Kegagalan itu Indah untuk Dikenang

“Salam kenal om, saya sudah beberapa bulan beternak kenari tetapi sampai sekarang kenari yang saya ternak belum juga berhasil, sekarang saya malas beternak kenari. Saya mohon bantuannya bagaimana caranya agar ternak kenari bisa berhasil ?, terimakasih om”

Saya sering mendapat email atau SMS seperti diatas, setiap mendapat email seperti ini saya kadang-kadang mengurut dada, terbayang bagaimana gundah gulananya perasaan om yang satu ini, harapannya ingin cepat berhasil ternak kenari, tetapi kenyataannya tidak sesuai harapan.

Dalam benak beliau terbayang induk betina naik turun dari sarang ke tempat makanan untuk menyuapi anak kenari, ketika induknya hinggap di sarang anaknya akan menyambut dengan suara ciap-ciap sambil membuka mulutnya minta disuapin induknya…. tetapi apa yang dia bayangkan dan tunggu-tunggu tidak kunjung datang, yang ada isi sarang diacak-acak atau kadang-kadang kedua kenari cuek bebek.

Tenang kawan semua butuh proses saat ini gagal insya Allah 2 atau 3 bulan kemudian apa yang Anda bayangkan akan menjadi kenyataan. Kegagalan adalah sebuah proses yang akan indah untuk dikenang, kegagalan saat ini akan menjadi bumbu cerita kesuksesan dimasa yang akan datang. Jika Anda  tidak mengalami hambatan/kegagalan dalam menjalani proses beternak kenari akan terasa hambar, pada saat semua berjalan lancer hidup Anda terasa monoton. Lain ceritanya jika mengalami berbagai hambatan dan bisa melewati hambatan tersebut ada rasa kebanggaan tersendiri yang orang lain tidak bisa merasakannya….

Itulah sekelumit email yang saya berikan terhadap rekan satu ini, mudah-mudahan dengan adanya email yang saya berikan bisa menambah semangat dalam beternak. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan untuk membeli indukan kenari, sangkar beserta aksesorisnya, waktu yang digunakan untuk mengelola kenari terbuang percuma, semua sarana jangan sampai terbuang percuma….

Tuhan menciptakan didunia ini berpasang-pasangan ada perempuan ada laki-laki, ada siang ada malam, ada keberhasilan tentu ada kegagalan dll… kita tidak akan mengenal yang namanya malam kalau kita tidak tahu kondisi siang. Demikian juga dengan yang namanya sukses selama tidak mengalami kegagalan kita tidak akan merasa kesuksesan/berhasilan.  

Saya pernah baca status Facebook Rumah Kenari, di status itu tertulis untuk membeli kenari merah dia sampai harus menjual kendaraannya…  Kenari yang dia beli setelah dipelihara selama 6 bulan mulai berubah dari merah merona menjadi kuning bahkan putih, yang betul-betul merah hanya sekitar 30 %,  saya tidak bisa membayangkan bagaimana dongkolnya hati peternak ini … Dari sisa 30 % ini dia mulai mengembangkan kawin silang dengan red siskin. Dari hasil kawin silang dengan red siskin anakan yang dihasilkan kualitasnya menjadi lebih bagus. 3 tahun  kemudian  dia mulai berhasil menghasilkan kenari dengan warna merah yang bagus dan merata… Singkat cerita setelah berkarya selama 3 tahun Rumah kenari mulia dilirik hobis kenari, dalam 1 tahun terakhir Rumah Kenari  bisa menjual kenari mencapai 1.200 ekor dengan range harga Rp. 250.000 sampai 5 juta. Anda bisa bayangkan bagaimana besarnya penghasilan dari kenari.

Dalam benak saya mungkin juga dalam benak teman-teman terbersit pemikiran betapa enaknya  jadi peternak kenari bisa menghasilkan uang ratusan juta dalam setahun, tetapi kita lupa bagaimana jerih payah sipeternak dalam mengembangkan ternaknya selama 3 tahun. Saya yakin dalam fase 3 tahun itu banyak tantangan yang harus dilalui,….. upppsss…. Maaf kebanyakan, demikian yang bisa saya sharing mengenai kebenaran cerita Rumah Kenari saya tidak tahu, tulisan ini hanya menyunting dari status FB Rumah Kenari. Selamat berkarya, hidup ini hanya sekali manfaatkanlah hidup yang sekali ini agar dikenang orang minimal dikenang anak kita….. salam

27 Responses to “Kegagalan itu Indah untuk Dikenang”


  1. 1 bimbim lampung 13 November 2013 at 1:52 am

    Salam om..
    Saya dl lebih repot om dalam memulai usaha beternak kenari.
    Untuk membeli sepasang indukan kenari.saya harus merelakan uang makan saya selama 1minggu. Dan all hasil .. Selama 1 minggu it saya hanya makan nasi puttih dan garem aj om.
    Tp smua it adalah perjalanan.crita.. Yg semua org pasti alami. Dan kesediha,kegagalan it adlah pembelajaran d mana kita bisa tau seberapa besar kecintaan kita trhadap ap yg kita usahakan.
    Tuhan tikan pernah memberi apa pun kl kita tidk pernah mau berusaha ,sabar,tekun,berkorban,dan sepekulasi dlam menggambil sebuah pilihan.dan ahirnya 1tahun ini allah memberikan saya limpahan anakkan kenari..yg bisa saya jual dan menghasilkan sebuah peluang usaha yg menjanjikan.
    Trimakash allah.
    Salam…

    Sebuah sharing yang mantap om Bimbim, justru kesulitan itu akan indah dikenang, semua kesulitan membuat kita semakin kuat… kalau menjalaninya mudah ketika berhasil kurang nendang rasanya hehe…. semoga tambah sukses om…..

  2. 2 londo 19 May 2012 at 5:26 am

    om, sdh 1 minggu lebih kenari saya jodohkan. kyknya sdh kawin tp kok blm bertelur. trus apa sarangnya khusus. sebab sarangnya sy ksh rumput dr lap.

    om coba masukkan kapas atau sobekan tisue ke dalam kandang ternak, semoga bisa membantu… wassalam

  3. 3 Arrya 16 February 2012 at 1:42 am

    Mau Curhat nih Om.. 6bln yg Lalu berawal dr suka dan skrang smakin Cinta..heheee aku beli anakan umur 3bln 6ekor, Jantan 2 & Betina 4, dan skrng Udah bertelur 3, yg 1mabung. Trus terjadilah. betina yg 2 ngeram meninggal Dunia. yg 1ngeram terbang keangkasa krna kandang Lupa diTutup.. tp aku ga mau putus asa, Pantang menyerah. dulu telur tembean Pernah menetas 1, tp piyikan mati umur 1minggu jatuh dr tarangan.. jd Aku lum Berhasil om. minta bimbingannya.. skrang aku br nyuba jodohin lg. tp kok ga MauMau ya Om?? apakah betinaNya Kurang Cantik??hehee met Kenal ya Om.

    • 4 winto 16 February 2012 at 7:36 am

      Om Arya sebelumnya ijin nimbrung,,,
      pertama-tama saya salut atas kegigihan dan pantang menyerah Om Arya,,,
      proses perjodohan gampang-gampang susah Om, banyak faktor yang mempengaruhi baik internal maupun external…( istilah saya sih Om )
      internal : kesiapan, umur , karakter , kesehatan, dll dari KN
      External : suasana tempat , gangguan tikus, semut dkk, vitamin, EF, penjemuran

      Coba Om Arya amati kembali apakah kedua faktor tsb sdh terpenuhi,
      memang ada KN yang hanya mau berjodoh dengan betina atau jantan tertentu,,,nah kalau dapat yang seperti ini yaaa pilihannya kita carikan pasangan yang cocok,,,
      Dicoba dan digali terus Om,,, kesulitan dan kendala kita nikmati sebagai seni dalam beternak KN

      Sukses selalu Om

      • 5 Arrya 16 February 2012 at 10:47 am

        Skakin kemecer aku om.. ingin menghasilkan turunan yg bagus buat lomba..heheee Dulu suka indahnya n merdu tp skrang pingin bgt Om bt nangkar. klo umur sih udh 1th,an om bt betinanya. yg jantan udh gacor.. tp smakin jd males kekantor om..heheee pengen liat Kenari ihiik… thank,s Om. Tak cuba amati dulu setelah dp ilmu dr Om Winto..
        Sukses juga Om..
        Doain Aku ya Om..hehee

      • 6 winto 17 February 2012 at 7:13 am

        Siip Om Arya,,,

        semoga cepat berhasil,,,

        Salam Kenari Mania

  4. 7 Rudy_java 18 January 2012 at 6:39 am

    Kadang kita menjalani suatu profesi. . .hanya demi mengejar materi (mata Duwitan) Dan bukan karena kita mencintai profesi tersebut…!.. yang kita inginkan hanyalah UANG,,, tanpa sadar banyak brother di luar sana… Memulai profesi sebagai peternak kenari dengan MOTIFASI YANG SALAH… misal begini. . wah ternak kenari gampang kita bisa cepet KAYA, Cepet dapat hasil, Duwit duwit duwit bla bla bla dll. . . akhirnya banyak BROTHER yang GAGAL KARENA BERBAGAI SEBAB… Dan akhirnya brother2.. banyak yang menyerah dan putus harapan… SESUNGGUH’NYA apapun profesi yang kita pilih. . .sewajib’nya berangkat dari dasar KECINTAAN.. Kita mencintai profesi tersebut… Karena dengan dasar CINTA.. KITA TIDAK AKAN MENYERAH DALAM HADAPI MACAM2 KESULITAN.. Dan kita bisa tetap bangkit.. Walau harus berkali-kali jatuh/gagal… Brother sekalian bisa belajar dari mereka yang telah berhasil.. Tanyalah bagaimana PERJUANGAN mereka hingga bisa berhasil seperti sekarang ini…!!
    insya’allah brother.. akan lebih bisa menghargai arti dari sebuah PROFESI… dan bukan semata-mata hanya mengejar MATERI… . . .salam sukses dari wong boja kendal, (newrajasetan@gmail.com)

  5. 8 cah lanang 15 October 2011 at 2:48 am

    pengalaman kegagalan adalah kunci dimana kita tau dimana salahnya dan usaha untuk menuju sukses…seperti yang pernah saya alami waktu kuliah pernah saya piara kenari dan bisa mengawinkan dan menetas di tengah perjalanan dalam usaha untuk membesarkan piaraan eh pencuri masuk dan mencuri sang induk yang sedang memelihara anaknya dan sampai sekarang masih tergiang dan teringat…..karena kesibukan kuliah dan tidak bisa memberi makan pada anakan tepat waktu karena masih harus di suapi akhir anakan kenari tersebut mati………dan sekarang mulai lagi mau piara bakalan yang sudah meriwik dan ingin mencoba untuk menternakkan kenari lagi……….

    Sep, semoga ternaknya sukses om

    Wassalam

  6. 9 herbal-HEPATITIS 2 July 2011 at 2:21 am

    Mau tanya apakah sudah banyak yg berhasil menternakan kenari yorkshire X yorkshire? Karena saya lihat yg selama ini diperjual belikan adalah yorkshire import.
    Sekian dan terima kasih.

  7. 10 syarif 29 April 2011 at 1:28 pm

    salam kenal om2 senior…salam kenal om yunior,om uphay,pm akhmad,,ditunggu terus pencerahannya…

  8. 11 alink 29 March 2011 at 7:21 am

    slam knal om2 smua…aku sdang bljr mnjdhkan kn(pnsran krn sring bca2 blok ini om he..he)udah d jdhin slama satu mnggu..prnah d taroh satu kndang(s jantan udah mau ng-loloh s btna)tp tiba2 kn ku yg jantan mabung om..pas aku pegang bdan nya kurus..pnaganan ny gmn ya om??skrang aku jdhn lagi btna nya dngan jantan yg baru..tp pas dstuin s btna mlah ngerang s jantan..kn btna ku ini klo dngr kn jantan ku yg prtma bunyi jadi cuit2,glsah, tampa menghiraukan kn jntan yg baru!!klo yg ini penanganan ny gmn ya om??

  9. 12 Fadly 9 December 2010 at 1:13 am

    Memelihara burung itu adalah hobby, kenari, murai, atau burung apa ajalah. jangan berpikir bisnis dulu, dari memelihara itu kita banyak belajar, gimana klo barung sakit, burung mabung, kandang yg baik, makanan & obat-obatan, mastering, dll, dengan bekal itulah dari hobby bisa menghasilkan….. dan kita juga harus banyak bergaul dengan para peng-hobby burung lainnya….kita bisa bertanya, diskusi, kumpul2 untuk mencari informasi……dan silahturahmi…..keteman-teman lainnya.

    Setuju Pak, dengan silaturahmi hobi kita sebagai peternak kenari dikenal orang …. jangan seperti saya dulu waktu ternak perkutut tetangga ngga ada yang tahu bahwa saya ternak perkutut akibatnya susah jualan hehe…

    salam

  10. 13 naryo 30 November 2010 at 3:57 am

    Matur nuwun atas masukanya,
    saya baru 3 bulan ini kecanduan piara kenari karena tertarik baca uraian kenari di blog ini.
    dirumah baru ada 10 F1 YS dan tertarik beli YS ….

    matur nuwun
    naryo solo

  11. 16 ariefsas 23 November 2010 at 3:53 pm

    Assalamualaikum…..

    memang banyak sekali cerita-cerita seperti itu terdengar om, gagal maning…gagal maning…

    hanya sekedar solusi ( bener gak ya solusinya nih? ) menurut saya kalo mau ternak kenari untuk tahap uji coba, coba beli kenari indukan yg sudah produksi, kl perlu beli indukan betina yang lagi ngeloloh anakannya, bila perlu beli sama anak2nya, istilahnya bedol kandang. ini adalah pengalaman saya 2-3thn yll. memang harga lebih mahal, tp terbukti kl indukan tersebut gak bermasalah.

    Saya menganjurkan demikian, bukan semata2 saya adalah pedagang, saya hanya ingin memberi salah satu solusi agar rekan2 gak kecewa dalam beternak kenari.

    kalo salah mhn dimaafkan dan jangan diikuti

    Setuju om, kalau menurut saya merasa mahal diawalnya saja tetapi kalau dihitung secara total jatuhnya lebih murah karena tidak ada biaya beli obat pusing hehe….

    salam

  12. 18 naryo 18 November 2010 at 3:26 am

    Met pagi om,
    minta pendapat nih… kalau indukan YS jantan dengan ukuran sedang dibandingkan yang ukuran big size lebih baik yang mana.
    maksud saya dari produktivitas untuk mengawini betinanya
    soalnya saya baru mau beli indukan jantan YS yang akan masuk tanggal 25 november ini om….
    nuwun
    naryo, solo

    Met siang om, ini yang membuat saya bingung big size itu ukuran standarnya apa ??.. biasanya orang menyebut besar karena tahu ukuran kecilnya hehe…. seperti kita ketahui ukuran standar YS itu panjangnya antara 17 cm s/d 19 cm, apakah yang dinamakan big size itu ukurannya diatas 19 cm ?.. sedangkan ukuran 17 – 19 cm termasuk ukuran sedang… kalau menurut saya semua itu perlu pembelajaran bersama, mengenai kualitas untuk ternak saya rasa sama saja, hanya peternak senior rata-rata mencari kenari YS yang berbulu tipis dan biasanya YS dengan bulu tipis ukurannya dibawah rata-rata … demikian om mohon maaf kalau salah

    salam

  13. 20 warno 17 November 2010 at 8:29 am

    Sip bhanget motivasinya! Kegagalan adalah awal keberhasilan. Matur Nuhun Kang atas motivasinya. Saya pemula banget dalam perkenarian. Sekarang lagi belajar piara kenari. Salam buat para pinisepuh perkenarian.

    sep om semoga dari coba-coba bisa keterusan hehe….

    salam

  14. 21 Bareph Yadie Kasalo 16 November 2010 at 5:44 pm

    emang jika sudah beberapa kali mencoba tapi tak kunjung berhasil yg muncul adalah kekecewaan yg berakibat timbulnya rasa males. Inilah yg sedang saya hadapi. karena kecewa tiga tahap penetesan gak kunjung berhasil, akhirnya sangkin kesalnya induk betina saya biarkan tidak saya urus. apa yg terjadi akibat ulah saya itu? induk betina sakit, rongga mulut dan lidahnya pada merah2, napas terengah2 yang berujung pada kematian induk betina. hmm…..
    ternyata kematian itu malah membuat saya menyesal.
    Yah inilah sebuah awal yg menyakitkan, yg memberikan pesan besar kepada saya agar bisa lebih bersabar, telaten dan bersabar lagi…
    Makasih Om…
    salam…

    Tuch kan om jadi ada cerita yang bisa disharing ke teman-teman disini hehe…. semua akan mengalami fase yang om alami… dimana pengalaman diatas akan membuat kita lebih mawas diri, tetap semangat om…

    salam

  15. 22 winto 16 November 2010 at 3:07 pm

    Fenomena yang banyak kejadian ini Om, ulasan yang cukup menarik
    Seperti wejangan para senior di perkenarian..mesti sabar dan dicoba terus( red mengutip dari Om Nungki), hal ini juga yang saya alami, inilah seni dalam berternak KN jadi dinikmati saja liku-likunya.
    Ketika kita berhasil semua liku-liku rasanya terbayar dengan kepuasan,rasa bangga dll
    Thanks om ulasannya

    Sep semoga sukses ternaknya om hehe…

    salam

  16. 23 Uphay 16 November 2010 at 6:19 am

    Cerita yang Indah merangkap menakutkan…. Thanks buat motivasinya Om… sebelumnya saya ternak kenari lokal dan menghasilkan, akhirnya saya putuskan naik ke grade berikutnya, mulai beli Indukan yang “menurut saya” bagus, ada YS, ada F1YS, AF dll, alhasil, sampai saat ini belum menghasilkan apa2. Ada F1YS yg nelur dan dierami dengan baik, namun sudah lebih 2 pekan tidak jua terdengar cuit an lirih piyikan… mengelus dada… kata teman yang pengusaha… “Pantang mundur sebelum bisnis dikelola minimal 3 Tahun” karena Tahun I adalah pembelajaran, Tahun II adalah pembenahan, Tahun III adalah keberhasilan…. (Semoga..). Sukses dan Semangat buat Kenari Mania…. Thanks Om Sofyan….

    • 24 Opick 28 April 2011 at 2:41 pm

      jujur dr hati yg terdalam, saya bgtu trenyuh stelah mmbaca motivasi dr Om..,
      krna saya adlh peternak pemula yg hmpir 4bln brjalan tetapi blum jg brhasil menetaskan piyik kenari.hampir putus asa aku Om…
      bruntung bagi saya krna di saat kondisi saya yg sprti ni,saya lngsung mluncur ke Warnet untuk cari info tentang berternak kenari DAN KEBETULAN saya menemukan artikel motivasi brternak kenari dr Om…
      jadi bangkit kmbali semangat ku Om, mohon do’a nya dr rekan2 skalian supaya ternak saya bisa brhasil(Amin), dngan mnghasilkan anakan kenari yg sehat2(Amin), berkualitas unggul(Amin), dan bermanfaat bagi para pengHobies burung Kenari(Amin amin ya robbal Alamin)….,
      ko’ malah jadi Curhat gini aku Om, He.he.e.e.

      • 25 winto 29 April 2011 at 9:28 am

        Om Opick memang dalam berternak kita harus SABAR, saya pribadi baru berhasil setelah hampir 7 bulan, selama berjalan banyak kendala yang dihadapi
        Berkat menimba ilmu dari blog Om Sofyan dan rekan-rekan yang lain akhirnya saat ini bisa berhasil menangkarkan
        Berternak memang seni yang harus dinikmati ( bagi saya pribadi )
        Bila ada kendala dishare saja ,biasanya rekan-rekan banyak yang akan kasih advice dan solusi

        Semoga sukses dalam berternak kenarinya Om Opick

        Salam

      • 26 Uphay 29 April 2011 at 10:40 am

        Betuul..betuul..betuulll… saya setuju dengan Om Winto yang sekarang koleksi dan anakannya “Wah”… hehehe, saya juga baru bulan April ini berhasil punya anakan usia 1 bulan sebanyak 5 ekor dari 2 indukan setelah hampir 1 tahun memelihara kenari. Semoga Om Opick punya keyakinan dan kesabaran yang cukup kuat untuk senantiasa berusaha dan sukses. Saran saya, banyak baca / belajar dan banyak sharing, baik di blog kita tercinta ini, maupun di Facebook atau media lainnya. Salam kenari mania….

      • 27 tri hat 30 April 2011 at 3:12 am

        Semangat om,,,semangat,,,


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


