 9:03 am

    Daerah ini terkenal dengan mpekmpek palembang,
    mudah-mudahan dengan hadirnya pakar kenari di palembang ini akan menambah semarak perkenarian dan dikenal dengan kenari palembangnya
    sukses selalu om, ditunggu karyanya.

    salam sukses

    Amin, terimakasih om … sebagai informasi saya sedang pesan kenari isian dari Pak Basuki… alhamdulillah sudah deal… untuk menghemat ongkos kirim rencananya dari Solo dikirim ke Jakarta (om Yunior) dari Jakarta dikirim ke Palembang… senangnya banyak teman walaupun jauh komunikasi masih tetap berjalan hehe….dan bisa saling tolong menolong…..

    salam

  12. 17 fediyan syahputra 23 September 2010 at 4:32 am

    Ok Om ..nanti mana yang lebih baik yang akan kita lakukan..
    Mungkin di om tempat masterinnya ….biar ditempat fediyan bisa buat ternaknya untuk mengisi bahan2nya…hehehhe maunya yah….
    Jadi kalau dah usia diatas 2 bulan ..langsung masuk sekolahnya di tempat om Sofian..biar pintar dan laik ditrek di latber/latpres….
    Tapi memang hrs dpt bibit indukannya jg terbaik….tapi emang ngak mudah dan murah dapatnya yah…maklum harganya sepasang bibit bagus jg ngak murah….siapa tahu ada om2 yg mau memberikan harga bibit bersubsidi nih…heheh
    tks wasalam

  13. 18 fediyan syahputra 23 September 2010 at 3:49 am

    Alhamdulillah kalau gitu om…
    Ntar kalau sudah datang kenari master dan bahannya di Palembang tolong beri tahu fediyan ya om….
    Biar fediyan bisa main ke tempat om …atau kalau beruntung fediyan bisa dapatkan kenari bahan yang sudah ada isiannya …..kalau mau nyekolahkan ke om sofian malu nanti…soalnya kenari bahan fediyan masih yang lokal dan biasa saja…
    Ok sukses om selalu…
    Tuh Om Yunior dah siap kirim kenari ke pg om……uji coba pasar aja dulu om….kita bawa 2 jenis aja dulu..
    ya sudah jadi 1 ekor saja dan lainnya bahan yang dikumpul di satu kandang besar saja.
    Itu kalau om setuju….
    wasalm

    Insya Allah kalau jadi datang saya kabarin… untuk buka lapak jadi kebingungan sendiri, kalau masuk kenari lokal & suara standar repot i… anak-anak yang sedang sekolah ngga bisa murni nyerap suara gurunya hehe… nanti kita bicarakan dulu om bagaimana baiknya…

    salam

  14. 19 rere 22 September 2010 at 8:43 am

    Om AS….Sya mau tanya nih…Sya udh coba ternak kenari lokal baru setahun,tp selama sya menghasilkan anakan kenari biasanya pd saat umur 4 bln udh pd ngriwik kasar malah udh ada yg ngerol walaupun masih pendek & skrg sya lg pnya 2 anakan kenari jantan warna sunkist & AF Gloster yg kebetulan sama2 lg mabung juga pdhl umurnya udh 6 bln tp kok cma ngriwik aja ya…pakan,vitamin & jemur udh sya coba perhatiin & udh sya bawa ke orang pinter (tkng burung hehehe..) mereka bilang smuanya jantan tpi hasilnya msh nihil….mungkin ada faktor lain yg sya ga tau om (maklum amatiran) mohon infonya ya om…thnx

    Biasanya kenari usia 6 bulan sudah mulai bunyi, penyebab belum bunyi banyak faktor bisa karena disekitarnya ada kenari jagoan yang bunyi terus sehingga si anak tidak berani bunyi, beberapa anak kenari di satukan dalam 1 sangkar sehingga kenari tidak ada keberanian untuk berbunyi, anak kenari dijejerin dengan indukan dewasa & si anak bisa saling melihat akibat dia keder ngga berani bunyi, anak kenari betina tetapi tomboy sehingga susah dibedakan jenis kelaminnya… penangannya coba si anak di gantang di tempat tersendiri jangan melihat ada kenari disekitarnya kalau mendengar suara seniornya sih tidak apa2 yang penting jangan saling melihat… eh iya ada 1 penyebab anak kenari jantan telat bunyi yaitu telat memisahkan, sebaiknya ketika usia 2 bulan kenari bahan jantan harus dipisah dengan saudara setetasannya… demikian semoga membantu

    salam

  15. 21 Afiudin_Lampung 22 September 2010 at 7:20 am

    Hehehe…. Sip deh bisa nitip nyekolahin momongan nanti kalau ada bahan yang prospek Om.:) Selamat bergelut lagi dengan Kenari Om. Sukses selalu.:)

    amin, bergelut kenari dengan program lain om…. hanya untuk memperkaya ilmu perkenarian om… sekarang rekan-rekan kan sedang ternak kenari, kalau semua ternak suatu saat nanti bisa over produksi… nach biar tidak over produksi kita bagi-bagi tugas… biasa untuk kelinci percobaannya biar diri saya sendiri, nanti setelah ada hasilnya disharing ke rekan-rekan biar ceritanya membumi hehe… kalau mau nitip mastering kenari bahan silahkan saja om…

    salam

  16. 22 ahmad sofyan 22 September 2010 at 7:11 am

    Om Hary, om Fadly, om Ade dan om Slam terimakasih atas do’a dan supportnya… senang nich masih pada ingat hehe…

    salam

    • 23 Fadly 22 September 2010 at 7:27 am

      Fina Bird shopnya masih jalan om…..

      saat ini kios OL saya stop dulu Pak… untuk membuka kios online ternyata banyak faktor yang harus dipersiapkan tidak hanya jual beli saja tetapi harus memikirkan stok barang, jalur distribusi barang dan penanganan pesanan… jadi membutuhkan keseriusan tersendiri….untuk saat ini saya sedang merencanakan buka lapak burung kenari di Palembang… cuman kesulitan mencari supplyer kenarinya…

      salam

      • 24 yunior 23 September 2010 at 2:18 am

        sini saya yg supply he..he mau berapa ekor om???

        Tahap awal kenari lokal sebanyak 10 ekor aja om, kalau om bersedia kirimnya satuin sama pesanan dari Pak Basuki,… upsss jadi bingung sendiri nich rencananya mau steril kenari suara standar kalau masuk lokal gagal dong rencana mastering hehe…., nanti dech om saya pikirkan dulu hehe…. terimakasih atas supportnya

        salam

  17. 25 Ade fiat 22 September 2010 at 5:49 am

    Amin amin..

    Salam kenarimania.

  18. 26 prie23 is back 22 September 2010 at 5:11 am

    Wah ulasannya mantap,
    biar cuma sedikit, tapi bukan berarti gak penting.

    berkaitan dengan postingan diatas saya ada pertanyaan nih?

    dulu saya ternakan kenari di malang yg suhunya 24-30 derajat celcius, (alhamdulillah berhasil).

    H-3 kmaren saya hijrahkan semuanya ke bandung yg suhunya 18-26 derajat, dah seminggu ini kenari2 yang biasanya berkarakter lincah jadi pada murung semua (gk mau bunyi lagi).

    gimana solusinya ya?

    Wah peternak di Bandung bertambah 1 orang lagi nich hehe…. mengenai kenari murung kemungkinan membutuhkan tahap penyesuaian dan bisa saja efek stress selama pemindahan… coba diberi multivitamin kalau ada kesempatan di jemur (denger-denger di Bandung sedang musim hujan jadi cuacanya semakin dinging), sangkar coba dikerodong untuk memberi kehangatan… demikian kang Prie, semoga ternaknya sukses, kalau sudah sukses jangan lupa supply pedagang kaki lima di Palembang hehe….

    salam

    • 27 prie 25 September 2010 at 11:40 pm

      Askum..
      Thx atas jawaban yg sebelumnya.
      skr saya gk tanya, cuma mau sharing aja.
      Btw, di bandung emang lg musim hujan, jadi penjemuran gk teratur kadang pagi kadang juga sore. trus ada fenomena aneh lagi setelah satu minggu kenari2ku di bandung semua pejantannya (3 ekor) bulunya rontok total, tapi alhamdulillah kelihatannya bulu penggantinya juga langsung tumbuh, kyaknya ini semacam adaptasi.

      Wassalam..

      terimakasih atas sharingnya om…, btw di Bandungnya tinggal dimana ??…

      salam

      • 28 prie 1 October 2010 at 2:32 am

        saya tinggal di wilayah sadang serang (daerah kecamatan coblong), mungkin beberapa orang bandung kurang familiar dengan daerahku ini, tapi kau aku bilang rumahku 1km ke arah barat dari taman makam pahlawan cikutra bandung, smua orang bandung pasti tau.

        btw, update info ternyata cuaca dingin di bandung bisa membuat kenari-kenariku yang lagi ganti bulu bisa lebih cepat rontok bulu-bulunya. totalya skr jadi 6 kenari yang lagi ganti bulu.

        tapi apa bener ini efek cuaca atau cuma kebetulan aja ya?,

        Kang Prie, berarti deket perumnas Sadang Serang yach ..??, untuk mengetahui ganti bulu normal atau karena perubahan cuaca harus diteliti lebih jauh kang… btw semoga ternaknya sukses kang… jangan lupa sharing kandang ternak yang di Bandung hehe….

      • 29 gede 1 October 2010 at 3:24 am

        Sabar aja Om Prie, memang masih musim mabung… bagian buntut yah yg rontok paling banyak… wah daerah sadang serang deket rumah Almarhum Romo, salah satu senior peternak KN di Bandung…

  19. 30 fediyan syahputra 22 September 2010 at 5:01 am

    mantap Om Sofian…
    Dah jadi ngambil kenari isiannya om ?
    Fediyan menunggu semoga nanti bisa dapat kenari isian juga hehhe.
    wasalam

    Insya Allah jadi om, saat ini sedang mencari informasi untuk pengiriman dari Solo ke Palembang… mudah2an kenarinya bisa cepat diboyong ke Palembang om… kalau mau kenari isian nanti bisa ngambil ditempat saya om, selain kenari isian saya juga ngambil beberapa bahan buat dimaster… atau kalau om mau menyekolahkan kenari bahan di tempat saya silahkan saja hehe…. saat ini di tempat saya steril kenari jadi tidak akan terkontaminasi suara kenari standar….

    salam

  20. 32 Hary Key 22 September 2010 at 4:44 am

    Saya bantu doa deh Om.

  21. 34 Slam 21 September 2010 at 11:34 am

    tetap semangat om….
    siap2, sebentar lg kenari YS impor dateng om…he3x

  22. 35 gede 21 September 2010 at 1:58 am

    typical track Aragon milik DUCATI kang, setiap lintasan balap dgn karakter Cepat (high speed)akan selalu di dominasi ducati (saat ini) sedangkan thn 2011 V.Rossi akan bersama Ducati, Kuda Besi dari negri kelahirannya sendiri….. Prediksi sy 2011 V.Rossi dan DUCATI akan mendominasi semua balapan MotoGP…… yg jd pertanyaan sy, Apakah Ducati nantinya akan memproduksi motor2 kecil utk di Indonesia (Asia) ?? Hehehehe… kalo iya kayaknya sy langsung Indent xixixixi

    hehe… betul kang sirkuit Arogan ehh Aragon typicalnya Ducaty tetapi ketika Rossi dalam kondisi sempurna ketinggalannya tidak terlalu jauh, karena Rossi tahu kemampuan motor dan skill-nya jadi dia memanfaatkan tikungan-tikungan sirkuit…. halah kok malah bahas motor nich hehe….

    salam

    • 36 gede 23 September 2010 at 8:18 am

      MotoGP gak kalah seru sama dunia KN kang…. Saling Salip Xixixixi… Asalkan Fair Play… Lanjut !

      sep kang, semua kegiatan kalau dilakukan dengan fair play insya Allah hasilnya baik… hehe….

  23. 37 yunior 20 September 2010 at 10:43 am

    wah jadi nih ambil dari om basuki??? nanti saya bantu tanyain deh..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: