Investasi Burung Kenari

“Om barangkali tertarik saya mau jual Yorkshire, baru beli minggu yang lalu cuman saya kepepet butuh uang”.  

Itulah salah satu SMS yang masuk ke no. HP saya, reaksi saya pada saat itu langsung jawab isinya kira-kira seperti ini  “bukannya saya tidak tertarik hanya mohon maaf belum ada dananya………….”, di lanjutkan dengan memberikan rekomendasi temen-temen saya yang bisa dihubungi, itu yang bisa saya bantu terhadap rekan ini. Kebetulan akhir-akhir ini saya sedang belajar mengenai berbagai macam investasi  keuangan …  Lha   terus apa hubungannya belajar investasi dengan SMS yang saya terima hehe…..  Jaka Sembung makan Tahu hehe….

Begini ceritanya menurut investor senior yang sudah malang melintang di dunia investasi,  dalam  berinvestasi ada  istilah high return high risk kalau diartikan secara gamlang yaitu  untungnya besar hanya resikonyapun juga besar.  Nach … kita sebagai  investor harus bisa mencari kiat bagaimana caranya agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan menekan resiko sekecil mungkin dan kabar gembiranya resiko ini bisa di pelajaran. Selain resiko yang membuat investor gagal/bangkrut dalam berinvestasi adalah sifat serakah dan rasa takut si investor…  Eittt kok jadi kemana-mana sich sudah dulu yach  ilmu saya belum nyampai hehe….

Kita kembali bahas ke masalah perkenarian, bagi saya pribadi beternak kenari itu untungnya besar  tetapi resikonya juga sangat besar, ketika kita membeli seekor burung kenari resiko yang secara umum sudah pasti mengintai yaitu resiko mati dan lepas kealam bebas, resiko lanjutannya jika tidak bisa merawat burung kenari terutama kenari impor bisa mabung seumur-umur, sakit-sakitan atau kalaupun sehat susah diternak. Namun dibalik resiko diatas keuntungannya juga besar, jika kita mendapat kenari bagus bisa langsung diternak, sebulan kemudian sudah punya anak jika dalam satu kali tetasan bisa mendapatkan anak 2 ekor, dalam 2 periode tetasan modalnya sudah kembali kesana-nya tinggal untungnya… apa tidak menggiurkan ?,

Seperti sudah disebutkan diatas sifat serakah dan ketakutan merupakan dua sifat manusia yang membuat  terjerumus dalam berinvestasi, demikian juga diternak burung kenari, ketika sudah berhasil beternak burung kenari local sikap serakah kita mulai menguasai pikiran, beternak burung kenari local saja sudah cukup menguntung apalagi jika beternak burung kenari impor, maka indukan local yang sudah berhasil diternak dijual diganti dengan burung kenari impor. Pada saat membeli calon indukan impor pikiran sudah dipenuhi bayangan bahwa 2 atau 3 bulan kemudian modal bisa balik, kemudian modal awal tersebut dibelikan indukan impor baru begitu seterusnya.… Satu, dua, tiga bulan kemudian apa yang diimpi-impikan belum terealisasi di tunggu sampai 6 bulan kemudian belum juga terlihat tanda-tanda akan mempunyai anak.

Hati mulai dongkol dan gusar karena burung mulai melepaskan bulunya satu persatu pertanda akan ganti bulu (kalau orang ganti baju cukup 5 menit) nach burung kenari ganti bulu (mabung) bisa 2 atau 3 bulan. Semakin lama burung kenari impor ini semakin merana karena si tuannya dongkol akibatnya memberikan perawatan alakadarnya. Sempurna sudah kedua belah pihak merana situan dongkol karena si impor ini belum berhasil diternak, si impor merana karena perawatan yang dilakukan si tuan alakadarnya.

Sifat takut juga demikian akan menjerumuskan kita kalau tidak pandai mengelolanya, biasanya akhir tahun burung kenari impor masuk, karena takut tidak kebagian burung kenari impor yang di idam-idamkan maka dia berusaha mencari dana yang bisa cepat didapat. Bagi sebagian orang kadang-kadang mengorbankan kebutuhan  pribadi atau keluarga demi seekor burung kenari impor. Akibatnya ketika ada kebutuhan mendesak maka kenari yang baru dibeli terpaksa dijual kembali, nach disini masalahnya, tidak semua orang bisa menjual kenari harga diatas 1 juta… sebagian orang akan sangat kerepotan menjual burung tersebut jalan pintasnya dijual murah yang penting laku….

Waduh kok jadi parno begini hehe…. Saya tidak bermaksud menakut-nakuti, hanya sharing saja bahwa ternak kenari itu sangat menguntungkan, hanya kalau ingin berhasil kita harus pandai mengelola sifat rakus dan takut…, rejeki kita sudah ada yang mengatur jangan rakus ingin mendapatkan untung besar dan jangan takut tidak kebagian kenari impor. Jangan takut tahun depan kenari impor semakin mahal karena menurut saya pribadi mahal atau murah itu relative, harga kenari impor tahun ini 3 juta/ekor kalau tidak punya uang terasa mahal, tahun depan harganya 5 juta/ekor akan terasa murah kalau kita punya 10 juta  hehe… Menurut investor senior untuk investasi yang sifatnya High return high risk  pergunakan uang yang tidak dipergunakan cepat-cepat. Sekian dulu ceritanya mari kita menjadi peternak yang bijak, rejeki itu bukan hanya uang diri kita bebas dari stress karena hobi burung kenari saja sudah merupakan rejeki ….

24 Responses to “Investasi Burung Kenari”


  1. 1 zein 2 November 2014 at 3:25 pm

    mantap gan
    mohon bimbingannya. baru mulai ternak nih
    makasih sebelumnya

    silahkan om…..

  2. 2 Greys 21 October 2014 at 9:07 am

    sangat bermanfaat om untuk saya yg baru mencoba ternak kenari🙂

    syukur alhamdulillah kalau bermanfaat…. terimakasih….

  3. 3 joko suryono 5 April 2012 at 12:18 pm

    Saya sangat senang dgn tulisan anda Om…
    Sangat b’manfaat sekali bwt saya, yg bru bljr ternak kenari.
    Tulisan ini sangat2 membantu saya.
    Thanks,, smoga sukses sll

    Terimakasih om Joko atas atensinya

  4. 4 widyanto 26 January 2012 at 7:00 am

    trim’s om AS utk tulisanny
    ditunggu lainny🙂

  5. 5 masugeng 5 January 2012 at 8:45 am

    bagus, wawasan jadi bertambah, makasih

  6. 6 masgudel 19 December 2011 at 4:11 am

    makasih infonya om menambah semangat saya dalam beternak kenari,ini baru mulai om lagi nunggu netes mudah2an ada yang jadi.

    Mantap, semoga ternaknya lancar om, wslm

  7. 7 febro 15 December 2011 at 6:16 am

    good sharing mas…
    yang jelas dalam berbisnis khususnya bisnis mahluk hidup, memang yang terpenting konsistensi..bertahan..kalo sudah hoby itu lebih baik….tidak perlu terburu-buru kecuali punya banyak duit (lah.. kalo banyak duit ngapain bisnis ya?..heheheh)

    Wassalam

    Setuju sekali, alangkah nikmatnya jika setiap proses kita laksanakan dengan penuh kesabaran, pada saat setiap melewati rintangan akan merasakan kenikmatan tersendiri🙂, terimakasih atas sharingnya om, wslm

  8. 8 nur indri kusumastuti 3 December 2011 at 10:09 am

    wah makasih banged sharingnya mas,, jadi semakin semangad dan termotivasi beternak kenari di kota saya,, muntilan ,magelang. thankz gan !!

    sama-sama, semoga ternaknya tambah lancar, trmksh

  9. 9 Franky Lay 26 November 2011 at 4:10 am

    hay para senior sekalain,g mau tanya,tipikal burung yg mantap.di nilai dari apa nya…

  10. 10 Habibain 20 November 2011 at 12:46 pm

    Assalamuálaikum Wr Wb
    Om Sofyan ini jaga-jaga aja siapa tahu kenari bener-bener netas. kalau sudah netas makanan yang bagus apa ya om…apa diberi biasanya (resep Om Sofyan : telur rebus, sayuran segar, vitamin dan lainnya yang bergizi) terimakasih atas kesediaan waktunya
    Wassalamuálaikum Wr Wb

  11. 11 Habibain 19 November 2011 at 3:28 pm

    Assalamuálaikum Wr Wb
    om gak apa-apa lah peternak kenari pemula ikutan di artikel ini…begini om emang benar lebih baik mulai dari kecil…apalagi saya om kenari punya satu jantan…pengin betina gak kebeli …untung ada teman yang punya betina terus saya bilang pinjam dulu sampe beranak ntar anaknya kita bagi dua terus dia nelor yang pertama pecah…kedua dan ketiga aman, mudah-mudahan aja telor netes (meskipun cemas gara-gara alas sarang pake handuk) jika gak ada halangan Insya Allah 14 harinya tanggal 24 Nopember 2011. doakan ya om. sukses buat om Sofyan

  12. 12 Acil 10 November 2011 at 7:54 pm

    Investasi burung kenari TIDAK akan rugi kecuali burung kenari kita = Sakit / Mati / Cacat….Selama tidak mengalami hal demikian, rasanya jauh dari “Rugi”

    Sebagai contoh aja: Beli 10ekor kenari anakan @110rb, setelah dewasa (6-9bln) 5 pejantan @300,dan 5 betina@350 (Malah langka betina bagus saat ini). Dihitug pelan-pelan dan ketemu sudah hasilnya…

    Lain cerita kalau sukses di breding kenari 10ekor itu, “panen”akan terus terjadi dalam rotasi waktu 1,5bln SATU kali….setiap indukan betina “panen”1ekor saja , maka dalam 1taun sudah berapa anakan yang dihasilkan dan bisa di ternak lagi…Cuman saran: Baiknya hindari perkawinan Satu garis darah….

    Extra fooding sangatlah diperlukan untuk menjaga kondisi burung kita tetap Fit dan Jos

    Itu gambaran dari saya, yang lain bisa menambahkan juga

    Salam Kang AS, Lama tak ngobrol….hehehehe

    Wowww…. mantap om, terimakasih atas sharingnya, sharing dari pelaku lebih menggigit hehe…., ditungu sharing-sharing selanjutnya

    Wassalam

  13. 13 yuyun 8 November 2011 at 10:09 am

    wah setuju banget om masukannya,
    adakalanya lagi murah kita ga kebeli, tapi lagi mahal kita bisa beli. yah namanya jg rejeki udah ada yg ngatur, betul kata Om Sopyan.
    oh iya om ada kabar baik, kenari sy dah bnyk skrg. lokal sih. tp gpp namanya jg msh belajar siapa tau nanti kebeli yg impor……………
    mau jual dulu hasil ternak ah (he he he……)

    Senangnya mendengar sudah mulai berhasil ternak kenari, kalau masalah lokal atau impor tinggal menunggu waktu saja, insya Allah suatu hari mba Yuyun akan menjadi peternak kenari impor yang handal hehe….

    Wassalam

  14. 15 yunior 7 November 2011 at 8:17 am

    setuju om jadi segala sesuatinya dipikirkan kembali deh

    Sep, yang penting jangan terburu-buru yach om hehe…..

  15. 16 Iwan blero 7 November 2011 at 4:41 am

    Salam kenal om sofyan…saran yg bagus…cukup buat memompa motivasi…

  16. 17 londho_irenk 6 November 2011 at 4:30 am

    salam kenal, om..sofyan
    saya belajar kenari, dari bloq ini dan sekarang kenari lokalanku dah beranak pinak dan sudah ada yg dipinang orang lumayanlah buat beli2 pak biar kantonk gak tekor… ,.. memang mantap om sofyan yang satu ini… thanks om atas semua yg tertulis dan tertuang dlam blog ini… doain ya semoga indukan saya bisa upgrade terus ….
    newbie dari tj. barat

    Sep, saya setuju untuk biaya operasional ternak mengambil dari hasil penjualan kenari, tetap semangat om semoga ternak kenarinya tambah sukses

    Wassalam

  17. 18 herman Istana kenari 3 November 2011 at 7:29 am

    Sepenggal pengalaman yg luar biasa. bisa jadi pelajaran buat yg beternak kenari……salam kenari mania………Uphay mana hasil ternakannya…..lempar ke jati asih ya…?

    • 19 Uphay 4 November 2011 at 8:30 am

      Om Herman,… belum sempet terbang ke Jati Asih.. udah keburu ada yng ngerampok euy…. Siap Om… maklum baru 1 , 2 ekor yang netes ampe gede…. xixixi… Sukses ya Om…

  18. 20 Uphay 31 October 2011 at 8:48 am

    Mantap Om Sofyan…

    ibarat pepatah, jangan burung ditangan dilepaskan sebelum burung dikejauhan didapat… dari lokalan, hasilnya ditabung buat upgrade ke Filian (F1, F2, dll), Hasil dari anakan Filian (AF) ditabung untuk upgrade ke YS, Hasil dari YS….? hmmmm.. ke Palembang kali yah… Sungkeman ma Mbahnya Blog tercinta ini…hehehe. Btw, request tulisan mengenai kajian perbedaan rawatan, sarana dan pakan antara peternak luar negeri dan dalam negeri dong om… hehehe.. Sukses yah om…

    Setuju om Uphay, insya Allah kalau sudah dapat wangsit dari mbah Google akan saya sharing hanya mohon maaf mencari waktu luang untuk bercengkrama dengan mbah Google sulit sekali hehe…..

    Wassalam

  19. 21 iwan 30 October 2011 at 2:33 pm

    saran yang bagus tuh

  20. 22 muji 28 October 2011 at 4:54 pm

    memang…..om yg satu ini bisa aja ngeles orang….berbagi ilmu, nasehatin rekan-rekan sekaligus ngeles orang….he..he..he…mantap2…sukses om sofyan

    om Muji bisa aja hehe……

  21. 23 syauqi 28 October 2011 at 10:25 am

    wah…mantap,mantap ulasanya om..!

  22. 24 made parta 28 October 2011 at 1:23 am

    Wah blog ini sudah mulai update lagi…
    terima kasih artikelnya om sofyan…bisa buat bekal mulai invest nie..hehee..

    sep, semoga sukses investasinya om

    wassalam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: