Tip Penyimpanan Telor Burung kenari

telor kenariTanpa terasa setengah tahun lebih blog ini bolong, dalam rangka warming up saya coba copas tips om Uphay mengenai penyimpanan telor.  Saya mendapat beberapa keluhan mengenai telor kenari yang pada saat menetas tidak bersamaan.  Biasanya telor burung kenari akan menetas selang sehari, kalau hari ini 1 telor menetas maka besok akan menetas telor berikutnya begitu seterus dengan telor yang lain. Kalau telornya 2 butir tidak menjadi masalah namun jika telornya diatas 4 butir akan menjadi masalah, akan ada perbedaan usia 4 hari jika induknya kurang pandai merawat anak maka anakan yang terkecil akan mati terinjak kakak-kakaknya.  

Agar telor burung kenari bisa menetas dengan jarak yang tidak terlalu jauh peternak senior mengambil telor dan mengganti telor dengan telor palsu. Untuk mengambilnya sih gampang namun cara menyimpannya yang sulit, karena kalau salah menyimpan telor tidak menetas. Beruntung kita punya peternak senior yang baik hati mau berbagi cara menyimpan telor yang baik dan berdasarkan pengalaman beliau tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

Yuk kita langsung simak tipnya om Uphay

Pada saat telor pertama keluar ambil telor kenari tersebut kemudian ganti dengan telor palsu (informasi tambahan telor diambil pagi hari sekitar jam 8 sebelum telor dierami) , simpan telor pada tempat telor yang lain  jangan lupa telor dialasin menggunakan kapas/serat nanas. Demikian juga dengan telor 2, 3 dst diganti dengan telor palsu hari ke 4 telor yang diangkat dikembalikan ke sarang dan telor-telor palsunya diambil. Uppssss…. Ada yang lupa resep rahasia om Uphay kedalam wadah telor masukkan beras, demikian copas tip penyimpanan telor semoga bermanfaat…… Om Uphay mohon dikoreksi jika ada yang salah, terimakasih…………..

32 Responses to “Tip Penyimpanan Telor Burung kenari”


  1. 1 Amar 13 September 2014 at 6:17 am

    Kenari saya nelor 4 netes 3 yang 1 haruz lgsg diambil apa biarin dulu siapa tahu netes….?

    om sudah terbiasa ngintipin telor ?, kalau sudah tahu bagaimana telor gagal tetas (bening) silahkan teropong kalau memang tahu gagal tetas silahkan buang, tetapi jika belum tahu tunggu 4 sehari lagi sejak telor pertama netas…..

  2. 2 indra 4 March 2014 at 10:48 pm

    Om mau tanya, kalo betina bertelur di sarang trus telurnya malah dipecahin. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya? Thx.

    mungkin kurang kalsium om, coba diberi tulang sotong atau grit ….

  3. 3 Asep Bastoni 8 February 2014 at 12:30 pm

    Om, ikut nimbrung.
    untuk penggunaan beras, apakah telur itu ditutup dengan beras ato beras diletakkan dibawah telur?.
    Sebelumnya trims atas jawabannya.

    disebar dibawah telor saja om, tujuannya dimasukkan beras agar kondisi tempat telor tidak lembab….

  4. 5 dwi 19 December 2013 at 2:54 am

    adakah yg punya nomornya p hendra importir kenari.. mksih sbelumnya

  5. 6 Iwan 3 September 2013 at 4:29 pm

    Selalu bijak dalam memilih kata om AS ini….hehe.
    Padahal masih mau norwich om, tapi keran import nya belum ada tanda tanda di buka.

    Selamat buat om Uphay, atas keberhasilannya breeding BT dan Mozambique. Om Nungki sudah kebagian Mozambique nya dan sudah mulai mriwik tuh. Kalau boleh saya pesan juga sepasang mozambique ya om Uphay…hehe.

    Om Iwan… om Uphay itu walaupun masih muda termasuk senior dalam bidang perkenarian hehe…. kalau om butuh Norwich bisa tanya-tanya ke om Uphay beliau jaringannya sudah merambah kemana-mana……, kalau menurut saya info pemerintah tutup keran impor burung kenari perlu diklarifikasi, jangan-jangan itu hanya issue yang tidak bisa dipertanggung jawabkan tujuan si peniup issu adalah untuk meningkatkan harga kenari yang sudah masuk tahun lalu yang belum laku🙂. Kebetulan pada saat hot-hotnya isu flu burung saya lagi senang berat dengan kenari impor, jadi sedikit tahu bagaimana permainan mengeluarkan burung impor dari karantina, bagaimana BT impor berubah jadi kenari lokal dari Malang pokoknya denger ceritanya seruuuu…. jadi saran saya mulai sekarang nabung uang yang banyak, insya Allah importir punya beribu cara untuk memasukkan burung impor hehe….

    • 7 Uphay 5 September 2013 at 10:04 am

      wuaduhh.. jangan dibesar2in om… saya tuh belajar dari blog tercinta ini… dan berguru langsung ke om Nungky dan om Sonny Jogja… apa yg saya bisa saat ini sepenuhnya milik mereka yg telah mengabdikan dan berbagi ilmu buat para pemula seperti saya… seperti om sofyan tentunya…. heheheh

      Nach…. itu dia saya belum bisa berguru ke om Sonny Jogja langsung hehe…. selama ini saya hanya berguru lewat telpon atau SMS-an aja hehe….

  6. 8 wan wahyoedi 29 August 2013 at 10:52 pm

    salam nya sudah saya sampaikan om Sofyan. Om Nungki minta maaf tidak bisa menemui om Sofyan waktu ke Jakarta.

    Ada kabar dari importir om (via om Nungki), pemerintah RI melarang import unggas di semester 2 ini (termasuk kenari). Siap-siap kecewa buat yang mau hunting kenari import.
    Mungkin sudah saat nya bredeer lokal mulai fokus membudidayakan kenari secara industri dengan di bantu campur tangan pemerintah. Jadi bukan saja bisa mensuplai ke butuhan kenari dalam negeri, tapi juga bisa melakukan export kenari.
    Di sinilah paguyuban/persatuan KM sangat di butuhkan perannya. Tapi kapan ya?

    Terimakasih om, justru saya yang seharusnya berkunjung ke rumah Pak Nungki sebagai senior perkenarian, dengan mengunjungi senior saya bisa update ilmu mengenai perkenarian🙂 ….. pengalaman saya om, semakin sulit justru kita semakin kreatif, saya punya pengalaman waktu masih tinggal di Jakarta kebetulan rumah saya dekat dengan pasar burung ketika saya menemui kendala dalam beternak dengan mudahnya tukar tambah di kios Pak Hendra (importir burung kenari). Beda dengan sekarang sejak tinggal di Palembang nyari burung kenari impor susah, akibatnya punya border 1 ekor dirawat dengan baik dan ketika sakit berbagai cara dilakukan agar si border tetap hidup…. kalau kita perhatikan setiap tahun ratusan bahkan mungkin ribuan burung kenari impor masuk ke Indonesia yang menjadi pertanyaan dimana burung impor yang ribuan itu berada ???…. apakah kenari impor ngumpulnya dipeternak atau di sukabumikan (dikubur karena mati)….🙂

  7. 9 dedy_canary 26 August 2013 at 8:25 am

    Pa kbr om Sofyan n om Uphay..??
    Om saya termasuk pemula yg gagal maning gagal maning….
    tapi saya lum putus asa. Saya ada kandala bgini om :
    1. Jantan yg sy punya ga gitu gacor, trus ga ngeruji.. ven-nya ga gt merah n nonjol bgt… Gmn supaya birahinya fuuullll om ?
    2. Ada satu lg jantan br dpt, tp napasnya serak, mulut sk nganga…. Gmn ngobatinnya om..???
    Trima kasih atas sarannya om..
    sukses selalu untu blog ini..

    1. Coba om baca link https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula dan https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan
    2. Untuk sakit sekitar pernapasan saya biasa menggunakan SuperN penyembuhan penyakit napas cukup makan waktu lama jadi harus sabar

  8. 10 Iwan 14 August 2013 at 2:56 pm

    Selamat malam om Sofyan.

    Saya pikir ini blog dah benar benar vakum selamanya. Baru hari senin ini saya ngobrol ngobrol dengan om Nunggi mengenai blog nya om Sofyan yang lama vakum.

    Ohh iya, perkenalkan saya Iwan, newbe juga di KM. Di blog ini saya tahu dan belajar. Dan di blog ini juga saya bisa berkenalan sekaligus berguru dengan para senior, terutama om Nungki.
    Sukses bwat om Sofyan

    Untuk om Iwan saya coba jawab secara spesial ya hehe…..

    • 11 Iwan 26 August 2013 at 3:57 pm

      Assalamualaikum om AS,
      Pertanyaan nya langsung di jawab tuntas…tas…hehe…langsung jadi artikel pula.

      Kalau di baca-baca sih iya om, pertanyaan nya itu-itu aja. Mungkin KM yang lain agak sibuk, nda sempat buka-buka, langsung to the point.
      Padahal kalau di baca, tiap permasalahan yang ada banyak jalan keluarnya. Tiap KM’ers kawakan punya cara dan trik sendiri untuk mencari jalan keluar dari masalah, tergantung dari sifat kenari, iklim dan lingkungan di mana mereka tinggal.
      Tapi jangan kapok ya om, blog ini benar-benar bermanfaat loh…

      Saya sampaikan salam nya ke pa’ Nungki. Kebetulan sabtu tgl 31 Agst ini saya kerumah beliau.
      Sukses buat om Sofyan, sukses kenari Indonesia.

      Itulah yang membuat saya galau, saya ingin memperkaya artikel-artikel mengenai burung kenari, persilangan atau kunjungan ke peternak-peternak diberbagai daerah sehingga pengetahuan rekan-rekan kenarimania terus berkembang, namun disisi lain banyak pertanyaan-pertanyaan mendasar yang sebetulnya sudah diajukan oleh rekan-rekan lain sehingga saya berkesimpulan “PENGAYAAN/UPDATE ARTIKEL UNTUK SAAT INI BELUM TEPAT KARENA SAYA MELIHAT ADA HAL YANG PERLU DISEMPURNAKAN SEHINGGA REKAN-REKAN MAU MEMBACA ARTIKEL-ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI”. Sebetulnya bisa saja saya tidak jawab pertanyaan yang sudah diajukan (pertanyaan itu-itu saja) namun sampai saat ini saya tidak tega membiarkannya

  9. 12 hendra 27 July 2013 at 3:21 pm

    salam kenal om..sy hendra mau tanya.. kenapa betina saya tidak mau meloloh anaknya yang baru menetas..? terima kasih…

    Om Hendra, jantan & betinanya disatukan/dipisah ketika anaknya menetas ?, jika jantannya dipisah coba disatukan mudah2an bisa bantu meloloh… kemungkinan induk betinanya birahi sehingga tidak mau meloloh anaknya

  10. 13 yuyun 1 July 2013 at 7:48 pm

    iya nih Om Sopyan kemana aja, artikelnya baru nongol lg. aq mau nanya nih Om kenariku kakinya bengkak sampai berdarah, udah diobatin pake salep 88, pake betadin dll ko ga sembuh2 gimana caranya ya? aq sampe bosen ngobatinnya

    Tante Yuyun, mengobatin burung kenari harus super duper sabar hehe….. kalau kakinya sudah berdarah lebih baik menggunakan Betadin, biasanya penyebab kaki berdarah ada benjolan seperti bekas gigitan nyamuk jika di olesin salep 88 akan terasa panas akibatnya benjolan tersebut dipatokin kenari maka terjadilah pendarahan… pagi dan sore di obatin betadin kedalam air minumnya diberi multivitamin dan jangan lupa kebersihan sangkar harus diperhatikan….

    • 14 yuyun 2 July 2013 at 11:39 am

      ok om, makasih infonya.

    • 15 fediyan syahputra 6 July 2013 at 5:47 am

      ini pengalaman yg saya alami nih tante/om sekalian…….saya dapat ilmu ini juga dari peternak kenari di bandung……..(biar ilmunya mengalir terus)…kalau jari kaki kenari digigit nyamuk dan berdarah…..ambil alkohol 70 % kemudian rendam dan bersihkan luka…kemudian dikeringkan dgn lap bersih, setelah kering oleskan odol (pepsodent )pada lukanya…..walaupun odolnya dipatok/tertelan tidak berbahaya bagi kenari……lakukan beberapa kali sampai kaki bener2 sembuh…..
      kemudian tip jaga kebersihan kandang dan tangkringan juga dijaga…..
      tks

      Mantap om, terimakasih atas sharingnya….

  11. 16 oim 30 June 2013 at 7:08 pm

    gunanya beras buat apa ya om?maklum pemula ni om,saya suka kesulitan karna netesnya ga barengan,anak ke empat biasanya mati.makasi ya om atas saranya.

    Fungsi beras adalah penentu keberhasilan menetasnya telor burung kenari, saya tidak tahu alasannya mungkin om Uphay bisa menjelaskan lebih rinci….

    • 17 Uphay 5 July 2013 at 8:40 am

      hehhehe, kalau diluar negeri mereka pakai kulit biji kenari, karena disini gak tau nyarinya, akhirnya pakai beras. Tujuannya sama, untuk menyerap udara lembab, karena kalau terlalu lembab telurnya akan busuk, dan bila terlalu panas, telurnya akan memulai proses pembentukan embrio. semoga bermanfaat

      Terimakasih atas sharingnya om Uphay…

      • 18 wepe 1 February 2014 at 4:46 am

        itu kotaknya ditutup terus dimasukin keberas, atau satu persatu telur dimasukin keberas om?

        berasnya dimasukkan kedalam kotak penyimpanan telor om

  12. 19 Sistem Pemerintahan 29 June 2013 at 6:10 am

    wah terimakasih tipsnya, masih harus banyak belajar nih

  13. 20 reeant 28 June 2013 at 1:47 am

    horeyy… aktif lagi… sekalian nanya ah… om kok KN saya akhir2 ini sering muntah yah?? kayak mau ngelolohin anak.. tapi muntahannya biasanya di lumurin di kakinya… padahal pakannya ga saya ganti lho..sayurnya juga kadang” saya cuci lho… efek sampingnya kn saya jadi kurang gacor… mohon pencerahannya trims…

    Wah saya baru denger kenari muntah, barangkali rekan yg lain ada yg per ah ngalami….

    • 21 Bangri 11 July 2013 at 3:21 am

      Mungkin maksudnya bukan muntah tapi dikorek dengan kakinya, biasanya kenari jantan menyimpan makanan di rongga muludnya (kalau gak salah), sepertinya sengaja disimpan disitu agar se-waktu2 ketemu betina, dia akan merayu dengan cara melolohkan makanan yg ia simpan di rongga mulutnya, tapi jika tidak ketemu betina maka akan ditelannya makanan itu dengan cara dikorek dulu dari rongga mulutnya sendiri baru kemudian ditelan….(itu mungkin maksudnya .?)

  14. 22 dedy_canary 20 June 2013 at 4:48 am

    Salam om..
    kenari (lz) sy snin kmaren tgl 17 jun neteess. pengalaman pertama buat sy.. sneng bgt rasanya..
    tapi ada betina lain (st) yg masalah. dia dah nelo 2, yg k 3 kmaren egg binding dah sy kasi minyak goreng, tp kynya td pg tlornya pecah di dlm. ga mau d tangkringan, nafas sesak.
    tetep sy kasi mnyk grg. apa msh bs d slamatkan om ? gmn klo sy sedot aja pake suntikan.?
    Baru seneng burung netes, skrng sedih lg… hiks hiks hiks…
    thanks om atas sarannya.. sukses selalu..

    Itulah dinamikanya ternak kenari senang dan susah saling bergantian, kalau memang bisa disedot menggunakan suntikan boleh saja om, pengalaman saya dulu dilakukan secara manual menggunakan tangan telornya secara perlahan dipecahkan didalam perutnya nanti setelah pecah kulit telornya ditarik pelan-pelan alhamdulillah bisa selamat, namun melakukan harus secara hati-hati……

  15. 23 dedy_canary 14 June 2013 at 2:48 am

    Maaf om mau tanya lg.. mudah2an ga bosen jawabnya…
    Mau tanya burung “kenari bersayap selap”..
    1. Apa ada kaitannya dgn kualitas/performa kenari ?
    2. Apakah beda maknanya selap sebelah dgn selap sayap kanan dan kiri ?
    terima kasih atas pencerahannya om,,,, smoga blog ini sukses selalu..

    kalau menurut saya ada kaitannya om, untuk point 2 mohon maaf saya belum bisa sharing saya juga belum tahu…😦

  16. 24 dedy_canary 13 June 2013 at 6:19 am

    Pa kbr om Sofyan n om Uphay..??
    Tipsnya berguna bgt.. thanks ya om..
    o iya mau tanya om. Kenari yg sy jodohkan betinanya siap, tp jantannya lg macet bunyi, ngerujinyapun gak nemen2 amat. tapi dia mau kawin, sering lg, dlm satu jam aja bs 3x. Pertanyaannya apakah pembuahannya bs berhasil..???
    Thanks om atas sarannya…. sukses selalu untuk blog ini.

    macet bunyi biasanya ada masalah dikesehatannya om, mudah2an bisa menetas anaknya…..

  17. 25 dana 13 June 2013 at 5:37 am

    misi om.. mw tanya, nyari telor palsu nya dimana ya yg jual? bs bantu contact person nya om? terimakasih….

    saya belum dapat CP-nya nanti saya cari tahu….

  18. 27 aan 3 June 2013 at 8:55 am

    wadah ditutup kembali om? perlu dikasih lampu ndak? maturnuwun

    Pemberian lampu, tergantung lokasinya om, untuk daerah dingin bisa menggunakan lampu tapi untuk daerah panas pemberian lampu diluar kandang ternak/lingkungan sekitar kandang fungsinya jika siinduk kaget dia bisa melihat lingkungan sekitar dan jika malam hari anakan lapar siinduk bisa menyuapi anaknya….

    • 28 Uphay 7 June 2013 at 7:50 am

      Wadah tempat menyimpan telurnya ditutup kembali om (kalau bisa pakai yg kedap udara ) maksudnya agar tidak terjadi proses inkubasi (suhu mengeram), kalau telur yg Asli sudah dikembalikan ke sarangnya, benar kata om sofyan tuh, sebaiknya berikan penerangan tergantung kebutuhan…

      Terimakasih tambahan informasinya om, nanti saya update tipsnya

  19. 29 Tri Hat 1 June 2013 at 10:35 pm

    Apakabar om Sofyan dan om Uphay, lama juga saya tak berkunjung ke blog tercinta ini,, kebetulan dapet tips yang sangat jitu semoga bermanfaat bagi kita kenari mania…salam suksess om

    Alhamdulillah kabar saya baik om, senang bisa berjumpa kembali dengan om walaupun hanya lewat blog…..

  20. 30 Uphay 1 June 2013 at 3:17 pm

    Tidak ada yg salah maupun benar om, heheh, sekedar tambahan ajah, telur asli diangkat dipagi hari, biasanya sebelum jam 8 pagi, karena belum terinkubasi / belum tererami, semoga bermanfaat. (Senang akhirnya blog tercinta ini ada auranya lagi….xixixixi)

    terimakasih om Uphay atas tips tambahannya….

  21. 31 ahmad sofyan 30 May 2013 at 3:36 am

    om Budiman kalau ingin datang silahkan datang ke tempat kami kumpul-kumpul di kediaman om Fediyan jl. Makrayu no. 1181 Palembang (depan kantor kecamatan IB) … no. HP om Fediyan 082178088333

  22. 32 Muhammad Insan Budiman 29 May 2013 at 10:45 am

    fyi Regards, M.Insan.Budiman

    ________________________________ Dari: Muhammad Insan Budiman Kepada: mania burung kenari Dikirim: Rabu, 29 Mei 2013 17:44 Judul: Bls: [New post] Tip Penyimpanan Telor Burung kenari

    Pak Sofyan, Salam kenal Saya budiman…tinggal di palembang juga…perum Griya mitra 1 blok D/7 plg…..sy pingin belajar ternak kenari…..kalau bapak masih tinggal di plg apakah sy bisa mampir ke tempat bpk..untuk beli indukan yg siap nelor…..dan berapa harganya…???? maaf no hp bpk berapa..?.terimakasi.. Salam Budiman

    ________________________________ Dari: mania burung kenari Kepada: budiman_retas@yahoo.co.id Dikirim: Rabu, 29 Mei 2013 17:05 Judul: [New post] Tip Penyimpanan Telor Burung kenari

    WordPress.com ahmad sofyan posted: ” Tanpa terasa setengah tahun lebih blog ini bolong, dalam rangka warming up saya coba copas tips om Uphay mengenai penyimpanan telor. Saya mendapat beberapa keluhan mengenai telor kenari yang pada saat menetas tidak bersamaan. Biasanya telor burung k”


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


