Saresehan “Kumpas Tuntas Burung Kenari Gloster”

Kenari gloster tergolong unik. Disamping bentuk tubuhnya yang mungil sekaligus juga suaranya tergolong istimewa. Jenis ini relative fisiknya cukup stabil dengan kondisi iklim tropis seperti dinegara kita ini sehingga perawatannya juga tidak terlalu rumit.

Potensi pengembangannya juga sangat tinggi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki jenis ini. Bahkan jika disilangkan dengan jenis lokal/Holland misalnya atau bahkan kenari jenis lain akan menghasilkan anakan yang luar biasa hasilnya.

Kita akan bahas sampai tuntas jenis kenari Gloster ini di Komunitas Burung Kenari Indonesia pada :

Hari & tanggal : Sabtu, 5 Februari 2011
Jam : 09:00 – 15:00
Tempat            : Fasos RT 05 Warga PP Permata Puri I Jl. Nilam III blok G-2 no. 4 Cimanggis Depok
Acara : 1. Saresehan “Kupas Tuntas Kenari Gloster”  2. Kontes Kenari Gloster dan F-Fan Gloster  3. Bursa buurng Gloster dan Perlengkapan Kenari (pakan, kandang, Vitamin dll)
Pembicara : Nungki Soetrisno owner “RRR” Canary Bird farm
Narasumber : Sony Jogja, Gede Titan dan Slam
Juri Kontes : Sony Jogja, Gede Titan dan Slam
Pendaftaran : Ahmad Sofyan
Peserta            : Hobis, pecinta dan pemerhati burung kenari
Syarat Kontes : Harus kenari jenis Gloster jantan dan Betina dan F-Fan Gloster jantan
Syarat Bursa 1. Harus jenis Gloster jantan/betina dan F-Fan Gloster jantan/betina2. Harga seyogyanya lebih kompetitif atau diberikan diskon3. Hasil penjualan 10% dari harga jual didonasikan ke Komunitas Burung Kenari Indonesia
Penilaian Kontes 1. Gloster jantan : Body, warna dan suara2. Gloster betina : Body dan warna3. F-Fan (khusus jantan); suara

Keterangan :

Tidak dipungut biaya, tapi ditarik sumbangan sukarela untuk keamanan dan kebersihan PP

Tujuan dari acara kumpas Tuntas adalah semata-mata untuk kemajuan bersama tanpa bermaksud menggurui, sok pintar, sok tahu dan sok-sok yang lainnya hehe…..

41 Responses to “Saresehan “Kumpas Tuntas Burung Kenari Gloster””


  1. 1 Teguh Susilo Latupapua 22 September 2014 at 5:55 am

    siang om,,alm.ayah saya pertama kali memperkenalkan kenari dengan jenis gloster,dulu saya sebut si jambul,,,tapi belakangan ini saya berniat untuk mengembang biakannya,,,alhamdulilah sekarang saya punya 3 ekor pejantan siap dan 4 ekor betina dara siap,,,saya mau meminta tuntunannya,,,bagaimana cara perawatan dan pengembangbiakan kenari jenis gloster? dan apakah benar jika saya mengawinkan gloster corona x gloster corona? terima kasih sebelumnya,maaf sudah merepotkan..bravo gloster

    om Teguh, untuk gloster saya punya tulisannya dari pakar kenari yang saya rasa cukup lengkap, om bisa baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/07/15/harapan-dalam-berternak-kenari-gloster/#more-228

  2. 2 Herizt Al Atsar 29 September 2013 at 3:17 pm

    boss saya pemula dibidang tangkar menangkar… saya abis dapet gloster betina ring NB 2011, sblmnya saya udah punya KN lokal gacorrr… warna sunkis, rencana mw saya jodohin.. kira2 menurut analisa si boss anakanya jenis apa yah… mohon diteropong boss

    Anaknya jenis kenari om🙂 , kalau saya pribadi menganjurkan mendingan ternak galur murni maksudnya gloster X gloster sehingga tidak merusak galur yang ada, karena untuk mencetak/menghasilkan kenari jenis Gloster membutuhkan waktu yang tidak sebentar kalau om jodohkan lagi dengan jenis lain akibatnya jenisnya tidak karuan

  3. 3 fikri 2 March 2011 at 4:02 pm

    hasil diskusinya di pos kan aja gan

  4. 4 Kevin 17 February 2011 at 6:06 am

    salam kenal,aku boleh joint di sini. Kebetulan aku baru mulai memelihara kenari

    silahkan om kalau ingin bergabung, jangan sungkan-sungkan untuk sharing mengenai burung kenari….

    wassalam

  5. 5 salman 29 January 2011 at 2:09 pm

    pengin ngikut dan hadir untuk menimba ilmu, coz saya baru beli gloster corona jantan, sayangnya saya di surabaya,

    bagaimana kalau next time di adain di kota2 besar om2……

    biar kita yang jauh dari wilayah ibukota bisa mendapatkan ILMU dari om2 sekalian..

    Insya Allah next time om dan rekan-rekan Surabaya akan melakukan Saresehan yang lebih besar dan lebih baik, sebagai koordinator pastinya om Salman hehe…..

    Wassalam

  6. 6 Laropstars 28 January 2011 at 11:58 pm

    Terobosan baru berbagi ilmu yang pantas didukung … semoga sukses

    Terimakasih Pak Puguh, mohon dukungan agar kenarimania di Jabotabek bisa seperti kenarimania Solo…., insya Allah suatu hari kami akan undang salah satu tokoh Papburi Solo….

    Wassalam

  7. 8 Prayogo 28 January 2011 at 2:49 pm

    InsyaAlloh om hadir

  8. 9 kenari oh kenari 28 January 2011 at 10:43 am

    wuihhhhh…. satu langkah untuk kedepan telah diambil…semoga sukses dan lancar….. ngomong2x om titans kapan acara ginian mampir ke bandung… ditunggu ah……

  9. 10 redmoz 19 January 2011 at 9:58 am

    wahhh..betina gloster ane dah pada abiz semua tuhhh..padahal dulu ada 4 ekor..knapa skarang jadi langka yahh? heheheh

    • 11 yunior 26 January 2011 at 8:11 am

      ente sih betinanya di jualin lagi he..he…

      Iya tuch om nanti-nanti jangan dikasih lagi hahaha….., tapi om Firman mantap jualannya pagi nawarin sore-nya dach laku, channelnya banyak euy hehe….

      Wassalam

  10. 12 denny 16 January 2011 at 12:18 pm

    apa kabar om sofyan, denny mo tanya klo gloster consort betina ada stok ga om? sy dah hub om yun tp ga ada stok kali aja om ada

    Alhamdulillah kabar saya baik om, mohon maaf saya belum punya gloster om….. saya juga sedang nyari gloster betina….

    Wassalam

  11. 14 Benny Giovanni 16 January 2011 at 11:48 am

    Salam Kenari Mania,

    Salut bwat om Nungki, yang punya ide cemerlang untuk mengadakan acara ini, juga bwat om Sofyan sebagai koordinator acara….

    Standing applause bwat “Team Jury”….,om Sony, om Slam, om Gede…

    Mudah2an acaranya bisa sukses…

    Salam,

    Terimakasih-terimakasih hehe…. ditunggu kehadirannya om Benny, semoga dengan hadirnya om bisa menambah semaraknya suasana saresehan….

    Wassalam

  12. 15 hendroe poernomo 16 January 2011 at 3:50 am

    aku daftar om

    siap saya catat

  13. 16 mirsa 16 January 2011 at 2:42 am

    smoga kali ini sy bisa dateng, & harus bisa hehe. pengen cari ilmu ttg gloster dr senior2,

    Amin… semoga apa yang kita rencanakan dapat terlaksana om ….

    wassalam

  14. 17 johan 15 January 2011 at 9:49 am

    Fix ya om tanggal 5, insyaallah ane meluncur…

    Turut berduka kang Gede semoga amal kebaikan ayahanda diterima disisi-Nya, kang Gede beserta keluarga diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapinya…..

    Wassalam

    Waktunya sudah fix om…. ditunggu kehadirannya

    wassalam

  15. 18 yunior 14 January 2011 at 11:42 am

    daftar om sofyan..he..he

    siap om…. saya tunggu kehadirannya hehe….

    wassalam

  16. 19 fediyan syahputra 14 January 2011 at 4:24 am

    Om wisnu ,kalau ada rencana ke palembang …silahkan kontak fediyan di (0811737544) atau om Sofian (silahkan lihat di blog hpnya)………..
    Ntar bisa ngobrol2 lah ….mudah2an Om Sofian ngak ada tugas keluar kota dan waktunya sengang……..
    Kalau fediyan Insya Allah ada Om…..
    tks

    Siap, insya Allah saya usahakan bisa om… buat rekan-rekan penggemar kenari selalu siap om… hanya mohon maaf untuk saat ini belum ada kenari yang bisa diajak konser karena masih piyikan semua hehe….

    Wassalam

    • 20 wisnu_widy 14 January 2011 at 5:41 pm

      makasih banyak om ferdiyan + kang AS..tar begitu nyape palembang saya langsung kabar-kabari..klo kenarinya blom bisa konser,,kang AS aja atuh yang konser biar saya yang nonton..he..he..garing.com

      Salam

      Siap kang nanti saya sediakan panggungnya hehe…. btw kang Wisnu semoga anaknya cepat sembuh mungkin di lain kesempatan kita bisa bertemu di Palembang untuk saat ini lebih baik fokus untuk kesembuhan anak, keluarga lebih utama

      wassalam

      • 21 fediyan syahputra 15 January 2011 at 1:23 pm

        Mantap kalau gitu…Om Sofian punya waktu tuh……
        soalnya biasanya Om sofian cukup sibuk di hari2 biasa….dan hari libur emang buat keluarga sih……tapi demi menerima tamu kenarimania …Om Sofian siap sedia…….apalagi Om Wisnu yang jauh-jauh dari Lebong yg jaraknya sekitar 11–12 jam ke palembang.
        jadi silahkan kontak Fediyan dan kita eratkan tali silaturahmi……
        Hati2 dijalan Om wisnu…….soalnya jalan llg-sekayu kondisinya rusak parah..

        wasalam

        Om Fediyan saya dapat kabar om Wisnu tidak jadi pergi ke Palembang karena anaknya sakit

        wassalam

  17. 22 wa2n 14 January 2011 at 3:01 am

    ass…om biyar gak punya gloster boleh ikut daftar kan….?
    Ane mo ngintip betina sapa tau ada yng jual murah….🙂 buat pendamping RI

    Waalaikumslm, silahkan saja om… justru dengan datang ke saresehan akan membuat kita lebih paham mengenai kenari gloster… ingat kenari gloster mempunyai nilai ekonomis yang sangat dahsyaaatttttt…… hehe…. ada beberapa dedengkot kenarimania yang fanatik berat terhadap gloster dan keturunannya menurut informasi ada beberapa kenari juara yang merupakan hasil silangan gloster dengan kenari lain… hanya kekurangan kenari gloster mempunyai kaki yang pendek, bagaimana caranya menghasilkan turunan gloster dengan kaki jenjang insya Allah akan dikupas tuntas oleh pakarnya hehe…..

    Wassalam

  18. 23 wisnu_widy 13 January 2011 at 7:16 pm

    Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ayahanda dari Kang Gede Titan, semoga Allah SWT memberikan ketabahan kepada yang ditinggalkan..amin..
    Insya Allah..hari minggu tanggal 16 ada rencana mau berangkat ke palembang..klo ada rekan2 yang bisa dikontak????

  19. 24 jaelani 13 January 2011 at 4:09 am

    Turut berduka juga buat Om gede,semoga mendapatkan tempat yg tenang disisi Nya buat ayahanda tercinta.
    BTW tetap hadir ya Om Gede tgl 5 Februari.
    moga makin berkembang neh paguyubabnya.

  20. 25 d52 BC 12 January 2011 at 6:42 am

    Wah… Mudah2an Akhir bulan ini udah bisa pulang ke Jakarta… saya nyumbang foto2nya deh… maklum belum punya momongan yang unik2 kaya gloster….. jadi juru foto aja dulu.. kali ajah dapet doorpricenya Gloster… xixixixix….

    Buat Om Gede, Turut berduka yah…. Semoga almarhum di tempatkan disisi Allah SWT ditempat yang paling mulia disisinya.. dan diberi ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan…. amiin.

    Semoga bisa cepet selesai proyeknya om, jadi saya ngga kerepotan nyari yang buat laporan saresehan hehe…. btw insya Allah saya akan usahakan hadir untuk acara saresehan ini, karena ini merupakan impian yang saya idam-idamkan hehe…..

    Wassalam

  21. 26 suprianggun 12 January 2011 at 2:40 am

    Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ayah dari Om Gede Titan.
    Tetap semangat om…

    • 27 ahmad sofyan 12 January 2011 at 6:38 am

      Turut berduka kang Gede semoga amal kebaikan ayahanda diterima disisi-Nya, kang Gede beserta keluarga diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapinya…..

      Wassalam
      sofyan&keluarga

    • 28 gede 13 January 2011 at 9:51 am

      Terimakasih atas doa dan dukungan dari rekan2 sekalian…

      • 29 winto 14 January 2011 at 4:03 am

        Om Gede Turut berduka, semoga amal kebaikan diterima
        disisi -Nya dan keluarga yg ditinggal diberi ketabahan

        Winto & keluarga

  22. 30 yunior 11 January 2011 at 12:19 pm

    mantap2..mudah2an gloster isian BT saya dah jadi he..he

  23. 31 fediyan syahputra 11 January 2011 at 1:41 am

    Memang kalau dah namanya cerita kenari…..fediyan selaku pemula pasti semangat om suprianggun..apalagi jenis impor gloster lagi…….
    Untuk Om toheng insya Allah om suatu saat bisa kita laksanakan …min kumpul2 aja dulu….jadi kalau om toheng ada main ke Palembang infokan ke kita …siapa tahu bisa ngobrol2 santai bersama dgn om Sofian,om handoko,om eddy,om udin(lampung)dan pecinta kenari lainnya.
    Om toheng bengkulu di jalan apa?siapa tau kalau ke sana bisa mampir ke tempat om…(no hp nya om).
    Sukses buat para senior kenari dan sukses buat Om sofian yang punya blog dan pembagi ilmu.
    wasalam

  24. 32 reeant 10 January 2011 at 6:36 pm

    2010 apa 2011

    Terimakasih atas koreksinya om, sudah saya betulin maksudnya 2011…..

    Wassalam

  25. 33 ronny hadi saputra 10 January 2011 at 4:54 pm

    insya allah sya sbgai orang baru,pengen ikut k rmah om nungky.slain ingin belajar jga ingin menambah teman n saudara jg menambah ilmu dunia kenari.

    Nach yang begini ini yang saya senang tidak banyak tanya langsung mau datang hehe…. ada yang nanya sampai beberapa kali pas hari H-nya ngga datang, setelah hari H-nya lewat bilang nyesel ngga bisa datang … aya-aya wae hehe….

    salam

  26. 34 toheng 10 January 2011 at 11:00 am

    Wah jadi iri nih punya rumah jauh dari pusat keramaian para jagoan Kenari, kapan ya saya bisa sowanan, semoga Om Fediyan/Om Sofyan mau jadi tuan rumah untuk Sumbagsel. Oh ya F-Fan itu Kenari Fancy ya?

  27. 36 suprianggun 10 January 2011 at 9:40 am

    Saya sangat setuju dengan pendapat Om Fediyan Syahputra untuk menampilkan hasil ulasan mengenai kenari gloster di blok ini.Kalau bisa ditampilkan pula foto dari juara kontes tersebut disertai komentar mengenai keunggulan masing2.Hal tersebut sangat berguna bagi pemula yang tidak bisa hadir pada saresehan tersebut untuk menambah ilmu mengenai kenari gloster.Apalagi hal yang langka dimana pada suatu pertemuan khusus membahas 1 jenis kenari.Harapan kedepannya setiap pertemuan terfokus pada satu jenis kenari saja seperti pada pertemuan kali ini.Kayaknya hanya ada satu kekurangan pada pertemuan tersebut yaitu hadiah bagi para pemenang kontes.Ayo siapa yang mau ikut dukung dengan memberikan sumbangan yang ditujukan untuk para pemenang kontes…….Om Fediyan kelihatan semangatnya menggebu2 dech, mau nyumbang om?he,he,he…….

  28. 37 suprianggun 10 January 2011 at 9:11 am

    Om, F-Fan maksudnya apaan sich……..

  29. 39 winto 10 January 2011 at 4:35 am

    Walaupun ngak punya Gloster, ikut menikmati aja…siap nyerap ilmunya…apalagi lihat Gloster yang di Om Nungki..hehehe mantap2,…5 February siap meluncur..

  30. 40 fediyan syahputra 10 January 2011 at 2:57 am

    wuih mantap buat penambahan ilmu kenari tuh…..
    hmm kalau dekat ..pasti datanglah….
    kalau gitu nunggu ulasannya nanti dari Om Sofian …..
    senang bisa melihat para suhu kenari berkumpul dan berbagi ilmunya.
    Semoga semuanya diberikan kemudahan dan kesehatan. Amin


  1. 1 Kopi Darat Penggemar Burung Kenari « mania burung kenari Trackback on 26 January 2011 at 1:22 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: