Jawaban kekisruhan

Saya coba jawab komentar kang Gede dalam satu tulisan, saya berharap kita bisa belajar dari masalah yang saya hadapi saat ini. kalau dihadapi dengan rasa marah susah menemukan titik temu. Saya coba bicara berdasar data dan fakta. Pertama bagi saya pribadi memasang ring pada kenari bukan barang baru, saya mulai memasang ring sejak tahun 2000 … Insya Allah saya tahu betul saat yang tepat untuk memasang ring pada kaki burung kenari.

Kedua saya mulai mengenal burung kenari Yorkshire sekitar akhir tahun 2006 atau awal 2007, pada saat itu kenari Yorkshire (YS) belum sepopuler seperti sekarang sehingga jika ada YS impor masuk tidak langsung habis. Penjualan burung kenari YS di importer bisa berbulan-bulan sehingga kita mempunyai banyak kesempatan untuk melihat dan mempelajari dengan seksama. Waktu itu kami (om Faisal, om Heru. Om Reza, om Slam, om Hardin, Pak Rezo (yang punya F1Gloster juara waktu saresehan) dan saya sendiri) sering nongkrong-nongkrong di kios-nya Pak Hendra.

Kami sharing berbagai hal mengenai kenari YS, berhubung kami baru mengenal jadi seperti anak kecil menemukan mainan baru hampir setiap ada waktu kosong kami berdiskusi mengenai kenari YS baik secara tatap muka, lewat telpon bahkan lewat YM. Yang terakhir dan patut kami syukuri kami bisa berguru kepada seseorang yang mempunyai YS dengan nama Banaspati (sang juara KN impor di Papburi Yogya). Kami belajar berbagai hal mulai dari mencari YS yang mempunyai postur yang idea, cara perawatan YS dll … uppssss mohon maaf kepanjangan ceritanya jadi terkenang 4 tahun yang lalu hehe….

Kembali ke pokok permasalahan dari cerita diatas saya mau sedikit sombong hehe…. bahwa saya mengenal burung kenari Yorkshire bukan sehari dua tetapi sudah beberapa tahun. Saya komplen ke kang Gede tidak berdasarkan marah tetapi berdasarkan fakta. Waktu itu kang Gede bicara bahwa kenari yang kang Gede kirim kaki-nya tidak cacat, tetapi saya sangsi dengan yang kang Gede kemukakan karena jika kecacatan tersebut terjadi diperjalanan akan ada memar atau bekas luka pada jari YS tersebut sedangkan kondisi jari YS yang saya terima mulus semulus jari artis hehe….

Mungkin diantara rekan-rekan ada yang belum tahu cara pemasangan ring pada burung kenari, yang saya tahu cara pemasangan ring ada 2 cara yaitu pertama ketika usia anak burung kenari dibawah 10 hari semua jari dimasukkan secara bersamaan kedalam ring. Kedua ketika usia anak burung kenari lewat dari 10 hari jari-jari anak burung kenari sudah membesar akibatnya jari kenari tidak bisa dimasukkan secara bersamaan. Untuk memasang jari diatas usia 10 hari dilakukan dengan cara jari-jari depan dimasukkan terlebih dahulu kedalam ring sedangkan jari belakang dimasukkan bersamaan dengan pergelangan kaki. Untuk menarik jari belakang agar bisa masuk ring biasanya jari tersebut dicungkit menggunakan tusuk gigi atau alat sejenisnya (lihat gambar disamping tanda merah biasanya tempat untuk mencungkit jari belakang). Akibat dari cungkitan itu kalau tidak hati-hati bisa mengakibatkan cedera pada jari belakang. Cedera ini kalau tidak ditanggulangi sejak kecil sulit diperbaiki karena tulangnya sudah mengeras.

Akibat kecacatan tersebut kenari tidak bisa mencengkram tangkringan dengan kuat, bagi orang-orang yang belum terbiasa akan kesulitan menemukan kecacatan tersebut karena kondisi jari tidak terlalu terlihat. Bagi hobis yang sudah terbiasa akan sangat mudah melihatnya, dimana jika kenari bergeser baik kekiri maupun kekanan akan terlihat sekali. Pada saat kenari bergeser kekiri atau kekanan akan terlihat limbung (tidak kokoh mencengkram tangkringan) terutama pada saat bergeser kearah kaki yang jarinya cacat…. Begitu juga ketika kenari akan pindah dari tangkringan satu ke tangkringan lainnya badan kenari akan terlihat limbung.

Bagi saya pribadi burung kenari YS mempunyai kaki yang kurang proporsional dimana mempunyai badan besar tetapi mempunyai kaki yang kecil, apalagi hobis di Indonesia mencari YS yang mempunyai kaki jenjang (tinggi). Sekian dulu nanti kita bahas mengenai kaki kenari Yorkshire karena kaki ini cukup memegang peranan cukup penting….

Disini saya tidak mau berpolemik, saya mohon maaf jika pada saat berinteraksi selama ini ada kata yang kurang berkenan, mengenai Yorkshire yang akang kirim biarlah saya rawat mudah-mudahan masih bisa diternak… saya rasa yang sudah terjadi biarlah menjadi pelajaran bagi kita semua… mari kita tatap masa depan dengan rasa persaudaraan…. Mudah-mudahan kang Gede tidak lupa pada saat pertama bertemu, kami (om Yunior, kang Gede dan saya) menerjang hujan di jalan Jakarta yang macet agar akang tidak nyasar pulang ke Bandung…  mudah-mudahan bisa menjadi kenangan yang bisa menghancurkan kedongkolan selama ini hehe…..

16 Responses to “Jawaban kekisruhan”


  1. 1 ados warjam 30 July 2012 at 2:59 pm

    fair nich…

  2. 2 yoke 9 March 2011 at 5:03 am

    Membaca komentar dari Pak gede yang menyatakan bahwa waktu yang akan menjawab perbedaan pendapat antara Pak Gede dengan Pak Sofian.
    Jadi yang dimaksud oleh Pak Gede tuh bagaimana????
    Apakah menurut Pak Gede YS dengan kaki seperti itu adalah normal???atau menurut Pak Gede YS itu cacat kakinya dalam pengiriman????atau YS itu cacat kakinya akibat salah penanganan setelah YS itu tiba di Pak Sofian???Tolong penjelasannya agar kita2 ini jadi tahu kisah sebenarnya.
    Terima kasih
    Salam Persaudaraan Dari Tanah Papua

    • 3 gede 10 March 2011 at 6:30 am

      Pak Yoke, perlu bpk ketahui bahwa kaki YS belakang sebelah kiri yg sy kirim ke Om Sofyan pada waktu ditempat sy adalah Normal (nyengkram) dan hal tsb sudah sy infokan ke Om Sofyan. Saya tidak tahu pasti penyebab kaki YS tsb sampai disana menjadi kurang nyengkram. Sy memberi pilihan pada Om Sofyan coba di analisa dulu krn baru 1 atau 2 hari sampai ke tempat Om sofyan. Lalu kalau tdk cocok akan sy kembalikan uang ke Om Sofyan.

      Demikian Om

      Semoga Perkenarian Berjaya juga di Tanah Papua

      Salam

  3. 4 pat 8 March 2011 at 12:52 pm

    sampe2 pertanyaanku ttg jodohin knari putih ga d jwb gara2 slh persepsi….k.cian bangget deh ak ini

  4. 5 jaelani 8 March 2011 at 7:10 am

    Mudah-mudahan semuanya mau instropeksi diri dan saling mema’afkan.Ada pepatah mengatakan seribu teman masih kurang banyak, tetapi seorang musuh sudah terlalu banyak.
    BTW Kalo YS jantan kakinya cacat seperti yg di gambar bisa ngawin ga?

    trims Om AS.

  5. 6 yunior 8 March 2011 at 1:28 am

    siip..nah ini yg penting tolong persaudaraan dijaga..intinya tak ada gading yg tak retak…setiap manusia bisa alpa tapi gimana kita memperbaikinya itu yg penting…

  6. 7 kevin 7 March 2011 at 11:27 am

    WOI…ANAK ANAK DENGARKAN BAIK2 PAK GURU MAU BICARA:
    Untuk Nak Gede:Cobalah belajar menghargai pendapat orang lain dan terimalah pendapat, saran serta keluhan dari teman2mu.Bekerjalah dengan JUJUR dan dapat DIPERCAYA!!!

    Untuk Nak Akhmad:Jangan merusak piring orang lain.Coba bayangkan bila Nak Gede tidak memiliki piring, menggunakan apa saat ia MAKAN?

    AYO KALIAN BERDUA BERSALAMAN DAN BERGANDENG TANGAN SALING MEMAAFKAN!!!!
    CANTELAN DONG…..
    BAGAIMANA RUANG KELAS (PAGUYUBAN) INI BISA MAJU BILA KALIAN2 SALING GONTOK2AN DAN TAK MAU BEKERJA SAMA????
    HIDUP PERKENARIAN INDONESIA!!!!!
    MERDEKA!!!!

  7. 9 Ado 7 March 2011 at 11:22 am

    Kang Gede & Om AS, keterbukaan ini indah sekali, saya jadi percaya diri nih.. Mau ternak YS.. He he he

  8. 10 wahyusuy 7 March 2011 at 9:16 am

    Jika kita terkena pukulan, tendangan ataupun tamparan kepada seseorang Lmbat laun mungkin bisa terlupakan, akan tetapi jika ada kesalahan dari lisan, tindakan ataupun perbuatan sangatlah sulit untuk melupakan dan mungkin tidak akan terlupakan. skalipun kita ingin tetap bersaudara tetapi hanya saudara say hallo.

  9. 11 Hardian Reno 7 March 2011 at 7:35 am

    Alhamdullilah…Sepertinya suhu sudah mulai normal kembali, harapan sya sebagai pemula yg belum tau apa-apa tentang kenari keliatannya bisa terus nambah ilmu dari para pakar / senior yg mau berbagi ilmu di blog ini….Semoga blog ini tambah sukses lagi kedepannya dengan menjunjung silaturahmi dan persaudaraaan antar sesama hobiis…Semoga om AS tidak pernah bosan berbagi informasi tentang kenari dan tidak pernah bosan menjawab pertanyaan tentang kenari dari para pemula seprti sya…mohon maaf jika ada kata-kata sya yg tidak berkenan..salam

  10. 12 fediyan syahputra 7 March 2011 at 3:53 am

    hmmmmmm Alhamdulillah semua bisa terselesaikan dengan baik……….semuanya memang harus dikomunikasikan dengan hati tenang dan pikiran jernih….dan tidak memutuskan tali silaturahmi nantinya…..
    kami yang pemula selalu memantau perkembangan semuanya…baik materi maupun ajang tali silaturahmi..
    Semoga semuanya dalam lindungan allah SWT.Amin

  11. 13 Afiudin_Lampung 7 March 2011 at 12:10 am

    Mantaf Om Sofyan, Anda betul-betul seseorang yang LEGOWO. Gak salah saya belajar dan sharing sama Akang. Semoga apa yang ada di blog ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi teman-teman yang lain. Terimakasih.:)

  12. 14 Arief 6 March 2011 at 9:52 pm

    Nuwunsewu sedulur2 sedoyo.. qta semua penghobi burung jnis apapun sama2 cari seneng dgn cara n tujuan masing2,ad yg murni hobi burung krn senang kicauan yg merdu.. ad yg slain hobi jg skalian bisnis kicauan.. ad pula yg murni profit oriented.. apapun tujuan dr sebuah hobi,satu hal yg pasti bg saya.. HOBI salah satu cara nambah SAUDARA n KELUARGA,plus hobi hrs bikin SENENG .. Dgn hobi qta bsa nambah saudara dmn2.. alangkah bahagiany klo berpergian kmn2 ad saudara yg bsa didatangin utk sekedar minum teh anget smbil dnger kicauan,namany saudara kadang bkin kesel,jengkel,mangkel,tp keluarga ttp keluarga,abis marahan hrs segera bermaafan n mesra lg… What a wonderfull word

  13. 15 ABRA TEA 6 March 2011 at 2:49 pm

    No Coment………..

  14. 16 gede 6 March 2011 at 7:59 am

    Terimakasih Ulasannya Kang AS
    Semua hal tsb sudah kita bahas melalui SMS / BBM sampai sy tlp tp tdk bisa dan Kang AS bilang tdk perlu tlp. saya liat langsung dan handle langsung Kenari-Kenari Pesanan Kang AS dan apa yg saya katakan ke kang AS itulah yg sy liat langsung ! Perihal pemasangan Ring pada YS tsb, sy tdk mengetahuinya krn YS tsb merupakan YS import sehingga tentu saja yg pasang Ring para peternak yg tergabung dlm asosiasi DKB. Sudahlah kang AS dari pada Kecewa dan khawatir YS nya tdk bisa di ternak, Mending YS nya sy bayar kembali… masih banyak yg cari YS nih kang xixixi

    Banyak hal-hal yg sy masih ingat ttg kang AS… salah satunya ya pada waktu sy ke Jakarta sambil kumpul2 dan kirim WS. Kang AS, Om Junior dan Mas Tommy sangat membantu sangat bersahabat, dan sy tentu berterima kasih atas itu. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan Kang AS, dgn pahala yg berlimpah.

    Kurang lebihnya sy jg Mohon maaf, Semoga kedepannya akan menjadi lebih baik.

    Demikian

    Salam

    catatan: kalo YS nya dikirim kembali tolong kabarin ya kang, dan jgn lupa no rekening kang AS via sms / bbm (ngarep.com)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: