Kenapa Blog Vakum…….

DSCF7540Selamat malam om Sofyan.

Saya pikir ini blog dah benar benar vakum selamanya. Baru hari senin ini saya ngobrol ngobrol dengan om Nunggi mengenai blog nya om Sofyan yang lama vakum.

Ohh iya, perkenalkan saya Iwan, newbe juga di KM. Di blog ini saya tahu dan belajar. Dan di blog ini juga saya bisa berkenalan sekaligus berguru dengan para senior, terutama om Nungki.

Sukses bwat om Sofyan

Itulah komentar dari om Iwan, saya rasa komentar om Iwan patut saya respon secara khusus  …. Saya rasa blog yang kita cinta tidak vakum om, setiap saat selalu saya update namun yang saya update terus adalah komentar-komentar.  Kalau rekan-rekan perhatikan secara lebih teliti blog ini terus tumbuh, hampir setiap hari ada saja pertanyaan yang diajukan melalui form komentar.

Mungkin yang om Iwan maksud vakum dalam hal update artikel, kalau masalah vakum terhadap update artikel memang saya akui hampir 1 tahun blog yang kita cintai ini seperti mati suri. Kenapa bisa vakum, latar belakangnya adalah kegamangan saya dalam mengembangkan blog ini, coba om atau rekan-rekan kenarimania perhatikan dari sejak blog ini lahir (2009) sampai sekarang pertanyaan yang diajukan itu-itu saja.  Hanya mengenai penjodohan kenari, membedakan jenis kelamin, system ternak poligami ataupun monogamy dan pertanyaan-pertanyaan mendasar lainnya.

Saya kadang-kadang berpikir apa yang salah dengan blog ini, mohon maaf tidak bermaksud sombong saya merasa blog ini kalau dibandingkan dengan buku-buku mengenai burung Kenari yang terdapat di toko buku lebih komplit dan lebih membumi. Namun budaya di kita masih banyak orang yang tidak senang membaca walaupun artikel mengenai ternak kenari sudah saya tulis secara komplit mereka malas membacanya lebih senang bertanya di komentar.

Berlatar belakang dari hal yang saya kemukakan diatas saya coba mereposisikan diri saya, karena saya tidak bisa memaksa rekan-rekan agar tidak bertanya hal-hal yang mendasar yang sebetulnya pertanyaan tersebut sudah seabreg-abreg ditanyakan oleh rekan-rekan yang lain hehe…..  saya memposisikan diri sebagai narasumber rekan-rekan yang baru belajar atau baru mengenal burung kenari dan malas betapa ribetnya baca tulisan mengenai burung kenari. Mungkin narasumber yang lain sudah segan merespon pertanyaan yang itu-itu saja, saya ihklas membaktikan diri bagi rekan-rekan yang ingin belajar mengenai burung kenari dan malas baca artikel burung kenari. Insya Allah saya berusaha mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan, mudah2an bisa membantu rekan-rekan dalam mempelajari burung kenari dengan instan hehe….. Demikian om Iwan semoga bisa menjadi pencerahan kenapa blog ini vakum artikel…..

Uppssss…. hampir lupa, om Iwan titip salam buat Pak Nungki, salam kangen saya buat beliau…

23 Responses to “Kenapa Blog Vakum…….”


  1. 1 Iwan 19 February 2014 at 10:57 am

    Numpang share ya om AS.
    Mungkin ada rekan-rekan Kenari Mania yang ingin berpartsipasi dan menambah saudara serta menjalin silahturahmi.

    Paguyuban kenari JABODETABEK (PKJ) mengadakan lomba dan pameran burung berkicau pd tgl 2 maret 2014. Jam 10 sd selesai. Dikomplek MAWAS BC cijantung 3 jaktim.

    Kls canon tiket Rp 150rb hadiah 2,5jt
    Muray batu, lovebird, cucak hijau, kacer, kenari STD.

    Kls commando tiket Rp 100rb hadiah 1750
    Muraybatu, lovebird, cucak hijau, kacer, kenari STD.

    Kls PKJ tiket 75rb hadiah 1250
    Muraybatu,lovebird,cucakhijau ,kacer,kenari bebas, pentet, cucak jenggot, camp/silangan import.

    Kls Mawas tiket 50rb
    Anismerah, muray borneo, lovebird, kenari bebas, ciblek, cucak jenggot, jalak suren, pleci campuran lokal ( glatik, manyar, cabe”an, dan srindit)

    Mohon dukungannya dan partisipasinya kpd sahabat2 kicaumania seluruhnya.

    Terima kasih om AS.

  2. 2 Iwan 3 January 2014 at 11:58 am

    Hehehe….comment nya kepotong….
    Breeding 30 psng, masalah mulai bermunculan. Untung ada blog ini…..
    Kapan ke jakarta om ?

    Alhamdulillah sudah sukses nich jadi breeder kenari heehe…. selamat ya om semoga ternaknya semakin besar lagi…🙂 , semakin besar/banyak jumlah kenari yang diternak perlu penanganan yang lebih intensive, karena kalau teledor akibatnya bisa fatal. Jangan sembarangan masukkan kenari dari peternak lain (perlu tempat karantina)…. mudah2an link ini bisa bantu om….https://burungkenari.wordpress.com/2013/12/24/wabah-penyakit-burung-kenari-2

    • 3 Iwan 11 January 2014 at 11:38 am

      Sangat membantu sekali om link nya.
      Pesan saya buat para peternak pemula, jangan terlalu banyak dalam materi (jenis kenari). Dari awal pelajari dan mulai fokus terhadap jenis kenari yg akan kita ternak.
      Awalnya saya ternak beberapa jenis kenari seperti merlok, spanish, waterslager, blackred, silver agathe, red mozaic, gloster dan F series YS. Hasilnya….berantakan. Karena setiap jenis punya treatment yg berbeda-beda. Setelah sharing dengan beberapa senior, akhirnya pilihan jatuh pada YS dan gloster. Alhamdulillah lumayan lancar.
      Salam om Sofyan.

      Setuju sekali, lebih baik sedikit namun berkualitas dan fokus di satu jenis kenari

  3. 4 Iwan 3 January 2014 at 11:55 am

    Assalamualaikum om Sofyan,
    Apa kabarnya?
    Lama ga berkunjung di blog ini. Begitu dapat masalah seputar kenari, jadi inget sama blog nya om AS.
    Dalam jumlah kecil (30 psng)….baru deh muncul semua masalah…hehe…itu yg saya rasakan saat ini om. Beruntung ada blog ini, tinggal searching.
    Thanx om…

  4. 5 Iwan 4 October 2013 at 3:00 pm

    Assalamualaikum om Sofyan.

    Awal bulan September kemarin saya berkunjung ke bandung, ikut teman untuk melihat kontes ayam serama. Rencananya mau mampir juga ke Jl. Sukahaji bandung untuk beli kenari bahan.
    Tapi alangkah kecewanya saya, selain harga nya sudah lumayan tinggi, stok kenari juga sedikit. Kata beberapa pedagang disana, kenari Bandung hampir 3/4 nya di kirim ke luar jawa, ke kota Palembang tepat nya.
    Saya jadi ingat om Sofyan, jangan-jangan om AS ikut ngeborong juga nih…hehe.

    waalaikumsalam,
    kami belum pernah ngambil burung kenari langsung dari ke pasar Sukahaji, biasanya kami ngambil dari temennya om Fediyan… kalau temennya om Fediyan ngambil dari pasar Sukahaji tidak tahu…. informasi dari temen-temen katanya burung kenari mulai naik daun lagi, malah burung sebelah turunnya drastis sekali….

  5. 6 Sie Wid 19 September 2013 at 12:35 pm

    salam kenal om sya cuman bisa mengucapkan terima kasih om atas ilmu yg telah diberikan,saya baca blok ini dari 2011, berkat blok ini saya jatuh cinta ama kenari dari melihara berbagai macam burung kicau yg gak taunya bikin ribet, sekarang saya fokus ternak kenari walau masih pemula ngak taunya lebih memuaskan baik dari batin maupun ekonomi dari mulanya iseng beli sepasang sekarang udah jadi 23 ekor, walaupun lokal awalnya banyak kendala berkat blog nya om sofyan pelan bisa diatasi
    saya cuman bisa mengucapkan terimakasih atas ilmu yang om berikan, ditunggu tulisan yg lain ya om

    Alhamdulillah, turut senang mendengarnya om… semoga ternaknya semakin sukses….

  6. 7 fino imany 17 September 2013 at 10:34 am

    absen dulu..kangen jg sm artikel2nya om sofyan n om uphay..hehe

    terimakasih sudah mampir om

  7. 8 Dedy_Canary 17 September 2013 at 7:04 am

    Maaf om Uphay n om Sofyan nanya lg…
    gini om.. knari sy nafasnya megap2, suaranya serak, paruh sering terbuka lebar.. dah 2 bln, sy kasi super xxxx…. msh ga sembuh2.. gmn om cara ngobatinnya ???
    thanks atas sarannya
    sukses selalu untuk blog ini…

    • 9 Uphay 17 September 2013 at 7:26 am

      penyakit nafas nih banyak macamnya,coba kasih obat nafas1 & Nafas 2 (baca aturan pakai), jemurnya ditingkatkan perlahan, dan pakan sayuran di ganti dengan daun pace / mengkudu yg muda / pucuknya. semoga berhasil om.. (sambil nunggu jawaban guru saya.. hehehe)

      Saya ikutan aja om, setuju sepenuh hati hehe……

  8. 10 Dedy_Canary 12 September 2013 at 3:11 am

    Pa kabar om Uphay n om Sofyan…

    Mau tanya om.. kalo ternak kenari tdk di ruangan (d teras) bisa jadi gak ??
    karna di dlm rm ga blh sm nyonya.. msdnya apa ada prlakuan khusus utk ternak d luar rm..???

    thanks ya om… sukses slalu…

    Ternak di halaman bisa saja, tidak ada perlakuan khusus hanya harus dilindungi dari air hujan dan terpaan angin….

  9. 11 billy triawan 11 September 2013 at 5:38 pm

    Selamat malam para senior,saya billy,ingin memelihara kenari,kalau boleh tau dmn peternak kenari yg harganya bisa terjangkau oleh oleh newbie seperti saya?terimakasih,di tunggu informasinya para senior.

  10. 13 Iwan 11 September 2013 at 12:07 pm

    Om Uphay pinter karena banyak baca ya..? …hehe.
    Minggu ini saya, om Firman bogor dan om Nungki berkunjung ke farm nya om Uphay. Mantab…..biarpun sebentar tapi sangat berbobot, singkat bin padat….
    “Belajar dari kenari nya…” cuma itu pesan om Uphay.
    Kapan ya bisa nyulik momongan om Uphay lagi….hehe.
    Thanx ya om Uphay.

    • 14 Uphay 17 September 2013 at 7:21 am

      hehhe.. om iwan suka melebih2kan nih.. cuma gubuk ajah kok.. makasih kunjungannya. sukses selalu buat om Iwan.. (guru saya ajah blum saya bekelin oleh2 nih kalo ke Jakarta…xixi)

  11. 15 sahid 6 September 2013 at 1:52 pm

    om..maaf pemula mo nanya nih..kenapa ya Ys saya Dkb jerman ring merah kelahiran bulan mei masih ngeriwik aja sampe sekarang hiks hiks

    Banyak faktor penyebab YS ngeriwik terus om, bisa karena terganggu metabolisme pencernaan, nyulam (mabung tiada henti) atau stamina YS ngedrop terus… butuh perawatan yang ekstra agar YS bisa optimal…., coba om telusuri dulu penyebabnya nanti baru proses penyembuhan…..saya sudah bahas mengenai hal ini ditulisan terdahulu silahkan om cari….

  12. 16 ragil 6 September 2013 at 3:46 am

    Amiiinn…. Trmksh om sofyan. @om uphay: mau jawab msh blum brani om.msh pemula perlu bnyk blajar dr para senior.hehe….

  13. 17 ragil 5 September 2013 at 4:11 pm

    Memang bnr kt om sofyan,tdk mudah trnak knari.perlu sikap yg sigap dlm menghadapi smua proses,konsisten&perlu kesabaran ekstra.tp smua trbayar saat mghasilkan anakan kenari2 muda,kemudian membuat seseorang tertarik lalu membeli dr hasil kebun sndiri.dr hasil anakan insyaAllah akn sy kembangkan buat membeli indukan utk breeding kenari.itulah om buah manis dr ilmu yg sy pelajari diblog trcnta ini.inspirasi dr artikel2 om sofyan memotivasi sy utk lbh semangat tntg mengembangkan sbuah hobi.sukses slalu buat om sofyan.

    Mantap om, semoga ternak kenarinya lebih berkembang … aamiin….

  14. 18 Uphay 5 September 2013 at 10:00 am

    hayooo pada rajin baca… dan kalo udah pinter.. pada rajin jawab berbagi ilmu yah… heheheh

    mantap setuju sekali om…. mari kita bersama-sama cetak om Uphay-om Uphay lainnya hehe……

  15. 19 ragil 31 August 2013 at 1:36 pm

    Salut buat om sofyan.dr blog tercinta inilah sy belajar dan termotivasi tentang kenari,hampir smua artikel+coment2nya sy bc om.dr itulah terinspirasi bagi sy utk breeding walaupun msh kecil2an,tp alhmdlillah sdh membuahkan hasil.skali lg trimaksh buat om sofyan n para senior lain ats ilmu,waktu n tenaga buat berbagi dlm hobi kenari diblog trcinta ini.jayalah kenarimania indonesia.

    Om Ragil, justru saya salut sama om yang dengan sabar berusaha melalui jalan yang berliku penuh duri dalam menjalani dunia ternak kenari… hehe…. saya kan hanya menyampaikan, justru yang terberat melakukannnya …🙂

  16. 20 Ronny Hadi Saputra 30 August 2013 at 2:28 am

    absen ach

    upssss… ada pembesar mampir nech… terimakasih sudah mampir ke blog om…..🙂

  17. 21 widyantopurbo 29 August 2013 at 4:09 am

    absenn bos…
    dari mania Malang🙂

    Terimakasih atas kunjungannya om

  18. 22 Iwan 26 August 2013 at 4:09 pm

    Selamat mlm om,

    Keluar deh unek-unek nya…hehe. Tapi hidup harus tetap berjalan om, om Sofyan biarlah tetap menjadi yang setia membalas semua komentar/pertanyaan yang itu-itu saja…jangan menyerah. Pasti suatu saat akan berubah menjadi lebih baik.

    Siap om Iwan, insya Allah saya sudah menyiapkan diri akan selalu merespon komentar/pertanyaan yang diajukan rekan-rekan, anggap saja saya guru TK hehe… jika ingin meningkatkan pengetahuan ke yang lebih tinggi bisa bertanya atau mencari dari narasumber yang lain…. Dan untuk menjawab pertanyaan yang itu-itu saja membutuhkan kesabaran tingkat dewa hehe….. saya yakin tidak semua orang/narasumber akan dengan senang hati menjawabnya…..


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


