Tips Ternak ala om Surji

Om Surji, terimakasih sudah berkenan sharing mengenai ternak kenari, semoga dengan adanya tip-tip dari om bisa membantu rekan-rekan yang ingin beternak tetapi tidak mau repot dengan banyaknya kotak kandang ternak. BTW buat rekan-rekan yang lain mari kita berbagi pengetahuan… mungkin bagi kita sudah terbiasa tetapi bagi orang lain sungguh luar biasa…. salam berbagi…

Om Sofyan, Saya biasa dipanggil Surji,

Dulu di awal tahun 2008, ketika mencoba memulai breeding dengan modal 2 jantan 3 betina sebenarnya saya juga melakukan cara yang hampir sama. Salah satu jantan saya jodohkan bergantian dengan 2 betina di kandang yang terpisah. Kemudian terpikirkan, bagaimana jika 2 betina dan 1 jantan yang sudah pernah jodoh di satukan dalam 1 kandang besar ( 2 x 1 x 1 ). Kandang yang awalnya saya gunakan untuk membesarkan anakan, saya gunakan untuk ide saya tersebut. Awalnya berjalan lancar karena masing2 betina bertelur hampir bersamaan, walaupun saat mengambil bahan sarang mereka rebutan. Anakan yang ditetaskanpun sehat-sehat. Dari tingkah lakunya, saya amati si jantan tetap condong ( dalam hal menyuapi dan menjaga ) ke salah satu betina dan anaknya, sementara betina yang lain menyuapi dan menjaga anaknya sendirian. Permasalahannya bermula ketika 2 betina tersebut bertelur dalam waktu yang berbeda, ketika salah satu betina sudah mengeram sementara betina yang lain baru mencari sarang, maka dia akan mengobrak-abrik sarang tsb. Saya coba tambahkan lebih dari 3 tempat dgn bahan sarang agar si betina tsb bisa memilih tempat, walaupun tidak 100% berhasil tapi bisa mengurangi gangguan pada betina yang mengeram. Resiko ketika betina yang mengeram merasa terganggu dia akan sering keluar sarang mengejar, dan hasilnya dari 4-5 telur yang menetas hanya 2-3 telur … akhirnya, Kapok ! …

Matur Nuwun Surji

5 Responses to “Tips Ternak ala om Surji”


  1. 1 Ado 26 February 2011 at 10:55 am

    Salam kenal,
    Saya penggemar baru nih
    Om-om skalian,tinggal di
    daerah cibubur, punya 2 ekor
    jantan impor yg sebulan lalu
    saya beli di om Hendra pramuka,
    baru punya 1 betina AFys yg
    saya pinang minggu lalu dari istana
    Kenarinya Om Hary.
    Membaca artikel saya berniat
    Mencari betina2 yg cantik2 dan
    sexy2 dari turunan F1, warna cerah,
    kuning, orange atau putih bond.
    Mohon dong Om, farm yg bisa saya
    hubungi seperti Om yunior, Om gede
    atau menawarkan via e-mail
    ado515@yahoo.com.
    Buat Om sofyan trimakasih banyak
    telah memfasilitasi dengan begitu
    baik para penggemar2 baru ini..

  2. 2 yana 25 February 2011 at 7:38 am

    Pak Gede dari Bandung ya….
    Mohon pencerahannya nih om….
    Saya punya kenari F2 super gacor dengan ring DMI Bandung.Apakah Pak Gede mengetahui alamat peternak dengan ring DMI tersebut?
    Hatur nuhun pak…

  3. 3 wong_bedjo 22 February 2011 at 7:19 am

    Om pat,

    Pada momongan saya, belum pernah saya lihat si jantan ikut mengerami telurnya.
    Kemudian, jika akan disekat harus benar-benar diperhatikan si jantan condong ke betina yang mana. Mungkin bisa dengan melihat kebiasaan si jantan ketika dekat dengan salah satu betina, apakah akur (menyuapi) atau bertengkar.

    Saya juga sedang buat kandang lagi, rencananya di setiap bilik kandang dibatasi sekat yang bisa di lepas. Sekatnya bisa dengan lembaran triplex agar burung beda bilik tidak bisa saling lihat atau dengan jeruji yang bisa digunakan saat penjodohan.

    Sudah terbentuk sih, 2 buah kotak @ panjang 200cm, lebar/tinggi sekitar 50cm. Masing2 kotak terdiri dari 4 bilik yang bisa di lepas sekatnya.

    Seperti Om Sofyan, jeruji depannya pake kawat … hanya saja nyari yang aluminium ( agar tidak perlu di cat ) kemahalan. Mau pake jeruji sepeda bekas ternyata lebih susah nyarinya.
    Alhasil … masih terbengkalai.

    Matur Nuwun

  4. 4 pat 22 February 2011 at 5:29 am

    mngkin ide dari om surji kita modif bisa om,pas kedua betina mengeram kita ksh sekat dari kardus supaya jantanya tidak bingung milih betina yg akan d bantuin mengeram dan mngkin hsl tetasanya maksimal om! dan klo udah selasai nglolohnya sekatnya bs di buka kembali supaya kawin lg om….gmn om apa perlu kita coba,,,

  5. 5 fediyan syahputra 22 February 2011 at 2:29 am

    Nah ini pengalaman yang lain lagi dan kayaknya perlu kewaspadaan untuk menirunya……..jadi rekan2 yg lain bisa mengambil cara mana yg terbaik……… sekali lagi tks Om Surji atas tipsnya….dan buat pemilik blog Om Sofian yg berbahagia tks juga atas tempatnya…
    wasalam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


