Sebuah Pesan Aku Terima….

Pagi Pak Sofyan, dari salah satu artikel atau postingan bapak; saya lupa. Saya mendapat nomor telp. pak XXXXXXX/XXXXX sebagai penjual kenari yang intinya bisa dipercaya. Tetapi kenyataan yang saya alami adalah sebaliknya. Sepasang XXXXX yang kemarin siang saya pesan, sampai di pool travel tadi malam dengan Selamat tetapi dalam kondisi salah satu sayap agak turun dan kuku jari tengah kaki kanannya tidak ada…. Saya coba SMS beliau dari malam tadi, tapi sampai pagi inipun beliau belum jawab. Apa yang harus saya lakukan pak ?, X,X juta bagi beliau mungkin kecil, tapi bagi saya adalah jumlah yang sangat besar. Mohon saran dan bantuannya… Terima kasih

Tuing-tuingggg…. udah lama tidak buat tulisan pas buat tulisan baru malah nge-gosip hehe…. maaf akhir-akhir ini pekerjaan datang bertubi-tubi, sehingga tidak sempat membuat tulisan di blog jangankan membuat sebuah tulisan untukmenjawab pertanyaan saja belum sempat. Bagi temen-temen yang bertanya di kolom komentar mohon maaf saya belum sempat jawab sebetulnya semua pertanyaan sudah saya bahas hanya tinggal temen-temen teliti dan mau membaca artikel yang terdahulu… mohon do’anya saja mudah-mudahan tsunami pekerjaan ini dapat berakhir secepatnya hehe….

Eitttt….kok malah ngelantur hehe… Kita kembalil ke laptop, pesan itu saya terima kalau tidak salah seminggu yang lalu… Pesan itu membuat saya bingung karena percaya ngga percaya, masa sich penjual sekaliber beliau mau mengorbankan kredibilitasnya dengan cara-cara seperti diatas. Kabar terakhir kasusnya sudah terselesaikan dengan baik, hanya akibatnya si pembeli rugi materi maupun waktu… karena harus keluar biaya untuk datang ke penjual tersebut dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit..

Permasalahan utama bagi saya adalah temen-temen yang hobi kenari tidak semua berkelimpahan materi, ada beberapa orang yang berusaha memperketat pengeluarannya agar keinginan untuk mendapatkan kenari dengan ada embel-embel impor-nya dapat tercapai. Tidak sedikit diantara mereka mengorbankan kebutuhan, mengorbankan waktu keluarga hanya untuk lembur dalam rangka mencapai apa yang dicita-cita. Semua pengorbanan dan kegembiraan hilang musnah ketika apa yang dia pesan tidak sesuai dengan harapan…. Betul-betul merinding menulis kalimat ini, tidak bisa membayangkan bagaimana kesalnya temen ini.

Banyak diantara hobis yang ketika menerima kenari tidak sesuai dengan harapan hanya menggerutuk, tidak mau complain secara terbuka, mereka ini orang-orang baik tidak mau merepotkan orang. Tidak mau mengecewakan si penjual karena dengan mem blow up takut merugikan si penjual. Tetapi teman… ketahuilah dengan Anda diam korban akan semakin banyak, dengan Anda diam akan memberi kesempatan bagi penjual nakal untuk mencari korban lagi… Apakah Anda tega teman Anda mengalami nasib seperti yang Anda alami…

Akhir-akhir ini saya melihat tren Hobi burung kenari meningkat cukup signifikan, kita sebagai hobis yang lebih dulu menggeluti hobi burung kenari sudah sewajarnya untuk merawat lingkungan hobi yang kita cintai ini dengan sebaik-baiknya. Kita bimbing pemula yang baru kenal kenari dengan hal-hal yang baik, kita cegah jangan sampai pemula bertemu dengan penjual yang beritikad kurang baik. Alangkah ruginya jika pemula yang baru kenal burung kenari bertemu dengan penjual yang kurang baik, akibatnya kita semua yang rugi.

Saya tidak bisa memaksa sang penjual nakal untuk berubah menjadi baik, saya hanya mengajak rekan-rekan yang pernah merasa dikecewakan untuk berbagi disini. Mari kita kemukakan pengalaman yang mengecewakan dengan bahasa yang santun… mudah-mudahan langkah kecil yang kita lakukan ini bisa meredam korban-korban yang lainnya. Saya berharap forum ini bukan tempat menghujat tetapi tempat sharing dalam menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi… Ditunggu sharing Anda…. Atau barangkali ada masukan dari rekan-rekan bagaimana yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi,…..

79 Responses to “Sebuah Pesan Aku Terima….”


  1. 1 Ughy 20 April 2012 at 11:29 pm

    Mohon maaf ,izin gabung pada Om semua pecinta kenari.
    saya tidak mau ikut2 cmpur krna yg saya butuh saat ini adalah belajar..belajar memilih kenari, merawat kenari n mengolah kenari baik lokal maupun import..

    1 yang saya sgt sedih disini, Insya Allah tidak trjadi pada saya ataupun Pemula Pecnta Kenari laiinya .. ‘Tolong bantu kami, tolong bimbing kami, tolong permudah kami tapi kami mnta jgn pernah manffatkan ke-awam-an kami’..

    pesan saya tolong perkuat rasa cinta/peduli kami akan Kenari bukan malah buat kami down/takut akan Kenari..

    semoga Om Sofyan atau Om yg lain yg ada dlm Blog ini ..tahu apa ketakutan kami Om..

    makasih Om semuanya.. dan maaf jika terlalu berlebihan..

    Maju Terus PERKENARIAN INDONESIA !!

    Canary Sparker (Ughy)

  2. 2 Maha Endra 3 April 2011 at 10:04 am

    untuk om-om senior semuanya salam kenal…
    saya masih seorang yang benar2 pemula di dunia perkenarian,saya sangat senang melihat blog om sofyan,karena bagi saya sangat membantu dan memberikan banyak ilmu dan teman.Saran saya untuk om gede,seharusnya semua yang terjadi itu bisa menjadi pelajaran dan diusahakan perbaikannya om,baik perbaikan pelayanan dan perbaikan mutu,karena jika om masih bersikap seperti itu,justru om akan memutus/menutup sendiri jalan “RIZKI(pendapatan)” yang seharusnya om dapat,karena hobis yang lain akan menjauhi anda,selain itu juga akan memutus tali silaturahmi,bukankah seribu teman itu masih terlalu sedikit sedangkan satu “MUSUH” itu terlalu banyak???mungkin salah satu solusi yang bisa saya anjurkan adalah memberikan “GARANSI” kepada pembeli ketika melakukan transaksi,dan bagi om-om senior yang lain,jangan kita menghakimi hanya karena kita pernah dikecewakan,bukankah kita juga sering mengecewakan orang lain??berikan waktu bagi teman kita yang salah untuk memperbaiki diri,peringatkan,setelah tidak bisa baru ambil tindakan…..mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan,karena saya kurang enak lihat blog om sofyan yang seharusnya memberikan ilmu yang bermanfaat malah jadi lahan “PERTEMPURAN” para senior…
    Terima kasih….

  3. 3 Kian Sing 15 March 2011 at 8:16 pm

    saya hanya bisa menyarankan agar “masalah” ini dinyatakan selesai saja. semua yang berkepentingan secara langsung agar dapat mengambil hikmahnya. yang tidak berkepentingan secara langsung, saya mohon agar jangan memberi tanggapan lagi.

    mari kita jernihkan pikiran, anggap saja yang telah terjadi adalah pelajaran yang berharga. mari bergandengan tangan lagi, kemajuan dunia kenari tanah air masih membutuhkan persatuan dan kesatuan member-member blog ini.

    saya menulis komen ini tidak bermaksud apapun, hanya sekedar mengingatkan bahwa ada yang lebih nikmat dibanding memelihara kenari dengan cara begini….yakni persahabatan dan kekeluargaan.

    kian sing.

    Mantap…. terimakasih Pak KS sudah berkenan mendinginkan suasana, kami sepakat persaudaraan lebih utama dari hobi yang kita jalanin selama ini, saya yakin Pak KS bisa mencermati dengan lebih cermat dan mengambil tindakan dengan bijaksana…. salam persaudaraan

    Wassalam

    • 4 yunior 16 March 2011 at 2:38 am

      wah om rusdy ma om KS udah muncul nih….kalau menurut saya mah biarlah nanti wktu yg menjawab he..he

    • 5 Kian Sing 16 March 2011 at 3:05 am

      Saya tidak akan memberi komen dalam “masalah” ini karena harapan saya agar “permasalahan” ini dapat dianggap selesai. Apabila para pihak yang langsung terlibat masih ada uneg2 monggo dibicarakan dalam sebuah pertemuan saja agar tuntas dan diakhiri dengan jabat tangan pertanda persahabatan dan kekeluargaan lebih utama dibanding memelihara kenari dengan cara ini. Semoga semua pihak yang terkait langsung bisa menerima saran saya dan semoga semua pihak yang tidak terkait langsung bisa bersama2 kompak menganggap “masalah” ini selesai. Demikian harapan saya tanpa ada maksud apapun selain agar dunia kenari dapat tumbuh dengan cepat dan tenang.

    • 6 rusdy 16 March 2011 at 4:43 am

      Nyuwun pangapunten om KS,

      Njenengan sampe harus komentar. terus terang saya sama sekali tidak ada masalah dengan urusan ini. cuma kemaren kawan-kawan pada ngobrol dirumah saya dan kawan-kawan kok kurang sreg kalau nama om KS selalu disebut-sebut untuk urusan begini. Seolah-olah menjadi pembenaran dari masalah yang terjadi. makanya saya jadi ikut berkomentar……

      mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan…….

      salam

      rusdy

      Om Rusdy, mohon maaf komentarnya saya hapus 1 ada double comment …. btw kalau kredibilitas Pak KS saya sudah percaya 100 %, saya punya pengalaman kalau tidak salah setahun yang lalu beliau impor kenari dari Jerman, saya tidak tahu masalahnya kenapa kenari yang Pak KS impor sampai tertahan di Cengkareng selama beberapa hari, setelah kenarinya bisa keluar dari Bandara ada beberapa ekor lizard yang terlihat kurang sehat… akhirnya oleh Pak KS Lizard tersebut di jual dengan harga murah….Alhamdulillah saya kebagian 1 ekor dgn harga ekonomis hehe…..

      Wassalam

      • 7 Kian Sing 19 March 2011 at 4:18 am

        terima kasih untuk semua member di blog ini, khususnya kepada si empunya blog, yang telah menyemarakkan dunia kenari indonesia.

        untuk pak rusdi, no problem pak rusdi, saya menyadari semuanya dan trims pak rusdi telah ikut pula memajukan perkenarian indonesia.

        pingin rasanya bercopy darat dengan member blog ini tapi waktu koq rasanya belum cocok. semoga di lain waktu dapat bertatap muka lagi.

        kian sing

        Alhamdulillah akhirnya blog jadi adem… terimakasih Pak KS sudah berkenan membuat suasana blog nyaman kembali, ketika kita pandai mengamati dan mensyukuri setiap kejadian akan menjadi sebuah pelajaran dan membuat bijak dimasa yang akan datang….

        Wassalam

      • 8 yunior 1 April 2011 at 2:03 am

        wah itu lizard yg kita berdua kebagian tuh om he..he

  4. 9 rusdy 13 March 2011 at 9:38 am

    Perkenalkan saya rusdy om-om…… penggemar kenari rumahan…..

    Saya sebenarnya tidak ingin mengkomentari transaksi burung kenari yang sempat ruwet ini…… tetapi ketika sudah menyangkut kawan-kawan maka saya ingin juga berkomentar…..
    Gak usah menuduh blog ini macam-macam….. tanpa blog inipun berita tentang hitam putih perkenarian, semua orang juga sudah tahu…… komunitas kenari ini lebih solid dari komunitas lain dan persaudaraanya lebih kuat jadi apabila ada berita baik dan buruk akan cepat menyebar……

    Ada beberapa hal yang menggelitik dari beberapa tulisan berkaitan proses import kenari…. Tidak usah menulis seolah kita tidak tahu peta pengimport kenari di Indonesia…… jadi klaim pengimport satu dengan yang lain lebih baik itu adalah klaim primatur….. bahkan saya dengar ada penampung kenari import tertentu menjelekkan pengimport burung lain katanya sudah sortiran dan bahkan sudah menyortir dibandara kepada orang tertentu itu adalah cara berbisnis hitam dan kotor….. karena diantara mereka pun walau tidak akrab tetapi mereka saling mengenal….. dan tidak ada “black campaign” model beginian.

    Sudahlah tidak usah menambah data yang tidak akurat misal dkb menyewa tempat tertentu apalagi menjamin 99.9% kenari YS import itu sehat. Angka 99.9% itu dapat darimana??
    Saya kenal baik dengan pengimport di Indonesia…. Kecuali Kian Sing, saya dulu beberapa kali ngobrol di paburi pas dia belum mengimport sendiri sebelum saya pindah ke Jakarta. Dia tidak pelit berbagi ilmu, tidak arogan dan humoris, menurut saya dia bukan tipikal orang yang ngomong tidak memakai data akurat.
    Saya perlu konfirmasi ke dia bulan depan pas ada acara sarasehan YS di rumah om Nungki, apa benar dia klaim bahwa kenari import-nya sehat 99.9%?? saya mau tanya dapat darimana dia angka itu??

    Marilah kita saling menghormati dan menghargai sesama penggemar kenari…… jangan ada tulisan “anda ini siapa”, “saya tidak kenal anda”, “saya tidak meminta anda”. Itu merendahkan dan menyakitkan untuk dibaca……..
    Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dan mohon koreksi bila salah.

    Salam,
    rusdy

    Waduh sesepuh sudah berkenan bersusah payah menulis di blog, terimakasih om sudah berkenan menyisihkan waktu untuk mampir ke blog saya…. mudah-mudahan sharing om bisa menyadarkan kita semua sehingga menjadi bertambah guyub blog ini….

    salam sukses

    • 10 gede 14 March 2011 at 5:59 am

      Salam Om Rusdy…
      Perlu saya Luruskan Prosentase 99,9% Sehat adalah KN2 Import yg sy terima dari Om Kian Sing. Ya saya nyatakan 99,9% KN import yg saya terima dari Om Kian SIng adalah Sehat. Dan memang benar breeder DKB menyewa tempat bersama sebelum KN2 tsb di eksport ke Indonesia, hal ini saya ketahui dari Om Kian Sing Langsung dan dari salah satu dokumen pengeksportnya.

      Perlu saya kemukakan kembali bahwa saya memang tdk mengenal Orang yg sudah menyebutkan data-data ttg KN Import yg sy terima dari Om Kian Sing dan datanya Tidak Akurat, baik Jumlah burung ataupun Nominal uangnya. Sangat wajar jika saya bertanya siapa, krn saya memang tdk mengenalnya.

      Demikian Om

      Salam

      • 11 rusdy 15 March 2011 at 9:27 am

        Om Gede,

        saya tidak berkepentingan dengan urusan ini sebenarnya….. cuma menurut saya agak berlebihan jika ada klaim kalo kenari dari Kian Sing 99.9% sehat….. karena kita juga tahu bagaimana burung ini proses masuknya. Lagian knapa 99.9% knapa tidak 99.3% atau 99.8%?? Angka ini absurd tidak ada parameter jelasnya…….. faham maksud saya om??….Kita sangat menghormati om Gede mungkin sangat jago banget dan sangat berpengalaman dalam memilih YS mungkin sudah puluhan tahun. Sampe-sampe ada angka yang nyaris sempurna tanpa cacat 99.9%…… Tulisan itu yang menyiratkan kesombongan…… no offence ini hanya masukan karena banyak yang kontak ke ane komentar dan bertanya macam2….. apa ada orang sehebat itu….. kita pikir mbah Tony Ruiz saja tidak akan berani segarang itu menulis…… Kita mengerti posisi om Gede yang harus menjual, tapi om gede juga harus memahami perlunya saling menghormati sesama penghoby dan peternak kenari…..

        Kita hanya menjaga kebersamaan dalam komunitas ini om…. saling menghormati dan saling membantu sesama penghobby dan peternak kenari supaya tetap adem ayem. Tidak ada yang sempurna di dunia ini……

        Mohon maaf jika kurang berkenan, mohon koreksi bila salah…..

        salam

        rusdy

        om Rusdi ….. kalau saya perhatikan kejadian yang terjadi selama ini jadi teringat waktu saya kecil ketika belajar silat, kemana-mana petantang-petenteng semua orang diajak berantem memang orang dikampung semuanya tidak mau melayani-nya, setelah mengerti jadinya malu sendiri karena katanya biasalah orang yang baru belajar ingin diakui eksistensi dirinya, nanti setelah menguasai akan semakin bijak dan akan merasa dirinya tidak bisa apa2. BTW bagi rekan-rekan yang sering ikut lomba pasti sudah tahu bagaimana sepak terjang om Rusdi, beberapa ekor kenarinya malang melintang di arena lomba baik di Jabotabek maupun jawa tengah, demikian mudah-mudahan informasi ini berguna bagi rekan-rekan pemula karena banyak orang senior yang terlalu bijak sehingga tidak mau memperlihatkan kemampuan dan kelebihan dirinya….

        Salam persahabatan

  5. 12 IJO SRG 10 March 2011 at 3:04 pm

    wah betul..betul rame…tapi sudah mulai dingin kayaknya komen2nya dah enak di baca….malah dapat pengetahuan baru juga (perjalanan KN dr jerman ke negara tercinta) he…he…
    tapi jadi bingung dengan bahasa sundanya….maklum om orang jawa….
    Untuk menjadi lebih baik…. mungkin ini salah satu proses yang harus dilalui komunitas kenari Indonesia
    yang pemula kayak saya jadi lebih paham yang telah sdh senior jadi lebih lagi….
    semoga sukses untuk kita semua om..om…penggemar kenari Indonesia….

  6. 13 rusman 9 March 2011 at 8:22 am

    Kang Gede ada koreksian lagi nih…hehehe….
    1. Kenari2 yg akan dikirim ke Indo merupakan kenari2 yg berasal dari beberapa peternak di Jerman,contohnya YS diambil dari peternakan si Asep di Cikajang Garut,Perisian frill diambil dari peternakan si Ujang di kebon cau Kuningan,WS diambil dari peternakan si Yana di cimuncang Tasik.Tentu saja si Asep,Ujang dan Yana mepacking kenari2nya di peternakannya masing2(bukan di bandara).Setelah dipacking lalu diantarlah ke bandara dengan waktu tempuh yg beragam untuk dikumpulkan dengan kenari2 dari peternakan daerah yg lain. Maka dari itu sy mengestimasi waktu pengiriman kenari impar adalah +-3 hari.SETUJU????hehehe….
    2. Tentu saja kang pada dokumen eksport/import ada peraturan wajib sehat/bebas dr penyakit namun masalahnya aturan tsb bisa dijalankan dgn baik atau tidaknya tergantung petugas.Petugas tidak mungkin mensortir satu per satu kenari yg sakit.Ambil contoh peraturan di Indo yg mewajibkan hewan yg masuk ke indo wajib dikarantina terlebih dulu +- 1 bulan,nyatanya kenari Om KS bisa langsung dikirim ke Bdg tanpa proses karantina khan…hehehe…
    3. Sukur atuh kang bila kenari dr Om KS sehat 99,99%.Namun namanya mahluk hidup tdk tau sampai dimana umurnya.Bisa saja kenari impor tsb serentak mati setibanya di kediaman akang terkena serangan jantung karena tidak terbiasa melihat orang2 di Indo yang berkulit gelap yg berusaha menangkap dirinya.hehehehe……Apa Om KS mau tanggung jawab?
    4. Sumuhun kang upami abdi uwih ka lembur abdi di Sukajadi, abdi bade ameng ka bumina kang Gede.Siapkeun we kang bakona sareng kopi paitna.Ke abdi mawa bala2 sareng goreng cau nyieunan si Iteung pamajikan abdi nu geulis.Aramis teh cau meunang ngala ti kebon teh….
    Mangga kang dilanjut….
    Hatur nuhun

    • 14 gede 9 March 2011 at 10:51 am

      Punten ka Kang Sofyan, abdi ngiring ngawangkong sareng kang rusman di Blog…
      1. Kenari dari Peternak dikumpulkan pada satu tempat (Peternak DKB Sewa Bersama) 1 Minggu sebelum Jadwal berangkat. Jadi tdk perlu nunggu yg dari tasik atau garut dll… Semua On Schedule. Clear ya Kang !
      2. Karantina Menggunakan Metoda Random Sampling terhadap “hewan peliharaan”, Proses Clearance Bandara / Karantina sktr 2 Jam, Jadi tidak ada pelanggaran aturan. Clear ya Kang !
      3. Takdir sudah ada yg ngatur, Om Kian Sing bukan Tuhan Kang walaupun ada yg menyebut beliau sebagai “Dewa di dunia Kenari” Hehehe… Dewa tanpa angka Sembilan Belas dibelakangnya ya kang😀
      4. Ibu Rusman mangga dihaturanan Linggih Oge, aya Gloster, sareng sababaraha rupi Kenari Frill, aya Japan Hoso, Norwich dll Xixixi Biasana mah ibu2 resep kanu lalucu kang😀

      Mangga Kang dihaturanan Linggih

      Wassalam

  7. 15 Uphay 9 March 2011 at 6:02 am

    @ Om Sofyan…. Mantap Om…. ini comment terbanyak sepanjang minggu, bulan mungkin tahun…. hampir tembus di 60 comment, kalo di rating kayak TV, udah banyak yang pasang iklan nih…. hehehe, salut ajah buat semua yg sudah sharing dengan kepala dingin .. buat yang panas apalagi menjelek2an tanpa fakta… No thanks…. hehehe…. Salam kompor….upss,.. salam Kenari mania…

    Om Uphay, masih banyak artikel yang comment-nya lebih banyak tetapi untuk bulan ini memang termasuk yang paling aktif, pengunjungnya juga meningkat cukup bagus perhari bisa mencapai 1300 pengunjung & alhamdulillah pengunjung blog ini termasuk gacor-gacor hehe…. Sebetulnya kalau pandai mengelola komplen akan sangat bermanfaat hanya sayang malah banyak yang antipati… mari kita belajar dari kesalahan….

    Wassalam

  8. 16 rusman 9 March 2011 at 4:36 am

    Om Gede saya minta maaf bila informasi yg saya beritakan ada kekeliruan, tapi kurang lebihnya seperti itu khan…hehehe….
    Perkenalkan om, saya Rusman dr Bdg, saat ini sy bertugas di Cianjur dan setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu sy pulang ke Bdg.
    Sy ke tempat om waktu subuh2 itu bersama kawan saya salah seorang peternak blacksthroat yang cukup disegani di Bdg tepatnya di daerah Moch Toha (kenal juga khan om…).Saat itu banyak juga kawan2 yg menunggu kedatangan kenari import seperti sy ini di tempat om sambil ngobrol2 bertukar pikiran.Semua hal tsb kita lakukan demi mendapatkan YS yg sudah kita ketahui kedatangannya sangat terbatas (takutnya ga kebagian om…)
    Jadi begitu loh….

  9. 17 rusman 9 March 2011 at 4:18 am

    Om Gede sy minta maaf bila info yg sy beritakan ada kekeliruan tapi kurang lebihnya seperti itu khan….hehehe….
    Perkenalkan om,sy Rusman dr Bdg saat ini sy bertugas di Cianjur,setiap akhir pekan sabtu dan minggu sy pulang ke Bandung.Waktu itu sy ke tempat om tengah malam sampai subuh bersama kawan sy salah satu peternak blacksthroat yg cukup terkenal di Moch Toha Bdg.(Om kenal juga khan).Di rumah om pun banyak kawan2 yg menunggu kedatangan kenari import sampai subuh seperti sy ini karena keterbatasan YS yg datang sehingga takut tidak kebagian bila esok harinya baru datang.
    Menurut penuturan Om Gede diatas mengenai burung import yg datang 99,99% sehat menurut sy (yg awam)sedikit keliru.Menurut logika tdk mungkin sehat 99,99%,hal tsb dpt disebabkan oleh beberapa faktor diamtaranya:
    1. YS merupakan burung yg sangat sensitif (sangat jauh berbeda dgn kenari kecil)
    Perubahan iklim yg ekstrim dr eropa ke Indonesia sangat mempengaruhi stamina YS apalagi YS disimpan dalam box yg sempit walau dlm 1 box hanya berisi max 25 ekor selama +-3 hari dlm perjalanan dgn persediaan makanan dan minuman yg terbatas atau sudah tercampur dgn kotoran kenari.SANGAT RENTAN BUKAN???
    2. Om Kian Sing tidak memilih secara langsung kenari2 yg akn dikirim ke Indo(beliau mempercayakan hal tsb kpd tangan kanannya di sana).Hal tsb membuka peluang peternak nakal yg menyelipkan kenari sakit diantara kenari yg sehat baik disengaja maupun tidak disengaja.Bagaimana mungkin Om KS dpt menjamin 99,99% sampai ke Indo dlm keadaan sehat???Namanya juga mahluk hidup…..hehehe….
    Menurut Om Gede tidak ada “PAKET WAJIB” yg harus diambil.Pertanyaan sy apakah Om KS bersedia bila burung yg Om Gede ambil hanya YS nya saja toooo….sedangkan kenari kecil tdk diambil? Kalo boleh,cepet kaya dong Om Gede ini hehehehe…..(Punten ah kang….)
    Pertanyaan terakhir om,Apakah om tidak pernah mengalami kenari mati saat kenari yg begitu banyaknya baru saja tiba di tempat om?Klo belum pernah mengalaminya berarti om HEBAT DONG hehehe….(Punten ah kang sakali ieu deui).Harus di share kan ilmunya di blok tercinta ini karena sy percaya banyak sekali rekan2 di blok ini yg pernah mengalami YS nya mati saat baru saja membeli bahkan minggu kemarin sy baru saja kehilangan YS yg baru saja sy beli dipagi hari dr Om Y*** di wangsareja dalam keadaan sehat namun keesok harinya YS tsb langsung tumbang.
    Hatur nuhun kang,punten we nya upami abdi seeur tatanya sareng sok nyaho bae ditambah loba hereuy….
    Mangga dilanjut kang…
    Wasalam….

    • 18 gede 9 March 2011 at 6:33 am

      Kang Rusman, Mohon maaf sy tdk kenal dgn peternak BT yg Om sebutkan diatas, tetapi memang sy pernah dengar ada peternak BT di daerah tsb. Setau sy banyak sekali peternak burung di Bandung. Apa yg sy ungkapkan pada komen sebelumnya adalah apa adanya, terlepas dari pendapat Kang Rusman rasanya sy yg lbh tau krn dlm hal ini memang sy sendiri yg handle dan bukan “kata tmn atau katanya”.
      ada bbrp koreksi dari sy:
      1. Pengiriman dari Jerman ke Jakarta waktu tempuh sktr 22Jam
      2. Pada dokumen Eksport / Import ada persyaratan / peraturan “Wajib Sehat / Bebas dari penyakit”.

      Alhamdulillah KN Import dari Om Kian Sing pada kenyataanya memang 99,99% Sehat !

      Menurut sy setiap Jenis Kenari adalah Unik ! Sy tdk terfokus hanya pada Jenis YS, krn ya itu kang Setiap Jenis KN adalah Unik.

      Mangga kang supados langkung akrab mah amengan atuh ka bumi.
      Urang ngawangkong bari ngadu bako hehehe… kaleresan aya cocoan enggal ti Om Kian Sing… Mudah2an pareng…

      Haturnuhun

  10. 19 candra 8 March 2011 at 3:18 pm

    om saya ,minta alamat penangkar di medan ato sumatera utara, ada ga yaa ni HP saya : 081387590998.. sukses selalu… trims

  11. 20 yuyun 7 March 2011 at 2:45 pm

    kalo lihat kejadian spt itu, sepertinya dlm dunia usaha memang srg kali terjadi, sudah bkn hal yang aneh, saya pun srg mengalaminya. cuma pengalaman saya sampai sejauh ini dpt diselesaikan dgn baik. alhamdulillah kejadian ini akhirnya selesai jg. sampai2 saya ga berani nanya2 kemarin takut para senior lg ga mood ngomentari

  12. 21 tanto 7 March 2011 at 12:58 pm

    ^orang kecil akan menjadi besar krn melakukan hal2 yg besar dari yg kecil2..orang besar akan mudah jatuh krn tdk memperhatikan hal2 kecil^tks buat om AS yg telah mengispirasikan sy masuk ke dunia perkenarian..mudah2an permasalahan yg ada tidak menyurutkan para pemula yg mulai byk & tumbuh krn terinspirasi dari blok ini yg butuh bimbingan saran dan arahan spt sy yg secara tdk langsung pula byk menumbuhkan keuntungan dari seller kn,pakan,sangkar,dll..tetap semangat pm AS…maju dunia perkenarian Indonesia..salam.

  13. 22 rusman 7 March 2011 at 11:00 am

    Hehehe….Om Sofian, semua penjelasan tersebut diatas hanyalah pendapat pribadi saya sendiri.Walaupun saya sama2 orang Bandung namun sekedar untuk bersilahturahmi dengan Om Gede pun sulitnya minta ampun.Saya pernah sms kepada beliau menanyakan jenis2 kenari yang masuk namun belum satupun sms dari saya dijawab oleh Om Gede, barangkali masih sibuk mensortir burung yang sakit hehehehe….
    Pernah pula saya nekad menunggu kedatangan kenari impor yang akan tiba di kediaman beliau dari pukul 12 malam hingga pukul 4 subuh namun saat kenari impor itu tiba langsung dimasukkan ke dalam rumah dan dikunci.Untuk sekedar mengintip dari jendela saja langsung ditutup dengan menggunakan gorden.
    Semua informasi yang sy kemukakan diatas mengenai jumlah harga dan quantity saya peroleh dari kawan2 dekat saya yang menurut saya bisa dipercaya,namun untuk lebih jelasnya biarlah Om Gede sendiri yang menjelaskan dan mengklarifikasi semua itu.Mangga kang diantosan……

    • 23 gede 8 March 2011 at 9:14 am

      Om Rusman ini siapa ya ? maaf sy tdk/blm kenal dan info yg Om Rusman ungkapkan ttg Jumlah burung jg keliru !
      Alhamdulillah, sy tdk direpotkan oleh burung2 yg sakit krn sy mendapatkan dukungan penuh dari Om Kian Sing. Burung yg datang 99,99% SEHAT ! dan tidak ada istilah “paket wajib” diambil dari Om Kian Sing. Hanya ada Pesan dari Om Kian Sing, Penjualan di “Utamakan Bagi Hobies yg mau Ternak”

      Perlu rekan2 ketahui, Packing KN Import dari Om Kian Sing sudah diperhitungkan dgn baik. Untuk KN besar isi 1 Box Maksimal 25ekor, Jenis KN kecil 1 Box isi maksimal 40ekor, Sehingga KN sampai ke Indonesia dlm keadaan SEHAT… walaupun memang ada bbrp ekor yg agak lemas krn menempuh perjalanan jauh. Hal tsb tidak menjadi masalah, krn bisa fit kembali.

      Om Rusman utk apa sampai malam2 menunggu kedatangan KN import ? kan setiap siang hari tempat sy terbuka utk dikunjungi !
      Kang Rusman silahkan datang dan lihat langsung, tenang we kang kopi mah aya hehehe…

      Kirang langkungna neda pangapunten

      Mangga dilanjut Kang…

    • 24 yunior 16 March 2011 at 2:43 am

      kyknya saya tau kang rusman nih he..he

  14. 25 rusman 6 March 2011 at 1:39 pm

    Wih,wih,wih….ternyata Om Gede merasa teu boga balad yeuh….Para om2 sekalian perlu om2 ketahui bahwa Om Gede selaku “agen tunggal” dari Om Kian Sing (ditangani oleh Om Jeje) memikul tugas yang teramat berat dimana Om Gede diharuskan memasarkan kenari2 yg didatangkan dari jerman tersebut.Untuk kedatangan bulan Feb ini saja YS yang berjumlah +-27 ekor diwajibkan mengambil kenari kecil yang berjumlah +- 600 ekor(paket) dengan nilai uang sekitar 620jt ditambah bonus resiko kenari sakit,cacat bahkan mati dalam perjalanan.Tugas yang teramat berat bukan???Jadi rasanya wajar bila Om gede puyeng 7 keliling mensortir kenari sejumlah tersebut yang berakibat “terkirimnya” kenari sakit maupun cacat ke para konsumen.Harap maklum juga bila Om Gede jadi sewot dengan komentar2 yg sedikit menggelitik namun diresponi dengan kata2 yg pedas.Maklum Om Gede sedang dalam “tekanan”.Sy yakin kedepannya dimana saat suhu mulai merendah diikuti pula oleh Om Gede yang berubah menjadi Om Gede yang seperti dulu lagi(sopan,ramah,positif thingking,mau berbagi dan yang terpenting mau introspeksi diri dan saling memaafkan)
    SALAM PERSAUDARAAN
    MAJU PERKENARIAN INDONESIA
    DO THE BEST FOR EVERYONE RIGHT???

    • 26 Afiudin_Lampung 7 March 2011 at 6:01 am

      Ouww….. Begitu cerita sebenarnya. Ya okelah kalo begitu. Setuju sama Om Rusman di atas, Maju Perkenarian Indonesia.:)

    • 27 ahmad sofyan 7 March 2011 at 6:47 am

      Terimakasih informasinya om Rusman, mudah2an suatu hari nanti saya tidak dapat tugas tambahan untuk hapusin komentar-komentar yang kurang berkenan hehe…

      Wassalam

    • 28 yunior 8 March 2011 at 1:31 am

      wah hebat berarti wawan gondang dah tergeser dong he..he

      • 29 ACil 30 March 2011 at 6:06 pm

        ada rame apa ya? ketinggalan berita nih….
        Salam kenal P Kian Sing…. (dr Group surabaya – eddy perkutut)

  15. 30 gede 6 March 2011 at 8:23 am

    Sebelum tulisan di Blog ini muncul, transaksi antara saya dan Om Ian / Kenari Propelat sudah selesai dan tdk menjadi “masalah”. Hal ini menjadi masalah setelah menjadi tulisan di Blog ini. Dari keluhan2 yg tertuju pada sy dan sampainya ke Om Sofyan (hehehe gak nyambung ya), tidak satupun yg Om Sofyan klarifikasikan ke sy. Semoga ke depannya Kang AS menjadi lebih cermat, lakukan klarifikasi sblm mengambil kesimpulan…

    Trims

    Kang saya pernah konfirmasi ke akang pada saat ada kekisruhan antara akang dengan Trisakti, saya pernah SMS ke HP akang tetapi sampai saat ini saya belum dapat jawaban dan kejelasan. Saya tidak bermaksud ingin mencampuri urusan akang hanya ada beberapa teman yang menanyakan kejadian tersebut dari pada saya salah menyampaikan saya lebih baik konfirmasi ke akang. Berhubung tidak ada jawaban dari akang akhirnya semua pertanyaan mengenai kejadian tersebut tidak saya tanggapi karena takutnya bukan menyelesaikan masalah tetapi malah menjadi masalah… saya rasa permasalahannya sudah selesai, mari kita jalin persahabatan… kalau berdebat terus akan menambah terbukanya aib sendiri….

    Wassalam

  16. 31 ahmad sofyan 6 March 2011 at 4:21 am

    Saya rasa permasalahannya sudah selesai jadi tidak usah diperpanjang lagi… yang sudah terjadi biarlah untuk bahan pelajaran kita dimasa yang akan datang… dunia hobis kenari terbatas orangnya hanya itu-itu saja…. kalau yang terbatas ini berantem terus kapan mau nambahn hobis lagi hehe…. mari kita rawat hobi yang kita jalani ini agar bisa menambah pendatang baru…

    salam persahabatan…

  17. 32 Toni 5 March 2011 at 5:17 pm

    Menurut saya berdasarkan post comment diatas, sellernya dah bertanggung jawab, buyernya juga sdh bilang permasalahannya selesai, seharusnya tdk jd seperti ini,.
    Resiko jual-beli on-line memang seperti itu,..ga selalu buyer yg dirugikan tapi seller juga bisa rugi,..kl anda sebagai buyer tdk mau kecewa sebaiknya membeli sesuatu dgn cara melihat langsung,..untuk yg tdk tahu secara jelas duduk perkaranya jgn langsung menjudge dgn comment2 yg memperkeruh suasana,
    Sy jg sangat mendukung untuk membuat daftar2 black list seller kl perlu disertakan foto si seller…

  18. 33 WongBedjo 4 March 2011 at 11:19 am

    Pagi-pagi sepulang kerja lihat ibu sama istri nangis.
    Ternyata … 6 ekor kenari ( 2 jantan 3 betina plus 1 anakan ) raib di tilep maling. Habis sudah pesugihan …😦
    Mereka nangis bukan karena kenarinya hilang, tapi kasihan sama saya udah susah-susah bikin kandhang di rumah baru, buat persiapan nambah momongan … malah hilang duluan.

    Mau refreshing sebentar di blog ini eee kok lagi pada ribut.
    Pulang dulu dah … ademin dulu pikiran baru nge-net lagi.

    Minggu depan saatnya berburu maling … eh kenari lagi!

    Salam

    Om turut prihatin semoga bisa mendapatkan penggantinya yang lebih baik… amin, kalau tidak ada yang begini blog kurang ramai om hehe… beda pendapat saya rasa tidak dilarang yang penting bisa mengelola perbedaan pendapat ini menjadi hal yang positif…. kita bisa belajar dari kesalahan yang kita alami

    wassalam

  19. 36 Hardian Reno 4 March 2011 at 3:42 am

    Dear om-om KN mania….Setelah beberapa hari ini sya mengikuti ” “Konflik” di dunia Kenari lewat Blog ini dan FB Kenari Indonesia sekilas sya melihat dari Comment yang ada, sepertinya ada 2 pendukung yang berbeda ( mohon maaf jika sya salah kira ) dimana ke 2 nya saling membela atas dasar kedekatan.sya baru 2 tahun jadi hobiis kenari tapi sya belum pernah mendapatkan informasi yang “benar” tentang perawatan & ternak kenari, tapi setelah sya mengikuti blog ini lewat artikel-artikelnya om Sofyan dan sharenya dari senior kenari lainnya mulai dari awal, sya baru mengerti bagaimana cara merawat kenari yang baik dan benar skrg hasilnya alhamdullilah…sya bisa merawat kenari dengan baik dan benar, karena dulu sebelum sya tau blog ini setiap kenari saya sakit, macet bunyi, mabung sya langsung jual/dihibahkan karena kurangnya informasi perawatan kenari. Selain itu juga informasi tentang kenari sya dapatkan dari FB Kenari indonesia dimana bnyk informasi yg sya daptkan dari senior / pakar kenari yg mau share di FB tsb. Sangat disayangkan jika “konflik” tidak cepat berakhir dengan baik, karena Om Sofyan dan Om Gede adalah sebagian senior/pakar yg mengerti tentang dunia Kenari dan mampu memberikan solusi kepada KN mania…sya harap persahabatan keduanya tidak berakhir karena ini..kedewasaan hati, kerendahan hati dan ikhlas yg mampu menyelesaikan masalah kita..sya mohon maaf jika ada kata-kata yg kurang berkenan..wassalam

    • 37 yunior 4 March 2011 at 8:49 am

      maaf om reno kalau saya mah tidak membela salah satu pihak karena atas dasar kedekatan tapi berusaha mengungkap keadaan yg sebenarnya, saya cuma berharap bahwa temen2 dapat belajar dan mengambil hikmah dari kejadian ini saya tau 100 persen om sofyan begitu juga saya tau om gede semoga hal ini gak terulang lagi..

  20. 38 yunior 4 March 2011 at 3:21 am

    wah ada apa nih rame2????….saya koment dikit bukan untuk memojokkan seseorang…saya selalu berharap kalau kita melakukan transaksi pakelah hati nurani lihat efeknya ke depan kan kasihan orang yg beli apalagi yg gajinya pas2an di bela2in anak istrinya gk makan hanya untuk beli burung, dan kalau kita memang tidak sengaja melakukan kesalahan cepat2 perbaiki selesaikan dgn cara yg baik setiap orang pasti punya kesalahan tapi gimana cara kita mau memperbaiki kesalahan itu menurut saya hal yg lebih penting…

    kalau mau jujur saya sering dapet keluhan dari temen2 dari yg minta YS dikirim benner, beli jantan dapet betina gk mau di pulangin, burung yg di kirim rusak alias gk sehat, duit masuk burung gk ada..

    sejujurnya saya prihatin sekarang trendnya banyak orang yg memanfaatkan peluang, banyak yg sudah kehilangan hati nuraninya..

  21. 41 Afiudin_Lampung 3 March 2011 at 2:17 pm

    Yahhh… Jadi tahu deh siapa yang lebih arif dan dewasa menyelesaikan masalah. Cuma mengingatkan Instropeksi OM GEDE, kayaknya ente terus yang ribut di dunia maya. Dengan Om Acil SBY, Om Arif Trisakti BF dan sekarang dengan Om Sofyan. Gaya bahasa ente mungkin yang harus diperbaiki, terus terang saya kecewa dengan kata2 ente. Secara tidak langsung saya belajar ternak kenari dari blog ini dan tidak pernah om sofyan minta2, malah beliau menjawab sms kendala dari saya. Jadi saya rasa sangat wajar kalau ada yang tidak suka dengan ente karena gaya bahasa ente. Semoga saja hanya gaya bahasanya saja demikian sedangkan sifatnya tidak. Sorry saya berkata demikian, lebih baik jujur daripada tidak. Ok?

    • 42 gede 4 March 2011 at 9:04 am

      Apakah Om Afiudin tau isi PM antara saya dengan Om Sofyan, dengan Trisakti BF (Saya tdk pernah berhubungan dgn Om Arif, tetapi dgn Pemilik langsung dari Trisakti BF), dan dgn Om Acil surabaya sehingga bisa berpendapat spt itu ?
      Mari kita bahas bersama agar duduk perkaranya Jelas.

      Trims

      Salam

      • 43 Afiudin_Lampung 4 March 2011 at 2:17 pm

        Silahkan dibahas, sebaiknya diluar blog biar permasalahannya mengerucut. Sebagai orang awam yang kurang bersosialisasi saya hanya berpendapat berdasarkan feeling. Kenapa selalu ribut??? Apakah ada yang salah??? Yang jelas setiap permasalahan tidak akan selesai dengan baik kalau salah satunya tidak mengalah (lebih tepatnya instropeksi) dan menggunakan kata-kata yang BIJAK. Apa salahnya meminta maaf duluan (walaupun menurut anda tidak salah) tetapi belum tentu menurut orang lain benar. Apalagi setiap berkata-kata anda sering menggunakan Asma Allah SWT, Ente seorang muslim kan? Apa hukumnya jika sesama muslim tidak saling memaafkan (selama 3 hari)? Maaf kalau terkesan menggurui, tetapi pakailah hati nurani dalam melakukan tindakan apapun biar yang lain tidak merasa tersinggung.

        Trims,
        Salam.

      • 44 ACil 30 March 2011 at 6:11 pm

        Nama saya di catut lagi?
        Semua kawan sudah tahu yang sesungguhnya ? seneng banget nih ….rasa-nya plonggg….

      • 45 ACil 30 March 2011 at 6:47 pm

        mengutip:
        Apakah Om Afiudin tau isi PM antara saya dengan Om Sofyan, dengan Trisakti BF , dan dgn Om Acil surabaya sehingga bisa berpendapat spt itu ?

        @Afiudin: masalah Dia(G…) dengan saya(Acil)?
        P Afiudin udah tahu belum? kalau belum=syaa sedia memberitahukan bapak, semua data sudah saya backup penuh ……
        Tinggal kata”maaf”yang belum saya terima sampai detik ini…

  22. 46 Ado 2 March 2011 at 7:27 am

    Masalahnya misscommunication tohhh.. Jadi pengen dapet hadiah F1ys nihh.. (Hua ha ha.. Ngawur..) HIDUP KENARI MANIA.!! Salut buat om sofyan dan om2 semua..!!

  23. 47 ABRA TEA 2 March 2011 at 6:50 am

    moal komen ah…sieun “LAUK BURUK MILU MIJAH….”

  24. 48 toheng 2 March 2011 at 5:10 am

    Kok mirip sama kisah saya ya? tapi saya “gak cukup berani” meributkannya, malu karena transaksi yang saya lakukan masih dibilang terlalu kecil bagi sebagian orang (bagi saya lumayan besar, maklum PNS). waktu barang datang satu tewas saya masih anggap wajar karena perjalanan, namun hari2 berikutnya mulai nampak, dari yang snot, dan kakinya korengan dll..kecewa lah akhirnya jika ada kawan saya tanya saya secara jujur bilang, sebaiknya transaksi langsung temui orang dan burungnya…

    • 49 Uphay 2 March 2011 at 8:27 am

      Buka aja Om… Masa Peternak satu2 nya di Lampung ini ga mau share tentang kisah kasusnya…? hehehehhehe ( Kompor Mode On,,,,)…

    • 50 gede 3 March 2011 at 1:03 pm

      Ikut prihatin dgn apa yg Om Toheng alami pada kejadian diatas… KN Import yg baru datang ke Indonesia, menurut sy memerlukan treatment khusus supaya bisa lancar beradaptasi… untuk detailnya Om Toheng bisa joint Group Kenari Indonesia di Facebook, sy skrng mau sharing di blog ini jd ragu-ragu krn suka ada yg nyindir, dianggap sok tau, ilmu copy paste dan tanggapan2 negatif lainnya…

      Harap Maklum

      Trims

    • 51 yunior 4 March 2011 at 3:23 am

      wah bukan YS dari sayakan tuh om???

  25. 52 yana 2 March 2011 at 4:37 am

    Wih….jadi rame lagi nich!!!
    Saya sangat SALUT dengan seluruh pendapat om Sofian dalam menanggapi seluruh komentar maupun pertanyaan yang ditujukan kepada om selaku pengelola blok tercinta ini.Singkat, padat, berisi, namun dalam bahasa yang santun tapi tidak mengurangi bobot maupun porsinya.BRAVO!!!!

  26. 53 Uphay 2 March 2011 at 3:42 am

    Wuihhh…. mantaaab buat Om Gede.. Om Ian dan Propelat Kenari…. saya yang pemula jadi faham dan clear duduk persoalannya , mungkin ini yang harus tetap ditampilkan,karena “mungkin” banyak kasus yang keburu menyebar dan bias sehingga merugikan buyer. Ada complaint.. ada klarifikasi…. masalah selesai, semua senang.. Thanks jg buat Om Sofyan yang menurut saya baik menjadi mediasi dan memberikan Sarana lewat blog ini, (kayaknya musti buka kolom tersendiri nih om buat testimonial & klarifikasi… hehehhe..).. Ayooo.. ditunggu kisah kasih.. eh salah… kisah kasus dll berikutnya… (kompor Mode on)… PISS..

  27. 54 abangrere 2 March 2011 at 2:41 am

    wuiiih………….cape juga baca tulisan ente2 semua………..wuih..wuih…keringatan neh badan……………
    kseimpulan terakhir saya baca…………kasus udah selesai…

    • 55 Afiudin_Lampung 2 March 2011 at 6:20 am

      Ya kasus yang di atas sudah selesai. Terus ngapain ente capek2 baca??? Sampe keringetan pulak…. Sambil nguli ya bacanya???

      • 56 ABRA TEA 2 March 2011 at 6:45 am

        woakwoakwoakwoak……

      • 57 abangrere 4 March 2011 at 6:10 am

        Bukan Nguli Boss tapi sambil nguli ahin …mahasiswa ane..gitu…

      • 58 yunior 4 March 2011 at 8:52 am

        wah abang rere dari jaman galeri kenari ente tetep hadir euy..gimana kabarnya bandung???

      • 59 gede 4 March 2011 at 9:23 am

        Nick Name “Abang Rere” adalah seorang dosen di salah satu kampus di Bandung, tentunya Kang Abang Rere sudah Faham, keterbatasan dari Komunikasi dgn “Mode Text” sehingga bisa tetap tenang menanggapi komentar dari yg lain… Semoga Sukses selalu Pak Dosen… Amin

      • 60 Afiudin_Lampung 4 March 2011 at 2:28 pm

        Baguslah kalau memang seorang dosen, semoga “kata-katanya” bisa dimengerti Mahasiswanya. Jangan seperti saya hanya Buruh, tetapi pernah memberi kuliah Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang umurnya lebih dari saya di kuliah ekstensi. Berhenti karena merasa belum bisa memperbaiki diri sendiri.:)

        Trims.

  28. 61 Mas Wawan 2 March 2011 at 2:40 am

    akhirnya….kita harus menyadari, semua yang terjadi selalu ada hikmahnya, baik seller maupun buyer setidaknya harus selalu berhati-hati, saling menjaga dan menghormati kesepakatan…., karena pada akhirnya akan menyangkut pada rasa kepuasan sebagai pemberi dan penerima…… Mudah2an kasus2 seperti ini tidak terulang dan perkembangan kenari akan semakin baik, karena kita juga tau tanpa Om-Om senior ini mungkin orang2 seperti saya tidak akan mengerti dan memahami bagaimana mendapatkan kenari yang bagus dan dapat dinikmati……. Salam dari Nanggroe

  29. 62 reeant 1 March 2011 at 4:09 pm

    setujuh ama om baran,harus hati2.
    ama om afiudin juga,itu tujuan saya bergabung disini om..
    walopun saya masih pemula abissssssss

  30. 63 propelat canary 1 March 2011 at 4:04 pm

    Wah kok jadi rame ya?
    Sebelumnya saya minta maaf kalo ada kata2 & tindakan yang salah terutama kepada seller

    Saya konfirmasi ya…
    Sebenernya Burung yg dibeli dari bandung adalah hadiah dari om saya, tiba2 om saya ngasih kejutan dan menyuruh saya untuk ngambil kiriman hadiah yang ia pesan dari bandung.
    Proses packing & pengiriman bagus.
    Setiba di rumah keadaan burung langsung saya cek awal melihatnya sih kaget dgn kondisi tersebut…
    Karna prihatin dgn kondisinya, saya langsung menghubungi om saya untuk ngasih kabar kondisi burung tersebut.

    Dalam hati saya: ” Ya sudahlah tidak papa keadaan burungnya begini namanya juga hadiah ya sudah diterima saja..”

    Lalu si om pun menghubungi seller untuk menanyakan kenapa kondisi brgnya…??
    Dan ternyata ini pun bukan sepenuhnya kesalahan seller, karna pas burung tersebut di pesan & di kirim seller sedang tidak ada di tempat / lagi diluar kota, dan yang melakukan pemilihan & pengiriman adalah pihak pekerjanya…

    Mengenai upload gambar di FB adalah permintaan seller sendiri untuk barang bukti, dan seller pun cukup bertanggung jawab setelah mengetahui kondisi burung yg dikirim burung pun ditukar dengan kondisi yg sesuai dengan standart, semua itu adalah kebijakan dari seller.

    Ya mungkin ini adalah pelajaran bagi saya & diharapkan antar sesama pecinta kenari bisa memegang teguh sikap saling percaya dan dipercaya.

    Bagi pihak yang merasa dirugikan akan hal ini saya ucapkan Mohon maaf yang sebesar besarnya.

    SALAM KENARI INDONESIA & MAJU TERUS

    Maaf approve-nya terlambat om, untuk yang pertama kali kirim email mengalami moderasi jadi harus menunggu persetujuan owner blog BTW terimakasih atas klarifikasinya, dalam tulisan ini saya sudah kemukakan bahwa kasusnya sudah selesai. Saya mohon maaf kalau tulisan ini membuat om kurang nyaman, mudah2an kasus ini bisa menjadi cermin bagi kita semua

    Wassalam

  31. 64 Ian 1 March 2011 at 3:04 pm

    Sekedar klarifikasi. Masalah saya dengan pak Gedde sebenarnya sudah selesai. Beliau sudah dengan penuh tanggung jawab menggantikan kenari yang cacat tersebut dengan yang baik. Harap jangan lagi diperpanjang… Kalau saja saat itu SMS saya direspons dengan cepat, saya yakin tidak akan ada postingan seperti ini. Saya sudah tua, saya hanya ingin hidup damai dan menikmati sisa hidup saya dengan berbuat baik. Jadi, maafkan saya jika saya salah…

  32. 65 Barran Hamiman 1 March 2011 at 11:54 am

    Tidak ada org yg mau dirugikan kalo sifat nya jual beli.
    dengan mempercayakan pilihan ke seller ato org lain tuk memilih berarti kita jg ikut andil dalam resiko jual beli itu,apalagi soal KN yg sifat nya mahluk hidup.sy yakin argumentasi seller dan buyer tidak akan pernah ketemu karna masing2 merasa tdk mau dirugikan,
    bukan masalah si seller bisa dipercaya ato tidak, baik nya lihat dan pilih sendiri KN yg akan kita beli.kalo suka beli.kalo tidak ya jangan.minimal kita bersilahturahmi sama seller toh.

    Oh..sy jauh kalo ke tempat si seller Pa ! jangan ambil ato ambil resiko, itu option nya.

    Inti nya jangan pernah percaya org lain kecuali kita cukup gentle untuk menerima kekurangan2 dr kepercayaan itu.karna business mahluk hidup lbh tinggi resikonya apalagi kalo kita pake jasa kurir umum yg membawa nya,
    sesaat paket itu diberikan ke tangan kurir berarti resiko ditanggung buyer. itu yg perlu kita ingat kalo kita percaya ke org lain.

    kita jg sebagai buyer jangan terlalu percaya apa IKLAN si seller.
    wajar toh kalo dia berusaha mengatakan bahwa apa yg dijual nya adalah yg terbaik di kelas nya he he he…kaya iklan motor aja.

    sy pernah melihat ada buyer yg memilih sendiri trus pas sampai rumah ada temen si buyer itu mengatakan wah ini sih kurang bagus Om. apalagi kalo yg ngomong itu lbh senior ato ada maksud lain dr kalimat nya itu, Ya…sudah pasti rame deh.balikin…balikin.

    tidak ada maksud apapun dlm komen ini,cuma opion sy aja. tp sy percaya Om Om yg punya masalah akan cukup bijak mengambil tindakan, lebih susah mendengarkan drpada berbicara Om.

    mohon maaf kalo ada kata yg kurang mengena Om.
    and terimakasih Om Ahmad S atas izin nya sy bisa masuk sini Om.
    mari kita mengenyampingkan ego sendiri demi komunitas KN di Indo.

    Mantap om Barran, terimakasih sudah berkenan untuk sharing disini…. ditunggu sharing selanjutnya untuk kemajuan kenari di Indonesia hehe…

    Wassalam

    • 66 yunior 4 March 2011 at 3:25 am

      wah mantap om baarant tapi selama ini kalau pengiriman saya tanggung risikonya karena menurut saya sebelum burung sampai itu masih risiko penjual…

      • 67 Barran Hamiman 4 March 2011 at 5:21 pm

        Om Yunior soal siapa yg bertanggung jawab masalah resiko pengiriman itu bisa dibicarakan kedua belah pihak tp kalo apa yg sudah Om lakukan itu adalah cara terbaik menjaga konsumen.Salut. skrg masalah nya sudah selesai. nah mari bikin acara makan makan skrg mah. cari lokasi yg adem dipegunungan Om hayo ah….he he he…

    • 69 gede 2 March 2011 at 1:01 am

      Kronologis cerita Om Ahmad Sofyan diatas adalah “cerita” kejadian transaksi antara Saya dengan Om HIE IAN SETIADI, yang katanya merupakan Paman dari Buchory (Kenari Propelat). Om Hie Ian Setiadi membeli sepasang KN Import jenis Spanish Timbrado, dengan permintaan Suara yg khas ST untuk Hadiah buat ponakannya (Kenari Propelat). Semoga Om Hie Ian Setiadi mau berkomentar di forum ini sehingga menjadi jelas duduk perkaranya !
      Selama kontak om Hie Ian Setiadi dgn sy hanya melalui sms dan Om Hie ataupun KN Propelat tdk pernah bertatap muka langsung dengan saya, dan Om Hie ataupun KN Propelat tdk datang ke tempat saya. Saya yakin hubungan saya dgn Om Hie / Kenari Propelat tetap Baik🙂
      Untuk Om Ahmad Sofyan; Saya tidak pernah meminta Om untuk menerima komplain atau “keluhan konsumen”, saran saya Om tidak usah repot2 menerima komplain dari orang tentang saya ! dan sy tdk pernah minta diliput atau di baik-baik kan di Blog ini… karena, saya akan berusaha untuk terus lebih baik ! Manusia tidak luput dari kesalahan, tetapi perlu Om ketahui, Do the Best itulah Saya !

      Demikian

      Salam

      Kang Gede, dalam tulisan ini saya tidak menyebut akang sebagai seller-nya begitu juga saya tidak menyebutkan siapa buyer-nya bahkan gambar di HP saya buat blur (buram) hal ini untuk menjaga kerahasiaan kedua belah pihak. Saya rasa penjual kenari impor di Jawa cukup banyak jadi orang susah menebaknya kecuali jika salah satu mengemukakan identitasnya…. Dan dalam tulisan tersebut sudah saya jelaskan bahwa case-nya sudah clear coba akang baca lagi artikel tersebut. Dalam hal ini saya tidak bermaksud jahat dengan seseorang, saya sebagai orang yang hobi kenari ingin hobi yang saya jalani ini langgeng dan semakin disenangi semua orang… saya ingin memberikan warning bagi teman-teman pemula harus berhati-hati dalam bertransaksi kenari, seperti sudah saya sebutkan ditulisan tersebut jika pemula ketemu dengan seller yang kurang baik yang rugi kita semua karena pemula akan kapok masuk ke komunitas kenari. Tujuan saya membuat tulisan ini yaitu saya mengajak rekan-rekan agar menjaga hobi kita yang jalani ini dengan sebaik-baiknya karena kalau hobi kenari ini berkembang yang untung kita semua minimal temen kita tambah banyak.
      Kenapa saya tampilkan keluhan om Ian (maaf nama ini om yang sebut) karena saya rasa kasus ini yang kasusnya selesai sedangkan masih ada kasus-kasus lain yang penyelesaiannya kabur (tidak tahu juntrungannya), saya rasa kalau saya tampilkan kurang baik bagi buyer (jika Kang Gede setuju komplain ini saya tampilkan akan saya tampilkan).
      Kang Gede saya tidak ingin mencampuri urusan akang tetapi teman-teman senang komplain ke saya & saya terbuka bagi rekan-rekan yang ingin komplain silahkan saja mudah-mudahan saya bisa bantu…. Kalau saya mau tega bisa saja komplain orang di biarkan begitu saja wong belinya saja tidak tahu, tetapi saya mempunyai tanggung jawab moral bahwa buyer ini tahu-nya dari saya jadi saya merasa terlibat dalam transaksi tersebut….
      Seperti sudah saya sebutkan ditulisan tersebut ada beberapa orang yang merasa segan mau komplen karena beberapa hal, atau ada komplen yang tidak ditanggapi sehingga membuat frustasi, mudah2an dengan adanya media ini bisa saling membantu…

      wassalam

      • 70 Ian 2 March 2011 at 6:53 am

        Apa yang saya dan propelat tulis diatas, saya yakin sudah cukup menjelaskan duduk persoalan sebenarnya, ke semua pihak. Terima kasih.

      • 71 gede 3 March 2011 at 9:10 am

        Om Sofyan, kalo kecewa dengan YS yg Om Beli dari sy, sy sudah menawarkan pilihan untuk dikembalikan uang. Karena Stock YS sudah sangat terbatas. Dalam komunikasi “antara kita”, sudah sy kemukakan bahwa YS yg Om Sofyan terima waktu di tempat sy tdk ada masalah dgn jari kakinya (kaki normal/nyengkram) tetapi Om Sofyan bersikukuh itu adalah “Cacat” ! Perlu Om ketahui, Semua KN Import yg sy jual adalah “Ciptaan TUHAN”, Sy Import Kenari2 tersebut melalui Om Kian SIng dan Om Kian SIng membeli dari jerman pun tanpa melihat “langsung” ! Mohon maaf sampai saat ini sy belum bisa memberi “hadiah” apapun sama Om Sofyan,tdk spt bbrp tmn yg lain. Mengenai perkataan “Balas Budi” dari Om Sofyan,sy tegaskan sy TIDAK pernah minta di publikasikan atau di bagus-baguskan di Blog ini, jadi sy tdk merasa hutang budi sama Om Sofyan ! kalaupun sy perlu promosi/iklan sy lbh suka menempuh jalur biasa, pasang iklan di tabloid atau media lainnya yg berbayar kalau mau sy masih sanggup koq Om.
        Akhir-akhir ini entah kenapa Slamet Hidayat alias Slam, seringkali menyindir saya, bahkan terakhir sy liat ada kata2 “tipu” dlm status FB nya… memang dlm status itu tdk menyebut nama saya, bahkan dlm tulisan Om di Blog ini jg tdk menyebut nama saya ! taukah Om kalau sy mendapat info dari tmn2 sesama hobies ttg tulisan Blog ini dan ttg status Slamet Hidayat ! jadi jangan berpikir dgn tdk mencantumkan nama atau identitas berarti orang lain tidak tahu !
        Dalam hal ini jelas sy merasa “sengaja” Om Pojokkan ! Tetapi sy tdk pernah GENTAR dgn orang yg bisanya hanya iri, kecewa dan “KOAR2” ! Sekali lg sy kemukakan, “Saya manusia biasa yg tdk luput dari kesalahan… tetapi DO THE BEST ! itulah saya !

        Demikian

        Salam

      • 72 yunior 4 March 2011 at 3:26 am

        saya setuju om sofyan kyknya yg sering jadi tempat keluh kesah temen2 kita berdua nih…intinya kita gk memojokkan orang tapi hanya berusaha jujur aja.

      • 73 yunior 4 March 2011 at 3:32 am

        menurut saya manusia memang mahluk yg sulit untuk melihat kesalahannya sendiri..tapi jgn salah kawan orang yg mau belajar dari kesalahan dan mau mengakui kesalahannya adalah orang bijak ALLAH suka orang2 seperti ini…

      • 74 ACil 30 March 2011 at 6:19 pm

        mengutip: tetapi DO THE BEST ! itulah saya !

        ic…ic…the best-nya seperti itu….

  33. 75 Afiudin_Lampung 1 March 2011 at 9:05 am

    Kebersamaan dan Kekompakan dalam hal kebajikan akan menciptakan iklim komunitas yang kondusif tentunya.:)

    Mantap om…

    wassalam

  34. 76 IRVAN SADEWA 1 March 2011 at 8:53 am

    Bukankah kebersamaan dan kekompakan adalah azas dasar dari suatu komunitas hobi?

    Terimakasih om Irvan sudah bersedia mampir ke blog saya, setuju sekali komunitas dibangun dari kebersamaan dan kekompakan… makanya saya mengajak rekan-rekan untuk bersama-sama memerangi perilaku yang kurang baik, mudah2an dengan kebersamaan lingkungan komunitas penghobi kenari bisa menjadi nyaman, demikian mohon maaf kalau kurang berkenan..

    Wassalam

    • 77 Uphay 1 March 2011 at 10:08 am

      Wahhh.. saya setuju om, saya juga usul dibuat kolom testimonial bahkan kalau perlu kolom BlackList Seller & Buyer.

      YS saya baru2 ini wafat, sebelum wafat penjualnya yaitu Salihara Kenari saya infokan bahwa YS yang saya ambil sakit, saya awam di YS, seingat saya pas saya beli tidak sakit, namun beberapa hari dirumah mulai sakit. seingat saya sekitar 3 Bulanan YS tercinta ini saya Rawat, dibantu oleh Om Sony dan Om Nungky untuk sharing pengobatan dan tindakan penyembuhan. Saya sempat menyerah dan menginfokan kembali ke pembeli bahwa saya sudah tidak mampu lagi menyembuhkan YS ini, dan ternyata, Owner Salihara Kenari yaitu Om Panco memberi kabar bahwa YS saya disuruh ditukar dengan YS yg ada dirumahnya. Saya senang… tapi saya juga punya commitment, bahwa kalau saya lari dari penyakit YS ini, maka saya tidak akan pernah berhasil merawat YS. entah kenapa, tawaran tukarnya saya tidak ambil, saya lebih memilih tetap berusaha keras menyembuhkannya karena saya juga sudah terlanjur sayang. Malang.. Minggu 27 Feb’ 11 YS ku wafat jam 11’45.

      Namun apa pelajaran dari masalah ini? “Kepercayaan….” karena saya percaya bahwa Om Panco dengan Salihara Kenarinya menjunjung tinggi pertemanan, tanggungjawab yang tinggi dan mau berbagi masalah dengan saya yang pemula ini. Saya harap teman2 bisa berbagi baik tentang yang baik maupun yang buruk dari All Seller & Buyer, kenapa…? supaya tdk ada lagi sahabat, teman pemula yang lembur kerja banting tulang, ribut ma Istri untuk hal yang sia2….. “Semoga Allah SWT membuka mata hati sang PenDzolim….dan memberi berkah yang setimbal bagi siapa saja yang memilih jalan yang luruh dan di ridhoi… amiiiin”>>>>

      Turut prihatin om, semoga bisa cepat mendapatkan penggantinya…

      Wassalam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


