Tujuan Beternak Burung Kenari

Belum lama ini saya menerima telepon dari kawan yang sudah lama tidak bertemu, sebagai sesama hobis burung kicauan tentu obralannya tidak jauh dari dunia perburungan. Dulu temen saya ini ternak kenari hanya sekarang berhenti beternak burung kenari dengan alasan beternak burung kenari sangat mudah dan tidak ada tantangannya. Hai… kawan kalau cuman ternak doang mah emang kagak ada tantangannya, tinggal satuin jantan sama betina dengan usia yang sudah cukup dewasa insya Allah suatu hari akan menghasilkan anak (tapi sanggahan tersebut hanya dalam hati saja tidak saya kemukakan dalam obrolan  tersebut hehe….)

Sebagian besar hobis kicauan menganggap ternak kenari itu sangat mudah hanya segelintir orang yang merasakan betapa sulitnya beternak kenari . Itulah sebabnya kenapa saya menggeluti beternak kenari, seperti kita ketahui burung kenari hidup berdampingan  dengan manusia sudah lebih 1 abad  lamanya, burung kenari sudah terbiasa hidup di lingkungan manusia. Burung kenari bisa hidup dalam berbagai kondisi, pada saat beternak tidak perlu pengkondisian lingkungan ternak, tidak membutuhkan kandang ternak besar, tidak direpotkan oleh jenis makanannya dll.

Baiklah kita kembali ke permasalahan diawal jika tujuan beternak hanya untuk menghasilkan anak maka beternak kenari tidak akan berumur panjang kita akan cepat bosan karena kegiatan yang dilakukan monoton. Kita sebagai hobis kenari yang melek internet saya mengajak kenarimania agar beternak burung kenari menjadi kegiatan yang mengasikkan. Menghasilkan anak dalam beternak burung kenari hanya tujuan awal dari suatu mimpi yang maha besar, proses beternak tidak hanya kegiatan menyatukan jantan dengan betina, memberikan makanan setiap hari dan membersihkan kandang ternak, dalam proses beternak kita harus mempunyai tujuan untuk  menghasilkan jenis burung kenari yang lain dengan burung kenari yang sudah ada, hanya yang harus diingat tujuan jangan hanya dalam mimpi sebatas khayalan doang hehe…..

Ketika dalam beternak dilandasi dengan  tujuan yang jelas  maka beternak kenari akan semakin nikmat, dimana dalam beternak akan ada proses pembelajaran yang berkesinambungan dan pemutakhiran mengenai tujuan beternak burung kenari. Dengan adanya proses pembelajaran maka hasil ternaknya semakin berkembang dengan kualitas yang semakin meningkat. Dengan proses pemutakhiran tujuan ternak burung kenari maka semakin hari tujuan yang ditentukan semakin tinggi dan hasil akhirnya akan semakin baik. Dari proses mimpi, pembelajaran dan pemutahiran tujuan itulah yang menyebabkan lahirnya burung kenari jenis Gloster, Yorkshire, Waterslager dll.

Saya rasa point-point yang saya sebutkan diatas yaitu penentuan tujuan yang jelas, pembelajaran yang berkelanjutan dan pemutahiran tujuan tidak hanya diterapkan dalam beternak burung kenari saja tetapi bisa dilakukan pada kegiatan-kegiatan keseharian kita, yang perlu saya highlight untuk mencapai semua mimpi itu mulailah dari hal-hal yang termudah. Sebagai contoh sebagai hobis yang punya mimpi ingin beternak burung kenari Yorkshire tetapi dananya belum mencukupi,saya rasa tidak harus menunggu sampai dananya mencukupi, lebih baik dana yang ada dibelikan calon indukan sesuai dengan kemampuan. Dengan berjalannya waktu indukan yang kita beli bisa beranak pinak maka hasil penjualan anaknya bisa untuk membeli Yorkshire. Seperti om Uphay kemukakan mulai dari kenari local, meningkat F1YS dan terus meningkat. Keuntungannya memulai dengan kenari murah ketika ternak kita belum berhasil kerugiannya tidak terlalu besar

Hal yang lebih utama adalah dengan membeli indukan tahun ini kita mempunyai kesempatan untuk belajar cara perawatan dan pemeliharaan burung kenari. Sehingga jika tahun depan ada dana untuk membeli burung kenari Yorkshire, kita sudah punya pengalaman dalam perawatan burung kenari. Seperti pernah saya kemukakan bahwa burung kenari Yorkshire membutuhkan perawatan yang agak ekstra tidak seperti burung kenari lain karena burung kenari Yorkshire mempunyai ketahanan tubuh tidak sekuat kenari local. Demikian dulu sharing dari saya semoga bisa bermanfaat dan memberi inspirasi dalam beternak.

31 Responses to “Tujuan Beternak Burung Kenari”


  1. 1 muhammad fahri 9 December 2012 at 2:19 pm

    Salam kenal om sofyan dan om uphay..
    Mau tanya om sberapa besar gen betina untuk menghasilkan anakan yg berkwalitas? Apa benar anakan jantan mengikuti kwalitas betina, anakan betina mengikuti kwalitas jantan.. Terima kasih om..

  2. 2 agus 29 November 2012 at 7:52 am

    siang om salam kenal
    ,sy peternak pemula,baru punya enam betina dan satu jantan(baru selesai mabung jadi blum bunyi).pertanyaan sy apakah bisa kenari jantan saya langsung jodohkan walaupun blum bunyi,slam

    Jangan dulu om… walaupun kawin nanti telornya tidak terbuahi dengan maksimal…

    • 3 agus 30 November 2012 at 4:21 am

      berarti sy harus cari kn jantan yang baru?karna betina sudah pada birahi,mohon pencerahannya om

      • 4 agus 30 November 2012 at 4:58 am

        om KN betina sy sudah bertelur,tapi karna jantan masih mabung apakah telur di buang atau di simpan.berapa hari menunggu KN dapat siap untuk dikawinkan agar telur bisa netas,tq

      • 5 Uphay 30 November 2012 at 11:49 am

        Om Agus, prinsip dasar dalam suksesnya beternak KN adalah kesehatan kedua indukan. kalau jantan, bunyi guacor ngotot sampai nabrak2 jeruji kandang, kalau betina ngeleper minta di kimpoy dan fit. jadi kalau kedua syarat itu belum terpenuhi, biasanya hasilnya kurang memuaskan om, bisa telur kosong bahkan sampai berakibat kematian. semoga bermanfaat

  3. 6 Bambang antoro 20 November 2012 at 4:05 pm

    Om sofyan,apakah beternak kenari lokal bisa untuk mata pencaharian?Berapa idealnya indukan yang harus dimiliki?Trim’s

    Om Bambang, semua bidang bisa dijadikan matapencaharian hanya untuk mencapai ke arah tersebut harus dilakukan dengan sabar dan tekun, dalam beternak burung kenari tidak berlaku hukum matematika contoh jika kita punya indukan 5 pasang hasil produksi bisa 0 s/d 25 anak. Kenapa bisa 0 karena cuacanya kurang mendukung sehingga telornya gagal tetas semua, begitu juga dalam sebulan bisa menghasilkan anak 25 karena indukannya dalam kondisi optimal & cuacanya mendukung. kalau kondisinya optimal dalam 1 bulan bisa menghasilkan 25 ekor dengan harga Rp.200.000 saja perekor kita bisa menghasilkan uang 5 jutaan, tetapi kalau sedang nasib jelek bisa tidak menghasilkan uang sama sekali…. demikian om gambaran dari saya semoga bisa memberi pencerahan…

  4. 7 windu 5 November 2012 at 12:05 pm

    Selamat malam oom2 sesepuh pecinta kenari….saya benar2 penggila kenari – sejak lulus kuliah 2002, berkali-kali mencoba untuk ternak, berkali-kali pula menutup ternakan…alhasil sampai detik ini belum pernah berhasil – (apalagi dalam hal jual beli)…
    Setahun yang lalu saya menikah sekarang sudah tinggal di rumah sendiri, saya akan kembali belajar dan mengembangkan kecintaan saya terhadap kenari…..dengan adanya blog ini semangat saya timbul kembali…terimakasih para sesepuh n teman2 pecinta kenari……..saya akan bergabung
    Salam kenal dan Salam trililililili KENARI MANIA

  5. 8 komang 15 September 2012 at 11:41 am

    salam kenal om semua kenari mania salam kenal saya baru belajar ternak sudah pernah menghasikan anakan kenari lokal 2kali, yang mau saya tanyakan saya baru kawinkan lagi kenari saya baru dua hari kawin kok hari ketiga sudah nelur apakah telur tersebut sudah ngisi ya om?

  6. 9 hendrik 23 June 2012 at 4:05 am

    siiipp om….matap tujuan nya…
    bole mnta no hp nya om buat berbagi pencerahan nya…

  7. 10 Red 31 May 2012 at 10:37 am

    Ijin di share om……

  8. 11 allen 2 May 2012 at 3:57 am

    Saya baru belajar beternak kenari nih om, alhamdulillah sudah bertelur 3 butir terakhir betelur hari minggu berarti sudah tiga hari apakah kenari jantannya sudah bisa di jodohkan dengan kenari betina yang lain

    Sudah bisa dipisah & dijodohkan dengan betina lain, semoga sukses ternaknya om, wassalam

  9. 12 samas 1 February 2012 at 1:14 pm

    om sy sdh 2 minggu beli betina yg katanya sdh pernah telur 2 kali,tp stlh sy jodohin 3 hari & sy satuin 10 hari dan sdh saling loloh kok blm telur,sarangnya jg blm bulat,pdhl jantannya agresif sekali,kata si penjual betinanya baru beres ambrol,trims

  10. 13 samas 1 February 2012 at 1:09 pm

    salam kenal dulu buat sobat kenari mania……

  11. 14 teguh suparno 30 January 2012 at 9:05 am

    om sopyan saya baru belajar ternak kenari lokal, saya dapat indukan dari teman udah telor 4 butir semua netas dan alhamdulilalah hanya umur sehari smua wasalammmmmmmmm tamat deh riwayatnya. apa ya penyebabnya ?

  12. 15 febro 4 January 2012 at 4:19 am

    Mas sofyan,
    saya mau nanya,untuk menghasilkan kenari HEN yang benar2 bulat namun tetap gacor sebaiknya kita pakai border galur murni atau border f1 yah?saya lagi coba pakai norwich hen, atau teman2 yg sudah coba dan sudah menghasilkan tolong di share yah..

    tks mas
    febro

    Mantap pertanyaan yang berat buat saya hehe…. kenari border merupakan kenari hasil rekayasa puluhan tahun yang lalu, kadang-kadang dari hasil silangan mereka keluar gen resesif induk terdahulu. Jika ingin menghasilkan kenari bulat ya lebih baik ngambil galur murni, demikian om mohon maaf kalau salah, wassalam

  13. 16 Jamaluddin 3 January 2012 at 12:37 pm

    Makasih om atas inspirasinya

    Sama-sama Om, wassalam

  14. 17 Hary Key 3 December 2011 at 4:22 am

    Mantaaaap. saya masih aktif monitor blog Om Sofyan. Luar biasa. Lanjuuutttt.

    Senangnya sesepuh masih sempat monitor & commend di blog ini, bagaimana kabarnya Pak Hary ?, kapan nich ada kiriman F1YS ke Palembang ?🙂 wslm

  15. 18 Prianto Agus Nugroho 26 November 2011 at 4:49 am

    terima kasih untuk boleh membaca….. inspiratif…. sekali lagi terima kasih

  16. 19 Murai Batu 25 November 2011 at 8:29 pm

    Burung kenari menjadikan suara murai batu menjadi ngerol dan bagus..
    Lanjut terus penangkaran burung kenari..

  17. 20 Pariaji 23 November 2011 at 5:05 pm

    As’kum?? Wah, om sofyan bener2 master. Jadi iri aq om, doain om aq mau ngikuti jejak om sofyan. Amin, sukses ya om ??

  18. 21 Habibain 21 November 2011 at 11:10 am

    Assalamuálaikum Wr Wb
    Om Sofyan yang terhormat.
    Saya mengusulkan bagaimana kalau artikel, Tanya jawab dan sharing yang ada di blog om Sofyan dijadikan buku, pertimbangannya tidak semua penggemar Kenari sempat membuka web dan tidak semua daerah bisa dijangkau sarana telekomunikasi. Ada pengalaman menarik Om ! istri membelikan buku-buku tentang perawatan dan ternak Kenari sebagai hadiah (katanya kasihan lihat saya tiap malam di depan monitor mlototin blog Om Sofyan) saya minta istri untuk mengajukan pertanyaan tata cara perawatan Kenari seperti yang ditulis dibuku tersebut dan istri kaget saya kok bisa hafal …rupanya Om hampir 50% isinya adalah artikel yang ada di blog Om Sofyan… dari isi bahkan gambar desain kandang Kenari itu jiplakan murni dari Blog Om Sofyan…salah satu judulnya “buku Panduan sukses….di tulis oleh XX dan tahun terbit 2011” (maaf disensor takut kena UU…) artinya yang menjiplak adalah buku sebab artikel om Sofyan ada yang ditulis tahun 2009….bagaimana kawan-kawan pecinta blog Om Sofyan ada yang mau tambah usulan atau mendukung usul saya….
    Wassalamuálaikum Wr Wb

  19. 24 nyomanrassalsugiarto 19 November 2011 at 5:32 pm

    sungguh menyesakkan dada mendengar ternak kenari kurang menantang, mungkin beliau bukan kenari mania,walaupun orang lapanganpun sesungguhnya kenari2 di gantangan semua berasal dari breeding beratus ratus generasi yg lalu,atau klo ingin menantang dipersilahkan saja mengkondisikan kenari tangkapan hutan di pulau kenari daratan afrika sana,itu pun klo masih ada kenari liar, he..he… Salam kenari mania

  20. 25 wa2n 18 November 2011 at 5:51 am

    Kpn kopdar neh om….🙂

  21. 26 Rikrik Arisandi Juventini 16 November 2011 at 5:01 am

    Dengan ternak kenari…ternyata banyak menambah teman…banyak menambah anakan kenari…dan banyak menambah rezeqi….skrg istriku yg malah tambah semangat jika indukan menetas…..maju trz Kenari Indonesia….

    Setuju om, ada beberapa temen saya juga yang pengelolaan peternakannya diserahkan ke istrinya, wslm

    • 27 Den Jimbon 17 November 2011 at 4:17 am

      Betul Om,
      Awal-awalnya … istri pesimis dengan ternak kenari, dan selalu mengeluh ketika menemukan bulu kenari yang berceceran. Sekarang setelah menghasilkan, rajin banget beli sayur dan pakan. Sampai di bela-belain bersihin bulu pake vacum biar nggak beterbangan hingga nyatetin tanggal menetasnya. Terakhir upgrade indukan dari local ke F1 juga usul istri.
      Alhamdulillah, walaupun cuman 4 betina 2 jantan, bisa buat nglatih kesabaranlah. Dari beberapa anakan yang di lepas, sengaja menyimpan 4 pejantan untuk regenerasi.

      Salam

      Wah mantap nich kalau om bercerita disini mengenai kiat-kiat beternak kenari & bisa mengajak istri terlibat diternak kenari, saya tunggu cerita sukses lanjutannya om hehe…. wslm

  22. 28 Uphay 14 November 2011 at 3:17 am

    Wuaduh… bisa aja Om Sofyan… kan yg saya kemukakan 100% Copy Paste dari wejangan Om Sofyan dan materi perkenarian di Blog tercinta ini.. hehehhe… Lanjuuut om… berharap “Java Singer Canary” atau nama lainnya bisa tercipta suatu saat nanti sebagai identitas Kenari Indonesia….

    Amin semoga tercapai om, yang utama berusaha dan berdo’a insya Allah akan tercapai, wslm

  23. 29 hanif toys 12 November 2011 at 4:10 pm

    Saya pingin ternak kenary,tolong infonya di mana saya bisa mendapat pejantan YS dan bekisar berapa harganya,trims

    om Hanif, coba cari di pasar burung disekitar rumah om mudah-mudahan ada pedagang yang sedia YS, untuk harga sekitar 3,5 juta/ekor tetapi tergantung kualitas jika kualitasnya bagus bisa diatas 5 juta, tks

  24. 30 Khuluk 12 November 2011 at 4:03 pm

    Oom tnya!

    Sy Khuluk, pemula yg pgn ternak kenari….burung kenari sy sdh 3x telur, tp menjlang 3 hari mo menetas sll di tinggal….dan trnyata telurnya “kopong”. kira2 knapa ya oom?.
    Trmksh…sukses terus Kenarimania

    informasinya sedikit sekali yach om, ini indukan baru diternak , usianya indukannya kira-kira berapa tahun ?, pola perawatannya bagaimana ?, karena banyak faktor penyebab telor bening bisa karena usia indukannya terlalu tua atau masih muda, tidak terjadi proses perkawinan yang sempurna dan nutrisi untuk indukan kurang, demikian om kalau om ada waktu coba baca-baca tulisan saya yang terdahulu mudah2an bisa membantu, tks

    • 31 ACil 13 December 2011 at 7:58 am

      Mungkin bisa dikarenakan:
      -Sang betina terus mendengar suara/teriakan jantan, maka betina “tidak”betah mengram telur…saran=jauhkan si jantan sejauh mungkin atau ternak dengan betina lain (kasih sekat juga)
      -Atau karena kutu, sang betina gak betah didalam sarang…saran=kasih obat kutu…Kututox murah meriah dan ampuh (bkn promosi ya).

      Bagaimana kabarnya om Acil ?, sudah lama tidak bertegur sapa, terimakasih om Acil sudah berkenan sharing di blog sangat bermanfaat bagi kami semua, wslm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: