Setengah Isi Setengah Kosong

Kalau kita perhatikan gambar gelas disebelah diantara kita pasti ada perbedaan pandangan ada yang memandang setengah isi dan ada yang berpandangan setengah kosong. Eeiittttt ….. apa bedanya setengah isi dengan setengah kosong ? maksudnya kan sama gelas di samping isinya hanya setengah hehe….. Maksudnya memang sama namun jika kita pandai memahami maksud dari ungkapan tersebut maka cara pandang kita akan berubah. Bagi orang optimis akan memandang gelas tersebut sudah terisi setengah jadi masih ada kesempatan untuk mengisi gelas tersebut. Beda dengan orang pesimis mereka memandang gelas disamping sudah kosong setengah artinya kesempatan tidak ada karena sudah diambil orang lain atau orang lain belum mengenal/kosong.

Pertama kali yang saya lakukan ketika datang ke Palembang adalah jalan-jalan ke pasar burung ceritanya mau memantau perkembangan burung kenari di Palembang istilah kerennya Survey Lapangan . Dari hasil keliling-keliling pasar burung membuat tekad saya untuk mengembangkan burung kenari mengkeret (ciut). Perkembangan burung kenari di Palembang tidak seramai di Jakarta, burung kenari kalah pamor oleh Murai Batu maupun Kacer. “Wah habis sudah cita-cita gw ingin menjadi peternak burung kenari di Palembang”…. ungkapan saya dalam hati ketika melihat kondisi perkenarian di Palembang.

Sampai suatu ketika saya mampir ke kantornya om Fediyan, di ruangan yang sejuk kami ngobrol banyak mengenai hobi kenari. Sejak menjadi manager operasional wilayah beliau sangat sibuk sehingga burung kenari kurang terawat, bahkan beberapa pasang indukan kenari beliau titipkan ditemennya. Pembicaraan terasa mengalir begitu saja sampai diambil keputusan kami akan ternak bersama ditempat koleganya om Fediyan. Saya senang dengan kecepatan om Fediyan dalam mengambil keputusan kadang-kadang dari celetukan-celetukan yang tanpa pemikiran mendalam bisa langsung action dan hasilnya sungguh diluar dugaan :)…. Upsss kenapa malah bahas om Fediyan …:)

Kembali ke cerita diawal setelah bertemu dengan om Fediyan pandangan saya mengenai perkenarian di daerah Palembang berubah total, ternyata kesempatan dalam beternak burung kenari sangat besarrrrrrrrrrrrrrr… saking besar R-nya aja banyak hehe…. Dimulai dari beberapa indukan tidak lebih dari hitungan jari tangan Alhamdulillah semakin hari semakin bertambah sekarang jumlah indukan mendekati jumlah jari tangan dan jari kaki….🙂.

FIN’S Bird Farm itulah nama peternakan yang kami kelola, FIN’S sendiri singkatan dari Fediyan IwaN dan Sofyan. Kami sepakat dalam beternak burung kenari tidak hanya mengejar materi (uang) tetapi ada misi khusus yaitu mengenalkan burung kenari ke masyarakat umum karena di Palembang masyarakat belum familiar dengan burung kenari. Alhamdulillah sejak berdiri sampai sekarang konsumen mulai berdatangan mulai dari tukang becak, tukang es cream sampai beberapa orang kantoran mulai berdatangan ke rumahnya om Fediyan sebagai base camp FIN’S Bird Farm.

FIN’S Canary Shop… wah makhluk apalagi tuch FIN’S Canary Shop hehe…. Seiring berjalannya waktu kami melihat kalau hanya focus di ternak suatu hari akan terjadi over produksi. Produksi burung kenari banyak sedangkan jalur pemasaran belum dirintis, untuk mengantisipasi hal tersebut kami mencoba membuat semacam kios kecil-kecilan. Mudah-mudahan upaya kami ini bisa menintegrasikan ternakan burung kenari, kami tidak ingin menjadi peternak burung kenari yang bergantung kepada pengepul. Kami ingin menjadi peternak yang bisa Mandiri, bahkan jika memungkin kami akan membuat jalur pemasaran sendiri di wilayah Sumatera. Insya Allah kalau apa yang kami cita-citakan tercapai akan membuat rekan-rekan peternak nyaman, temen-temen tinggal focus diternak untuk jualan biar kami yang atur hehe….

“Kok cuman begini doang” itulah ucapan spontan yang terlontar dari rekan kenarimania ketika melihat peternakan burung kenari kami, memang begitu adanya kandang ternak masih menggunakan sangkar soliter berbagai model yang di temple ke dinding. Kami belum menggunakan kandang ternak mewah seperti rekan-rekan kenarimania tampilkan fotonya di FB. Kami belum memikirkan kualitas kandang ternak kami masih berjibaku mengumpulkan materi indukan. Seperti saya kemukakan ditulisan-tulisan terdahulu beternak kenari itu membutuhkan kesabaran dalam mencari indukan yang bagus untuk diternak. Kadang-kadang dari segi postur maupun sifat individunya bagus (pernah juara, mempunyai suara yang bagus dll) tetapi mempunyai karakter yang jelek seperti sulit jodoh, ketika bertelor malah makan telornya atau tidak bisa merawat anak…

Idem ditto dengan kios kami, kios kami hanya terdiri dari beberapa anakan dengan kandang soliter berbagai jenis/ukuran yang ditempel di dinding halaman luar kediaman Om Fediyan. Insya Allah walaupun kondisinya masih morat marit tetapi kami punya sesuatu yang tidak dimiliki oleh kios-kios lain. Kami mengelola kios dengan hati, konsumen tidak hanya di sapa dengan ucapan-ucapan manis tetapi kami sapa dengan sepenuh hati. Kalau moto Pegadaian “menyelesaikan masalah tanpa masalah, moto kami “Menyelesaikan masalah sampai tuntas”. Kami memberi garansi siap menampung kembali jika konsumen sudah bosan atau siap tukar tambah jika ada konsumen yang mau upgrade indukan.

Waduh sepertinya kepanjangan nich saya bercerita, intinya ketika menghadapi suatu masalah hal utama yang harus kita lakukan adalah berpikiran positif dan optimis, selanjutnya kita serahkan ke yang diatas karena setelah berpikiran postif akan ada jalan yang kadang-kadang diluar dugaan. Mohon maaf hanya sekedar sharing kalau kurang berkenan atau punya pengalaman yang lebih seru bisa di share disini.

28 Responses to “Setengah Isi Setengah Kosong”


  1. 1 eko nendro 20 October 2013 at 12:41 pm

    Salam kenal mas,saya sempat mampir alamat fins canary di makrayu tapi kok tdk ada aktifitas,apa sudah pindah ya mas?

    Om Eko, dimakrayu bosnya sedang sibuk jadi transaksi jual belinya sementara di tutup, saat ini kios FIN’S untuk sementara vakum….

  2. 2 Krmt Harjo Santoso 31 July 2013 at 8:22 am

    SALAM KENAL MAS BRO….btw sekalian mo tanya aku punya indukan betina F1ys pertama kali bertelur dia mau bertelur di tempat tarangannya berhubung pejantan yang ngawin posisi mau mabung telur tersebut gak netas…tapi pada saat proses perkawinan 2,3,4 telur gak sempurna istilahnya kalo manusia kegguuran di keluarkan di luar mz.bro…kayaknya cangkang gak sempurna keras padahal sudah ada asinan makanan pun sudah saya kontrol..ada solusi lain gak mz.bro…????mohon sarannya..trims berat…..-_-….

    om coba perhatikan lingkungan disekitar sarang takutnya ada serangga (kecoa atau cicak) dan tikus yang lalu lalang di sekitar sarang, sarang diposisikan ditempat yang nyaman dinding sekitar sarang ditutup. usia kenarinya berapa bulan om ?, telor lembek biasanya diakibatkan indukan terlalu muda atau terlalu tua….

    • 3 Krmt Harjo Santoso 1 August 2013 at 8:42 am

      kalo tikus sih gak ada om paling cicak tapi itu sangkar belakang juga uda saya tutup pake kalender…tapi kalo usia mungkin sekitar 1 tahun lebih soalnya beli sama penangkar juga..memang usia produktif kenari betina sampai umur berapa om…???? ‘ n rata” usia kenari baik jantan ataupun betina sampe berapa om….??? maturnuwun banget infonya…

      Usia produktif kenari mulai 1 tahun sampai usia 5 tahun atau tergantung perawatan kalau perawatannya kurang bagus paling sampai usia 3 tahun, usia kenari bisa mencapai 5 tahun atau lebih tergantung perawatan om….

  3. 4 basuki irawan 30 July 2013 at 3:50 pm

    salam kenal…pengin om…punya indukan jenis apa aja en maharnya berapa. Infonya ditunggu. Thx

  4. 5 rima ibu wiraswasta 23 January 2013 at 2:43 pm

    Heabt cerita nya Pak, menginspirasi banget…dengan perumpamaan tentang mengubah cara pandang yang disampaikan semoga bisa membuka akal pikiran seseorang tentang bagaimana cara pandang yang baik.

  5. 6 om yunior 22 November 2012 at 6:52 am

    mantap om duh lama saya gk mampir nih he…he
    salam sukses ya om…

    Sering-sering mampir lah biar tambah seru hehe….

  6. 7 ardiansyah 16 November 2012 at 1:29 pm

    Semoga ternak kenarinya SUKSES, dan kami yg berada di SUMSEL dapat belajar dan mudah utk mendapatkan indukan kenari, karena saya kepingin menjadi peternak kenari juga…!!!

  7. 8 ahmad amil 12 October 2012 at 2:50 pm

    saya dulu sudah pernah ternak kenari om.1jantan 3 betina dan berhasil hingga 3 kali penetasan.tapi karena terhimpit kebutuhan keluarga akhirnya semuanya terjual,dan sekarang pingin sekali memulai lagi untuk beternak kenari,mengingat banyak sekali penggemar didaerah saya.namun semua juga terbentur modal jadi untuk sementara belum bisa.mohon solusi atau saranya.terimakasih.lamongan.jatim.

  8. 9 koecingoptek 28 September 2012 at 7:21 am

    bagus ya bang, itu harga nya berapa ya?

  9. 10 Maika Firmansyah 5 September 2012 at 4:05 pm

    salam kenal om

    saat ini sy mempunyai F1 dan F2 dan rencana akan mulai ke YS,mohon info harga YS jantan yg sdh ngisi om,,posisi sy dijogja dan harga YS di jogja lumayan mahal om,,

  10. 11 edo 4 August 2012 at 5:19 pm

    salam kenal om. saya baru belajar ternak kenari dan sudah berhasil dapat anakan kenari lokal, mau upgrade indukan dimana saya bisa dapat indukan f1ys ,mohon infonya ,domisili saya jakarta timur trimakasih

  11. 13 Arif Trisakti BF 29 July 2012 at 1:54 am

    Sukses buat FiN’S BF nya Om Sofyan, semoga perkenarian di Palembang tambah rame

  12. 15 prabu 15 June 2012 at 10:25 am

    sukses buat FIN’S CS…
    teriring doa kami semoga sukses…

  13. 16 boal-boil 15 June 2012 at 7:54 am

    om saya mau nanya alamat FIN’S di palembang d mana om saya mau mampir maen2 saya jg da orang tua di palembang?

  14. 17 reeant007 12 June 2012 at 6:04 pm

    wooooowww… sukses yah buat FIN’S CS…
    sorry cuman bisa bantu doa doank nie om…

  15. 18 edi 10 June 2012 at 9:33 am

    Om ikut gabung

  16. 19 frontdiskbrake 8 June 2012 at 5:45 am

    selamat om, sayang aku dijawa, jd tak bs maen ksitu.
    Eh,.. Tadi coba2 buka situs kicaumania, koq udah tutup ya?

  17. 20 Taufik P 6 June 2012 at 3:43 pm

    Selamat atas dibukanya FIN’S Canary Shop nya om Sopyan. Alhamdulillah pencarian kllng palembang selama ini berakhir stlh di bukanya FIN’S Canary Shop. Salam prkenalan dr sy di Gandus Palembng yg msh newbie soal kenari tetapi sy sngt antusias sekali dngn kenari. Semoga sukses.

  18. 21 Fediyan Syahputra 5 June 2012 at 4:34 am

    Semoga pengenalan kenari di palembang semakin luas dan para kenarimania palembang bisa berkumpul dan bertukar pikiran…….
    semuanya berkat tekad yang ulet dari om sofian dan om iwan yang
    sangat tekun merawat kenari…..Semoga usaha kita selalu dalam lindungan Nya. Amin

  19. 22 Faisal Bachrak Abu Fahima 5 June 2012 at 2:28 am

    asik udah dapet “temen” seperjuangan nih Om Sofyan…hehehehehe
    Mudah2an lancar ternak di Palembang jadi Wong Kito Galo semakin kenal sama Kenari dan semakin jadi KenariMania…:P

    BTW : lokasinya dimana tuh om tempat ternaknya…hehehehehe kali aja klo maen ke Palembang bisa mampir n kopdar xixixixiixi….

    Alhamdulillah disapa teman lama, bagaimana kabarnya om ?, kapan nich mau supply F1YS ke Palembang ?, alhamdulillah di Palembang bisa bertemu temen satu visi jadi walaupun masih serba kekurangan tetapi mencoba memberanikan diri untuk action… alamat kios-nya jalan Makrayu no. 1018 depan kecamatan IB Palembang. Kalau pulang kampung ke Palembang harus mampir om hehehe…. wassalam

  20. 23 Barran Hamiman 4 June 2012 at 3:46 pm

    Congrat & let me know If he he he….

    Terimakasih om Barran, wassalam

  21. 24 simbah 4 June 2012 at 3:15 pm

    Tetep semangat, semoga lancar & sukses ya om ..

    Terimakasih om, wassalam

  22. 25 Uphay 4 June 2012 at 3:07 pm

    Mantaaapss om… Bener kata om Slam, Kami yang DiJakarta InsyaAllah Siaap membantu apapun bentuknya…dan Sukses buat FIN’S Canary Shop nya (maap, salah nyebut om iwan jadi om Indra…hehehhe)…

    Terimakasih om Uphay, insya Allah kalau butuh supplyer saya akan hubungi om semua hehe….. wassalam

  23. 26 handie 4 June 2012 at 3:01 pm

    Mantap om sofyan ,,, kapan kapan saya mampir yah ,,,

    Silahkan om kalau mau mampir ke Jl. Makrayu no. 1018 Palembang, kalau ingin diskusi agak lamaan datang hari minggu om, kalau hari minggu personelnya insya Allah lengkap hehe….. wassalam

  24. 27 slam 4 June 2012 at 2:54 pm

    Jadi inget motto ini nih: “Memasyarakat kan kenari dan meng-kenari kan masyarakat…..” hehehehe…becanda om….

    Kami yg di Jakarta mendoakan kesuksesan selalu buat kawan2 di FIN’s bird farm dan FIN’s birdshop…..

    Terimakasih om Slam, alahmdulillah nich, temen-temen seperjuangan mulai kumpul lagi hehe…. wassalam

    • 28 prie 24 November 2012 at 8:12 am

      Penggemar kenari kota Bandung juga turut mendoakan kesuksesan FIN’S bird farm, semoga dunia perkenarian indonesia semakin pupuler dan maju, biar gak kalah pupuler sama burung pleci di pulau jawa yg lagi naik daun. hehe.. sampe ane aja ikut2an pelihara pleci, alhamdulillah pernah jd juara latberan 1X, walau gk bisa diternak kayak kenari, lumayanlah buat bunyi-bunyian.

      Terimakasih & selamat atas jagoanya om….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: