Pengalaman Mudik

Resah dan gelisah itu yang saya rasakan ketika kami mengambil keputusan untuk mudik dari Palembang ke Jakarta membawa mobil sendiri… Dalam pikiran berkecambuk bagaimana kalau dijalan mobil mogok, ban kempes atau pertanyaan lainnya yang susah dijawab…

Di pagi hari yang segar sekitar jam enam kurang beberapa menit dengan perasaan was-was saya coba bawa kendaraan melaju ke jalan raya, secara perlahan seiring dengan semakin terbiasa dengan kondisi jalan perasaan was-was mulai sirna. Semakin lama kecepatan mobil semakin bertambah, melihat kondisi jalan yang mulus dan lenggang (kendaraan masih jarang) kaki saya semakin dalam menginjak gas, apalagi kalau melihat didepan ada bus umum semakin memacu adrenalin untuk menginjak gas agar bisa mengikuti gerakan bus. Menimbulkan keasikan tersendiri ketika melihat pantat bus berlenggak lenggok diantara kendaraan-kendaraan lain.

Upss kok jadi kepanjangan ceritanya….hehe… Dari pengalaman mudik ini ada beberapa catatan yang dapat saya share ke rekan-rekan mudah-mudahan bisa menjadi penyemangat dalam mengarungi dunia hobi kita. Timbulnya perasaan resah dan gelisah karena saya tidak tahu jalan yang akan saya lewati seperti apa, dengan panjang jalan sekitar 500 KM saya tidak mengetahui kondisi jalan secara keseluruhan, kemampuan saya untuk melihat kondisi jalan hanya sebatas kemampuan mata memandang, ketika didepan saya ada truk atau bis jarak pandang saya hanya sebatas pantat bis atau truk kedepannya gelap gulita.

Kadang-kadang ketika kita ingin melakukan sesuatu takut sebelum melaksanakan karena kita tidak tahu kondisi yang akan kita hadapi, saya sering mendapat pertanyaan yang mendetail dari rekan-rekan tentang cara beternak. Beberapa bulan kemudian ketika saya tanya perkembangan peternakanya ternyata peternakannya belum berjalan karena ada 1 kondisi yang belum terpenuhi. Merencanakan peternakan dengan matang bagus, tetapi yang lebih bagus adalah melakukan apa yang kita cita-citakan dengan segera. Ketika kita mempunyai keinginan untuk beternak kenari langkah yang terbaik adalah melaksanakan keinginan tersebut secepatnya, jangan menunggu kondisi siap semuanya, karena kita tidak tahu hambatan apa yang akan kita hadapi pada saat melaksanakan peternakan tersebut.

Ketika saya melihat didepan ada truk tronton yang bergerak lambat karena sarat muatan saya coba memperlambat kecepatan sambil melihat kondisi didepan tronton ketika dari arah berlawanan banyak kendaraan saya harus sabar mengikuti kecepatan tronton tersebut sampai ada kesempatan untuk menyalip tronton tersebut. Demikian juga ketika peternakan kita menghadapi hambatan kita coba memperhatikan hambatan tersebut dan mencari solusinya. Bagi rekan-rekan yang pernah lewat jalur lintas timur pasti tahu kondisi jalan didaerah Bakauheni dimana jalannya menanjak cukup tajam sampai untuk melewati tanjakan tersebut harus menggunakan gigi paling rendah, pada saat napas sudah hamper habis tanjakan tersebut baru bisa terlewati dibalik tanjakan tersebut ada jalan menurun dengan keindahan yang luar biasa terhampar pasir pantai dengan liukan daun nyiur. Dan yang paling menggembirakan ternyata tidak jauh dari pantai tersebut adalah pelabuhan penyebrangan.

Demikian juga dalam beternak kenari ketika kita dalam kondisi mentok serba salah, apa yang kita lakukan semuanya salah. Mungkin diantara rekan-rekan pernah ada yang mengalami kenari tidak pernah bertelor padahal semua saran dari peternak yang lain sudah dilaksanakan tetapi tuch kenari tambeng tidak pernah mau bertelor, banyak calon peternak yang tidak sabar melewati kendala tersebut akhirnya apa yang dicita-citakan tidak tercapai. Ketahuilah ketika kita menghadapi permasalahan yang menurut kita sudah mentok sebetul itu merupakan akhir dari hambatan dan awal kebahagian atau kesuksesan yang akan kita raih.

Demikian dulu ceritanya Selamat Tahun Baru 2011, dibulan yang berbahagia ini mari kita kita renungkan apa yang telah dilakukan selama tahun 2010 dan apa yang akan dilaksanakan di tahun 2011, tumbuhkan semangat baru dan gairah baru… Mari jadikan hobi yang kita gauli selama ini menjadi perantara untuk meningkatkan kualitas diri dalam beraktivitas.

14 Responses to “Pengalaman Mudik”


  1. 1 avid 6 February 2013 at 3:27 pm

    Om..alamat pak we Чǝлƍ punya kn lokomotif itu mana Чɑªª ? Kn lokomotif masih gag Чɑªª om? Mhon infonya

  2. 3 asep 12 January 2011 at 12:27 pm

    mantap om, tulisannya

  3. 4 Afiudin_Lampung 12 January 2011 at 7:36 am

    Tuh foto di Musholla Ferry ya Om? Jadi kangen naik Ferry nih.:)

    Betul om, emang sekarang jarang ke Jakarta om ? atau karena udah jadi pejabat jadi setiap ke Jakarta naik pesawat yach om hehe…..

    Wassalam

    • 5 Afiudin_Lampung 18 January 2011 at 1:39 pm

      Bukan jadi pejabat Om, sekarang trainingnya geser ke Palembang jadi jarang ke Jakarta lagi. Paling kalau mau pulkam aja ke Cirebon baru nyebrang deh.:)

  4. 6 fediyan syahputra 12 January 2011 at 1:49 am

    Wah selamat ya Om Yunior atas prestasi momongannya…
    kayaknya dah diakui dunia perkenarian nih farmnya om yunior…..
    Kalau boleh tahu yang juara itu isian apa om yg om punya…hmmm menambah semarak aja paguyuban kita ini nantinya.
    Sukses buat Om Yunior dan sukses buat kenari mania semua.
    wasalam

  5. 8 fediyan syahputra 10 January 2011 at 2:40 am

    Wah menarik sekali ulasannya Om..
    Persis kayak pemula mau ternak kenarilah……
    Tapi keputusan harus segera diambil jangan hanya rencana melulu tanpa suatu tindakan nyata…(NATO).
    Alhamdulillah semakin hari ,dunia kenari semakin dalam memberkas dihati dan berniat utk ditingkatkan dgn materi yg lbh baik…..
    Sykurlah Om Sofian sdh aktif lagi di blog…soalnya cukup lama menanti ulasan terbaru dari Om Sofian….
    Terima kasih Om…dan saatnya Om yunior memberikan ulasan singkatnya dari perjalanan ke Solo…Ayo Om.
    wasalm

    • 9 yunior 11 January 2011 at 12:15 pm

      jumat malam saya sekitar jam 10 malam saya berangkat ke solo samapai solo sabtu jam 2 siang langsung ketemapat om basuki sambil liat2 koleksinya, om basuki sangat antusias menerima kunjungan saya dan menyuruh adiknya untuk jadi penunjuk jalan…sekitar jam 5 sore saya berangkat ke tempat pak We pemilik kenari lokomotif dan babaranjang kita ngobrol2 sampai jam 2 malam dan sempat kaget ternyata pak we punya no telp saya..he..he (wah seneng banget ternyata di kenal juga)))..jam 2 malam saya balik ke solo dan esok paginya jalan2 ke pasar burung depok ngobrol ma pak ponco sekalian pesen sangkar lomba lumayan dapet murah…jam 12 langsung meluncur ketempat lomba ngobrol2 ma temen2 dari muntilan and say hello ma om puguh…pulangnya bawa juara paburi…he..he

  6. 10 suprianggun 7 January 2011 at 11:07 am

    Wah kalo Om Yunior ke solo pulangnya bawa oleh2 laporan kunjungan lomba BOB paburi untuk ditampilkan di blok ini dong he,he,he…..moga2 kenarinya bisa berprestasi disana ya……….

    • 11 yunior 11 January 2011 at 12:09 pm

      juara BOB dan kelas EBOD punya om bayu Gunung Kidul isian BT Full, untuk kelas olimpiade kenari isian ciblek and prenjak punya om hary klaten diambil william 3.5..untuk juara 1 nya ada ditempat saya he..he

      Mantap… mainannya udah kelas kakap….

      wassalam

  7. 13 yunior 7 January 2011 at 7:04 am

    halo om sofyan rencana besok saya mau ke solo mau lihat lomba BOB paburi…titip apa nih??

  8. 14 yunior 7 January 2011 at 7:03 am

    jadi inget waktu tugas di palembang he..he


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: