KONSISTENSI DALAM BERTERNAK KENARI

Om  Uphay terimakasih atas kiriman artikelnya insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kami, insya Allah saya akan berusaha konsisten mengelola blog ini … hehe……. maaf om gambarnya belum bisa ditampilkan, laptop dirumah tidak ada adob photoshop jadi fotonya belum bisa diedit….

Pagi ini, saya membaca berita terkait saham Facebook yang baru beberapa hari di IPO kan (ditawarkan kepasar), dimana sahamnya turun sampai ke 25%. Entah kenapa, saya berdebat dengan beberapa rekanan dikantor, dan berkeyakinan bahwa sahamnya akan membaik. Keyakinan ini didasari dengan sejarah pendirinya Zuckerberg, yang KONSISTEN membangun facebook dari Dalam kamar sebuah asrama di Harvard University sampai akhirnya menjadi perusahaan Go Public (“Like). Apa hubungannya kenari dengan Facebook..? ada.. yaitu, Facebook sekarang ramai dipakai buat pamer kenari dan jualan kenari… hehehhe. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas, hal positifnya adalah “KONSISTENSI” Dalam penciptaannya.

KONSISTEN Dalam berternak kenari sudah sering dibaha soleh blog tercinta kita ini, dan saya hanya ingin mengingat dan berbagi atas beberapa hal yang pernah terjalani baik tersirat maupun tersurat. Salah satu yang bisa diambil contoh adalah peternakan milik Om Arif & Om Masykur dengan “TRISAKTI BIRD FARM”nya. Bila masih ingat, saya pernah sharing tentang kunjungan pertama saya ke Trisakti, dimana saat itu saya baru berencana untuk belajar menangkarkan kenari sekitar tahun 2010 (lebih jelasnya liat Link ini). Saat itu, TRISAKTI yang beralamat di Jl. Jombang Raya No. 69, Jombang, Ciputat, bagi saya terkesan penuh sesak dan kurang nyaman untuk berlama-lama berada disana (Maaf loh om Kalau kurang berkenan.. heheheh). Hal ini dikarenakan fasilitas di Showroom nya yang terkesan seadanya walaupun pada tahun itu sudah ada banyak kenari import seperti YS dll ditawarkan disana. Singkat kata, itulah kesan pertama saya terkait fasilitas di Trisakti tahun 2010, terlepas dari keramahan dan kebaikan om Arif saat itu tentunya.

Di bulan Mei tahun 2012 ini, sudah hampir 2 minggu berturut-turut saya main ke TRISAKTI, selain silaturahmi, kebetulan saya ada pesan beberapa pasang Blackthroat yang sedang banjir di sana selain Norwich, mozambic dll. Singkat kata, saat saya memasuki Showroomnya, saya cukup kaget, bukan dengan koleksi burung yang diperjual belikan (kalau itu sudah tidak diragukan..heheh), tapi kaget melihat Fasilitas yang menurut saya lebih nyaman dan lebih baik dari dua tahun yang lalu (maklum, ini kedatangan ke 2 saya setelah 2 tahun yang lalu..hihihi). Coba bandingkan beberapa gambar yang sempat saya abadikan antara tahun 2010 & 2012 ditempat yang sama ;

Karena penasaran akhirnya saya bertanya, apa resepnya hingga TRISAKTI bisa bertahan dan sukses seperti saat ini?, dan jawabannya bila boleh saya simpulkan adalah “KONSISTEN” Dalam menggeluti dunia ternak kenari. Berdiri tahun 2004 dan pernah vakum ditahun 2007-2008, ditahun 2012 ini, siapa yang tidaktahu sepak terjangnya, hehehhe. Mulai dari kenari lokal sampai ke kenari Import serta jenis Finch lainnya tersedia disini. Selalu mengikuti perkembangan dunia perkenarian dan tetap konsisten walau pernah dilanda kerugian yang tidak sedikit saat memulai bermain kenari Import. Alhasil, inilah TRISAKTI BIRD FARM saat ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Saya hanya bisa berpesan, agar para pemula seperti saya ini bisa belajar banyak Dalam bisnis ini. Mulai dari pola rawatan, pemilihan indukan, penanganan masalah dll, serta konsisten di jalurnya. Bisa dibilang, tidak ada pohon yang tumbuh besar Dalam satu malam, artinya tidak ada bisnis yang langsung berkembang dan menguntungkan Dalam waktu instan, dan semuanya perlu proses. Mohon maaf bila tulisan saya kurang berkenan dan terkesan menggurui, seperti om Sofyan, saya hanya mampu menyumbangkan tulisan ini, semoga bermanfaat bagi saya dan semua pembaca blog ini.

8 Responses to “KONSISTENSI DALAM BERTERNAK KENARI”


  1. 1 muhammad arwani 4 February 2013 at 11:14 am

    saya suka blog ini….maju terus mas sopyan

  2. 2 Kicau Mania 30 November 2012 at 4:30 pm

    maju terus breeder dan maju terus kenari indonesia

  3. 3 cokro 30 October 2012 at 1:55 am

    konsisten memang dibutuhkn dlm beternak kenari,om sekarang pasaran kenari isabella berapa?klo di mlg msaih murah nih,isabella jantan(anakan/pemacek) hanya sekitar 200/450 aja

  4. 4 suga 7 June 2012 at 1:33 am

    salam kenal om,
    seneng baca2 info soal kenari disini.
    tulisannya singkat apdat, apa adanya. jadi sy yg pemula dapet “trust”nya
    pas liat tekape di palembang jadi lemes…🙂 sy di jakarta.
    ada rekomendasi tempat / blog yg bisa dikunjungi kl dr jakarta om?

  5. 5 Fediyan Syahputra 28 May 2012 at 7:29 am

    Terima kasih om Uphay atas laporan kunjungannya ke Om Arif pemilik Trisaksti bird Farm….mudah 2an kita semua bisa belajar dari apa yang sudah dilakukan om Arif dan om2 lainnya yang konsisten ternaknya…..

    • 6 Uphay 31 May 2012 at 2:28 am

      Sama2 om Fediyan dan Om Sofyan, cuma iseng pas ada waktu luang syukur kalau berkenan, Btw, Selamat yah atas FIN’S Bird Farm nya, semoga sukses dan menjadi pemasok terbesar kenari2 berkualitas, khususnya di Palembang, dan Sumatera Umumnya. Caiyyyoooo

  6. 7 bangdito 26 May 2012 at 3:28 am

    Memang betul dalam beternak kenari yang diperlukan konsistensi & jangan berorientasi dengan laba saja, karena jika hasil tidak sesuai harapan pasti malas untuk beternak kenari.Ini berdasarkan pengalaman teman saya pada masa kenari merah import. Klo saya modalnya masih kelas lokal & sunkis merah (murah meriah).

  7. 8 denirosdiana 25 May 2012 at 2:55 pm

    Pertamaaaaxxxx.

    Lama ga ngunjungi blog yg kita cintai ini. Terus terang sy banyak sekali belajar dari blog ini, selalu saja ada hal-hal baru setiap kali membacanya. Seperti halnya untuk artikel terbaru ini. Memang, tdk boleh dianggap spele soal kosistensi ini, kecuali berujung kebangkrutan ….

    boleh nitip Om Sofyan ? He he he he
    http://balekreatif.wordpress.com/about


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: