Tips dari om Rusman

Terimakasih atas sharingnya om semoga sharing yang om kemukakan bisa bermanfaat bagi yang lainnya

WAH….Suhu jadi adem lagi neh… Nah sekarang mari kita tingkatkan kembali suhu tentang ilmu perkenarian.hehehe……. Hari ini saya mau sharing mengenai beternak kenari. Menurut saya, sebagai pemula, saat kita ingin mengupgrade indukan, alangkah baiknya bila yang kita upgrade adalah indukan jantan dari pada indukan betina. Hal tersebut didasari oleh beberapa faktor yang lebih menguntungkan, diantaranya:

1. foktor kecepatan proses produksi Satu indukan jantan bisa kita pasangkan dengan 2 hingga 3 indukan betina lokal (dengan sistem kawin cabut).Dengan sistem ini maka kecepatan proses produksi dapat kita tingkatkan. Coba bandingkan bila kita mengupgrade indukan betina, kecepatan proses produksi tidak bisa kita tingkatkan karena indukan betina hanya dipasangkan dengan satu indukan jantan dan indukan betina memerlukan waktu untuk bertelur dan meningkatkan birahi usai bertelur, mengeram & meloloh(ataupun dengan menggunakan sistem babuan).

2. faktor resiko kematian Indukan betina, terlebih YS, lebih rentan mengalami kematian. Hal tersebut terjadi saat2 dimana YS akan mengeluarkan telurnya (yang relatif lebih besar dari pada telur betina lokal).Kurangnya tenaga untuk mengeluarkan telur yg disebabkan oleh kurang fitnya YS mengakibatkan YS langsung mati. Banyak kasus dimana YS mati, ketika dilihat dengan seksama, terlihatlah telur yg baru terlihat sebagian dari pantat YS tersebut(tersendat).

3. Faktor kepuasan Dengan investasi 3JT untuk YS jantan, tentu saja kita merasa puas bila kita bisa mendengarkan suara lantang dari indukan jantan tersebut dibandingkan bila kita membeli indukan betina YS (walau lebih murah sedikit), sudah beli mahal namun tidak bisa dinikmati suaranya. Sekian sharing dari saya Alangkah bahagianya bila kita dapat menghasilkan anakan dari indukan jantan besar (YS) VS indukan betina besar (YS). Itulah tingkatan tertinggi dari beternak kenari selain menciptakan varian kenari yg baru. Maju Perkenarian Indonesia

12 Responses to “Tips dari om Rusman”


  1. 1 rusman 16 March 2011 at 5:29 am

    Oh begitu yach….Yach begitulah namanya juga kabar dari burung….hehehe….masih simpang siur….
    Salam hangat

  2. 2 rusman 15 March 2011 at 7:17 am

    Om Uphay, ngomong2 saya dengar kabar dari burung saya hehehe…. Bahwa YS dari Australia akan segera masuk pada bulan April ke Indo.Entah benar atau tidaknya kita tunggu saja tanggal mainnya.Namun apabila YS tersebut jadi masuk maka dapat mengisi kekosongan YS import di bulan2 dimana YS dr Belanda dan Jerman tidak mengirim.
    Kita harapkan saja om….

    • 3 Uphay 15 March 2011 at 7:58 am

      Wah… masa sih…? setahu saya, dulu ada masuk dari AUS, namun buyers di kitanya “Wanprestasi” jadinya mereka tidak pernah masuk lagi… syukurlah kalau memang ada masuk.. boleh tau gak “Via” mana masuknya ? kali aja bisa indent… xixixiix

    • 4 yunior 16 March 2011 at 2:46 am

      kyknya dah gk masuk lagi om YS dari australia..kecuali saya ngimport hi..hi.. sory om becanda jgn dianggap serius

      • 5 Uphay 16 March 2011 at 4:20 am

        @Om Yun…. peeeeeseeeeennn dwonks Om…. xixixixiix, nanti saya PM / SMS yah…. asyiiikkkk

  3. 6 rusman 15 March 2011 at 7:08 am

    Untuk Om Uphay:
    Kenari lokal yg Om Uphay miliki saat ini merupakan langkah awal/dasar dari beternak YS, dalam artian dimana suatu saat Om Uphay berhasil merealisasikan mimpi nyetak YS VS YS, kenari lokal tersebut bermanfaat untuk dijadikan babu.Namun yg harus diperhatikan adalah maksimal anakan YS yg dibabukan adalah 2 ekor untuk satu indukan lokal(babu),hal tersebut didasari oleh pertimbangan bahwa anakan YS lebih membutuhkan makanan yg lebih dibandingkan dengan anakan kenari lokal biasa demi menghasilkan pertumbuhan anakan YS secara maximal.
    Sekian sumbang saran dari saya peternak kenari kecil2 an dari Bandung
    Salam

  4. 7 Uphay 15 March 2011 at 1:11 am

    Sangat bermanfaat nih om Rusman,,,,saya tambahkan sedikit…
    Dalam upgrade meng upgrade, jangan terburu2 apalagi sampai “Nafsu”, saya tadinya punya beberapa pasang kenari lokal, sudah lumayan menghasilkan anakan. Kemudian, terpancing dengan istilah “Up Grade” dimana yang lagi tren katanya F-F an.. soo… saya mulai berburu YS dan teman2nya. Al hasil, yang lokal2 terbengkalai, sedang yang F-F an ternyata tidak semudah yang dibayangkan, seperti om Rusman bilang, stamina YS harus Fit, pola makan dan kebiasaan yang berbeda dll. jadi.. yang lokal tidak ada anakannya lagi, dan yg F-F an juga masih butuh waktu buat belajar alias “belum hasil”.. hehehhe,

    Untuk para Om2 Senior disini banyak mengulas tentang “Apa itu Hobby”, seperti kata Om Sofyan, kalau hobby sampai stress, berarti hobbynya salah… nah sekarang saya lanjutkan hobby saya.. merawat kenari yang ada, walaupun cuma lokalan… hehehe, tapi mimpi nyetak YS VS YS tetap berkobar.. namun kayaknya tahun depan baru ada lg YS Import masuk ke Indonesia, sambil nunggu, siapin aja tabungan, sukur2 dari anakan yang lokal2 bisa kebeli YS tahun depan… uhhhuuuyyy….. Salam Kenari Mania……

    Wahh om Uphay belum baca tulisan di link ini kali yach …???….. https://burungkenari.wordpress.com/2010/11/03/materi-ternak-kenari saya sudah berkali-kali mengingatkan ke temen-temen ketika up grade harus hati-hati karena ketika up grade materi perhatian terpecah-pecah…. tetapi biarlah yang lalu sudah berlalu buat pelajaran dimasa yang akan datang….

    Wassalam

    • 8 wong_bedjo 15 March 2011 at 1:36 am

      Mantap Om,
      Setelah kehilangan semua indukan minggu lalu karena maling nekat, saya dah males nerusin … tapi istri nyemangatin untuk cari indukan yang biasa dulu. Dan membesarkan 5 anakan yang masih tersisa. Mumpung kandhang baru dah selesai sembari ngumpulin modal mudah-mudahan bisa segera upgrade indukan … Amiin!

      Salam

      Tetap semangat om semoga ternaknya semakin berkembang….

      Wassalam

      • 9 Uphay 15 March 2011 at 7:53 am

        Haiyyaaahh… Indukan biasa, anakan biasa, tapi materi / isiannya luar biasa… bisa menjanjikan juga kok om… hehhehe… semangaaaaattt….

      • 10 yunior 23 March 2011 at 3:12 am

        mantap..yg penting dilomba kerjanya stabil..

  5. 11 kang jarwo 14 March 2011 at 5:01 am

    Sangat bermanfaat tipsnya…two thumbs up

    salam


  1. 1 Tips Ternak Burung Kenari dari Pak Kian Sing (KS) « mania burung kenari Trackback on 23 March 2011 at 1:54 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: