Kendala itu Indah untuk Dikenang

Hari ini ada kejadian menarik mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, kebetulan hari ini di kantor ada acara launching promo produk, saya lihat rekan-rekan kerja sedang sibuk bersama temen-temennya mengangkat meja meeting. Terlihat mereka kesulitan mengangkat meja meeting yang cukup besar, saya coba bantu mengangkatnya, tenaga yang saya keluarkan tidak terlalu besar hanya berusaha membantu mengangkat dengan sebelah tangan tetapi efeknya cukup besar, meja meeting dapat terangkat dan dikeluarkan dari ruangan meeting dengan mudah.  

Dari kejadian diatas saya bisa mengambil 2 hikmah, pertama ketika kita bekerja secara bersama-sama beban yang berat akan menjadi ringan karena ada sharing tenaga…. Hikmah yang kedua adalah kadang-kadang kita kurang percaya diri, kadang-kadang kita lebih percaya akan kemampuan orang lain, padahal orang yang kita percaya kemampuannya juga tidak kuat-kuat amat.

Akhir-akhir ini saya sering mendapat email atau komentar dari rekan-rekan pemula yang mengucapkan terimakasih karena merasa tercerahkan dan merasa dibimbing dalam belajar beternak kenari. Sebetulnya justru yang hebat itu adalah rekan-rekan yang dengan sabar dan telaten melakukan semua apa yang saya tulis di blog. Sehebat atau sedetil apapun tulisan kalau tidak dilaksanakan dan di imbuhi kesabaran dan ketelatenan dalam pelaksanaanya maka tulisan tersebut tidak akan ada artinya.

Saya kadang-kadang iri terhadap rekan-rekan pemula yang sudah mulai berhasil beternak, karena saya sendiri hampir 8 bulan belum berhasil beternak burung kenari. Saya sangat merindukan  mendengar suara anak-anak kenari di pagi hari ketika mereka rebutan makanan dari mulut induknya, saya kangen ingin melihat telor di dalam sarang. Namun yang namanya beternak burung kenari berbeda dengan mesin produksi dipabrik tidak bisa dilakukan secara instan, dalam beternak burung kenari dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Burung kenari merupakan makhluk hidup yang mempunyai ke mauan sendiri.

Jadi bagi rekan-rekan yang sudah berhasil beternak seharusnya mengucapkan terimakasih pada diri sendiri yang sudah berhasil mengoptimalkan jiwa sabar dan telaten dalam beternak kenari, saya hanya sekedar menulis apa yang ada dipikiran saya hehe….. Bagi rekan-rekan yang belum berhasil dalam beternak jangan berkecil hati karena insya Allah suatu hari burung kenari kesayangan Anda akan berhasil mempunyai anak …. Anda beruntung belum berhasil beternak kenari, karena dengan menemui banyak kendala maka semakin banyak ilmu yang didapat. Dengan menghadapi kendala maka Anda akan berusaha bertanya, memperhatikan karakter dari indukan tersebut dan yang paling Utama Anda diajari untuk bersabar. Jalani saja seluruh proses dalam beternak dengan sabar…. Intinya pada saat menemui kendala anda jangan berkecil hati atau malah menghindari kendala karena dengan adanya kendala Anda akan banyak belajar. Dengan menghindari kendala (umpamanya ganti indukan atau ganti ternak binatang lain) tidak akan ada jaminan dibidang lainpun tidak mememui kendala. Kendala bukan dihindari tetapi harus dipecahkan. Saya sudah bahas di blog ini bahwa kendala itu indah untuk dikenang. Kendala-kendala yang dihadapi akan menjadi kembang cerita ketika sukses nanti…. Upsss… kok malah ngajarin  hehe…..

Last but not least beruntung kita hobi memelihara burung kenari, setiap pagi sambil minum teh kita bisa mendengarkan nyanyian dari burung kesayangan…. Di hari libur kita punya media untuk melepaskan kepenatan dari kesibukan ditempat kerja…. Sekian dulu tulisannya semoga menjadi obat kekangenan kita bersama… Buat om Fediyan dan om Afiudin terimakasih sudah mampir ke rumah, Alhamdulillah rasa kangen ingin berkumpul sesama kenarimania dan ngobrol ngalor ngidul mengenai kenari terobati sudah…

25 Responses to “Kendala itu Indah untuk Dikenang”


  1. 1 kristanto banu santoso 26 October 2011 at 12:58 am

    mas, saya dapat f1 yng bulunya rusak parah, klo tumbuh kondisi bulu langsung rusak. seperti mau ngurak tapi bulu ndak ambrol2. solusinya gimana mas. tolong pencerahannya. nuwun

    Wah saya belum paham rusaknya seperti apa om , apakah bulunya patah2 ?,

    Wassalam

  2. 2 wiro sableng 22 September 2011 at 3:19 pm

    Salam kenal om nama saya nemlik, saya baru tertarik sama brg kenari pertama saya beli lokal betina 2 jantan super 3, mau coba coba ternak, beli di psr burung smg om sampai dirumah yg betina tak dekatkan jantan birahi lgs saja tak satukan, seminggu kemudian tak lihat sdh ada telur 4 dan minggu kemudian sdh netas, cuma yg hidup hanya 1, saya berpikir mdh ternak kenari. saya beli indukan f1 Ys 2 dan jantan usia 7 bln tp kok sulit unt f1nya ya tak joodohkan dngan lokal super mau kawin cuma jantannya nggak kena ngawinnya. unt jantan f1 sekarang sdh usia 1.5 bln, sabtu kemarin tak satukan dengan betina f1 dan mau ngawin tapi kok berkelahi ya om, maaf saya jodohkan langsung tak satukan krn saya kerja diluar kota plgnya 1 minggu sekali gimana om, tlg masukannya, kalau yg betina kasih sarang langsung ditempati tapi kalau jantannya dimasukkan kok keja kejaraan. untuk merangsang birahi gimana om vitaminnya apa, saya sdh beli vitalur, metabolis produk dr, edy. matur nuwun sarannya

    Makanya F1YS harganya cukup tinggi om karena sulit diternak, kalau diternaknya mudah jadinya murah dong hehe…..kalau tidak sempat menjodohkan coba posisi sangkar jantan dan sangkar betina berdekatan sehingga setiap saat mereka bisa saling melirik. Berhubung badan F1YS rata-rata besar jadi kawinnya agak sulit. Mengenai Vitamin saya rasa sudah cukup tinggal pemakaiannya saja yang betul, untuk meningkatkan birahi bisa dengan memberi telor puyuh, demikian om semoga sukses menjodohkan F1YS.

    Wassalam

  3. 3 Gestan 24 August 2011 at 11:55 am

    Wah, lama g jenguk blognya Om Sofyan buat kangen aja. Tulisannya benar2 inspiratif🙂 sukses, Om!!!

    Aamiin terimakasih om

  4. 4 angga 14 August 2011 at 7:09 am

    lam kenal om,sya angga dr bengkulu,mau tnya cra membedakan jantan betina kenari piyik umur di bwah sebulan,mhon jwaban dr para senior. trimakasih

    coba baca link ini om https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari ,

    wassalam

  5. 5 dianSolo 1 August 2011 at 8:32 am

    Siappp…!!!betul sekali omm sofyan…!!!

  6. 7 cespleng 7 July 2011 at 7:52 am

    semoga Blog ini semakin mempererat persaudaraan kita semua… amin

  7. 8 yunior 21 June 2011 at 9:47 am

    mantappppppppppp…dah lama gk mampir nih…gimana om sofyan kabarnya sehat2 aja kan??

  8. 9 Fathoni Abdillah 9 June 2011 at 10:22 pm

    Saya bersyukur bngt om,
    dalm waktu 5 bulan kenari saya sudah punya keturunan,
    He he
    Kenarinya yang baik hati kali yaw.😀

  9. 11 winto 9 June 2011 at 3:07 am

    Setuju Banget Om,… ,mantap Om

  10. 12 Aries 8 June 2011 at 3:26 am

    Aq jg punya crita nih om..
    2 minggu yg lalu aq beli kenari yg bulu ekornya gak ada (buntung) penjualnya bilang burung itu betina dan katanya sdh mau jodoh dan mau kawin (orangnya lht sendiri) tp setelah 1 minggu ditempatku kok bunyi dan birahi saat aq jadikan satu kandang dgn kenari betina yg sdh prnah bertelor burung itu malah bunyi dan nguber2 betina itu dan dikawin,saat ku pisah jg mau bunyi.yg jd pertanyaan apa mungkin burung itu pindah kelamin sendiri dr betina jd pjantan

  11. 13 yuyun 7 June 2011 at 9:43 am

    saya punya cerita lucu Om. begini, saya kan senengnya punya kenari tuh sepsg2, saya punya 4 psg. eh ga taunya ternyata jantannya cuma dua ekor sisanya betina semua. mau komplain penjualnya dah ga ada, ya udah terlanjur sayang ya saya pelihara saja.alhamdulillah sekarang kenari saya yang tiga udah nelor, yg dua lg ngeram yg satu baru nelor satu.bantu doanya ya Om biar kenari saya yg skrg bisa netas, soalnya sebelumnya netas tapi mati semua, sedih deh.

  12. 14 mujiashadi 5 June 2011 at 1:30 pm

    sepakat om…setelah kegagalan demi kegagalan saya akhirnya berhasil dengan bbrp indukan yg produksi bagus …. tp kegagalan itu datang lagi 5 betina yg ngeram ndak ada yg jadi….tp karena blog ini jd semangat lg…jd blog ini sy gunakan utk penyemangat…sukses om sofyan…makasih utk tulisan2nya…

  13. 15 Hary Key 3 June 2011 at 4:06 am

    Bener Om Sofy. Hehehe.

  14. 16 nanang 1 June 2011 at 8:48 am

    sama om, sy jg belum berhasil, indukan yg pertama malah tewas krn egg bidding (betul gak tulisannya ya…:D) lalu ambil yg sekarang br dalam taraf perjodohan, semoga cepat jadi aja, soalnya jg mo ada rencana tambah materi walau cuman lokal aja
    monggo dilanjut…

  15. 18 WARNO 1 June 2011 at 2:33 am

    Salam hangat buat semua kenarimania, kesabaran jalan menuju kesuksesan. Trims buat Om AS atas blog ini sehingga atas ilmu yang ada di blog ini saya sudah bisa dengerin anakan kenari bercuitan minta lolohan dari indukanya. Ternyata sangat asyik beternak kenari, kuncinya sabar.Walau masih belajar kenari lokal, akhirnya sudah netesin tiga kali tetesan dan dapat 6 ekor anakan. Trims buat para sesepuh perkenarian. Maju terus n salam hangat dari saya.

  16. 19 Afiudin_Lampung 30 May 2011 at 2:49 pm

    Hanya satu kalimat Om, “Terimakasih, Semoga saduran dan coretan ilmu yang Om Tuangkan di blog bisa menjadi ilmu yang bermanfaat”. Amin YRA. Btw, jangan kapok ya kalau aku mampir pas ada jadwal ke Palembang lagi.:)

  17. 20 Uphay 30 May 2011 at 6:12 am

    Setubuuuuhhh…. walau cuma berhasil nganakin AF-AF an… tetep aja bangga, berkat blog ini, dan rekan2 senior yang selalu support, Jaya terus kenari Mania dan blog tercinta ini….

  18. 22 prie 27 May 2011 at 9:23 am

    Kendala bikin pusing hanya bagi orang2 yg belum bisa menikmati (“hukum alam dalam roda kehidupan ini”).
    klo mau dikit brsabar dan berfikir buat cari jalan keluarnya,apalagi sampai berhasil pecahkan masalahnya, wah kebahagiaan tiada tara tuh.

  19. 23 Fediyan syahputra 27 May 2011 at 8:26 am

    wah cerita yang sangat indah dan penuh makna…..
    tapi apapun alasannya …berkat tulisan di blog om sofian ini..
    kami bisa belajar ternak kenari dan menikmati nyanyiannya…..
    Indah sekali dan menenangkan hati mendengar suara kenari kesayangan..
    By the way……kapan2 kita ngumpul lebih banyak lagi dgn kenarimania su=eputaran palembang..Amin…
    Terima kasih sdh menerima kami walaupun sudah larut malam…
    asyik dan pengen terus ngorbol rasanya…
    sukses buat kita semua……
    Amin

  20. 24 redmoz 27 May 2011 at 3:52 am

    mantaff om sofyan..sy jg br denger anakan kenari dirumh awal bulan mei ini sejak februari lalu🙂 itu jg dr betina f1yslizard yg dulu sy angkat dr om sofyan..salam sukses n sehat slalu tuk qt smua. amiiin.

  21. 25 reeant 26 May 2011 at 2:55 pm

    intinya mah sabar yah om….
    tapi kalo udah sekali ajah liat kenari kita betelur dan beranak…hihihihihihihi jadi males kerja…


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


