Kopi Darat Penggemar Burung Kenari

Kalau cerita kopi darat, saya jadi teringat diawal tahun 2000-an, pada saat itu saya mulai senang dengan burung perkutut, ketertarikan terhadap burung perkutut semakin menjadi jadi setelah saya masuk menjadi members milis perkututmania. Untuk mempererat dan meningkatkan pengetahuan members milis Perkututmania tiap bulan moderator mengadakan TD (Temu Darat). Saya sebagai orang baru dan awam terhadap perkutut timbul dilemma dalam pikiran ingin datang tetapi malu karena belum mengerti burung Perkutut, datang atau tidak datang kedua pilihan ini berkecambuk dan membebani pikiran…

Karena keinginan untuk datang lebih besar maka saya mengambil keputusan apapun yang terjadi saya akan datang pada TD milis Perkututmania, berhubung saya masih awam dan takut salah dalam berdiskusi maka pada saat TD saya cari rekan yang sama-sama awam dalam bidang perkutut kalaupun ikut diskusi hanya sebagai pendengar yang baik. Karena bersifat pasif dan mencari rekan diskusi yang sama-sama awam hasilnya kurang memuaskan, pengetahuan yang saya dapat tidak bertambah secara signifikan.

Berkaca dari pengalaman dan kurang optimalnya dari TD maka Pak Nungki beserta team sebagai fasilitator Kopi Darat Penggemar Burung Kenari ingin lebih mengoptimalkan setiap pertemuan dengan kegiatan yang lebih baik dan lebih bermanfaat… Pada Kopi Darat yang akan datang yaitu tanggal 5 Februari 2011 akan diadakan kegiatan yang dimanai Saresehan Kupas Tuntas Kenari Gloster. Dalam saresehan nanti ada narasumber yang akan membahas mengenai seluk beluk burung kenari Gloster mulai dari mengenai sejarah kenari Glsoter, keunggulan dan cara perawatan kenari Gloster saja.

Setelah paparan mengenai seluk beluk burung kenari Gloster dilanjutkan ke kegiatan berikutnya yaitu sesi Latber. Penilaian pada saat latber akan dilakukan oleh rekan kita yaitu om Sony, kang Gede dan om Slam, diakhir sesi Latber akan dibahas mengenai kelebihannya sang jagoan, kalau waktunya memungkin akan diadakan tanya jawab mengenai cara merawat dan mencetak kenari lomba.

Ilmu mengenai seluk beluk burung kenari Gloster sudah dipahami, criteria gloster yang baik sudah di pahami tinggal mengimplementasikan ilmu yang didapat. Untuk mendapatkan bahan praktek tinggal nyari pada saat bursa… Mulai dari calon indukan sampai sarana perlengkapan untuk ternak insya Allah akan tersedia.

Itulah usaha yang dilakukan Pak Nungki dan team dalam memperkaya khasanah ilmu perkenarian, semua itu bukan untuk mencari keuntungan atau populeritas semata tetapi ingin sharing pengetahuan yang didapat selama menggauli hobis burung kenari terutama burung kenari Gloster. Dari hasil saresehan ini diharapkan members yang aktif maupun yang pasif bisa menyerap ilmu secara merata.

Mungkin diantara rekan-rekan ada yang bertanya kenapa mesti burung kenari Gloster yang dibahas pertama kali, ada beberapa alasannya yang Pak Nungki dan team pikirkan matang-matang. Kenari Gloster mempunyai keunggulan yang luar biasa jika kita pandai meng-explore-nya insya Allah akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, penggemarnya cukup banyak terutama untuk kalangan pelomba. Kita punya beberapa orang yang cukup menguasai seluk beluk mengenai burung kenari Gloster, beliau-beliau ini sudah mendalaminya lebih dari 5 tahun, dengan adanya narasumber dari lingkungan sendiri minimal tidak perlu mengeluarkan dana untuk mendatangkan narasumber.

Demikian ulasan saya mengenai rencana saresehan, mudah-mudahan rekan-rekan yang masih awam tidak ragu-ragu lagi untuk menghadiri Saresehan ini, tidak usah takut karena merasa masih awam, tinggal duduk manis perhatikan narasumber insya Allah pulang kerumah pusing mikirin keinginan untuk ternak burung kenari hehe….

5 Responses to “Kopi Darat Penggemar Burung Kenari”


  1. 1 Odi 6 February 2011 at 1:55 pm

    Salam kenal Om, sy di Palembang jg br mau belajar ternak kenari jg… Mohon bimbingannya ya Om dr pemilihan indukkan sampai beranak pinak…
    Om Sofyan bs minta no hpnya? Klo boleh sy pengen liat farmnya dan belajar banyak…

    Sebelumnya mohon maaf jika sy lancang…
    Salam dr Pemula

    Odi

  2. 2 ABRA TEA 27 January 2011 at 3:30 pm

    salut euyyy….

  3. 3 wisnu_widy 27 January 2011 at 1:58 pm

    kehendak hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai..pengen datang cuma SPPD tidak mencukupi..he..he..
    sekali-sekali di adain di Palembang Kang AS..biar tambah seru perkenarian di sumatra..

    SALAM

    Di Palembang hobis kenari yang saya kenal belum banyak om, hanya om Fediyan, om Handoko dan beberapa temen dikantor… kalau ngadain acara resmi seperti di kediaman Pak Nungki susah nyari pesertanya hehe…. kalau kumpul2 tidak resmi sich sudah beberapa kali…. semoga dengan berjalannya waktu hobis kenari yang saya kenal semakin banyak sehingga bisa mengadakan acara seperti dikediaman Pak Nungki….

    Wassalam

  4. 4 Hadi 27 January 2011 at 9:35 am

    Pengen ikut she om, tapi koq y jauh..

  5. 5 fediyan syahputra 26 January 2011 at 4:39 am

    hehhe mantap tuh….ayo yg seputaran jakarta dan bandung….sgr banjiri rumah Om Nungki untuk menimba ilmu gratis…….yg hasilnya dpt langsung diimplementasikan dirumah……………..
    Kalau Fediyan nantinya dapat ilmu dari Om Sofian aja nanti, pas pulang ke Palembang……..pasti asyik tuh…….Ilmu tambah ……kawan juga tambah terus silaturahmi makin panjang…..Amin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: