Sistem Ternak Kenari

“Om sebaiknya bagaimana kalau kenari betinanya sudah mengeram apakah jantannya dipisah atau tetap satukan” Saya sering sekali mendapatkan pertanyaan seperti diatas …. Mudah-mudahan tulisan ini bisa berguna bagi rekan-rekan yang sedang mulai beternak kenari.

Dalam beternak kenari ada 2 sistem penjodohan yaitu monogami dan poligami, monogami adalah proses penjodohan dengan system berpasangan dimana 1 jantan dan 1 betina disatukan dalam 1 kandang ternak, pasangan ini terus disatukan sampai salah satu diantara pasangan tersebut ada yang mabung atau sakit baru dipisah. Sistem poligami yaitu 1 jantan di jodohkan dengan beberapa betina cara kawin poligami bermacam-macam ada yang jantan dan betinanya disatukan sampai si betina mengeram pada saat betinanya mengeram jantannya dipisahkan dan dijodohkan dengan betina lain yang sudah siap ternak. Ada yang jantan dimasukkan ke kandang ternak ketika jantannya terlihat mengawini betinanya si jantan dipisah. Ada juga yang si jantan dimasukkan ke kandang ternak pagi hari kemudian sore harinya dipisah, ada bermacam cara untuk mengawinkan system poligami.

Kedua system (poligami maupun monogami) mempunyai keuntungan dan kerugiannya, keuntungan monogami yaitu indukan tidak diporsir, anaknya relative lebih baik karena dipelihara oleh kedua indukannya dll. Kerugiannya kurang ekonomis karena membutuhkan berpasang-pasang indukan, membutuhkan pakan dan sarana penunjang yang lebih banyak dll. Keuntungan sistem poligami lebih ekonomis 1 jantan bisa dijodohkan dengan beberapa betina, jika perawatannya betul kesehatan kenari jantan relative lebih baik karena kenari jantan tidak selamanya didalam kandang ternak setelah mengawini betinanya si jantan dipisah. Kerugian jika penangannya salah stamina jantan terporsir karena dijodohkan dengan beberapa betina, jika diporsir stamina jantan akan drop. Masih ada keuntungan dan kerugian lainnya, dalam hal ini rekan-rekan bisa menjabarkan sendiri …

Semua cara diatas dilakukan setelah si peternak mengetahui dari karakter kedua indukan, karakter kenari jantan bermacam-macam ada yang ketika dimasukkan kandang ternak langsung mengejar betinanya untuk kawin, ada jantan yang adem-ayem ketika dimasukkan ke kandang ternak cuek bebek, ada juga jantan yang kurang ajar ketika dimasukkan ke kandang ternak malah berantem dengan betinanya. Demikian juga dengan karakter kenari betina ada beberapa indukan betina ketika jantannya dipisah keluar sarang dan tidak mau mengeram, ada betina yang sedang mengeram ketika mendengar jantan berkicau keluar dari sarang.

Untuk menanggulangi semua kasus diatas kita sebagai peternak harus mendalami karakter indukan kenari yang akan diternak, dengan mengetahui karakter setiap induvidu maka penanganan setiap indukan berbeda… Penangan yang terbaik adalah menyesuaikan karakter indukannya, jika ada betina ketika dipisah dengan jantannya keluar sarang dan tidak mau mengeram berarti induk betina ini tidak bisa di poligami…. Untuk jantan yang terlihat adem ayem kalau ingin dipoligami dipisah ketika induk betinanya sudah mengeram dan penangan yang lainnya…

Demikian dulu sharingnya semoga ditahun yang baru ini ternak kenari kita bisa berkembang, kualitas indukan bisa ditingkatkan dan yang utama mari kita rubah pola hidup kita kearah yang lebih baik. Burung kenari bisa menjadi saran untuk kita berkarya, mari buktikan bahwa kita mampu berkarya… jangan hanya kalau dan kalau…..hehe……

118 Responses to “Sistem Ternak Kenari”


  1. 1 dodi 10 July 2015 at 11:51 am

    om mau tanya dong
    knpa y kenari saya setelah bertelur
    di bagian telinga kenari jantan ny malah ada luka lobang gede
    apa karna dari babaon ny yg galak atau karna ada ny penyakit yg lain y om
    tpi saat ni babon ny saya pisahin om
    n yg lbih suek ny lagi si betina nya mlah g mau ngeremin telur ny
    mohon masukan ny om

    Om Dodi, saya belum bisa menentukan apakah jenis penyakitnya namun biasanya penyakit disekitar mata diakibatkan oleh penyakit snot…. jaga kebesihan kandang dan kenari yang terkena snot diberi obat antibiotik…. kenari betinanya belum terbiasa dipisah dengan jantannya… coba si jantan digantang jauh dari kandang ternak, kalau bisa dibetina jangan dengar suara kenari jantan…..

  2. 2 CANDRA DWINATA 26 May 2015 at 8:06 am

    OM mo nanya nih,
    apa bnr pemberian kroto pd kenari jantan bisa bikin mandul.soalnya tmn2 pd blg gtu

    Om Candra, selama pemberiannya tidak berlebihan insya Allah aman tidak mengakibatkan mandul. Berdasarkan pengalaman saya kenari yang terbiasa makan kroto akan melupakan makanan yang lain selama masih ada kroto ditempat makanan. Efek samping terlalu banyak makan kroto kenari menjadi gendut, biasanya kenari gendut sulit ber-reproduksi….. jadi bukan mandul, yang saya tahu koreksi kalau saya salah…. mandul itu sifatnya permanen tidak bisa bereproduksi/beranak pinak selamanya….

  3. 3 ipang 4 May 2015 at 1:20 pm

    om, kenari saya bertelur tapi kok ga netes ya om, pdhl telurnya saya terawang ada anaknya. itu kira” salahnya dimana yaa?

    penyebab telur tidak menetas banyak faktornya bisa karena induknya terlalu muda atau terlalu tua, lingkungan kandang suhunya ektrim terlalu panas/dingin, kondisi salah satu indukan kurang fit (kurang sehat)…

  4. 4 JB 13 April 2015 at 6:30 pm

    Hello Om,

    saya ada sedikit pertanyaan nih, mohon solusinya.;

    1. saya ada 2 kenari jantan, di bagian perut warna kuning mengkilat, apakah kenari saya mengalami kegemukan?
    Saya sering baca artikel, katanya kalau kenari kegemukan malas bunyi, tapi kenari jantan saya rajin bunyi.

    2. Dan yg terakhir, saya ada 1 kenari betina dan di bagian pangkal kaki ada benjolan kecil dan urat kaki bewarna merah. Saat ini saya hanya bisa merawat dengan merendam kaki kenari dengan air hangat di campur sedikit garam setelah itu saya beri salep obat luka. Alhamdulillah bisa sembuh, tapi ya itu om setelah beberapa bulan balik lagi tuh panyakitnya. Kalau om ada tips yg lain mohon infonya ya om :-)

    Terima kasih,.
    1. Kalau kegendutannya tidak signifikan/gendut banget tidak masalah om untuk mengurangi lemak coba diberi ketimun seminggu 2X dan tempatkan disangkar yang besar….
    2. Ada beberapa penyebab terjadinya benjolan pada kaki kenari yaitu karena virus dan gigitan nyamuk…. untuk menghilangkan virus cuci sangkar berikut tangkringannya menggunakan desinfektan …… atau bisa juga karena digigit nyamuk, untuk mencegah nyamuk setiap malam kandang di krodong sedangkan untuk kandang ternak didepannya diberi ram nyamuk….

    • 5 JB 14 April 2015 at 10:37 am

      Udah saya tempatkan di kandang umbaran sih om. sebenarnya kenari jantan tersebut udah pernah saya jodohkan om, betina udah 2x beproduksi tapi telur telur tersebut tidak pernah isi. Saya berniat menjodohkan lagi, karena ada masalah tersebut saya ada keraguan.

      Mungkin jantannya infertil om lebih baik ganti dengan jantan yang lain om….

      Kebetulan saya tinggal di belgia om, kalau penyebabnya dari nyamuk agak ragu sih om. kalau penyebabnya virus bisa jadi om. Soal kebersihan kandang 1 minggu sekali pasti saya bersihkan om,kalau pembersihan total belum bisa saya lakukan saat ini ,karena kenari kenari saya lagi banyak yg mengeram .

      Mungkin penyebabnya virus, untuk membasmi virus sulit sekali ….. barangkali om bisa tanya teman2 di Belgia mengenai pembasmi virus, kalau sudah dapat pencerahan mengenai virus tolong di sharing disini om :) …..

      Oh ya om saya ada sedikit pertanyaan lagi:

      1.masalah inbreeding.
      Ini tahun pertama saya melakukan sistem inbreeding pada kenari2 saya om. Dari sistem inbreeding saya malah mengalami kemudahan, mulai dari prosese penjodohan sampai beranak pinak dan alhamdulillah telur selalu isi walaupun kenari2 saya banyak yg tembean/kenari muda. dan lucunya lagi saya malah mengalami kesulitan memakai sistem breeding hasil indukan yg berbeda. Pertanyaan saya apakah kelebihan dan kelemahan dari sistem inbreeding ini om?

      kelebihan Inbreeding bisa menghasilkan anakan yang seragam karena gen-nya tidak banyak variasinya (terkait inbreeding secara detail bisa tanya ke mbah Google om :) saya awam mengenai teori inbreeding) terus bisa menghasilkan anak yang mirip (identik) dengan induknya walaupun ada penyimpangan tapi penyimpangannya kecil. adapun kekurangannya anak mati dalam telur, stamina/kekuatan fisik kurang baik, kadang2 ada anak yang menetas cacat.

      2. Benar tidak sih om bahwa kenari impor itu susah di kembang biakan di indonesia? banyak yg beranggapan bahwa peternak sini memberikan obat tertentu kepada kenari supaya susah di ternak atau yg lain2. Selama di sini saya pribadi belum pernah menemukan obat tersebut, justru saya dapat info bahwa itu efek dari pemberian antibiotika. Efek dari antibiotika itulah yg mempengaruhi sistem reproduksi pada barung kenari.

      Hanya mitos saja om, seluruh kenari yang ada di Indonesia semuanya berasal dari luar negeri karena tidak ada kenari asli Indonesia. Ada beberapa jenis kenari yang sulit diternak di Indonesia kalau menurut saya bukan kenarinya yang sulit diternak namun hobis di Indonesia belum tahu pola perawatannya. Seperti kita ketahui untuk menghasilkan burung kenari jenis tertentu peternak melakukan proses kawin silang yang cukup rumit dan untuk mendongkrak stamina burung kenari sipeternak memberikan pakan dengan formula tertentu. Contohnya untuk mencetak kenari YS peternak mengawin silangkan dengan beberapa jenis kenari dan mengalami proses inbreeding ataupun outbreeding dan untuk menghasilkan postur(body) yang optimal membutuhkan asupan gizi yang baik…. semua itu butuh ketekunan dan ketelitian …..

  5. 6 raiyant 7 April 2015 at 12:33 pm

    mohon pencerahannya om… saat burung meloloh.
    begini kasus pada kenari saya:
    3jam lalu saat mengecek kandang ada bayak semut pada pakan nya otomatis banyak juga disekitar kandangnya… nha semut dah saya bersihkan dan saya tangggulangi.. cuma indukan/ betinya tidak mau mengengkrami lagi/ meloloh anaknya,malah tidur di tangkringannya..gimana cara mengatasi biar indukan betina bisa mengengkrami/ meloloh lagi.
    trimakasih

    Apakah kenarinya sudah kembali mengeram dan meloloh anaknya om …???, jika siinduk tidak mau meloloh anaknya lebih baik diloloh om sendiri/hand feeding mungkin trauma siinduk belum hilang…..

  6. 7 Faizal 20 March 2015 at 12:56 pm

    Malam om :D
    mau tanya,
    waktu telur pertama posisi kandang saya pindahkan ke tempat lebih nyaman.
    Tapi pas saya cek esok nya induk kenari bertelur tidak di sangkar,alhasil telur 2 dak ke 3 jatuh dan pecah.
    Trus si indukan nya slalu turun mengejar2 jantan sperti ingin di loloh,
    apa mesti di pisah om?

    Om Faizal, menurut kita nyaman namun belum tentu menurut si kenari, prinsifnya dalam beternak kita yang harus mengikuti kemauan burung kenari….. ketika burung kenari bertelur jangan sekali-kali pindah kandang/tempat karena biasanya kenari tidak mau melanjutkan bertelur/mengeram. Tidak perlu dipisah biarkan disatukan jadi tidak perlu penyesuaian lagi untuk bertelur pada periode selanjutnya…..

  7. 8 rano wijaya 19 February 2015 at 6:52 am

    Mau tanya om..

    Saya sdang blajar ternak kenari.. saya punya jantan perjaka usia 1Th dan betina dere 7bln up..
    setelah jodoh mereka saya gabung dan langsung kawin..setelah kawin jantan saya pisah tapi jaraknya cuma 2m (mklum ruangan sempit) sangkar betina sudah disekat pakai kertas full dikanan dan kiri..setelah bertelur 3biji ternyata sibetina gk mau mengerami telurnya..dia sering turun dari susuh kl denger pejantannya bunyi.
    1. Bagaimana sebaiknya?
    Disatukan kembali atau jantannya saya pisah jauh (misal dititipkan tetangga)
    2. Sya pernh dngar crita katanya telur yg tsk diengkrami oleh induknya,bisa dititipkan utk diengkrami babon kenari lainnya (babu) sampai menetas dan diloloh oleh kenari babu.
    Nah kira2Babon babu tadi hrus dikawinkan juga tidak supaya mau mengerami telur titipan?
    Kl hrus dikawin gmn dg nasib telur sibabu sndiri,dibuang dan dignti telur titipan atau digabung telur mereka?
    Kl tdk dikawinkan,apakah babon babu tdi otomatis langsung mau mengerami telur titipan yg ditempatkan disusuh mereka?

    1. betina yang sedang mengeram diusahakan jangan mendengar suara jantannya terserah mau dititipkan atau posisinya jauh sampai si betina tidak mendengar suara jantannya….
    2. Telur bisa dititipkan ke babuan dimana jarak bertelur diantara keduanya tidak berjauhan maksimal 2 atau 3 hari, untuk babuan terserah mau dikawinkan dulu atau tidak karena kenari secara alami jika sudah waktunya bertelur walaupun tidak dikawin jantan tetap akan bertelur dan setelah merasa telurnya lengkap induk kenari akan mengeraminya. Mengenai telur babuan yang telah dibuahi keputusannya ada pada om apakah akan tetap dierami si babuan atau dibuang, dengan ketentuan indukan yang mengurus anak berpasangan bisa mengurus anak sampai 5 ekor namun jika siinduk betina mengurus seorang diri hanya mampu mengurus 3 anak dan yang ideal 2 anak.

    • 9 rano wijaya 20 February 2015 at 2:31 am

      Kl misal kenari babuan tdk dikawin/dibuahi oleh jantan..kita asumsinya menunggu si babuan secara alami bertelur sendiri..
      Nah caranya supaya jarak waktu babon utama bertelur dengan babuan bertelur secara bersamaan/jeda 2-3hari gmn om? Apakah dengan dberikan telur puyuh tiap hari?
      Kira2 babuan itu biasanya akan bertelur sendiri tanpa dikawin alias telur kosong setiap berapa periode(1Bulan sekali atau 2Mingguan?)

      Maaf om banyak tanya ini..hehehe

      Om Rano, dalam proses beternak burung kenari kita sebagai peternak yang mengikuti siklus proses produksinya….. jadi yang terbaik adalah menyediakan beberapa babuan yang disiapkan untuk indukan utama… sehingga jika si indukan bertelur telurnya bisa dipindah ke babuan…..indukan jangan diberi telur puyuh setiap hari akibatnya jadi endut om….., kenari betina akan bertelur ketika sudah sampai waktunya untuk bertelur walaupun tidak dibuahi….

  8. 10 sainala 15 February 2015 at 5:11 pm

    assala mualaikum om…??mau tanya kenari jantan saya rajin bunyi tapi sekali di deketin/render sama betina malah diem,,tapi klu kenarinya di pisahin malah mangil2 sampe ngantem2 kandang si jantan,,ap sudah bisa di satuin buat kawin om . . .??

    langsung jodohkan saja om…..

  9. 11 ragil 13 February 2015 at 8:40 am

    Om sofyan mohon bantuanya. Akhir2 ini tembean&babon sy ada sbagian yg error. Tmbean+babon sudah posisi siap(pen merah) sy jodohkan&sudah kawin brhari2. Tp blum jg nelur.sy cek pen lg tp pen mlah mengecil. Itu kira2 knp ya om?trus solusinya bgmn? Trmksh

    Burung kenari bereproduksi ada periodenya, jika periodenya siap diternak (birahi memuncak) maka ven-nya membesar setelah beberapa waktu ketika birahinya turun maka ven-nya mengecil……

  10. 12 samuel krisbiantoro 20 January 2015 at 8:38 pm

    Apakabar om sofyan.
    Saya mau curhat lagi nih, ada masalah dengan telur kenari saya. Saya pernah mendapati telur isi tetapi cangkangnya terkelupas (±sebesar titik ballpoint) tetapi selaput pelindung utuh tidak robek, telur nya juga berhasil ditetaskan. Yang disayangkan umur piyik hanya 1 hari atau premature mungkin.
    Untuk rawatan saya PD karena vitalur, telur puyuh, sayur,buah maupun grit gak pernah absen. Jemur diwaktu senggang ketika masa penjodohan.
    Kebetulan kasus sama terulang lagi pada indukan lain, salah satu induk yang saya beli kemaren (dari 5 ekor). Di hari ke 4 masa eram, saya teropong isi tapi kok cangkang terkelupas persis seperti yang pernah saya alami. Kalo masalah menetas saya yakin 90% pasti netas, cuma hidup atau tidak nya saya ragu.
    Alas sarang saya gunakan kapas dan tisu, karena lebih mudah di dapat di dalam rumah (perabotan istri).
    Apa ketika telur keluar dari vent dengan kondisi basah lalu menempel di tisu dan pas telur kering jadi terkelupas.
    Apa om pernah mengalami hal serupa.
    Terima kasih

    Om ini indukan pertama bertelur ?, jika pertama bertelur kemungkinan masih belajar jadi dia belum terlatih ngurus anak. Mengenai pemakaian kapas/tissue sebagi isi sarang saya pernah punya pengalaman pada saat menetas anak lengket ke kapas akibatnya sianak mati karena tidak bisa bergerak tapi itu kasusnya jarang sekali terjadi selama belajar ternak saya hanya mengalami 1 kali…. mengenai telur yang retak/terkelupas bisa saja pada saat telur keluar terjatuh dan alas sarangnya tipis sehingga jatuhnya menimpa ke alas sarang yg tipis….

    • 13 samuel krisbiantoro 20 January 2015 at 9:14 pm

      Memang jika diperhatikan semua telur dalam sarang pasti salah satu atau beberapa butir terdapat sobekan tisu yang menempel kelihatannya seperti flek berak kapur. Jika tisu ada di bagian dasar, saya gak menemukan cangkang telur yang terkelupas. Jika telur diangkat sebelum menetas kasihan karena ada embrio nya, gambling hidup mati setelah menetas juga gak nyaman ya om. Mungkin om punya solusi dari masalah saya

      Untuk sementara jangan menggunakan tissue dulu om, pakai kapas sebagai alas sarang….

    • 14 samuel krisbiantoro 27 January 2015 at 9:53 am

      Prediksi saya induknya pernah bertelur di pemilik sebelumnya atau di kios burung, karena diameter vent lebih besar dibanding kenari dere.

  11. 15 Titan 19 January 2015 at 3:34 pm

    om sy sering bacä2 blog ini tp baru x ini sy bertanya krn sy blum liat ada yg tanya sprti kasus sy ini. Sy ada pejantan kenari baru beli dr temen, bulu ngembang tetapi tetep aktif dan rajin berkicau, durasi jg panjang. Yg sy mw tanyakan apa burung itu sehat? Apa bisa dijodohkan? Kt yg jual burung ini bula ngembang krn OB, apa iya? Tp klo OB knp pas sy satuin sm betina malah terlihat takut n menjauh dr betinanya? Trus klo dipisah saling panggil gtu jantan nubruk jeruji. Sehat atau burung sy sakit? Mohon cara mengatasi,a. Trimakasih

    Om Titan, bulu ngembang ini apakah setiap saat ?…. bulu kenari berdiri/ngembang ada beberapa penyebab diantaranya kedinginan, kurang jemur atau staminanya ngedrop….. untuk mengetahui stamina ngedrop atau tidaknya coba perhatikan suaranya apakah suaranya serak ?. untuk sementara coba diberi vitamin atau multivitamin…. mengenai ketakutan pada saat dijodohkan lebih baik kenari om sebelum disatukan melalui proses penjodohan, agar jantan dan betinanya saling mengenal…..

  12. 16 samuel krisbiantoro 6 January 2015 at 3:08 am

    Om sofyan, selama beberapa tahun terakhir saya cuma intip blog tercinta ini. Kira-kira sejak tahun 201w an saya mulai ngintip nya hehehe (bintitan gak ya ??).
    Selama itu juga saya belum mengalami kendala dalam penjodohan maupun mengurus anakan kenari walau cuma lokalan. Itu pun berkat sering ngintip blog tercinta ini jadi bisa menanggulangi masalah.
    Saya sedang bersedih karena baru saja kenari indukan mati, di bagian perut membiru dan di leher dekat tembolok juga biru. Itu kenapa ya om, supaya saya bisa mencegah agar yang lain gak ikut sakit.
    # indukan yg mati baru beli ± 1 minggu yang lalu.
    Terima kasih om sofyan, salam hangat dari tukang intip :D

    Om Samuel, justru saya senang yang tukang mengintip seperti om, hasilnya lebih nampol karena mengalami sendiri dan bisa menanggulangi sendiri hehe…. mengenai kenari mati jangan bersedih hati om semua hobis kenari pernah mengalaminya dan yang uniknya semakin senior dihobi burung kenari semakin banyak kenarinya yang mati hehe…. mungkin ini penyakit bawaan dari pemilik lama om, bisa saja pada saat ditempat lama burungnya kurang terawat sehingga terkena virus pernapasan…. hati-hati pada saat membeli kenari, kenari baru jangan langsung disatukan dengan kenari yang sudah lama kita rawat. Kenari baru harus diisolasi dan dipantau selama 1 minggu kalau terlihat sehat baru bisa disatukan dengan kenari lainnya…. seperti yang saya ceritakan di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2013/12/24/wabah-penyakit-burung-kenari-2

    • 17 samuel krisbiantoro 12 January 2015 at 3:00 pm

      Terima kasih om, kemarin saya nambah indukan lagi dan langsung saya karantina / isolasi seperti anjuran om sofyan. Takutnya si kenari bawa virus atau wabah dari pemilik awal.
      Kemarin mati 1 malah nambah 5 ekor. hasil dari jual anakan lumayan buat ganti pakan + nambah indukan 5 ekor.
      Terima kasih ilmu nya om.
      Salam,
      Samuel krisbiantoro

      mantap….. mati satu tumbuh 5 hehe…. semoga ternaknya lancar om….. kelihatannya sepele tetapi masa karantina sangat besar manfaatnya…. sebagai peternak kita harus menjaga sterilisasi lingkungan kandang ternak…..

  13. 18 kopet 17 December 2014 at 2:35 pm

    om mau tanya nh
    kenari q 1pasang dalam kandang masih ngerami tp selalu mendengar burung kenari jantan lainya bunyi apkah beresiko om..

    selama betinanya ngeram tidak meninggalkan sarang masih aman om….

  14. 19 frabu 29 November 2014 at 2:31 pm

    selamat malam om. salam kenal.
    om saya mau tanya?? saya punya kenari 1 pasang saya taruh di sangkar gantung. ada juga tempat bersarang nya dan sudah mbundel dan banyak sobekan kertas. nya. cuma waktu bertelur.. di nelur. di tempat makan. saya rasa karna tempat nyarang nya terlalu mepet dinding sangkar. lalu saya ambil telur nya dan saya masukan ke tempat sarang nya. tapi sarang nya saya turunkan ke tempat cepuk makan. itu pagi hari.. saya tinggal kerja sore nya telur sudah pecah.. bolong… solusi nya gimana ya om?? pemula

    Mungkin posisi sarang tidak nyaman bagi kenari untuk bertelor om coba di sisi kiri/kanan dekat sarang ditutup…. penyebab telur pecah kemungkinan telurnya dipatok induknya…. coba diberi tulang sotong sehingga kebutuhan grit tercukupi….. bagaimana tipnya menanggulangi kenari bertelur di tempat pakan bisa om baca di link ini…https://burungkenari.wordpress.com/2011/02/16/tips-menanggulangi-kenari-bertelur-di-tempat-pakan

  15. 20 fazri 22 November 2014 at 4:36 am

    mas kalo kenari telurnya dipecah indukanya terus krnapa.makasih sebrlumnya

    Penyebab indukan memecahkan telor adalah induknya kekurangan grit (asinan), coba om tambahkan grit kedalam kandang ternak….

  16. 21 ragil 21 September 2014 at 4:09 am

    Trimaksh om sfyan ats pencerahanya.saat meloloh kemarin memang tlor nonstop, stelah nyapih sy rekondisi skitar 6-7 hari & stiap hari memang sy ksh tlur om. Mgkin itu pnyebabnya. Wah trmksh bnyk ats pencerahanya om sofyan,sangat membantu n semoga sukses selalu. Amin..

    coba istrihatkan agak lamaan om, mudah2an setelah kondisinya prima bisa bertelor dan beranak pinak kembali…..

  17. 22 ragil 17 September 2014 at 4:00 am

    Burung sehat & lincah, makan lahap, sy cek tdk gemuk dan tdk kurus om. Bjian knari seed,bji sawi,dan sdikit niger.stlah nyapih sy jemur sbentar2 bwt rekondisi.slama rekondisi telur puyuh+vtamin pnunjang breeding slalu trsedia stiap hari, grid racikan dan tulang sotong slalu ada.sepintas sy brfkir tntg suhu ekstrim,tp trpatahkan oleh induk2 lain yg telurnya sempurna om.baru kali ini mengalami hal seperti ini.

    kalau melihat dari perawatannya sudah bagus ya om Ragil, kalau saya melihat dari 2 hal, pertama usia indukan kenari di kawinkan pada usia dini (<7 bulan) dikawinkan pada usia dini memperpendek jarak produktivitas indukan, yang kedua terlalu sering diberi telor, efek pemberian telur adalah birahi kenari meningkat sehingga ketika telur belum sempurna sudah dikeluarkan. Untuk sementara diumbar aja dulu selama 1 bulan dan pemberian telur puyuh dikurangi hanya 1x dalam seminggu om Ragil. Demikian om, kedua hal diatas merupakan asumsi saya jadi bisa saja tidak benar…..

  18. 23 ragil 16 September 2014 at 9:55 am

    Om sofyan yg sy hormati, induk knari sy sdh produk 4X lancar n anaknya bgus2, sy rekondisi skitar sminggu,pd periode ke-5 ada mslah, telur yg keluar hny brupa cairan2 kuningnya sja, sy rekondisi lg, lalu sy kawinkan lg, periode ke-6 jg bgtu lg.cuma cairan2 kuning sj. Kira2 itu knp y om? Mhon pencrahanya.

    Om Ragil, tolong di jelaskan dulu kondisi indukan tersebut, apakah badannya ideal (tidak gemuk & tidak kurus) ? apakah indukan terlihat lincah dengan sorot mata cerah ? makanan apa saja yang biasa diberikan…. ??…. mudah2an dengan diketahui kondisinya bisa membantu menyelasaikan permasalahannya….

  19. 24 budhie mdn 28 May 2014 at 5:31 pm

    terimakasih atas pencerahnya om.. anaknya terpaksa sy pisah krn tkt sm induk betinanya mgkn trauma krn sllu mencabut bulunya.. alhamdulillah stlh sy pisah 3 hr anak mokennya sdh mulai mkn sndiri walau agak liar om, awalnya memang sulit melolohnya krn sdh takut orang tp krn lapar sesekali mau jg diloloh, makanan basah sy suapi saat anakan lapar & sebagian sy tempel di kuning telur puyuh yg di gantung stlh sy ajarkn mematuk telur skrg sdh mulai terbiasa pdhl klw dilihat dr fisiknya yg blm mapan serta bulunya yg blm tumbuh sempurna mmg blm layak mkn sendiri tp Alhamdulillah usaha sy di permudah, sy jg berterimakasih bnyk sm om AS.. tks sblmnya om..

    mantap om….

  20. 25 budhie mdn 26 May 2014 at 4:50 pm

    amin.. trimakasih bnyk om.. anakan moken perdana sy terpaksa di pisah krn induknya uda birahi lg pdhl blm bisa mkn sndiri usianya hampir 3 minggu, butuh brp lama smp bisa mkn sendiri om? bgmna melatihnya agar bisa mkn sendiri.. utk induknya sblm di pisah suka mencabut bulu anaknya apa kelakuan itu bisa terjadi lg dgn anak berikutnya nanti? bgmna cara mengantisipasinya om? tks sblmnya..

    kalau belum bisa makan sendiri jangan dipisah dulu om, usia 3 minggu serba salah kita loloh juga tidak mau karena ketakutan, induknya biarkan bertelor sambil ngasuh anaknya…. agar tidak mencabutin bulu anaknya coba masukkan tissue atau kapas kedalam sangkar ternak…..

  21. 26 budhie mdn 23 May 2014 at 3:07 pm

    assalamu’alaikum kang AS… apa kbr? mudah2an om sekeluarga baik2 aja ya.. amin.. Alhamdulillah om..stlh 2 mggu lalu moken gloster perdana sy menetas (walaupun cm 1).. skrg menyusul moken sy selanjutnya dr betina orange.. bahagia rasanya jk usaha qt bs berhasil ya om.. trimakasih bnyk buat kang AS yg slama ini mampu memberi sy smangat yg berkobar2 dan bimbingan tentunya yg membuat sy tdk merasa berjalan sendiri dlm menjalankn hobby sy yg baru hitungan minggu ini.. serta puji syukur kdp Allah SWT yg mendengar smua do’a2 hambanya di muka bumi ini aminn.. hehehe jd lebay ya.. om sy mau tanya, multivitamin apa yg cocok buat indukan kenari yg meloloh? klo bisa skalian merk dagangnya ya om.. soalnya sy cari di toko yg ada kebanyakan vitamin buat kenari gacor,sakit atpn mabung, tks sblmnya ya om..

    waalaikumsalam, aamiin, semoga om Budhie dan keluarga juga ada dalam keadaan baik…. multivitamin cari yang ada di lingkungan om sehingga mudah mendapatkannya…. kalau saya biasa menggunakan vitasol atau vitalur….

  22. 27 budhie mdn 17 May 2014 at 11:09 am

    trimakasih bnyk atas pencerahannya om.. kedua telornya yg tdk menetas sdh gagal om tp ilmu yg om ajarkn akn sy terapkan utk ternak sy yg selanjutnya, kebetulan si orange sdang mengeram dgn jantan (mozambik) tetap di satukan.. tks om.. slm hangat sllu buat kenari mania yg setia di blog ini..

  23. 28 budhie mdn 15 May 2014 at 2:28 pm

    tks pencerahannya om.. sy sdh faham.. tp ada 1 pertanyaan sy lg om.. gpp ya klo sy bnyk tnya.. hehe.. seandainya telur berikutnya menetas pastinya ukuran & usia nya terpaut jauh dr kakaknya nah langkah apa yg hrs sy perhatikan agar tdk terjadi hal2 yg tdk diinginkn spt bisa mati tertindih ataupun tdk mendapat perhatian seimbang dgn kakaknya yg lbh besar dll.. tks sblmnya guru..

    ketika bertelor bisa dilakukan dengan cara ini https://burungkenari.wordpress.com/2013/05/29/tip-penyimpanan-telor-burung-kenari, namun jika sudah lewat karena keburu mengeram untuk menghindari kejepit coba simpan 1 telor yang tidak jadi (bisa dari telor indukan mana saja) agar anakan yang menetas terlambat tidak tergencet. Bapaknya (induk jantan) jangan dipisah biasanya jantannya lebih telaten ngurusin anak …..

  24. 29 budhie mdn 13 May 2014 at 8:27 am

    assalamu’alaikum.. pa kbr om? mdh2n sht2 ya.. uda lama gk curhat ni om jd kangen sm blog ini.. sprt biasa om sy mo tnya2 lg ya.. alhamdulillah gloster sy uda menetas tp dr 3 telur baru 1 yg menetas pdhl uda 4 hr yg lalu menetasnya, smntara si indak msh mengerami telurnya yg blm menets tp jg sering keluar utk mkn & meloloh anaknya. pertanyaan sy apa telur2nya yg blm menetas msh ada harapan bisa menetas om? trimakasih om mohon pencerahannya..

    Waalaikumsalam, om ingat tidak kapan gloster mulai bertelor ?, terus selang berapa hari telor 2 dan ke 3 keluar ?, kalau hapal om tinggal jumlahkan tanggal telor ke 3 keluar + 14 + 2 (contoh tgl 2 Mei telor 3 keluar + 14 + 2 = 18 ) jadi jika normal telor ke 3 akan menetas tanggal 16 Mei kalau belum menetas tambahkan 2 sehingga paling lambat telor akan menetas tanggal 18 Mei sebetulnya hal ini sudah saya jelaskan beberapa kali jadi om tinggal baca-baca saja ditulisan saya terdahulu…..

  25. 30 budhie mdn 5 May 2014 at 9:52 am

    trikamakis bnyk atas bimbingannya om.. si orange nampaknya uda nyaman dgn sarang buatan tuannya dr pd buatan toko hehe.. tks ya om..

  26. 31 dalgo 3 May 2014 at 5:38 pm

    om dipalembang ya..boleh minta alamat + nomor telp.sama alamatnya sjalian on.
    terima kasih dan salam kenal

    rumah saya kontrak om sering pindah-pindah jadi mohon maaf alamatnya tidak jelas…. komunikasinya diblog saja ya om…. terimakasih….

  27. 32 budhie mdn 2 May 2014 at 9:38 am

    tks sarannya om.. utk 2hr ini yg ngeram gk terlihat tanda2 negatif dia ttp focus mengeram.. skdr share om justru yg agak ribet kn orangenya.. gejala membuat sarang di wadah pakan mulai terlihat lg pdhl ukuran t4 pakan uda yg paling kecil sarang t4 telur sdh sy persiapkn tp di cuekin.. skdr coba2 krn penasaran sy tambah sarang kedua dgn ukuran sedikit lbh kecil di tambah atap (kanopi) melengkung di atasnya (buatan sendiri) alhamdulillah…sarang tsb mulai di tempati & di perbaikinya.. jd spt yg om katakn itulah seni & problema dlm beternak kenari sgala sesuatu hrs di coba.. trimakasih bnyk utk smua ilmunya om.. jgn prnh bosan utk memberi ilmu pd kami smua yg setia di blog ini ya..hehehe…

    alhamdulillah turut senang mendengarnya om…. kalau masih nyusun serat di tempat makan ya dengan terpaksa tempat makannya diperbesar om biarkan saja si orange bertelor di tempat makan….

  28. 33 budhie mdn 1 May 2014 at 11:22 am

    assalamu’alaikum om sofyan.. apa kbrnya?? mdh2an om seklrg di beri kesehatan oleh Allah SWT amin… tks ats smua info n ilmunya slama ini yah om.. tp sy mau tnya2 lg nih om boleh ya hehe… skrg kn gloster sy sdang angkrem -+ 6 hr n kn orange sy sdang di kawinkan lg dgn mozambic tp lokasi kandang bersampingan dgn glostertp yg angkrem tp di sekat mklum ruangannya sempit, pertanyaan sy apa aktifitas penjodohan tdk berpengaruh dgn kn yg sedang mengeram om? sebab mozambicnya selalu aktif bernyanyi utk menggoda betinanya, sy baca di bbrp blog nyanian pejantan dpt membuat kenari betina birahi walau sedang mengeram. mohon bimbingannya ya om.. tks bnyk..

    Aamiin, terimakasih,…. setiap individu kenari berbeda om kadang-kadang mendengar suara jantan ada yang meninggalkan sarangnya atau bahkan sampai ngacak-ngacak isi sarang, tetapi ada juga yang adem ayem (ngeram dengan tenang) dalam ternak tidak ada ilmu pasti, dalam beternak kenari lebih baik banyak praktek dari pada banyak bertanyanya….karena lebih banyak berdasarkan pengalaman dari melihat karakter individu burung kenari….

  29. 34 Budhie mdn 28 April 2014 at 6:24 am

    tks om infonya.. kn gloster sy skrg sdh mengeram mozambiknya sdh sy pisah kemaren, ketika sangkarnya sy gandeng dgn kn orange betina langsung gacor dgn rayuan mautnya trus kn orangenya cicit..cicit.. sambil dekati kandangnya.. apa ini pertanda keduanya uda siap di jodohkan om? apa prlu tggu bbrp hr lg utk mengkondisikn mozambic jantannya? tks om..

    Sebetulnya bisa langsung dijodohkan namun agar hasilnya maksimal lebih baik menunggu masa pengkondisian stamina jantannya minimal 2 hari om….

  30. 35 Budhie mdn 25 April 2014 at 8:45 am

    klo di wilayah jawa hrg kenari bakalan muda berapaan ya om?

    Temen-temen di Jawa ada info berapa bahan kenari ???… kalau di Palembang bahan usia 1 bulan sekitar Rp. 250.000….

  31. 36 Budhie mdn 25 April 2014 at 8:19 am

    ohya kenari orangenya baru perdana produksi om.. kira2 butuh wkt brp lama utk bisa di ternak lg? 1 lg om sy cuma punya pejantan mozambic utk mozambicnya sendiri butuh wkt brp lama utk siap kawin lg? & perawatanya gmna biar gk drop kondisinya? skrg lg ngawini gloster mgkn uda bertelur 2 butir sy gk brani cek telurnya tkt stres burungnya om trs kpn wkt yg tepat pisahkan mozambic jantanya? tks sblmnya om..

    Untuk kenari betina tidak perlu diistirahatkan om nanti dia punya waktu sendiri untuk istirahat pada saat mabung yang penting pola perawatan dan gizi pakan baik, kalau untuk jantan setelah betinanya bertelor kedua/ketiga jantan bisa dipisah dan dikondisikan, kalau perawatan & gizi pakan bagus dikondisikan selama 3 hari sudah cukup….

  32. 37 Budhie mdn 25 April 2014 at 7:26 am

    memang ilmu gk ada hbsnya om.. tp utk org yg mau berbagi ilmu & pengalaman stoknya terbatas hehe.. jjr sy blm prnh ke jawa om.. ayah sy yg msh pnya klrg di jwa aja terakhir x kesana 7 thn lalu itupn sy kurang ingat daerahnya dmn, klo boleh tau kediaman om sofyan sendiri dimna y?

    saya tinggal di Palembang om….

  33. 38 Budhie mdn 24 April 2014 at 7:38 pm

    jd mnurut sy org ahli (kenari) yg tdk terexpose itu penyebabnya ada 2 om.1.mgkn terlalu sibuk utk menghasilkan kenari2 super atau 2.emang gk pengen berbagi alias pelit ilmu. jd beruntunglah kami ada kang sofyan sang master of cannary indonesian.. yg ikhlas & sabar menerima,membimbing n memberi smangat pd kami dgn sgala keluh kesah kami yg mgkn bg pemain lama permasalahan kami sangat spele tp bg kami ini suatu pelajaran yg sngat berarti.. hidup kang sofyan..hidup kang sofyan… (halaaaahhh lebay x aku bah…) uda lwt kampanye.. kayak tim sukses aja ah..hehehe… thx buat blog kang sofyan…

    mantap analisanya…. saya bukan ahli om hanya ingin berbagi mengenai burung kenari…. ternak burung kenari saya masih banyak yang gagal…..

  34. 39 Budhie mdn 24 April 2014 at 5:43 pm

    om sofyan sy mo curhatt… hik..hik.. sy pecinta kenari sejak 8 thn silam tp di medan burung kenari termasuk burung mahal.. di pasar burung aja hrg “ombyokan” eh betul gk bahasanya? maklum jawa pujakesuma hehe.. 350rb an utk kn lokal itupun kwalitas “maaf” sisa krn pilihannya tgl yg botak,kuriman,cileran,cacingan,penyakitan atw betina hehe… krn sama pedagangnya uda di sortir, yg bagus2 atw uda ngeriwik langsung di pisahin jd hrg 700rb krn kebutuhan kenari di mdn sangat tergantung pasokan dr jawa, apa lg yg gacorr corrr… jd maklum aja klo pemula spt sy lebay bgt klo bisa ternakinnya.. termasuk kenari sy jg hasil catutan dr ombyokan 1thn di piara eh betina smua, heeehhh…

    Wah kesempatan tuch om pasarnya terbuka, nanti kalau ke Jawa bawa burung kenari yang banyak om hehe….

  35. 40 Budhie mdn 24 April 2014 at 5:13 pm

    tks buanget saran n dukungannya om.. alhamdulillah kenari gloster sy skrg uda nelur stlh di kasih kapas mozambic jantannya jg gk di uber2 lg mlh nampak rutin ritual kawinnya.. skedar info awal bln ini sy jg jodohin mozambic jantan sy dgn kenari orange hasilnya alhamdulillah gagal hehe.. kenari bertelur sbnyk 5 butir tp gk mau ngerami telurnya alhasil mubazir tuh telur.. pertanyaan sy knp indukanntdk mau mengerami telurnya y om? tks sblmnya..

    alhamdulillah senang mendengarnya om, untuk kenari orange pernah diternak atau baru pertama kali ?, kalau baru pertama kali coba tunggu telor periode berikutnya….

  36. 41 Budhie mdn 23 April 2014 at 5:23 pm

    mo tnya lg om sofyan.. apa bnr anak hsl dr persilangan kenari x mozambic stlh dwsa tdk bs jd indukan (banci)? bgmna cara mempertahankn darah mokennya kelak ya om. tks..

    Di Indonesia peternak ulet/rajin tidak terekspos dan yang banyak terekspos adalah orang yang baru belajar ternak dan ceriwis, baru berhasil sekali ternak langsung nyerocos ke khalayak ramai demikian sebaliknya ketika gagal diumumkan ke seluruh dunia sehingga informasi-informasi kurang baik beredar kemana-mana (maaf lebay hehe…). Saya juga dapat informasi bahwa silangan blackstroat & kenari itu invertil/bajir/tidak bisa menghasilkan keturunan namun nyatanya guru saya Om Basuki sekarang sedang mengembang silangan kenari dgn blackstroat selama 4 tahun. Jadi kita tidak tahu sebelum kita mencoba, ayo om menjadi volunteer untuk mencoba ternak kenari dan Mozambic

  37. 42 Budhie mdn 23 April 2014 at 4:39 pm

    makasih sarannya om..

  38. 43 Budhie mdn 23 April 2014 at 5:17 am

    om sofyan sy mau tnya.. sy punya kenari gloster betina uda bbrp hr di jodohin sm mozambik jantan,sy perhatikan ada ritual kawin & kenarinya nyusun sarang tp belakangan ini mozambiknya sering di kejar2 kenari. mohon solusinya ya om..

    oh ya om.. saya mo + in.. kenarinya sprti mau mencabut bulu mozambiknya mgkn buat kprluan sarang, mohon solusinya ya om.. apa mozambiknya hrs di pisah dulu biar gk stress..kasian mozambiknya kan..

    Saya gabung aja pertanyaannya ya om, coba kedalam kandang kasih sobekan tissue atau kapas om, mudah2an bisa bantu….. mozambicnya jangan dulu dipisah…. jika setelah diberi kapas/tissue masih ngejar-ngejar mozambic, untuk sementara dipisah….

  39. 44 indra 22 April 2014 at 2:34 am

    Mau Nanya Boss, saya beli kenari kepasar. bilangnya yg jual jenisnya jantan. dirumah ngoceh gacor dan keras sekali. tapi herannya sering bertelur ya…? padahal ngocehnya gacor sekali dan keras sekali…? pusing …gak ngerti…!

    om Indra berarti kenarinya betina bukan jantan, ada beberapa kenari betina yang ketika birahi akan bunyi ngeroll mirip jantan…..

  40. 46 Lulih 10 February 2014 at 2:22 pm

    Om salam kenal ane lulih punya jantan cuman ingin kawin sama 2 kenari betina aja, yang lainnya dianggurin, kaga mau digauli gimana om solusinya

    Ada beberapa kenari yang pilih-pilih pasangan, coba cari jantan lain yang gacor untuk membuat cemburu kenari jantan milik om… harapannya jika dia merasa cemburu akan berusaha mengawininya ….

  41. 47 abdul031184 27 December 2013 at 10:26 am

    om sofyan saya pengunjung baru d web ini,saya punya 2 kenari AF jantan dan betina sudah berjodoh,bertelor kemudian menetas,tapi kenapa ya om anaka pas anakannya udah 3 hari mati 1 per satu dan matinya d bawah,bkn d sarangnya?

    tolong baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan/#more-370

  42. 48 sunarto sunarto 30 October 2013 at 6:42 pm

    asalamualaikum mas qw mau naya ni qw punya 2 pasang kenari yg yag jadi pertanyaan udah qw satuin pernah loloin betina sijantan tapi waktu mau d kawin ko si betina ngelawan ? itu faktor pa ya mas ,,,maaf qw pemula

    coba baca dulu tulisan saya terdahulu om salah satu contohnya ….https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula

  43. 49 Viqi Doank 21 October 2013 at 4:22 pm

    om mau tanya kenapa waktu pertama di jodohkan kenari betina betelur di pakan….sampe 3 butir tapi telur nya malah di jatuhkan p[ecah smua…saya coba pindah kandang dan jantan di pisah kandang didekat kan lagiyang betina mulai nyusun sarang …saya satukan 2hari betelur tapi telur yang di sangkar ke esokan saya liat ada di bawah pecah…saya bingung om…..harus gimana lg ya….mohon pencerahan om….

    Om Viqi, ternak kenari kadang-kadang suka gemesin sudah kita siapkan sarang untuk nelor malah bertelor di tempat pakan, biasanya yang berlaku aneh-aneh burung kenari yang baru diternak, mengenai telor yang dibuang/jatuh kebawah coba perhatikan apakah jatuh karena dibuang atau telornya dipecahkan oleh burung kenari ?, kalau telor jatuh kondisinya kering (tidak ada isi telornya/kuning telor) berarti telornya dipecahkan oleh induknya….

  44. 50 agusuban 13 October 2013 at 11:55 am

    Mlm om…… Knapa ya indukan kenari saya telornya ga pada netes? Apa usia jantan mempengaruhi terhadap telur?

    memang usia jantannya berapa bulan ?, biasanya telor tidak menetas diakibatkan karena beberapa faktor bisa karena tidak terjadi pembuahan, terjadi pembuahan namun anaknya mati di dalam telor dll…. coba om perhatikan apakah dalam telor ada anaknya atau tidak (bening)…..

    • 51 anas 18 January 2015 at 7:17 am

      Om mao minta pencerahan na К̲̣̣̥εηаРӑ indukan kenari saya tau” na betelor di tempat makan dan saya pindahkan ke sarang tapi tidak mao mengerami,

      kenari yang baru belajar bertelur merasa nyaman bertelur di tempat pakan…. penanganannya pindahkan telor ke tempat sarang yang sudah disediakan dan ganti tempat pakan dengan tempat yang kecil sekali sehingga kenari kesulitan mengeram dalam tempat pakan. Atau ganti tempat pakan dengan wadah yang lebih besar sehingga kenari terus bertelur di tempat pakan yang wadahnya sudah diganti….. nanti secara perlahan tempat pakan di pindah ke tempat yang om inginkan….

  45. 52 wildan 13 October 2013 at 8:27 am

    Om maaf, minta pencerahannya lagi.
    3 hari yang lalu telur kenari saya menetas semuanya tp ko indukan betinanya selalu mengerami anaknya, padahal di sarang udah ngga ada telurnya(udah netes semua). Apa ada yang salah om? Takutnya anak2nya mati kegencet.
    Maaf saya pemula untuk ternak kenari om. Makasih sebelumnya om sofyan.

    Om Wildan, yang salah om Wildan terlalu sering nengokin burung yang sedang ngeramin anaknya…. saran saya jangan terlalu sering lihatin anaknya karena dikhawatirkan indukannya over protective akibatnya lebih parah lagi, induknya jadi ketakutan meninggalkan sarang …..

  46. 53 Arizky 18 August 2013 at 1:10 pm

    Met malem om sofyan salam kicau, alhamdulilah kenari sy skrg sdh mulai angrem 3 telur, berkat saran master sofyan, sy ucpkan banyak terimakasih kpd om sofyan yg baik hati. Hehe om mau numpang tanya lg ya om,
    1.benarkah om keturunan anakan kenari warna bulunya ditentukan sesuai warna indukan jantan ?

    2.saya punya sepasang pindukan 2-2nya warna oren frost, tapi ceweknya ada fleknya hitam dikit banget diatas lehernya, yg jd pertanyaan saya apa kemungkinan besarnya bakal pengaruh nanti terhadap anakanya yang warnanya pasti selalu ada flekan ?
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih om.

    Alhamdulillah senang mendengernya semoga telornya menetas om, burung kenari yang kita punya merupakan hasil proses kawin silang dari beberapa induk yang berbeda-beda sehingga kita kesulitan menentukan anak hasil ternak ….

  47. 54 arizky 5 August 2013 at 8:04 am

    ass om sofyan…
    alhmdllah berkat saran om sofyan KN saya barusan pagi saya satukan & skrg yg jantan dah mulai ngejar2 trus betinanya,, tapi kenapa ya om yg sibetina malah gak mau, tiap detik sijantan ngejar2 terus pengen naikin sibetina…. kalo saya biarkan satu kandang terus gapapakan om ?
    trus kalo bahan sarangnya saya taro ditempat sarangnya gapapa kan om sebagian saya taro dilantainya ?
    soalnya kalo bahan sarangnya saya sebar dilantai kandang semua, dicuekin mulu….

    Coba om baca link https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula dan https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan

  48. 55 saleh 3 August 2013 at 4:06 am

    Om mau tanya ni
    Udah berhari_hari kenari saya sdah d masukin kandang jd satu sma knari betina,,,tp kok ndak kawin2 ya,,,sblum d msukin jd satu jg sdah melalui tahap di dket2,in dua_duanya jg udh sm birahi,,,tp wktu jd satu malah ndak kawin2, om memang proses kwim burung knari memerlukan brapa lama ya???,,,trus untk pnanggulangan knari saya sbaikny bgmana ya??? Mhon ptnjuk ilmunya om

    Ternak burung kenari membutuhkan kesabaran yang tinggi, tidak bisa secara instan dan tidak ada patokan waktu, jalani proses ternak dengan enjoyyyy….. semoga ternaknya lancar om, coba teliti lagi tulisan saya dilink ini sampai khatam :) https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula dan https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan

  49. 56 Arizky 31 July 2013 at 12:45 pm

    Ass, met mlm all (om sofyan)..
    Mau tanya lagi ya om, critanya gni sya ptusin buat beli lg kenari betina yg lg birahi(bon kuning) utk d.jodohin ama sipejantanya(bon jg), skrg knari sy betina 2 & jantan 1. alhmdllah om pas sy gantung brduaan sma kenari yg baru (bon kuning) disangkar yg brbeda langsung mulai saling tubruk saling patuk, dan anehnya lg sibetinanya jg gacor om. yg jd prtnyaan sy mulai brp hri lg om utk sya stukan kdlam kandang box permanenya untk proses kawin brtlur ?

    Om Arizky, gonta-ganti email terus ya ? jadi setiap nulis ke hold nunggu moderasi, setelah terlihat berjodoh bisa langsung di satukan bukan berdasarkan hari om

  50. 57 Arizky 30 July 2013 at 11:42 am

    Ass kang sofyan slmt mlm, sblmnya sy mau ucpin TERIMAKASIH utk jwbn kang sofyan yg sblmya, perkenalkan nm sy aris dr cipanas, kang sofyan numpang nanya lg nih mhn pncerahanya y kang. prtanyaanya
    1.kenari sy yg sdh akur 4hari dalam 1 kandang box ko blm kawin jg ya kang .(naikin betinanya) pdhl dri alat klamin kta sipeternak udah pda merah2 siapan. Trus sesekali sy mlihat mrka sdg kyak saling suap, trus brusan sya pisahkan sbntar untk d.jemur d.mandikan sibetina kyk gelisah bgtpun jantan suara krilirik gacor, pas sy satukan kembli mlh adem ayem, trus stelah d.msukan k.kandangya lg sy ksih bhan sarang sma sibetina gak d.bikin. Prtnyaan sy stu lg kang apa sya trus satukan trus sampai max 1 bulan dikandang boxnya. & gk mslh kan kang ?

    Kalau mau dengerin suaranya, jantannya dipisah saja om, nanti setelah betinanya ngangkut sarang dan kondisi isi sarang tersusun rapih baru si jantannya dimasukkan, kalau si jantan disatukan terus dia jarang bunyi dan kalau kelamaan tidak dijemur staminanya drop….

  51. 58 ragil 29 July 2013 at 5:24 am

    Alhmdulillah om,ats bimbingan om sofyan & blog trcinta ini,4 anakan kenari dr 5 telur(1 mati wktu baru netes keinjek kakaknya),skrg udh bisa mandiri.dan anakan2 dr indukan2 yg lain akan menyusul krn kmarin netesnya tdk trpaut wkt yg lama .skali lg trmaksh bnyk om sofyan & blog trcinta ini.salam kenarimania
    Ragil

    Selamat om, semoga semakin sukses….

  52. 59 Arizky 25 July 2013 at 11:29 am

    Ass akang2 semua. Saya paling pemula diantara pemula. Mau numpang nanya akang2, cerita singkat “saya sama babeh coba beli kenari satu pasang ke peternak, kebetulan sipeternak dekat rumah, nah yang jadi masalah saya belum sempat nanya dari kapan kenari yang saya beli dijodohkan. Pertanyaan saya kapan kenari saya membuat sarang/bertelur, sedangkan pasangan kenari saya cuek2 kayak gak saling birahi gitu tapi akur. Kapan ya akang2 kenari saya mulai bikin sarang/bertelur ?
    Oia kenari posisi dikandang rumah saya 1hari disangkar biasa, 2hari dikandang.
    Sebelumya terimakasih akang2 yang mau jawab.

    Peternaknya kan deket rumah om, biar pasti dan jelas coba tanya ke peternaknya kapan kenari tersebut dijodohkan, terus jangan lupa tanya usia burung kenarinya… untuk bereproduksi (beranak) kenari butuh ketenangan dan dia merasa aman, kalau kandangnya pindah-pindah terus akibatnya burung kenari tidak akan bertelor jadi kandang ternaknya jangan dipindah-pindah om…..

  53. 60 ragil 19 July 2013 at 12:47 pm

    Trmksh ats pncerahan dr om sofyan.sdh sy buatkan sarang lg dsmping sarang yg skrg dan td sdh sy kawinkan.yg jd prtnyaan: jika dlm minggu ini induknya brtlur,dan jika smpai masa mengeram anakan blum jg bs makan sndiri,bgmn langkah sy om?apa jantan prlu disatukan lg agr bs bantu anakanya?krn saat ini sy menggunakan sistem poligami om.m0hon bantuan dr om soyan.
    Ragil

    anak kenari mulai belajar makan pada usia 21 hari, sediakan telor ayam rebus agar mempermudah anak kenari belajar makan (mudah dimakan dan mudah dicerna)… kalau kondisi normal insya Allah sudah bisa makan sendiri om…. jantannya tidak perlu disatukan lagi om

  54. 61 ragil 16 July 2013 at 2:24 pm

    om sofyan yg sy hormati,piyikan kenari 4 ekor (umur 14-17 hari),si induk klihatan spti birahi lg.apakah jantan bs disatukan lg om?klau dsatukan,bgmn dgn pyik2nya?apakah siinduk betina nantinya msh te2p mau meloloh?dan apa induk jantan tdk menyakiti si piyik?sblumnya trmaksh ats jwbn dr om sofyan
    Ragil

    Om Ragil, coba tambah sarang lagi di sebelah sarang yang ada anaknya jadi dalam kandang ternak ada 2 sarang (maaf nyontek dari om Uphay :) ), kenari jantan bisa dimasukkan, kadang-kadang jantan yang baik malah bantu lolohin anaknya… biar anaknya cepet bisa makan sendiri setiap hari diberi telor ayam….

  55. 62 wahyu 10 April 2013 at 12:12 pm

    om saya mau tnya nih kenapa ya kenari saya yg beina setelah bertelur ga mau ngeremin?

    Coba perhatikan kondisi lingkungan kandang ternak om, takutnya ada serangga atau di kandang ternak sering ada tikus lewat sehingga kenari tidak merasa nyaman ketika mengeram….

    Wassalam

  56. 64 burung pengicau 15 February 2013 at 4:26 am

    pada dasarnya kenari hampir sama dengan bt…ilmu agan lagi coba ane terapin di bt ane…thanks atas infonya…

  57. 65 obob 23 November 2012 at 8:17 am

    om.. ane punya indukan kenari betina ngleper waktu di deketin ama yg jantan,udah aku satukan dengan yg jantan tapi lebih dari 1 minggu gak nelor-nelor. Itu udah kedua kalinya dengan pejantan yg beda, tapi tetap aja gak nelor, minta saranya om????

  58. 66 Andry Yawan 2 November 2012 at 1:24 pm

    assalam ,,
    om saya punya kenari , betinanya baru nelor ,, tapi jantannya ikut mengerami , kalau pas betina keluar dari sarangnya , kalu seumpama di pisah , bisa pengaruh gak sama betinanya ?

  59. 67 budi purnama 24 October 2012 at 11:37 am

    bos kenari saya sudah sering kawin,tp kx gak mau bertelur yaa…
    padahal udah buat sarang,
    gmn caranya agar cpat bertelor??
    pa ada obatnya??

  60. 70 hendi 9 October 2012 at 4:52 am

    om emang kenari jantan bisa bertelur ????????

  61. 71 sandal jepit 14 June 2012 at 6:52 am

    kirin pejantan yg kurang ajar malah kawinnya sama betina dr kandang lainnya….

  62. 72 jefry al_baehaqi 9 May 2012 at 4:19 pm

    malem om..ma’af om mau nanya,kemarin saya beli kenari betina,ternyata kaki jempol sebelah kanan patah,kalo mangkring mau jatuh tp hari ini rada mendingan,rencana saya mau saya ternak,yg jadi pertanyaan saya,apakah kenari betina yg jempolnya patah bisa di kawin ‘n bisa bertelur???soalnya kata temen2 yg ternak kenari kalo burung kawin biasanya kawinya di pangkringan sedangkan betina kenari saya jempolnya patah 1,kalo nangkringpun kurang sempurna ‘n krg kuat,apakah bisa terjadi pembuahan om?trim’z om..

  63. 76 Ferry yp 26 March 2012 at 4:11 am

    Om sya mau tnya?klo ciri kenari sudh mau jodh apa si jantan nyari in betinanya saat di pisah?

    Iya om, wassalam

    • 77 Uphay 26 March 2012 at 7:24 am

      biasanya begitu om, tapi pastinya kalau sudah suap2an, tidur berdempetan, tidak berantem, itu baru sudah benar2 jodoh.

  64. 78 Ferry yp 25 March 2012 at 8:08 am

    Salm kenal om2 senior semua,saya mau gabung nih….saya pemula banget nih masalah ternak kenari,saya ada kenari jantan 1 dan betina 2,yg 1 udah mengeram,jantan saya jodohkan dgn betina yg 1nya,tapi ko betinanya galak kadang2 betina ngerol2,saya liat kelaminya sudah siap(matang gonad).mengatasinya bagai mana ya om biar cepat jodoh? tolang pencerahanya,salam sukses buat semua.

    om mudah2an tulisan ini bisa membantu https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula/

  65. 79 gugun gunadi 16 March 2012 at 4:08 pm

    lam kenal om,saya pemula di ternak kenari.saya mau tanya om..saya beli betina siap,dijodohin sudah 3x ke 3 jantan berbeda tapi sampai sekarang belum mau bertelur juga.tolong sarannya om.terima kasih sebelumnya.

    Waduh ini betina jadi-jadian kali om hehe…. (maaf becanda), mungkin belum birahi om coba diberi telor puyuh 3 x seminggu jangan lupa jemur & mandi agak sering, dan dekatkan dengan jantan yang rajin bunyi (gacor)… wassalam

  66. 80 Harry Suyanto 15 March 2012 at 5:06 am

    bang sofyan yg saya hormati
    Kesabaran memang membuahkan hasil yg sangat manis,mulai dari susahnya menjodohkan kenari,bertelur tp tdk netas,menetas tp dibantai induknya,itulah dinamika beternak kenari,sekarang bisa tersenyum bahagi ketika melihat kenari saya saling saut2an,betina sibuk membangun sarang,anakan ribut minta di suapin induknya,dengan segala hormat saya mengucapkan terimakasih atas tips nya,dan bagi rekan2 pecinta kenari “dont give up”

  67. 81 Jarot_klaten 18 February 2012 at 4:29 pm

    Asslm
    om saya peternak pemula br 3 kl ms tetas, sy br ada 12 betina dan 2 pejantan. Saat ne sy kesulitan menentukan+mencari pejantan F1 yg baik. Tlg infonya om, n brp harga unk pejantan F1?
    Nuwun
    wsslm

  68. 82 galang 1 February 2012 at 7:13 am

    Gan numpang nanya ,,saya beli kenari di peternak bagus ehh pas saya bawa plng jari tengah kaki kenari patah gan .. Kira” itu pengaruh gag sama.suara dan mental burung tersebut .. -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶

  69. 83 Ibe 23 January 2012 at 12:44 am

    Slm knal om2 senior semua.sy bnr2 lg bljr trnak kn.6 hr yg lalu sy beli sepasang kn yg sudah kawin,tp knp stlh smp dirmh g mau kwin lg,bhkan tnda2 birahi aja ngga,pdhl pas sy beli jelas2 sy lht sndiri sdh kawin.dirumah ada(2 kn betina,1 jnda 1 dara).1 jantan bakalan.knp y om,apa tmptnya kurang tenang?mhn dgn sangat pncerahan dr om2 semua.tks

  70. 84 a kurnia 5 January 2012 at 7:36 am

    salam kenari om
    om sya peternak pemula kenari,sya punya kenari se pasang jantan dan betina nya si udh siap tapi kalau d satukan selalu si betina ngejar2 jantan nya(galak),biar cepat ngejodo solusi ny gimana biar si betina ga galak lagi?

  71. 85 Aufa Nax Armada 4 January 2012 at 9:16 am

    jika 1 lki” , 2 kenari perempuan saya masukn ke kandang bisa kawin apa tdak???????/

    Kalau masalah kawin bisa saja om hanya kenari beda dengan manusia, mata kenari jarang jelalatan ngeliat istri tetangga hehe… kenari jantan akan ngawinin 1 betina sedangkan betina satunya lagi nganggur. Makanya hobis kenari dalam beternak jarang menggunakan sistem kandang masal. wassalam

  72. 86 bang ian 8 November 2011 at 2:04 pm

    Salam kenal om.. Saya penggermar baru kenari, saya punya sepasang kenari yg sdh siap kawin, tp cuaca di kalimantan panas om, apa bisa jadi kalo di ternak?
    Mohon bantuannya ya ommm…
    Tq..

    Burung kenari siap diternakkan diberbagai kondisi, jangan takut mencoba om coba satukan saja, hanya untuk daerah panas faktor ventilasi harus cukup diperhatikan tetapi udaranya jangan langsung menerpa pada burung kenari, demikian, terimakasih

    Wassalam

  73. 87 agung 14 October 2011 at 7:19 am

    ass.
    salam kenari om,
    saya baru belajar ternak kenari lokal om, dan untuk keyakinan jantan/betina saya pun belum paham betul,
    setelah 2 minggu saya rawat ada kenari saya yang bertelur,
    yg mau saya tanyakan apakah kenari sy yg bertelu itu pertanda betina, atau apakah ada kenari jantan yg bertelur.
    demikian mohon pencerahannya om,
    terimakasih
    wasalam
    agung.

    ah… om Agung mah aya-aya wae masa kenari jantan bertelur, kalau tidak salah di SMP waktu pelajaran Biologi dibahas mengenai bintang unggas, mungkin om Agung waktu pelajaran Biologi ketiduran atau tidak masuk sekolah kali yach hehe…..

    wassalam

  74. 88 Agung 9 June 2011 at 2:56 pm

    Mau tnya Om;
    Kenariq udah brtLur tpi gak mau mngraM_
    knPa ya??
    pdhaL dri sbLum brtLur udah sya psahKn ma Jntan,,

  75. 89 panji 19 May 2011 at 6:24 am

    Om Tu De Poin yah…Om sy lg belajar Ngawinin kenari nih… kenapa ya kenari gacor jantanku klo Dijodohin pke kandang perjodohan,,,berubah jadi ga Gacor…pdhl umur udah cukup? mohon Ilmunya Om,,Suwun,,

  76. 90 Riki 16 May 2011 at 9:48 am

    Salam kenal all@
    mau tanya. Klo kn pas netes ga dipisah jantanya apa mau ngeloloh ankannya…?
    Soalnya mau dipisah kasian, yg jantan suka ngeloloh betina yg lg ngerem…
    Mohon infonya
    trims all@

    Jantan yang baik rajin meloloh anaknya, dalam hal ini terserah om mau dipisah atau tetap disatukan…. jika ingin dijodohkan dengan betina lain jantannya bisa dipisah setelah mengalami masa pemulihan si jantan bisa dijodohkan dengan betina lain.

    wassalam

  77. 91 erik 6 May 2011 at 7:11 am

    maaf om, mau tanya kenariku kok setiap dikasih sarang kok malah di rusak ya, apa sebabnya. terima kasih sebelumnya

    mungkin penyusunan saranngnya tidak cocok dengan keinginan indukannya, biarkan isi sarangnya diacak-acak om nanti kalau sudah waktunya bertelor akan disusun sendiri…..

    wassalam

    • 92 Uphay 9 May 2011 at 1:17 am

      Dear Om Erik, kalau menurut Om Sofyan (mumpung orangnya msh sibuk), coba diberi bahan sarang yang lain seperti coba taruh sobekan kertas, tisu, kapas, benang wol, dll. dan letakkan bahan sarang di bawah jangan di wadah sarangan, biar betinanya membuat sarang idamannya sendiri versinya sendiri.. hehehe, monggo kalau ada yang mau menambahkan.

      terimakasih om Uphay sudah berkenan sharing pengalaman …..

      wassalam

  78. 93 rusman 26 April 2011 at 6:42 am

    Setuju dengan pendapat Om Uphay.Sekedar menambahkan bahwa dengan sistem babuan perlu juga dibantu oleh peternak untuk menyuapi anakan YS mengingat anakan YS membutuhkan ekstra makanan demi pertumbuhan yg maksimal.Makanan yang diberikan berupa kuning telur yang telah dihaluskan dengan menambahkan sedikit air(boleh juga ditambahkan vitamin maupun tepung beras).Untuk anakan berumur 1 hingga 2 minggu telur tersebut dapat kita berikan dengan menggunakan lidi/ tusuk gigi yang kita suapkan ke mulut anakan YS.Untuk anakan lebih dari 2 minggu dimana anakan sudah tidak mau membuka mulutnya karena takut, kita dapat menggunakan suntikan yang telah dimodifikasi dengan cara mengganti jarum suntiknya dengan selang yang berukuran kecil (biasanya saya menggunakan pentil sepeda).Hal tsb dilakukan dengan cara membuka mulut anakan YS, kemudian selang dimasukkan ke dalam mulut sedalam kurang lebih 3 cm, setelah dirasa cukup pas maka makanan kita suntikkan ke dalam mulut anakan tersebut.Namun memberi makan dengan cara suntik tersebut membutuhkan keahlian sang peternak karena hal tersebut sangat beresiko dimana bila kita kurang tepat maka makanan dapat menyumbat saluran nafas si anak yg berakibat kematian.
    Satu hal lagi yg tidak kalah pentingnya yaitu MAKSIMAL pemberian makanan dengan cara dibantu tersebut yaitu 3 kali sehari.Mengapa???karena bila kita terlalu sering membantu, kenari babuan akan malas memberi makan kepada anak asuhnya, dimana saat si babu tersebut siap memberi makan, si anak tidak mau karena sudah kenyang dibantu oleh peternak. Hal itulah nya menyebabkan si babu menjadi malas.
    Sekian pengalaman yg saya dapat dalam beternak kenari.Semoga bermanfaat

  79. 94 rusman 18 April 2011 at 3:45 am

    Untuk Pak Nanang:
    Pada proses pem babuan tersebut berlangsung biasanya si betina ini juga sedang mengerami telurnya sendiri, kemudian telur tersebut ditukar dengan telur yang kita inginkan untuk dierami oleh betina tersebut.Namun selain itu ada juga betina babuan yang baik dimana saat ia melihat telur di sarang ia otomatis mengerami telur tersebut walaupun ia sendiri tidak sedang bertelur.
    Sekian yang saya ketahui semoga bermanfaat.
    salam

    • 95 Uphay 18 April 2011 at 4:55 am

      Mantaap om Rusman… setubuh saya.. soalnya ada KN betina saya yg tidak pernah bertelur, tapi hobbynya bikin sarang sama mengerami telurnya… hehehhe, tetap bermanfaat…

    • 99 Nanang 21 April 2011 at 9:35 am

      Thanks Atas Infonya Om.Rusman,biasanya yg akan jadi female Babuan, Kn fm Lokal ya? atau ada kriteria tertentu lainnya?
      Thks in advance
      Nanang

      • 100 Uphay 25 April 2011 at 2:13 am

        Sipp om…. ternyata kita tetanggaan.. hehehhe… silahkan kapan aja kalau mau belajar bersama om… (inget jaman SMP.. xixixi)

      • 101 Uphay 26 April 2011 at 2:56 am

        @Om Nanang, idealnya babuan merujuk pada jenis indukan yang telurnya akan dibabukan. jika YS VS YS, maka (logikanya) babuannya harus berbadan besar pula seperti F2 / F3. atau bisa menggunakan F1 (mengingat nyari F2 & F3 sulit saat ini), namun telur yang dibabukan biasanya hanya 1 saja. hal ini terkait dengan kemampuan Induk babuan meloloh anakannya. bayangkan bila anak YS (yang besar)di suapi oleh babuan lokal (yang kecil)….!! takutnya anakan YS nya kurang gizi..hehehe, semoga bermanfaat.. monggo kalau Om2 ada yg mau nambahin.. koreksi kalau ada yang salah….

  80. 102 pat 10 April 2011 at 3:57 pm

    om,mo tny…sy pny indukan tp klo pas anaknya netas pasti mati,pdhl dah d jauhkan dr jantnya! tp klo btina yg laen ga ngaruh pd jntna,d sbbkan oleh pengaruh apa itu om

    • 103 Nanang 15 April 2011 at 7:42 am

      Om Sofyan & Om2 Senior perkenarian, sy nubie mau tanya…didalam ternak Kenari ada istilan Betina Babuan (babysister) terus terang saya masih bingung mengenai istilah ini, yg jadi pertanyaan saya seperti apakah proses pem-babuan ini berlangsung apakah si betina babuan ini juga dalam kondisi sedang bertelur n or mengerami telurnya sendiri atau bagaimanakah? mohon pencerahannya dari para Senior Kenari

      Nuhun
      Nanang S
      Kebagusan Jak-Sel

      • 104 Uphay 18 April 2011 at 4:45 am

        @Om Nanang & Om Iskandar,

        Saya juga di Kebagusan 4 Ragunan, kebetulan ada beberapa pasang KN Lokal yg saya ternak,dan ada beberapa babuan yang unik,monggo kalau mau mampir sekedar sharing, tapi belum ada yang bisa di maharin ya om, maklum belum ada yang bagus, kalau minat silahkan PM ke luth_iatea@yahoo.co.id. free of charge buat sama2 belajar ternak KN.. silahkan,,,,

    • 105 Uphay 18 April 2011 at 4:52 am

      saya coba jawab ya om, biasanya anakan mati karena suplai makanan kurang dari indukannya, artinya indukan tidak telaten menyuapi anakan, atau karena berdesakan dengan anakan yang lain (kegencet), bisa juga karena indukan yg over protektif sehingga main loncat aja ke sarang tiap ada orang dan menginjak anakannya. intinya, coba di pelajari dulu penyebab sebenarnya apa? semoga bermanfaat…

      • 106 redmoz 19 April 2011 at 9:21 am

        ane jg boleh maen ga om uphay…hehehe…mao belajar jg nehh, walau ga da yg bisa dimaharin siapa tau ada yg bisa diangkut ke ciputat….wkwkwkwk…pa kabar om? (:

      • 107 reeant 20 April 2011 at 3:39 pm

        kebetulan saya mah sukanya yang lokalan…kapan nie om kumpul di kebagusan

      • 108 Nanang 21 April 2011 at 9:01 am

        @ Om Uphay,
        Saya juga di Kebagusan 4 Om ? rumah sy persis disamping wisma Dian, kl om dimananya?
        Nanang
        02194664216

  81. 109 iskandar 31 March 2011 at 7:56 pm

    Om,dirumah banyak ya ternak kenarinya boleh nggak main kerumah untuk belajar langsung dan sharing.

  82. 110 ahmad 11 March 2011 at 5:17 pm

    salam kenal om ,saya baru peternak pemula dan saya mengawinkan 2 pasang kenari,untuk pasangan yang pertama saya jodohkan 14 februari pas hari valentin…he..
    dan tanggal 18 dah mulai bertelur saya hitung terahir ada 4 dan yang 1 dipisahkan tidak dierami
    tapi kenapa samapi tanggal 11 maret kok belum netas juga ya
    berapa maksimal waktu untuk telur dapat menetas dan apa yang harus saya lakukan untuk kenari saya,
    trima kasih semoga dapat sarannya

    om coba baca-baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari untuk lebih spesifiknya link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula/#more-345

    Wassalam

  83. 111 risky taqi santoso 23 February 2011 at 5:57 am

    salam kenari mania.om sy mo tanya kenari sy sudah jodoh tp ko si cowok cuex aja tidak mo kawin.trs sy pisahin kemarin ini sy bersihkan kandang rupanya betinanya sudah membuat sarang dan rapih, apa kah sy 1 kan lg ya? bagai mana caranya agar cepat bertelur? tlng bantuannya maklum om pemula

    • 112 reeant 23 February 2011 at 4:38 pm

      sama om,saya juga pernah ngalamin hal kayak begitu.trus kebetulan saya punya ringtone suara kenari di hape saya..abis saya bunyiin…eh kenarinya langsung kawin…

  84. 113 Aries 17 February 2011 at 1:59 am

    Om sofyan tolong kasih solusi gimana caranya supaya kenari betina cepat birahi/mau kawin.aq pny kenari betina umurnya hampir 1 thn tp kok gak mau birahi.klo dijadikan satu sama pjantan berantem terus.

    coba diberi telur puyuh seminggu 2x tetapi harus hati-hati telor puyuh bisa membuat burung kenari gendut, sering dijemur dan didekatkan dengan kenari jantan gacor….

    wassalam

  85. 114 harjayz 9 February 2011 at 5:39 pm

    Mantaap om ulasannya… Skrng aku sdng bljr trnk lokal, yg btina sdng mgrm 4 btr tlr & yg jntn aku psh krn pd kulit mt bgian ats trdpt luka mmbngkak ap sprt dhjr yg btina & kaki kanannya srng diangkt pincang gk mau gk mau mcngkrm tangkringan . Utk pngbtnny bgmn ya om sofyan… Trmksh

    Om Harja bagaimana kenarinya sudah sehat ? ,maaf baru balas sekarang ….untuk mengobati mata bengkak coba diberi obat mata tetes… sedangkan kakinya diberi minyak tawon…. penyakit mata bengkak dan kaki bubulan biasanya diakibatkan oleh kebersihan kandang yang tidak terjaga… maksimal seminggu sekali kandang dicuci bersih alas penampung kotoran diberi kertas koran, 3 hari sekali kertas korannya diganti….

    wassalam

  86. 115 jaelani 19 January 2011 at 4:07 am

    Mantap om AS ulasannya, cuma belum di jelaskan untuk ternak pake sistem babuan, barangkali saja ada yang mau coba.
    trims

    Dulu waktu ternak perkutut pernah coba menggunakan babuan, cuman untuk ternak kenari belum pernah secara khusus menggunakan babuan hanya ketika ada indukan mengeram sakit dan ada kenari lain yang sedang mengeram saya coba pindah dan alhamdulillah berhasil… kalau ada yang mau sharing disini silahkan

    Wassalam

  87. 117 made parta 19 January 2011 at 3:27 am

    terima kasih ilmunya om AS..
    saya baru ternak di lokalan aja om kecil2 an, baru ada 4 kandang ternak dan 2 sudah mulai produksi, semoga bisa berhasil..
    terima kasih..

    wassalam

    Sama-sama, senang kalau tulisan saya bisa bermanfaat buat om, bukan masalah kenari lokal atau kenari impor om yang penting ada kemauan untuk mau ternak dan memperhatikan kualitas, saya rasa walaupun lokal kalau dikelola dengan baik dan patokannnya kualitas insya Allah hasilnya akan baik om…. selamat berkarya semoga ternak kenarinya bertambah maju…..

    Wassalam

  88. 118 fediyan syahputra 19 January 2011 at 1:30 am

    Hmmmmmmm mantap om ….tambah lagi ilmu kenari fediyan nih…
    emang semuanya tergantung prilaku kenari masing2 ..jd emang hrs kita amati karakter kenarinya ….
    Persis yg fediyan alami dalam permulaan ternak kenari….Namun alhamdulillah semuanya memang butuh kesabaran dan hoby yg kuat buat beternak kenari…..sekarang lagi mencoba meningkatkan materi ternaknya….Mhn doanya ya Om2 semua.
    Om tks yah walau sesibuk apapun masih sempat trs berkarya di blog yg tercinta ini.
    Maju paguyuban kenari…dan sukses sarasehan kenari Gloaster pada saatnya.
    wasalam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,504,693 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 185 other followers

%d bloggers like this: