Penyebab kenari senang tidur di sarang

day06Om…

sy punya kasus yg sama niy, kenari betina sy sudah anggrem disarang terus sekitar 10harian tapi disarangnya belum ada telornya, jd dia anggrem disarang tapi ga ad telornya..

itu kenapa ya om?

mohon pencerahan n saran nya om..

Trims

Pertanyaan yang sulit untuk menjawabnya saya juga punya pengalaman beberapa kali, namun pada saat itu saya tidak banyak berbuat apa-apa hanya sabar menunggu saja, kalaupun sudah lama belum bertelor juga saya coba betina yang sulit bertelor dikondisikan  beberapa hari kemudian pindah kandang ternak. Alhamdulillah berkat treatment yang saya lakukan beberapa indukan berhasil diternak kembali. Namun kalau berdasarkan kebiasan tanpa ilmu akhirnya hanya ilmu raba-raba hehe…. Beruntung kita punya pakar perburungan jadi saya coba BBMan dengan om Uphay, Alhamdulillah walaupun beliau sibuk tapi masih sempat memberikan pencerahan. Berikut saya tampilkan pencerahan dari om Uphay

Pertanyaannya diam terus disarang karena mau bertelor atau sudah kawin tapi tidak bertelor-telor  ?

Atau betina muda ?

Atau betina tua ?

Karena betina diam disarang cuman karena 2 hal, tidur atau mau nelor

Apakah sarangnya bulat bagus saat diam disarang ? atau hanya diam saja diatas sarang dan tanpa ada aktifitas membuat sarang ?

Hal terburuk adalah betina diforsir beberapa kali nelor kemudian tidak direkondisikan sehingga sehat, akhirnya hormone dan metabolismenya terganggu. Itu yang biasanya penyebab ngawin, ngeram namun tidak bertelur. Dan biasanya penyebab lainnya adalah masalah pencernaan. Kalau sudah sampai ada urat hitam diperutnya, sudah susah memperbaikinya.

Jadi kesimpulannya : ada beberapa hal penyebab betina begitu :

  1. Betina muda belajar ngeram
  2. Betina afkir.
  3. Betina hybrid (blaken dll)
  4. Pencernaan akut  yang belum tuntas.
  • Point 1,2 dan 4 biasanya dibiarkan sampai masa mabung dan direkondisi dengan rawatan optimal, bila kotorannya buruk, treatment pengobatan …. Biasanya kelar mabung baru bisa dipakai produksi.
  • Point 3, karena factor genetic jadi sampai saat ini belum bisa disembuhkan.

Last but not least perhatikan asupan mineral, karena kesehatan pencernaan merupakan penunjang keberhasilan dalam beternak burung kenari……

20 Responses to “Penyebab kenari senang tidur di sarang”


  1. 1 Fikripik 24 April 2015 at 12:05 am

    maaf mas mau nanya nih saya baru mau ternak kenari belinya satuan jadi belom jodoh,jantannya si keliatan udah siap ternak tpi yg betina masih muda tpi waktu penjodohan alhamdulillah mudah udah kawin beberapa kali trus juga udah bikin susuh bunder tpi kenapa tiap susuhnya udah bunder kadang dirusak lagi ya ? trus apakah kenari betina yg masih muda itu bisa bertelur ? terimakasih

    Itulah dinamika ternak burung kenari om, apalagi kenarinya masih muda/baru diternak banyak tantangannya….. sabar ditunjang hobi akan membuat kita tanggung menjalaninya…. mengenai ternak kenari silahkan om baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula dan ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan/#more-370

  2. 2 dadan 23 October 2014 at 12:59 pm

    slm knal om. mf sblmya. mw tanya KN Sy dh mau 1 bln msa penjodohan tp ko c betina ktika d dekati pejantan ko malah menghindar trs. mhn prtolonganya om.. mksi

    Om Dadan, kenari betinanya belum birahi, coba naikan dulu birahinya dengan pembelian telur puyuh dan jemur yang cukup untuk sementara jantannya dipisahkan dulu, suara kicauan jantan akan menaikkan tingkat birahi kenari betina….

  3. 3 stefani kirana 17 October 2014 at 1:52 am

    infonya sangat membantu bos! terima kasih bnyk


    sama2 om, maaf no. HP-nya saya delete ya om….., terimakasih

  4. 4 toko herbal online 1 October 2014 at 9:03 am

    ohhh jadi begitu tooo..
    wahhh terimakasih ya atas saran dan artikel yang telah di berikan sangat bermanfaat buat saya..

    sama-sama…..

  5. 5 JS 22 September 2014 at 10:11 am

    Hallo Om,mau tanya nih.!!!!

    1.Saya punya 4 pasang burung kenari, kenari-kenari saya mulai produksi/bertelur mulai bulan maret sampai sekarang dan menghasilkan lebih dari 40 anakan kenari. Di bulan september ini 2 pasang kenari saya lagi ngeloloh dan masing2 punya anak 4 ekor dan yang 2 pasang lagi baru mengeram 2 hari dan masing masing punya 4 butir telur. Kalau saya itung2 dari bulan maret sampai sekarang kenari saya udah kurang lebih 6 kali berproduksi.
    #Pertanyaan saya, apakah itu normal om???

    Satu kali saya coba memisahkan si betina dari si jantan dan ke 4 betina saya masukan ke kandang yg lebih luas.Awalnya sih baik2 saja, tapi setelah satu minggu saya pisah, malah kertas koran di bawah sangkar malah di acak -acak dan di bawa ke sana kemari sambil ngepak2an sayap dan terpaksa saya satukan lagi.

    Dan terakhir, gimana cara membedakan kenari jantan dan betina usia 4-5 bulan, apakah yg sering belajar ngoceh/rajin ngeriwik itu udah pasti jantan???

    mohon pencerahanya om.

    salam dari Belgia🙂

    Wahhh mantap om produktif sekali indukannya…. ada beberapa indukan yang produktif sehingga tidak ada waktu jeda untuk beristirahat bagi indukan tersebut, bagi indukan seperti itu untuk mempertahankan staminanya diberikan pakan yang bergizi di bantu suplemen (probiotik agar sistem pencernaannya baik dan multivitamin untuk menunjang kebutuhan vitamin yang tidak terdapat pada pakan harian) dan jangan dipisah dengan jantannya sehingga stamina si induk tidak drop karena harus mengurus anaknya. ada beberapa kiat untuk mempertahankan stamina indukan pada saat diternak, ketika betinanya mengeram si jantan dipisahkan dan dirawat secara optimal, masukkan kembali si jantan 3 hari setelah telor pertama menetas. Ketika anakan yang terkecil usia 5 hari induk besarta anaknya mulai dijemur untuk tahap awal tidak perlu lama-lama cukup 5 – 10 menit, ketika anaknya usia 21 hari (mulai keluar sarang) si anak dipisah dengan induuk betinanya sianak dirawat oleh Bapaknya. Semua kiat yang saya kemukakan diatas akan berjalan jika kita tahu karakter kedua induknya, karena setiap kenari punya karakter yang berbeda-beda. Indukan yang over protektif tidak bisa diperlakukan seperti yang saya kemukakan, terus ada kenari betina yang ketika mengeram dipisah dengan jantannya akan ngambek (tidak mau mengeram). Jadi tips yang saya kemukakan itu sebagai pegangan dan disesuaikan dengan karakter indukannya & yang tahu karakter indukannya hanya om sendiri melalui pengamatan dari tingkah laku indukannya….

    • 6 JS 24 September 2014 at 6:59 am

      Terimakasih om atas reply nya🙂

      Kalau untuk preventive nya tetep jalan kok om, dari kebersihan kadang, samapai pemberian probiotik,mineral,kalsium dan multivitamin 2 kali dalam seminggu.

      Kalau anakan kenari udah berusia kurang lebih 21 hari, rata2 indukan kenari saya udah sibuk nyusun sarang lagi om dan saya tidak pernah memisah si jantan dan betina selama bertelur dan mengeram. selama yg saya amati indukan betina selalu gelisah dan sering keluar sarang kalau di pisah dengan si jantan (takut telur pecah kalau sering keluar masuk sarang). ini aja 2 indukan kenari udah minta sarang baru om, tapi tidak saya kasih hehehehe kejam nggak sih om?

      Kalau untuk penjemuran, saya belum bisa lakukan om ya faktor cuaca juga sih, di sini lagi musim gugur ya jadi agak dingin om, kasihan kalau di taruh di luar..

      BTW, pertanyaan terakhir saya di atas belum di jawab om, mohon pencerahanya.

      sekalai lagi terima kasih om🙂

      om tinggal di negara 4 musim ya om ?, kalau dinegara 4 musim biasanya kenari akan berhenti bertelor/istirahat pada musim dingin jadi hajar aja om, indukan yang sudah minta serat dikasih saja nanti juga ada masa istirahatnya🙂 ,saya rasa pakan & nutrisi sudah sangat baik. Untuk membedakan kenari jantan & betina bisa lihat link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari salah satu tanda-tandanya kenari jantan rajin ngeriwik/bunyi pelan…..

      • 7 JS 26 September 2014 at 7:19 am

        Iya om, kebetulan saya tinggal di negara orang, yang mempunyai 4 musim. ini saya sudah saya kasih serat om, dan induk kenari betina sudah mulai menyusun sarang lagi. Sekali lagi terima kasih om atas info nya dan sangat membantu saya.
        terima kasih om🙂

        Alhamdulillah ada kenalan satu lagi dari luar negeri dulu pernah ada temen dari luar negeri namun sekarang terputus tidak ada kabarnya lagi….. semoga sukses ternak kenarinya om…..

  6. 8 Edi 20 September 2014 at 12:57 pm

    Mau nanya…ni kenari betina sy udh buat sarng bagus…apakh dia udh mau brtlur dan jantanya apkh hrus dpish

    om kondisi saat ini pasangan kenari tersebut masih disatukan ?, kalau dalam kondisi disatukan, tunggu sampai si betina bertelor baru jantannya dipisah…..

  7. 9 Sisca 17 September 2014 at 9:35 am

    Sore pak…. Saya msh newbie banget dalam dunia perkenarian…. Saya mau nanya pak, kenari cewe saya umur kurang lebih setahun, di perut agak samping terdapat garis hitam, seperti pembuluh darah, di deket kelamin nya jg ada, apa garis hitam ini yg membuat kenari susah kawin pak? Seperti yg bapak sebutkan diatas, karna kenari tsb sudah saya campur dengan jantan selama 3 hari, tp cewenya kabur2 trs tiap mau dikawin. Apa semua kenari cewe perutnya musti mulus ya pak? Mohon pencerahan nya pak…. Terima kasih🙂

    Dear mba Siska, apakah kenari ini masih dara/belum pernah kawinkan ? jika belum pernah kawin, harus melalui proses penjodohan, bisa baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula , ada tip sederhana untuk menjodohkan kenari dara kalau ada dijodohkan dengan jantan yang sudah pengalaman/pernah diternak sehingga proses penjodohannya lebih mudah. Biasanya proses penjodohan kenari dara lebih lama dibandingkan dengan kenari betina yang sudah pernah diternak.

  8. 10 qboy 10 June 2014 at 9:41 pm

    Om kenari ane tidur di sarang sudah 1bln lebih dan tdk adaa telur a
    Itu trjadi gra” serangan tikus om pas nelur 4 di serangg tikus dan yg jantannya wafat di serang tikus telur” ЛƔ∂ jg wafat
    Betinanya sudah tua jg tp dy yg selamatt dri serangan itu
    Apa yg hrus sy lakuin om sma kenari betina sy yg tidur di dlm sarang trus
    Sy kasih pejantan jg sepertinya tidak gairah

    Kenarinya trauma om untuk menghilangkan trauma agak susah, coba sangkarnya ganti yang baru sarangnya angkat biarkan kenari tanpa sarang ….kondisikan burung ditempat lain, dan diberi obat anti stress….

  9. 11 rizky 3 June 2014 at 9:08 am

    Om saya mau tanya kenari betina saya umur 5 bln + , tpi koq udah mau nelor ( kayak nya) soalnya saya liat betinanya sering masuk saranh kayak anggrem tpi belum dibuahi tapi sarang nya dlm kondisi tanpa serabut, trus saya kasi serabut nalah gak mau masuk sarang…
    Gmna solusinya ????

    Ketika kenari merasa akan bertelor dia akan menyusun sarang jadi mungkin belum mau bertelor sehingga ketika diberi isi sarang/serabut belum mau anggrem di sarang….. tunggu sampai selesai mabung ke 2 (umur 7 bulan ke atas)….

  10. 13 barra 27 March 2014 at 1:12 pm

    om mau tnya kenapa ya. burung kenari saya dah betelur sarangnya diacak2 apa bleh saya pegang telurnya dan sarangnya saya rapiin kembali.

    om Barra, telor burung kenari bisa dipegang, tapi isi sarangnya tidak perlu dibereskan oleh om, coba om perhatikan dulu penyebab induk betina ngacak-ngacak isi sarang, betinanya dipisah dengan jantannya atau tetap disatukan ?, kandang ternaknya dipindah-pindah atau tetap ditempatnya ? perhatikan nutrisi pakannya pada saat kenari betina bertelor kurangi makanan yang mengandung peningkat birahi seperti telor puyuh atau WGO (Wheat Germ Oil)…

  11. 14 nurdin 30 January 2014 at 6:25 am

    salam kenal om,,kenari saya udah berjodo kurleb 4-5 bulan tapi belum bertelor,saya sering tinggalin burungnya karna kerja jadi belum pernah liat burungya kawin, dan baru bulan sekarang yang betinanya udah sering diem di sarang namun udah hampir 3 minggu saya cek di sarangnya gk ada satu pun telurnya..kira kira kenapa yah om..solusinya gimana om..

    wah saya juga bingung harus nerangin bagaimana karena di artikel ini sudah dijelaskan secara tuntas berikut saya copas om
    Jadi kesimpulannya : ada beberapa hal penyebab betina begitu :
    1.Betina muda belajar ngeram
    2.Betina afkir.
    3.Betina hybrid (blaken dll)
    4.Pencernaan akut yang belum tuntas.
    •Point 1,2 dan 4 biasanya dibiarkan sampai masa mabung dan direkondisi dengan rawatan optimal, bila kotorannya buruk, treatment pengobatan …. Biasanya kelar mabung baru bisa dipakai produksi.
    •Point 3, karena factor genetic jadi sampai saat ini belum bisa disembuhkan.
    Last but not least perhatikan asupan mineral, karena kesehatan pencernaan merupakan penunjang keberhasilan dalam beternak burung kenari……

  12. 15 rezaariandi 27 December 2013 at 7:59 am

    Alhamdulillah om sudah sya kasih tissue Dan sudah bertelur 4 butir skarang sedang d erami telur’a tunggu 14hr y om kira2 kpn y kenari jantan’a bisa sya ambil Klw d ambil efek’a fatal Gak om soal’a msh sya satuin kn jantan’a

    silahkan baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari/#more-1106

  13. 16 rezaariandi 19 December 2013 at 2:37 pm

    Om sofyan/om uphay mau tnya nie kenari sya sepasang beli Dr teman pernah nelor 2 telur tp gagal umur kenari’a sudah mapan betina sudh 8bln jantan sdh 10 bln setelah sya beli Dr teman sya rawat sya jodohkan betina’a udh ngeleper2 sayap’a jantan’a pun nabrak2 jeruji 7hr Yg lalu sarang’a sudah bulat sya satukan sya pantau mereka kawin mulu tapi setelah 7hr ini ko Gak nelor2 jga y om knp y om/apa penyebab’a tidak mau bertelur mohon bantuan’a om terima kasih salam

    Inilah serunya ternak kenari gampang-gampang susah om, sudah dicoba diberi sobekan tissue/kapas ke dalam kadang ternak ?, kalau belum coba diberi sobekan tissue/kapas ke dalam sangkar ternak…..

  14. 17 rezaariandi 16 December 2013 at 12:48 am

    Salam kenal mas ahmad sofyan saya pemula nie di perkenarian mohon bimbingan’a dlm merawat kenari thx,,

    salam kenal juga om…

  15. 18 reeant 4 November 2013 at 2:19 am

    empuk kali yah om….. makanya seneng tidur disana.. masalahnya.. sarang itu juga kalo kelamaan kadang kala jadi sarang kutu juga om…

    betul om, kalau kelamaan di tidurin bisa jadi sarang kutu, ada cara tradisional untuk menanggulangi kutu disarang yaitu menyimpan tembakau di bawah isi sarang (antara tempat sarang & isi sarang)…..

  16. 19 ronny hadi saputra 30 October 2013 at 5:09 pm

    Nice sharing

    terimakasih om sudah mampir ke blog…..

  17. 20 budiman_retas@yahoo.co.id 30 October 2013 at 10:15 am

    Om Sofyan,
    Saya Budi tinggal di palembang…kalau boleh tau alamat..om dimana, sebab sy pingin main dan belajar cara ternak kenari, mungkin sekalian kalau ada indukan yg siap nelor..bisa berbagi dengan saya..wass

    Makasih
    Budi
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    Om Budi, salam kenal, mohon maaf saat ini saya belum punya alamat yang jelas maklum kontraktor sering pindah-pindah, kalau om ingin kumpul-kumpul bisa menghubungi om Fediyan ini no. HP yang bisa dihubungi 082178088333


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


