Kopdar Penggemar Burung Kenari

Jam 4 sore tanggal 21 Desember 2010 saya ditelepon Pak Nungki, beliau mengabarkan mengenai kegiatan kopi darat penggemar burung kenari. Peserta yang hadir sekitar 30 orang, berhubung hobis ada acara masing-masing jadi tidak bisa berkumpul pada saat bersama, datang dan pergi silih berganti… Dari uraian beliau kegiatan yang dilaksanakan antara lain bursa burung kenari, bursa pakan, bursa sangkar berikut aksesorisnya dan yang utama adalah bercengkrama dengan sesama penghobi kenari.

Untuk tulisan kali ini saya tidak akan membahas bagaimana serunya pertemuan karena sudah pasti seru hehe…., dalam tulisan ini saya ingin membuat catatan mengenai kegiatan kopi darat yang kita laksanakan selama ini, semoga dengan adanya beberapa catatan bisa menjadi guide line, dalam melakukan kegiatan kopi darat ditahun 2011. Saya mempunyai beberapa catatan yang patut disyukuri dan beberapa poin yang perlu ditingkatkan.

Pertama Untuk kegiatan bursa seperti bursa burung, bursa pakan, bursa sangkar berikut aksesorisnya dan bursa obat-obatan perlu dilestarikan, bila perlu lebih ditingkatkan. Dari kegiatan bursa ini minimal ada 2 keuntungan yaitu seller mempunyai tempat untuk menjajakan produknya, konsumen bisa mendapatkan segala kebutuhan seperti mencari indukan kenari, sangkar dan sarana penunjangnya. Dari interaksi jual beli ini bisa terjalin persahabatan antara pembeli dan penjual, pembeli bisa berkonsultasi dengan penjual sedangkan penjual (peternak) bisa memantau perkembangan kenari produknya.

Kedua Latar belakang adanya kopdar ini adalah ide dari om Yunior, om Tommy, Pak Nungki, kang Gede dan saya sendiri dimana kami merasa prihatin terhadap perkembangan perkenarian khususnya di Jabodetabek yang belum ada organisasi khusus pecinta burung kenari. Dari pertemuan pertama kami lanjutkan dengan adanya pertemuan ke dua, pada pertemuan ke 2 diputuskan akan dibentuk suatu paguyuban yang diberi nama Payuguban Burung Kenari.

Berhubung yang hadir berubah-ubah kami kesulitan menentukan kepengurusan Paguyuban, agar kegiatan tidak vakum maka kami rubah dari pertemuan anggota PKB menjadi kopi darat. Dimana dalam kopi darat ini tidak ada struktur organisasi yang resmi. Cerita mengenai latar belakang berdirinya komunitas Paguyuban Burung Kenari bisa baca di kategori Paguyuban Burung Kenari

Melihat trend kehadiran yang terus meningkat kami merasa kopdar ini sudah saatnya dibentuk pengurus tetap jangan sampai menjadi OTB (organisasi Tanpa Bentuk) hehe…. Saya merasa sekarang saatnya pembentukan komunitas Paguyuban Burung Kenari. Dengan adanya pengurus formal diharapkan adanya pembagian tugas, sehingga setiap kegiatan ada penanggung jawab dan koordinatornya. Pada saat berkunikasi dengan Pak Nungki, beliau optimis dengan pembentukan kepengurusan PKB karena ada beberapa orang yang siap menjadi coordinator kegiatan, kita tunggu hasilnya dipertemuan yang akan datang.

Ketiga Perlu saya sampaikan Paguyuban Burung Kenari belum terbentuk, jika ada seseorang yang berbuat kurang baik itu perbuatan orang perorang, kami tidak bertanggung jawab dan tidak ada hubungannya dengan Paguyuban karena Paguyubannya belum ada hehe….. Bagi rekan-rekan yang aktif berjualan di blog ini saya mohon kesadarannya agar dalam berjualan yang ditonjolkan Etika bertransaksi, jangan memberi harapan yang muluk-muluk terhadap rekan-rekan terutama rekan-rekan pemula.

Sekian dulu catatan menjelang akhir tahun, semoga tahun 2011 lebih baik….

27 Responses to “Kopdar Penggemar Burung Kenari”


  1. 1 lia 25 March 2012 at 3:10 pm

    Pak mau tny caranya gabung kopdar burung kenari gimana, krn suami sy peCinta burung kenari dan sdg memliharanya sekitar 18 pasang, thanks

    Mantap, kenarinya jenis apa saja Bu ?, kalau sulit pemasarannya saya siap nampung Bu hehe….., Kopdar untuk wilayah Jabodetabek sedang vakum Bu, saya sedang merintis kopdar di Palembang, temen-temen di Palembang kalau ingin kopdar bisa datang ke rumahnya Om Fediyan Jl. Makrayu 1018 kec. Ilir Barat 2 Palembang (depan kecamatan), insya Allah bisa sharing sekalian praktet ternak kenari. Wassalam

    • 2 Uphay 26 March 2012 at 7:29 am

      Wow… keren euy koleksi suami bu Lia….. kopdar ini lagi fakum dulu bu, lagi pada sibuk, tapi saya yakin, suami ibu pasti udah punya komunitas sendiri dengan teman2 sendiri, bila ada kopdar, biasanya di umumkan di Blog tercinta ini, jadi sering2 ajah baca2 artikel di blog ini, insyaAllah bermanfaat… salam,,,,

  2. 3 Rudy_java 18 January 2012 at 11:20 am

    Wah seru tuh kopi darat…. Saya usul nich… Bagaima kalo kita bikin Club kenari… Yang di adaptasi dari club2 di luar negeri?? ? ?.. . . Nanti juga ada acara sharing bersama… Entar anggota club Gantian curhat lah… Trus sekali-kali… Kita undang pakar kenari internasional… Supaya bisa memberi motivasi.. Bagaimana beternak kenari dengan benar.. Juga tentang pakan yang bagus . . .saya menduga alasan kenapa kenari impor selalu bagus.. Adalah selektif breeding yang ketat.. Dan pakan yang sangat sangat bagus… Hingga perkembangan fisik kenari bisa maksimal… Orang luar juga selalu ber’inovasi… Punya pikiran jauh ke depan… Saya berharap suatu saat kita bisa sebaik mereka… Ya semoga saja.

  3. 4 dimas 26 January 2011 at 7:27 am

    saya minta alamat peternak kenari merah di bandung dong om ato sms in donk ke no 0812 722 80808

    Rekan-rekan yang ternak kenari merah, tolong om Dimas lagi nyari kenari merah nich… om Dimas mohon maaf saya belum bisa bantu barangkali rekan-rekan yang lain bisa bantu….

    wassalam

  4. 5 tr1402 17 January 2011 at 12:54 pm

    Kalau boleh tau kapan ya diadakan lagi kumpul bareng pencinta kenari dirumah pa Nungki (depok)??

    Insya Allah tanggal 5 Februari 2011 akan di laksanakan kopi darat lagi, untuk pertemuan kali ini acara akan lebih seru karena akan diadakan saresehan “Kupas Tuntas Kenari Gloster”, kalau ada waktu silahkan hadir om…. informasi lengkapnya bisa dibaca di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2011/01/10/1094

    Wassalam

    • 6 tr1402 18 January 2011 at 5:46 am

      trimaksih infonya pak…Insya Allah akan hadir tp sy ini blom mengerti tentang Burung kenari apa boleh datang pak?..hehe…
      Memang sy py satu kenari yg katanya warna Sunkis oleh2 temen kantor dr malang,…
      lama2x sepertinya sy kok jd jatuh cinta ni…hehe,..jd pingin tau lebih banyak tentang burung kenari…

      Jam acaranya dimuali jam berapa ya pak?…thx sekali lagi infonya pak..

      Tria
      depok-beji

      Saresehan ini bertujuan sharing pengetahuan mengenai kenari Gloster, bagi orang awam ini sangat bermanfaat karena akan dikupas secara tuntas dari mulai pengenalan gloster, melihat karakter dari Gloster, mendengarkan suara gloster yang terbaik (dengan adanya latber) dan ada sharing tanya jawab… untuk jelas bisa dilihat di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2011/01/10/1094

      wassalam

  5. 7 Riduan Alden 10 January 2011 at 8:17 am

    Pak, saya adalah salah satu pengemar burung kenari tetapi saya baru 2 bulan menggeluti dan saya saat ini memiliki 1 (satu) Ekor berwarna kuning telur keputihan.

    Dalam hal ini saya ingin menanyakan bagaimana cara membuat suara burung kenari semakin merdu dan panjang bunyi nya serta rajin bunyi dan berani.

    Mohon diberikan masukkan agar saya dapat merawat burung kenari sebaik-baiknya.

    Terima kasih.

  6. 8 Agusmibu 5 January 2011 at 8:43 am

    tob markotob dah,…
    wat paguyuban kenari,.

    mudah2an lancar2 dan sukses semua program2 kedepannya,..

  7. 9 Uphay 4 January 2011 at 7:32 am

    Wah.. masih tugas euy di Kalimantan… Sukses buat Paguyubannya… Om As masih di Jakarta..? ada yang mau Kopdaran di Balikpapan..? hehehe… saya mau cari peternak di Balikpapan / Samarinda.. BT euy udah 1 bulan gak ketemu Kenari… Hiksss…

  8. 10 yunior 3 January 2011 at 7:28 am

    jgn lupa om burungnya di pramuka he..he..soalnya saya 5 hari sakit

  9. 14 winto 3 January 2011 at 1:59 am

    Selamat Tahun baru 2011, semoga sukses bagi Semua pencinta burung kenari dan semakin banyak Berkah ditahun 2011
    Om AS makin maju dengan blognya dan semakin memotivasi banyak pembaca

  10. 15 yunior 3 January 2011 at 12:47 am

    mantap..mantap

  11. 16 fediyan syahputra 1 January 2011 at 8:37 am

    Ass wr wb Om Sofian..
    Selamat tahun baru 2011 ,semoga di tahun ini ,semua kita diberikan keberkahan usaha,rezky dll oleh Allah SWT Amin.
    Oh ya Om…dah berapa hari ini kediaman fediyan didatangi kawan2 yang senang burung…ada yg cari utk isian dan anak yg mau belajar ternak….Maklum tiap pagi jemur burung diluar …
    Wah tadi jelaskan cara ternak kenari kayak yg sudah pakar banget …heheh ..padahal baru belajar sedikit aja sdh gayanya kayak yg mahir banget…yang penting sampaikan ilmu yg baik walau hanya sedikit kita yg tahu…iyakan om…ini semua berkat ilmu dari Om Sofian dan Om2 yg lain yg fediyan serap dan diterapkan dalam praktek ternak kenari.Alhamdulilah sudah mulai ada hasilnya.
    Terima kasih Om Sofian dan Om 2 yg lain….
    Maaf kepanjangan …dah pulang belum Om ke Palembang?
    Hati2 dijalan dan Met berjumpa nanti .wasalm

  12. 17 wa2n 27 December 2010 at 12:14 am

    benar om di dasari dngan hati yng tulus bisa menjalin & memperkuat tali silaturahmi…. sukses om buat semua nya, semoga lacar….

    siap om, semoga kita terus berada dalam hati yang tulus dan ikhlas… amin

    salam

  13. 18 tegar 26 December 2010 at 4:57 pm

    selamat..semoga sukses n langgengt selalu…amin..

    Amin, terimakasih atas do’anya om

    salam

  14. 19 asep arifin mansur 25 December 2010 at 1:50 pm

    selamat, mudah-mudahan lancar. sukses ut kita semua

    Amin, terimakasih atas do’anya

    salam

  15. 20 oce-sby 25 December 2010 at 2:53 am

    Semoga dengan hati yang tulus, shg bisa berjalan dengan mulus, tetap semangat Om….

    Amin, terimakasih

    salam

  16. 21 novan 24 December 2010 at 3:59 pm

    sukses untuk paguyuban kenari saya sebaga yg baru mulai main kenari sangat senang dng adanya paguyuban…saya dukung om

    Siap om, mari kita sama-sama bangun komunitas kita ini, mudah2an bisa menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua

    salam

  17. 22 winto 24 December 2010 at 4:10 am

    Sip Om sofyan..diawali dgn OTB, saya dukung perkembangan paguyuban Burung Kenari ke depannya..
    Selamat libur dan Tahun baru

    siap om, denger perkembangan kopdar semakin meyakinkan saya bahwa apa yang kita cita-citakan dapat terwujud … yang penting kita berusaha dan berdo’a…

    salam

  18. 23 fediyan syahputra 24 December 2010 at 1:20 am

    mantap…
    Ayo maju terus Paguyuban Kenari Mania…
    Terima kasih buat para pionier PKM ,semoga sgr terbentuk dan Palembang akan menjadi cabang yang ke 2 setelah Jakarta ya…Om Sofian….Insya Allah.
    Selamat liburan dan tahun baru…
    Semoga tahun depan kita semakin baik dan maju.
    wasalam

    Siap om, maaf SMS-nya belum sempat saya jawab kemarin-kemarin saya sibuk mempersiapkan pulang ke Jakarta jadi lupa mau jawab SMS om…

    salam

    • 24 fediyan syahputra 27 December 2010 at 3:29 am

      Ngak papa Om…yg penting Om Sofian sehat selalu.Amin
      Ntar kalau dah nyampai Palembang kita kumpul lagi ya Om.
      Sukses selalu

  19. 25 Wawat supriat 23 December 2010 at 1:45 pm

    Muantabbbsss om!
    Salam kenal om2 smua khususnya om Ahmad sofyan yg empunya blog keren ini.nama ane
    WAWAT SUPRIAT dari subang jabar mohon bimbinganye ye!

  20. 26 Wawat supriat 23 December 2010 at 1:16 pm

    Slm knl om AS, dan om2 smuanya. Sy pemula sekali di dunia perkenarian.stlah 4 bln blajar ternak kenari dan membaca tulisan2 yg om2 muat di blog ini, alhamdulilah skrg 6 dari 8 kenari betina sy sdh beranak pinak. Trims bnyk ya om2 smuae khususnya bwt om Ahmad sofyan slm kenal “wawat_supriat dri subang jabar

    Alhamdulillah senang dengernya om… semoga perkembangan peternakannya semakin baik…

    salam

  21. 27 redmoz 23 December 2010 at 3:20 am

    sayang kmaren ane ga jadi ikut kumpul om. tapi mantabb dech pokoknya..ikut mendukung….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: