Side Job

Penanya : “Yan, kamu masih ingat saya ?,”

Saya : “ Insya Allah masih ingat Pak, saya masih menyimpan nomor HP Bapak, ada yang bisa saya bantu Pak ?”

Penanya  : “ Yan minta tolong SMS-in no. HP bos kamu, saya ada keperluan sama dia”

Saya : ” siap Pak nanti saya SMS nomor HP bos saya, setelah pension kegiatannya apa saja Pak ?”

Penanya : ”Ya, begini lah … saya bekerja di koperasi, biar ada kegiatan”

Saya : ” wah bagus Pak, enak ya sudah pension masih kepakai bekerja ditempat lain “

Penanya : ” Kepaksa Yan, habi s uang pension saya tidak cukup untuk kehidupan saya sehari-hari, anak yang kecil kuliah ”. Itulah sekelumit percakapan saya dengan mantan atasan yang sudah pension.

Setelah menutup sambungan  telepon, pikiran saya jadi teringat ke percakapan saya dengan mantan bos yang lainnya (maklum staff senior jadi Alhamdulillah lebih banyak mantan atasan dari pada mantan bawahan hehe…), “Lu jadi karyawan jangan terlalu lurus harus sedikit nakal, ya sekali-kali bengkok bolehlah tapi jangan bengkok terus” itulah kalimat yang selalu saya kenang dari omongan mantan bos. Maksud mantan bos sedikit bengkok itu adalah dalam bekerja kita jangan terlalu focus dibidang pekerjaan saja, tetapi coba membuat usaha sampingan terserah usaha apa saja yang penting ada usaha sampingan, sehingga jika kita keluar bekerja karena sesuatu hal kita tidak gamang menghadapinya.

Pada saat bekerja kadang-kadang kita terlena, karena kesibukan ditempat bekerja sampai lupa  waktu baru sadar setelah usia senja (maksudnya usia tua mau mendekati usia pension), dimana waktu yang tersedia begitu mepet sehingga kadang-kadang dalam mempersiapkan terlalu grasak grusuk. akibatnya timbul post power syndrome segala ketakutan, menjadi lebih sensitive dll.

Beruntung kita mempunyai hobi yang bisa dimanfaatkan ketika mengisi waktu senggang bahkan diantara kita ada yang ingin cepat-cepat pension, dalam benak sudah terbayang bagaimana mempersiapkan pension nanti, terbayang begitu indahnya setiap pagi minum kopi/teh hijau beserta makanan kecil sambil mendengarkan kicauan burung  kenari. Setelah selesai menikmati kopi/teh hijau dilanjutkan membereskan kandang ternak, Sewaktu membereskan kandang diselingi dengan menjawab BBM atau telpon dari pelanggan terkait pesanan burung kenari…. Wuiiiihhhh betapa nikmatnya hidup ini, rasanya ingin hidup seribu tahun lagi hehe…..:)

Tetapi kita semua jangan  berharap jadi peternak burung kenari kalau semua jadi peternak siapa yang akan menjadi konsumennya hehe…., bisnis burung kenari bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar bisnis. Hobi burung kenari hanya sebagai batu loncatan dalam menemukan bisnis yang betul-betul cocok dengan diri kita. Mungkin diantara om/tante sering mendengar seorang pengusaha  yang bisnisnya melenceng jauh dari background pendidikannya. Saya punya kenalan pengusaha yang sukses dibidang fashion (baju muslim) padahal pendidikan dia IT. Ada temen yang lulusan Tehnik Komputer tetapi usahanya ternak kenari hehe… dll.

Seperti sudah saya kemukakan diatas cari bidang usaha yang cocok dengan hasrat Anda, saya sudah bahas mengenai passion di link ini, salah satu yang membuat usaha kita bisa berdiri kokoh adalah karena gairah kita dalam membangun usaha. Pahit getirnya membangun bisnis tidak akan terasa karena sesuai dengan hati sehingga melaksanakannya/melakukannya akan terasa ringan. Mari kita manfaatkan waktu senggang maupun waktu muda dalam menemukan usaha, ketika kita gagal diusia mudah kita bisa bangkit dengan cepat dan resikonya tidak terlalu besar.  Jika anda merasa tidak ada waktu untuk mengembangkan usaha anda, bisa membangun usaha rame-rame selain resikonya bisa dipikul bareng-bareng juga ada teman dalam berbagi ketika menghadapi kesulitan.

Sekian dulu selamat beraktifitas…………

13 Responses to “Side Job”


  1. 1 erni sulistiani 7 July 2014 at 5:56 am

    Thanks a lots, byk ilmu yg bs didpt disini….. smoga berkah buat kita smua … amin

  2. 2 Anthony 21 January 2013 at 2:55 pm

    salam kenal om..
    Ijin baca2 artikelnya.

  3. 4 wenie-jombang 14 May 2012 at 4:40 pm

    Masih sama dg Om Sofyan yang dulu…penuh inspirasi, motivasi, and berbagi. “SEMANGAT..” gimana kabar Om? Lama gak berkunjung , ini hari pengen ngintip si Om..just report Om..berkat share Om n temen2 semua breeding dah mulai ada hasil…thx Om atas share n semangatnya…ayo rekan2 Maju terus…SEMANGAT…klo blm juga berhasil minimal dapat pahala dr usaha kita …

    Kabar saya alhamdulillah baik, syukur kalau tante/om Wenie mulai berhasil ternak kenari, semoga ternaknya semakin berkembang, amin….. wassalam

  4. 5 Vian 13 April 2012 at 1:31 pm

    betul juga… pas kita berhenti kerja, kita ga usah pusing ” nyari kerjaan ,tapi nerusin kerja sampingan kita.
    oh iya om mo nanya…
    kenariku udah bertelor kapan waktunya yang paling baik memisahkan jantannya,
    1.setelah pertama bertelor
    2. terakhir bertelor (mulai mengerami)
    3. setelah netas
    4. pas anak anak sudah bisa makan sendiri
    tolong di bales om….
    trims….

    • 6 Angga Rastafara 15 April 2012 at 2:14 pm

      klo pejantan g” dipake kawin lg g di pisah gpp om.tp lo mau dipake lg nelor 1 di cabut jg bsa. tp trgantung betina jg kdang ada yg g mau dipisah dgn jantan.maaf klo salah maklum PEMULA

      Mantap om Angga, terimakasih atas sharing… disini tidak ada pemula atau penua hehe… yang ada saling berbagi… wassalam

      • 7 Vian 15 April 2012 at 4:11 pm

        makasih om angga atas sarannya,udah di coba ternyata bisa jantannya di jodohkan lagi, si betina tetep mengerami…

  5. 8 widyanto 13 April 2012 at 1:00 pm

    mengutip :
    “Mungkin diantara om/tante sering mendengar seorang pengusaha yang bisnisnya melenceng jauh dari background pendidikannya”

    om ahmad, ijin numpang share riwayatku… alhamdulillah, dari kutipan itu saya salah satunya
    sebenarnya background sya juga belajar gelombang, sinyal dll dari salah satu PTN di kota malang

    tetapi jalan cerita tak seindah mimpi hehhee…
    dgn support keluarga-sekarang merintis usaha alat tulis/stationery
    memang hobi di kicau dan coba rintis ternak kenari (KN) dgn tips dari om senior sekalian
    tapi indukan di rmh koq ga jodoh2 yoo hehhee…

    trim’s om senior sekalian esp. om ahmad🙂

    NB: salam kenal & salut utk om bimasaktistationery

    Om Widyanto, semoga usaha stationery-nya bisa berkembang dengan baik.. menurut saya usaha ini perkembangan cukup cerah dikantor saya saja untuk kebutuhan ATK bisa mencapai 4 jt/bln… coba om hubungi kantor2 di sekitar om untuk menjadi pelanggan om, zaman sekarang pengusaha harus banyak jemput bola hehe… mengenai kenari belum jodoh2 insya Allah kalau sudah waktunya akan beranak pinak, ditulisan2 saya terdahulu pernah dikemukan bahwa ternak kenari itu membutuhkan proses kalau kita telaten dan sabar menjalaninya insya Allah akan berhasil… selamat berjuang om… wassalam

  6. 9 bimasaktistationery 11 April 2012 at 1:56 pm

    Luar biasa……jadi tambah semangat nich…..

  7. 10 marandito 10 April 2012 at 6:40 am

    Setuju Om…sangat setuju banget…sukses dalam karir dan bisnis sampingannya Om…gambarnya saja spiderman sampingannya persihkan kaca gedung tinggi…
    Maju terus Om

    Amin YRA, terimakasih atas do’a-nya om, mudah2an apa yang kita cita-citakan bersama “muda kaya raya, tua bahagia dan mati masuk surga” bisa tercapai…🙂 wassalam

  8. 11 Uphay 10 April 2012 at 6:04 am

    Setuju om….. hobby yang bisa menjadi Hokky,,,,, hehhehe, btw, bentar lagi pasti jadi Boss kok om… dari senior kan pasti naik ke Boss… hehehhehe.. sukses terus di karir dan hobby nya yah om… salam….

  9. 12 saukie 9 April 2012 at 1:31 pm

    Selalu ada artikel penyemangat di blog tercinta ini,mksh om sofyan…
    Kalo indukn knri btina duburnya bengkak trus lubangy berair penyebab dan obtnya ap ya om?

  10. 13 sunawan abdullah 9 April 2012 at 3:34 am

    mantap artikelnya om……jadi inget umur dah 29 aja…..


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


