Sisi Lain dari Ternak Kenari

Ohhh, rupanya P AS belum ada minat bisnis kenari saat ini. Semangat Dong P AS…. Palembang juga lumayan lho prospek kenari-nya

Itu sebuah komentar dari om Acil, saya suka dengan gayanya om Acil khas orang jawa timur hehe …  sebetulnya orangnya baik lho waktu saya terima SMS pertama bahasanya sopan hanya mohon maaf waktu itu saya sedang ada rapat jadi belum sempet dibalas…

Disini saya tidak akan membahas pribadi om Acil yang fenomenal, saya hanya ingin sharing mengenai perjalanan saya mengelola blog ini  …  Belajar dari pengalaman kegagalan dalam beternak perkutut dimana produksi melimpah sedangkan penjualan seret. Untuk memasarkan burung kenari saya coba buat blog ini alhamdulillah apa yang saya harapkan dalam waktu 3 bulan dapat tercapai hasil ternak saya banyak peminatnya sampai-sampai kewalahan untuk memenuhinya. Itulah latar belakangnya kenapa tulisan di blog ini  banyak membahas mengenai segi materi yang bisa didapat dari beternak kenari. Selain ternak saya laku ada efek lain yang tidak saya sadari yaitu banyak rekan-rekan yang terkompori untuk mulai ternak kenari dari ternak kecil-kecilan sampai ternak cukup besar. Persaingan antar rekan seller semakin sengit mulai dari perang dingin sampai perang hangat mudah-mudahan tidak terjadi perang terbuka hehe…

Seiring berjalannya waktu kecintaan saya terhadap burung kenari semakin mendalam. Semakin didalami semakin membuka pikiran saya bahwa burung kenari mempunyai keunikan tersendiri. Burung kenari dalam batas-batas tertentu bisa dimodifikasi sesuai keinginan, suaranya bisa dimaster dengan suara burung lain, jenisnya beragam dari body kecil sampai body sebesar gaban, body bullet sampai kurus cungkring pokoknya komplit….hehe….. 

Dengan bertambahnya kecintaan saya terhadap kenari maka saya sudah tidak memikirkan lagi segi materi karena kalau saya hanya memikirkan materi maka blog ini hanya berkembang selama 3 bulan, setelah target saya menjual kenari tercapai maka saya tidak ada motivasi lagi untuk mengembangkan blog ini. Kebahagian tidak hanya didapatkan dari materi (uang) saja ada hal yang lebih utama yaitu kebahagian bisa membantu orang yang awalnya tidak mengenal burung kenari menjadi kenal bahkan bisa menghasilkan uang dari kenari.

Upsss… sudah dulu tulisannya takutnya terkesan menggurui hehe…. pesan sponsor bagi rekan-rekan yang sedang perang dingin karena bersaing dalam jualan, sesungguhnya persaudaraan lebih berarti dari pada uang recehan yang didapat dari penjualan kenari… Alangkah indahnya jika setiap individu menjadi bagian dalam mengembangkan dunia perkenarian yang kita cintai… Kalau kenari di Indonesia berkembang baik yang untung kan kita semua, hobi tersalurkan uang mengalir hehe… (halah akhirinya uang juga hehe….)

33 Responses to “Sisi Lain dari Ternak Kenari”


  1. 1 agus 26 January 2012 at 1:59 pm

    salam kenal om,sudah 4 bln sy cb untk beternak kenari(di rumah ada 5 kenari betina lokal dan 2 jantan,semuanya lokal)yg jd mslh,2 kenari udh betelor tp gagal menetas pdhl mulai pakan smpe vitamin sdh diberi teratur(oh iya kenari betina sy msh dara)sedang sisanya susah untuk birahi,terutama yg putih.apa yg harus sy lakukan om,sebelumya sy ucapkan banyak terimakasih…

  2. 2 Iwan blero 29 November 2011 at 7:46 am

    Salam kenal om.,mau ikutan gabung blh to?

  3. 3 denny 19 August 2011 at 10:27 am

    mo tanya bulu ekor jatuh apa bisa tumbuh lg ya om, umur KN baru 3 bulanan.
    begini ceritanya kandang yang saya gantung jatuh kemungkinan karena paku yang saya pasang terlalu kecil tragisnya lagi kejadianya persis didepan mata kepala saya seketika itu burung terdiam bahasa orangnya shok x y om dan saya lihat bulu ekornya pun ikut jatuh alias rontok.

    denny, tambun
    salam …

    Insya Allah bulu yang lepas akan tumbuh kembali, semoga momongannya bisa cepat puluh dan bisa menghangatkan suasana rumah om…

    wassalam

  4. 4 firman 16 May 2011 at 11:55 am

    Om, akhir akhir ini saya tertarik berternak kenari….minta tolong buat bibit saya harus beli dimana, saya mau coba satu jantan satu betina dulu pengennya yang berwarna merah, kira kira harga pasrannya berapa ya om saya berada di bandung, minta bantuannya om yah

    selamat datang di dunia kenarimania, untuk daerah bandung coba hubungi Pak Yusman…..

    wassalam

  5. 5 Agung Wibowo 18 April 2011 at 6:26 pm

    Om Sofyan, saya benar-benar baru dalam dunia burung. Beberapa hari yang lalu ngobrol dengan beberapa teman yang suka pelihara burung dan jenis hewan yang lain. Mereka menyarankan untuk beternak burung Kenari karena perlakukannya mudah, disamping itu bisa dinikmati suara maupun warna burungnya sebagai hobby.

    Posisi saya saat ini di Bekasi Barat, apakah om Sofyan punya kenalan peternak kenari yang jual kenarinya untuk diternak? atau mungkin bisa memberikan info tempat atau pasar burung yang menjual Kenari.

    Terima kasih atas bantuannya,
    Salam,
    Agung Wibowo

  6. 6 darwin 13 April 2011 at 3:33 pm

    om.. saya pengen sekali berternak kenari.. gmna sih cara’a berternak kenari buat pemula kyk saya.. saya cmn pnya kenari jantan saja.. dan ciri2 kenari betina gmna ya om dan brapa biasa’a harga’a?? sebelum’a thank’s om..

  7. 7 sudarto 31 March 2011 at 6:41 am

    Mau tanya nih, apakah ada yang menjual kenari merah dan atau lovebird di daerah Jateng kacama mata kepala merah/ kuning

  8. 8 naryo 26 January 2011 at 7:49 am

    dengan mengikuti blog kenari ternyata sangat bermanfaat,
    2 tahun lagi saya pensiun dari kerja kantoran ……..
    maunya pengin ternak kenari ……
    6 bulan memelihara kenari ternyata mengasilkan keuntungan
    juga……..
    9 ekor kenari f1 & f2 diborong kolektor ….wah lumayan mendapatkan keuntungan hampir 2 juta rupiah ……..
    bravo kenari mania……….salam

    naryo solo

    Senang sekali mendengarnya ketika menghadapi masa purnabakti tidak takut nganggur karena akan ada kegiatan yang bisa dilakukan, dan kegiatan tersebut selain untuk mengisi kekosongan juga bisa menghasilkan … mantap Pak hehe….. Selamat Pak semoga bisnisnya semakin lancar, tinggal tambah sedikit bisa nambah indukan YS lagi hehe…

    Wassalam

  9. 9 naryo 6 January 2011 at 2:50 am

    Pak Gede,
    pesan 2 ekor YS lagi ya, kalau ada yang warnanya seperti gambarnya kepunyaan ” Fina bird shop ” bont kuning merah … nuwun

  10. 10 naryo 5 January 2011 at 3:11 am

    Oh ya pak Gede,
    tambahan info bukan flu burung …tapi takshow
    nuwun …..sudah sembuh 100 % kata dokternya

    naryo GA solo

  11. 11 naryo 5 January 2011 at 3:06 am

    Makasih pak Gede,
    memang dirumah saya ada 12 ekor kenari, 1 ekor CR dan ada 1 ekor trotokan dan 2 BT
    waktu anak saya di RS Betesda jogya ditanya apa dirumah piara binatang..dijawab ada burung ………
    tapi sekarang anak saya sudah 100 % sembuh …
    jadi tanggal 2 april 2011 ini tetap dilakukan acara perninakah anak saya ………nuwun
    saya tunggu akhir januari YS nya ya pak Gede …..
    nuwun Naryo, GA SOLO

  12. 12 naryo 27 December 2010 at 6:32 am

    Kabar dari solo,
    10 hari dalam perawatan anak saya sudah sembuh
    akhirnya 10 ekor F1YS saya jual semua…
    tinggal 2 ekor YS dari pak Gede …dan 2 ekor BT
    ……ternyata kalau lebih awal ke dokter cepat sembuh
    mohon maaf apabila berita dari saya ini membuat gerah…
    nuwun, naryo

    Syukur kalau sudah sembuh mah Pak, keluarga lebih utama …. memang lebih lebih sedikit tetapi berkualias jadi lebih fokus dan tidak terlalu capek dalam merawat, semoga ternaknya sukses Pak

    wassalam

    • 13 gede 27 December 2010 at 11:29 am

      Salam Mas Naryo…
      Harusnya Kenari tidak menyebabkan Flu Burung.
      Flu Burung hanya terdapat pada Unggas, terutama unggas yg sering berada di atas permukaan tanah (ayam, bebek dll.
      Segera sy cari lagi artikel tentang Flu Burungnya…

      Selama kebersihan di jaga dengan baik, Insya Allah tidak akan menyebabkan penyakit…

      Harap Sirkulasi udara di sekitar kandang di perhatikan sehingga tidak menyebabkan hal negatif.

      Demikian

      Salam

  13. 14 naryo 16 December 2010 at 7:00 am

    Pak Gede, makasih YS nya sudah sy terima…..
    curhat ……… mohon info …………..
    dirumah saya ada 15 ekor burung kenari…………
    tadi pagi tgl 15 Desember 2010 anak perempuan saya nangis habis pulang dari Rumah Sakit …………..
    kata dokter anak saya kena flu burung …. takshow
    padahal bulan april 2011 mau nikah ……….
    wah jadi pusing nih ….sayang burung ..anak jadi korban
    baiknya gimana yaaaa…….mohon masukan ……….
    soal nya baru 4 bulan ini piara kenari ……nuwun
    edy sunaryo, GA Solo

  14. 15 tanto 15 December 2010 at 11:52 pm

    Ha ha ha ,siap om sy tunggu promosinya..tks ..

    Wah kalau menunggu saya belum jelas om hehe… saya rasa websitenya om Hary sudah bagus tuch coba klik link ini http://www.burung-kenari.com/home

    salam

  15. 16 Tanto 15 December 2010 at 7:12 am

    Salut buat om AS,yg selalu bales pertanyaan2 kenari mania baik di email maupun di blog nya,ternyata beramal itu tdk harus dg materi ya om sukses om,buat om Yunior mohon maaf belum kesampaian beli produknya tapi nanya mulu kn import yg masuk sabar ya om..masukan dari sy buat seller kn mungkin saat menjual kn diimformasikan juga kondisi fisik dan suara kn apalagi kn import,kan kasihan pemula cuma tau kn import begitu diterima tdk sesuai yg diharapkan lagi2 tdk semua pembeli apalagi luar daerah perhitungannya bukan antara harga tinggi atav rendah tapi kwalitas juga jadi harapan no.wahid..he..he..he pengalaman pribadi..sekali lagi salut buat om Sofyam,om Yunior sukses selalu di perkenarian….salam ..TANTO ( Sidoarjo)

    Belum semua saya jawab om, kalau lewat blog insya Allah saya jawab hanya untuk SMS atau email kadang-kadang kelupaan… Saya setuju dengan pendapat om … yach minimal nampilin foto-nya, hanya kadang-kadang saya greget sendiri kalau lihat seller pada malas nampilin foto apalagi nampilin rekaman ketika KN bunyi …. insya Allah nanti kalau saya jualan kenari akan saya tampilin foto kenari tampak samping KI-KA, tampak atas, tampak depan dan rekaman ketika bunyi… tunggu tanggal mainnya aja om hehe…..

    salam

  16. 17 aridarmaamirulloh 13 December 2010 at 12:19 am

    uang memang penting, tapi yang lebih penting lagi kalau bagi saya pelihara kenari adalah sebagai penghilang stres yg paling manjur, padahal cuma liatin burung kenari yang lompat sana-sini tapi stress bisa hilang, hehehe… aneh ya? tapi ya itulah namanya hobi. unik dan sulit digambarkan kepuasannya.

    Sep, semoga hobi om semakin lancar selain menghilangkan stress juga bisa menjadi usaha sampingan hehe….

    salam

  17. 18 yuda 11 December 2010 at 8:42 am

    siap om yun…saya amati sekiranya memang ada beberapa motivasi,yang pertama HOBI, yang kedua BISNIS, yang ketiga gabungan antara BISNIS dan HOBI kemudian yang bersaing antara yg bermotivasi bisnis dgn yang bermotivasi hobi dan bisnis karena yang bermotivasi bisnis tentu saja hanya mencari untung yang sebesar besarnya sementara yang bermotivasi hobi dan bisnis tidak semata mata mencari untung,tetapi ada unsur sosialnya…bahkan ada yang bisa dicicil…heee..tentu saja perbedaan harga menjadi alasannya…bingung juga kan om..hee..

  18. 20 gunturmilan 10 December 2010 at 6:06 pm

    assalamualikum…
    pakabar om sofyan……
    awal saya akan beli kenari blog ini yg menuntun saya memberikan banyak pelajaran buat pemula seperti saya…semakin lama jadi tau dan jadi bingun kok akhirnya ya pada saling kesannya ada aroma bersaing yg gak sehat…..yah biarlah pemula kayak saya cuman bs liat aja gak mau berpihak kemana mana…tapi besar harapan saya semoga kita bs saling berjabat erat dan saling bantu membesarkan kenari mania indonesia……..wes pokoe seng akur bae lah…….betul kata om sofyan dan om harry..uang bukan segalanya dan jangan takut gak kebagian rejeki…karena sdh ada yg ngatur…
    wasssalm….

    sep, semoga dengan hobi kenari bisa menjadi tambah teman dan rejeki lancar hehe… jangan sampe gara-gara kenari tambah musuh, tambah rakus hehe…

    salam

  19. 21 yuda 9 December 2010 at 1:34 pm

    saya termasuk orang baru yang baru saja mendapat manfaat dari blog ini…lanjutkan dan teeruskan om sofyan…orang dapat menilai ko mana yang baik dan yang tidak…tak perlu ditanggapi koment2 yang tidak mendukung kemajuan blog ini…maaf kalo ada salah kata yang kurang berkenan di om om sekalian…

    siap om, saya membangun blog ini punya misi sendiri terserah orang mau ngomong apa yang penting tujuan saya membantu rekan-rekan dalam mengenal kenari bisa tercapai. Saya tidak berharap pujian atau cacian saya berharap rekan-rekan bisa membiayai hobi kenari dari hasil hobi, bingung kan apa yang saya omongkan hehe…

    salam

  20. 23 winto 9 December 2010 at 10:43 am

    Walaupun beberapa orang belum bertemu muka, namun lewat blog Om AS ini saya dapat motivasi, bimbingan, informasi bahkan bisa bertemu dengan orang-orang hebat ( Om Gede, Om Nungki, Om Harry , Om Yunior , Om Remy , Om Uphay , Om Arif dan yg lainnya )
    Relasi, persaudaraan serta kebersamaan di dunia hobby kenari bagi saya jauh lebih besar nilainya

    Hebat Om AS yg selalu positif thinking … Salut Om
    (:P ) ngak ada avatarnya jadi nggak bisa visualisasi
    angkat 2 jempol

    sep, semoga dengan semakin banyak teman semakin mendewasakan kita dalam bergaul dengan sesama kenarimania

    salam

  21. 24 jaelani 9 December 2010 at 8:16 am

    Tambah mantap aja neh Om sofyan,salut makin lama makin dewasa.Bener Om jangan karena duit persahabatan jadi berantakan,banyak kasus seperti itu,jadinya ga akur,mau ketemu jadi segen.
    hehe9

    sep, mudah-mudahan hal yang om Jaelani kemukakan dimasa yang akan datang tidak sampai terjadi

    salam

  22. 25 darman 9 December 2010 at 5:13 am

    sy setuju banget om,silaturahmi itu sangat penting…
    dan uang itu bukanlah segala-galanya…..
    tp ya kembali lagi om,sesuatu itu perlu uang,apa lagi kalo mau beli kenari ys…..
    ya gak om…..
    he…he…he….

    Iya uang penting tetapi lebih penting persahatan… dengan persahabatan insya Allah beli YS bisa nyicil atau sharing ternak hehe…..

    salam

    • 26 darman 9 December 2010 at 8:35 am

      ya om,walaupun blm bs beli ys,tp saya senang ko,soalnya om-om smua bersedia membantu setiap kendala yg sy hadapi…..
      skali lg saya ucapin trima kasih banyak buat om sofyan,om yunior,om afiudin,om hary key dan om yang lainnya…. smoga breedingnya tambah sukses,dan selalu terjaga tali silaturahmi……amin

      • 27 novan 9 December 2010 at 1:48 pm

        betul om saya jg merasa walau om2 senior kenalnya di dunia maya tapi sangat hangat membimbing junior2nya hehehhe…salammmm angettttt maju terus kenari indonesia

        Siap om, salam

    • 28 yunior 9 December 2010 at 9:24 am

      wah mentang2 ditempat saya banyk yg nyicil..di sindir nih he..he

    • 29 yunior 9 December 2010 at 9:27 am

      betul kata om sofyan yg penting persaudaraan..mau bayar nyicil atau cash ttp sahabat dan saudara kita yg penting ternak kenari jalan terus..

  23. 30 fediyan syahputra 9 December 2010 at 3:21 am

    Hmm…terasa sangat dalam arti sebuah persahabatan dan persaudaraan yang terjalin…bukan hanya mengharapkan materi belaka dengan sebuah hobby yang sgt mengasyikkan…
    Btw tks banget Om Sofian dan Om2 lain yang selalu bersedia menularkan ilmu kenarinya.
    Sukses selalu buat OM Sofian dan Om2 lain.
    wasalam

    sama-sama

    salam

  24. 31 Hary Key 8 December 2010 at 7:05 am

    Setuju Om Sofyan. Selama masih ada kehidupan manusia persaingan pasti ada dan malah diperlukan karena dapat memotivasi dan meningkatkan semangat berkreasi dan berprestasi. Tetapi kalau sudah bersaing tak sehat maka manfaat jadi lompat dan malah mudharat yang didapat. Gak perlu pake gontok-gontokan dan saling menjelekan malah akan menjauhkan tali silaturahmi yang berakibat rejeki pada lari. Gak usah takut gak kebagian rejeki brothers!Rejeki ada yang mengatur. Asal kita mau berjualan jujur dan akur. Kunci agar komunitas ini tetap solid adalah jaga ucapan dan jangan suka menilai orang lain.

    Salam,
    Hary Key – Jati Asih.

    Mantap nich Pak Hary, saya menangkap ada gejala-gejala perang dingin antar kubu hehe… sebagai sopir hanya mengingatkan bahwa kesenangan mengejar materi hanya sesaat ketika materi sudah didapat kesenangan itu akan hilang. Kebahagian pertemanan dan persaudaraan akan langgeng… btw saya ditelpon Pak Nungki ucapan beliau yang pertama membuat hati saya bergetar “kangen saya dengan om Sofyan kalau saya punya kenalan dengan pejabat ditempat om Sofyan bekerja, saya akan minta om Sofyan di mutasi ke Jakarta” inilah salah satu kebahagiaan yang saya dapatkan dari persahabatan, hanya sayang jaringan di Palembang sedang jelek jadi kami belum sempet berbicara banyak….

    salam

  25. 33 redmoz 8 December 2010 at 5:04 am

    yang pertama comment.. Semoga semakin barokah om, karena banyak orang yg merasakan manfaat dari blog ini. Salam sukses n sehat selalu tuk om sofyan dan keluarga. Amiiiin

    sep, terimakasih om

    salam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


