Kasus Pencurian………

yorkshire5Mas Bro and Mba  Sis….🙂  akhir-akhir ini kita dikejutkan oleh perampokan yang dialami peternak burung kenari di kota Malang. Kalau saya baca di link disini  kejadiannya sungguh tragis perampokan terjadi disiang hari dan peternaknya mengalami luka, beruntung masih selamat hanya mengalami luka kecil tetapi traumanya itu yang susah hilang. Saya juga pernah mengalami kecurian burung LB, sampai saat ini setiap mau jemur burung suka was-was terus…..(uppssss kenapa jadi curhat hehe…….) Ya sudahlah, insya Allah semua kejadian yang terjadi didunia ini tidak ada yang sia-sia jika kita mau belajar dari kejadian tersebut.

Setelah membaca mengenai peristiwa perampokan tersebut. Saya jadi ingat cerita temen  saya yang punya hobi tanaman Anggrek. Temen saya ini punya kios Anggrek di Lembang (Bandung Barat) sedangkan kebun Anggreknya didaerah Ujung Berung (Bandung Timur). “mas gak cape tiap minggu bolak-balik Lembang Ujung berung ?” tanya saya. “Cape sih tapi mau bagaimana lagi ?” timpal temen saya ini. “Sudahlah kiosnya dipindah aja kesini, kan disini banyak tuch kios-kios tanaman hias ?” balas saya. “Wah gak bisa, jangan sampai kebun dan kios berdekatan bila perlu orang kebun dengan orang yang jaga kios jangan sampai kenal” ungkap temen saya selanjutnya…..

Menurut teman saya itu, usahakan kebun jangan diketahui konsumen apalagi jika pemiliknya jarang hadir dikebun, karena dikhawatirkan ada konsumen yang nakal bekerjasama dengan orang kebun atau sebaliknya orang kebun yang nakal bertransaksi dengan konsumen tanpa sepengetahuan pemiliknya.  Selain itu dengan terpisahnya kebun dengan kios menghindari dari niat jahat orang lain seperti terjadinya perampokan. Kadang-kadang didalam kebun, temen saya ini menyimpan pohon Angrek yang istimewa, selain mahal perawatannya juga sulit sehingga jarang orang bisa memilikinya. Temen saya ini sangat selektif sekali dalam menentukan orang yang bisa masuk ke kebunnya…..

Kita kembali ke pokok permasalahan, sebagai hobis burung kenari kadang-kadang kita “ngarawu ku siku“ (serakah, pribahasa bahasa Sunda) mulai dari ternak sampai menjual burung kenari ke konsumen semuanya dilakukan sendiri dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar, tidak mau sharing keuntungan dengan yang lain. Kedepannya sepertinya kita harus mulai meninggalkan pola seperti itu sudah mulai memikirkan pembagian tugas dimana ada orang yang khusus ternak burung kenari ada juga yang kebagian tugas jualan. Seperti sudah saya kemukakan beberapa kali mengenai ternak burung kenari, indukan burung kenari seperti mesin produksi suatu pabrik, alangkah sayangnya jika pabrik sering dikunjungi orang lain. Dengan seringnya orang bolak-balik ke tempat ternak akan mengganggu ketenangan burung kenari, akibatnya bisa mengganggu produksi burung kenari.

Dan yang perlu dihindari adalah dari niat jahat orang lain, ketika pabriknya kerampokan untuk bisa berjalan kembali sangat sulit… harus mulai mencari indukan baru dan sifat indukan burung kenari beda dengan mesin suatu pabrik, jika mesin pabrik hilang diganti dengan mesin baru bisa langsung jalan, mengganti indukan burung kenari cukup rumit, harus mengenal karakter dari si indukkan. Dimana mengenal karakter burung kenari membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama.

“Terus bagaimana cara bagi-bagi tugasnya ?”  mungkin akan timbul pertanyaan dibenak rekan-rekan, ya Anda harus berusaha mencari partner, demi masa depan yang lebih baik Anda harus mau berusaha dengan cemungut, watak pengamen harus di buang jauh-jauh jangan setiap hari minta saran terus hehe…. Berita bagusnya om Uphay bersama rekan-rekan di Paguyuban Kenari Jabodetabek sedang giat-giatnya mengadakan kumpul-kumpul dengan hobis burung kenari. Di Paguyuban ini banyak pakar-pakar kenari yang dengan senang hati mau berbagi pengetahuan mengenai burung kenari, kalau ada waktu senggang coba ikut terlibat dipaguyuban  cari partner bisnis dalam paguyuban ………. Upssss kebanyakan….…… maaf tulisannya masih acak-acakan masih warming up, mohon do’a dan supportnya dari rekan-rekan agar saya bisa konsisten membuat tulisan di blog yang  tercinta ini….….

10 Responses to “Kasus Pencurian………”


  1. 1 eko nendro 24 October 2013 at 3:09 pm

    mas,perbedaan kenari af dengan kenari lokal apanya dari segi fisik dan suaranya?kira-kira bagusan yang mana?

    pembeda AF dengan lokal bodynya om kalau suara tidak menjamin, banyak kenari lokal yang suaranya bagus…..

  2. 2 ragil 12 October 2013 at 3:21 am

    Nah mungkin kelembapan kurang(udara kering) itu om yg mendekati.cara mengatasinya bgmn om?apakah sangkar disemprot lembut?trmksh

    dilingkungan sangkar aja dibuat lembab kalau lokasi kandang di halaman yang disemprot lantainya saja jangan nyemprot kandang dikhawatirkan kondisi kandang ternak terlalu lembab akibatnya jadi sarang penyakit….

  3. 3 ragil 9 October 2013 at 9:55 am

    Semoga om sofyan dan Om uphay sehat slalu. Amin… Mau tny om,cuaca sngat pnas,sy lht2 pny tmen bnyak yg gagal tetas.sy brusaha menyetabilkan suhu ruang trnak dan alhmdllah pd menetas.tp knp ya om kok anakan2anya ada yg kaki/jarinya pengkor?pdhl sblumnya n0rmal2 om. Mslah mineral/kalsium/vitamin sy rasa trcukupi.apakah faktor pnas bs mnjdi pnyebabnya om? Trmksh

    Aamiin…. Banyak faktor penyebab kaki pengkor bisa karena kelembaban lingkungan kurang(udara kering), kedekatan galur darah antara induk jantan dan betina maksudnya kawin silang antar saudara atau karena kekurangan nutrisi…. coba om perhatikan lagi yang paling memungkin faktor yang mana ?

  4. 4 ragil 27 September 2013 at 1:40 pm

    Turut prihatin om ats musibah pencurian ini,semoga tdk akn trulang lg.amiin… @om sofyan:smoga slalu sehat wal’afiat(amin..)dan semoga tidak bosen2nya berbagi ilmu tntg kenari kpd kami yg msh awam ini om….

    siap om Ragil, kenari sudah menjadi belahan jiwa jadi insya Allah tidak akan bosan ….🙂

  5. 5 reeant 19 September 2013 at 2:20 am

    hik hik hik….padahal cuman punya kenari dua pasang…lokalan pula(makanya malu kalo mo kumpul bareng om uphay)….kemalingan juga…heeih apes(tambah malu dah)……

    Om Reeant kenapa mesti malu ?, dulu sewaktu saya di Jakarta ada temen namanya om Iwan, beliau ternak kenari lokal hanya dengan 5 pasang saja hasilnya sudah lumayan…. dalam hal ini bukan masalah lokal atau non lokal (impor) tapi bagaimana mengelolanya. Dari pada demo minta kenaikan UMP lebih baik demo ternak kenari ke temen-temen ada nilai ibadahnya juga bisa menghasilkan uang hehe……

    • 6 Uphay 19 September 2013 at 7:07 am

      turut berduka om… btw, saya juga ternaknya lokalan kok om… ayo kalo ngumpul2 ikut ajah… undangan ada di FB “Paguyuban Kenari Jabodetabek”, malah ada yg cuma punya betina lokal 1 ekor mau datang kok om… hehehehhe. semangaaaatttt

  6. 8 Uphay 13 September 2013 at 8:11 am

    Wuaduh…. bisa ajah nih guru saya yang satu ini… setuju ajah deh kalau soal tempat ternak sebaiknya jangan semua orang tau.. heheheh.

    Kalau tidak setuju dipecat jadi murid haha…. (maaf becanda om), ini hanya sharing aja … sebetulnya banyak kiat yang bisa dilakukan dalam rangka menjaga hewan ternak kita …. seperti yang om Ronny kemukakan bisa hubungan dengan tetangga lebih dipererat sehingga bisa memutuskan rantai konspirasi perampok hehe….

    • 9 ronny hadi saputra 13 September 2013 at 8:44 am

      Sang guru merendah aja nich,tp mang skarang ini marak sekali pencurian burung om,1 lagi buat kicau mania di seluruh nusantara,agar kita selalu dekat n ramah dgn tetangga kita,agar secara tidak langsung bisa ikut menjaga momongan2 kita d rmh wkt kita tinggal bekerja……….

      siappp setuju sekali om….terimakasih atas sharingnya…..

  7. 10 ronny hadi saputra 12 September 2013 at 9:18 am

    Nice share,ingat kata bang napi……….
    Kejahatan ada karena ada kesempatan,jadi waspada kepada semua yang datang ke peternakan anda………

    Wah kalau sama Bapak yang satu ini sih rampok juga mikir seribu kali hehe…… terimakasih om sudah berkenan mampir…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: