Wabah Penyakit Burung Kenari

merahlokal1Terduduk lesu di sudut ruangan kandang peternakan, mata nanar melihat ke sekumpulan burung kenari di kandang umbaran, rintikan air hujan diluar  menambah sendunya hati ini. Hampir sebulan lebih hati ini gelisah memikirkan burung kenari yang satu persatu menemui ajal. Yang membuat khawatir hampir semua burung terbaik mulai berjatuhan menemui ajalnya dengan cirri-ciri dari hidung keluar lendir. Pada saat itu semua permasalahan saya telan sendiri curhat ke istri malah diketawain (salah lu sendiri kenapa ternak kenari begitu kira-kira jawaban istri :( )

Serammmm…. Itulah pengalaman saya saat menghadapi serangan wabah penyakit yang tidak tahu penyebabnya dari mana, yang membuat bingung tujuh keliling adalah selama ini perawatan dan pemeliharaan  terhadap burung kenari sudah saya lakukan dengan cara terbaik. Pakan dan air minum saya ganti setiap hari tidak lupa tempat pakan dan air minum dicuci bersih bahkan saya punya 2 set tempat pakan dan minum. Buah, sayuran dan telor puyuh diberikan secara bergantian ditambah pemberian multivitamin seminggu sekali. Sangkar soliter (sangkar individu),tangkringan dan alas kotoran saya cuci 1 minggu sekali tak lupa kedalam air cucian saya tambahkan desinfektan.

Saya coba mengingat-ngingat ke belakang apa yang telah saya lakukan sehingga bisa terjadi kiamat seperti ini (hehe… lebay amat), saya coba teliti satu persatu apa-apa saja yang telah saya lakukan selama 2 bulan ke belakang. Saya merasa tidak ada kegiatan yang menonjol hanya kurang lebih 2 bulan yang lalu saya beli kenari dari pasar burung. Apakah si kenari pasar ini penyebab mewabahnya  penyakit di peternakan kecil saya ?, saya coba tanya ke mbah Google mengenai tata cara ternak burung kenari. Dari hasil pencarian ternyata ada 1 proses yang tidak kita sadari/terabaikan. Pengalaman saya dan mungkin rekan2 semua jika membeli burung kenari dari pasar akan langsung disatukan dengan burung kenari yang kita punya.

Ternyata apa yang saya lakukan  selama ini salah besar, menurut informasi ketika kita baru mendapatkan burung kenari langkah yang terbaik adalah burung kenari yang baru datang/beli untuk sementara dipisah beberapa saat sampai kita yakin bahwa burung kenari itu sehat. Dalam proses pemisahan (isolasi) ini kita pantau kesehatannya, pemberian multivitamin dan pola perawatan yang baik, setelah kondisi burung kenari prima baru disatukan dengan burung kenari kita. Proses tersebut diatas biasa disebut karantina. Proses karantina ini tidak hanya dilakukan pada burung yang baru dating tetapi bagi burung kenari yang terlihat sakit. Tujuan karantina yaitu mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit dari luar ke dalam wilayah peternakan kita. Tempat karantina diusahakan terpisah dengan lokasi kandang ternak, sehingga penyakit tidak menyebar ke burung kenari yang kita punya. Berapa lama proses karantina ?, menurut informasi dari para ahli minimal 2 minggu sudah cukup kalau belum yakin bisa ditambah 1 minggu lagi menjadi 21 hari.

Terus bagaimana kalau wabah ini telah menimpa seperti yang saya alami  ?

Pertama

Memilah kenari yang terlihat sakit dengan yang masih bugar, kenari yang masih segar bugar kalau bisa diungsikan ketempat lain, sementara kenari yang sakit diobati dan ditempatkan ditempat terisolasi dari burung kenari lain (kalau saran ahlinya sich harus di musnahkan tetapi jika tidak tega ya coba diberi obat). Hanya pada saat diungsikan usahakan jangan sampai berinteraksi dengan burung kenari lain (peternak lain) dikhawatir pada burung yang terlihat sehat tetapi membawa virus penyakit.

Kedua

Bersihkan kandang beserta perlengkapannya dengan cara dicuci, disikat dan disemprot anti hama, setelah dibersihkan biarkan kandang beserta perlengkapannya jangan dulu digunakan, 2 minggu kemudian kandang beserta peralatannya dicuci kembali. 1 minggu setelah pembersihan ke 2 kandang ternak baru bisa digunakan, biasanya masa hidupn virus sekitar 21 hari, jika selama 21 tidak kontak dengan binatang maka virus akan mati.

Ketiga

Setelah burung kenari mulai diternak lagi lakukanlah perawatan yang baik, pencucian kandang ternak dilakukan secara berkala, tempat makan dan minum dicuci setiap hari, pakan dan air minum diganti setiap hari, untuk EF (sayuran, buah dan telor puyuh) jangan sampai nginep(maksudnya sore hari EF dibuang).

Demikian sharing kali ini semoga sharing yang sederhana ini bisa bermanfaat, bagi sahabat saya yang sedang mengalami musibah (ternak burung kenarinya terkena wabah) semoga tabah menjalaninya insya Allah om akan bisa menanggulanginya tantangan yang sedang om jalani. Salam cuit cuitttttt………………..

20 Responses to “Wabah Penyakit Burung Kenari”


  1. 1 mobil datsun bandung 16 April 2015 at 9:25 am

    tips yang sangat bemanfaat,,thx

    terimakasih jika blog ini bisa bermanfaat…..

  2. 2 HOBI BURUNG 10 October 2014 at 4:03 am

    boleh nanya bagai mana yan mengobati kenari yang lumpuh…?

    om untuk kenari lumpuh pengobatannya cukup lama, karena kita harus tahu dulu penyebab kelumpuhannya, biasanya kelumpuhan disebabkan oleh beberapa hal seperti kekurangan nutrisi/gizi, perawatan kurang baik (jarang jemur/mandi, pada saat malam burung burung tidak dikerodong) dan yang merepotkan jika terkena virus. Jika karena faktor kekurangan gizi/nutrisi maka harus diperbaiki dulu gizi burung kenarinya sambil kakinya diberi/diurut minyak tawon ditempatkan ditempat yang hangat, yang mengkhawatirkan jika kelumpuhan disebabkan oleh virus pengobatannya harus melalui dari dalam menghilangkan virusnya saya lupa lagi nama obatnya tapi pemberiannya melalui suntikan. Barangkali ada temen yang bisa sharing mengenai pengobatan kelumpuhan….

  3. 3 toko herbal online 1 October 2014 at 9:01 am

    wahh karntin udh kaya orang aja yang mau ikutan audisi indonesin idol😀
    tapi memang betul juga sih, jika tidak seperti itu maka dampaknya burung yang lain akan terkena juga..
    terimakasih atas sarannya😉

    Mba Nika, bagi temen-temen yang ternak kenarinya mulai banyak tempat karantina sangat penting, karena kita tidak tahu kondisi kenari yang baru beli dan burung kenari rentan terhadap penyakit……

  4. 4 cara mengecilkan 26 August 2014 at 9:36 pm

    thanks udah berbagi informasinya..

  5. 5 JS 10 May 2014 at 10:36 am

    Hello Om, saya ada beberapa pertanyaan nih seputar burung kenari.:

    1. Kurang lebih satu bulan yg lalu saya beli kenari jantan warna putih di market,setelah sampai rumah betapa terkejutnya saya ternyata kenari jantan tersebut bermasalah,suara seperti ngorok(seperti ada lendir di tenggorokan). satu minggu saya karantina dengan memberikan obat dll, tapi nggak sembuh – sembuh. Satu hari saya jodohkan dengan kenari betina dan mau kawin, ke esokan harinya si betina sibuk buat sarang dan sekarang kenari betina sudah bertelur 3 butir . Pertanyaan saya, apakah penyakit kenari jantan tersebut bisa menular ke kenari betina, jika si jantan sering ngeloloh si betina?
    Penyakit pernapasan bisa menular ke kenari diskitarnya, apalagi terhadap pasangannya yang kadang-kadang saling meloloh… lebih baik jantannya disehatkan dulu om mengingat penyakit pernapasan ini cepat menular dan jika penyakitnya sudah kronis sulit penyembuhannya…..

    2. Om Saya punya kenari betina, hasil persilangan kenari spanish timbrado dan kenari gloster dan yg bikin saya stress si anakan kenari ini baru reproduksi setelah berumur 2 tahun. Pertanyaan saya, apakah ini normal om?????
    Wah di Belgia juga ada ya yang silang menyilang antar hybrid ? selama menghasilkan anak saya rasa normal saja om….

    3.Saya punya beberapa pasang kenari yg sudah mengeram, cuma bingung aja nih om, apakah tidak mengganggu indukan jika kandang- kandang resebut ingin di bersihkan???
    Membersihkanya kandang tidak perlu ekstrim (maksud sampai kandang di cuci) cukup membersihkan alas kandang dari kotoran, biasanya sangkar ternak kenari luar negeri sangat praktis kalau hanya membersihkan alas kandang saya rasa tidak bermasalah……

    4.Om saya punya kenari waterslager jantan, udah berkali kali kawin dengan kenari betina dan hasilnya terlur selalu kosong. Setelah saya cek dan cari info ternyata pen si kenari jantan pendek, apakah kenari jantan dengan pen pendek susah membuahi betinanya????
    Kalau ada kelainan pada pen biasanya ada 1 atau 2 kali yang berhasil namun jika semuanya kosong berarti bukan masalah di pennya tetapi si jantan infertil….

    5.Om saya ada kenari Gloster jantan. apakah jenis kenari gloster bisa di silang dengan kenari lain???
    Gloster bisa disilang dengan kenari lain, buktinya pada pertanyaan om di point 2, om sendiri punya kenari betina hasil silangan ST dengan Gloster

    Mohon pencerahaanya ya Om. salam kicau mania dari Belgia.

    Terima kasih.

  6. 6 iyanx 15 April 2014 at 1:33 pm

    terima kasih om sebelumnya atas saran dan ilmunya, memang blog ini super sekali😀 semoga amal ilmu om sofian menjadi berkah, saran dr om sofian sy laksanakn ditambah sy tumbuk kasar biji”an skrg sdh full bisa makan biji”an utuh, namun ada permasalahan yg lain om skrg KN nya mulai mabung bulu halusnya apakah normal om padahal umurnya masih 2bln3mnggu, satu lagi om sy ada KN blckred impor umr 1,5thn dri awal beli suaranya sudah serak seperti ada lendirnya sy sudah rawat 4bln dengan optimal sdh segala obat serak sy kasih tak kunjung sembuh tapi alhmdllh sdh 2x ngisi dan penyakitnya tidak turun ke anaknya.,maaf om bnyk brtnya sekali lg om sy mngucapkn bnyk trmaksh sdh berbagi ilmuny dan berkenan meluangkan waktu dalam segala kesibukannya,,,sukses terus kenari mania indonesia semoga suatu hari nanti akan mendunia,,amin🙂

    -mabung tidak masalah semoga dengan cepat mabung berarti cepat dewasa om… menyembuhkan penyakit serak agak lama om harus telaten apalagi si jantannya di jodohkan, kalau tujuannya untuk ternak saya rasa serak tidak masalah om selama pakannya bergizi dan perawatan baik insya Allah akan berhasil

  7. 7 iyanx 1 April 2014 at 1:36 pm

    assalamualaikum…, om gmn solusinya anak kenari sy gak suka makan biji-bijian, sukanya makan cede,t.puyuh,dan sayuran., kondisinya sehat lincah umur 2bln up, dari umur 7hr sy lolohin krna induknya tidak mau meloloh sampai 2sdrany mati makanya saya selamatin satu-satunya anak yg msh hidup dgn cra dilolohin sndri, trimakasih om

    belum terbiasa makan bijian om, untuk tahap awal CeDe, telur puyuh dan sayuran dikurangi sediakan bijian yang kulitnya mudah terkelupas seperti biji sawi dan millet sedangkan biji kenari direndam supaya mudah dikupas…..

  8. 8 eka wonosobo 10 March 2014 at 4:36 am

    Assalamualaikum Wr Wb,

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Oom Sofyan beserta teman2 doblok ini atas ilmu, pengalaman, saran dsb yang telah dibagi-bagikan, terima kasih Oom. kalo orang jawa bilang “lemah teles, Gusti Alloh sing mbales”.
    Oom, atas ilmu dari Oom tsb pasanagn kenari YS saya telah mulai produksi untuk perdana kali menetas tgl 7 maret kemaren. InsyaAllah akan saya beri ring dengan kode RAFA-ICBW (Indonsian Canary Breeder de Wonosobo) dengan nama ini saya berharap identitas breder kenari semakin dikenal, sukur2 kita dari peternak kenari di Indonesia bisa eksport (entah tahun berapa nantinya, semoga saja) jangan hanya impor melulu.

    Demikian dulu dari saya, maaf kalo ada salah2 kata.

    Salam kenari mania

    Wassalamualaikum Wr wb
    eka wonosobo

    Waalaikumslm, selamat om Eko semoga semakin sukses dalam beternak kenarinya….

  9. 9 cicicuit 19 February 2014 at 2:00 pm

    waduh mengancam banget nih penyakit pada kenari

  10. 10 jadug 11 February 2014 at 4:45 am

    om.. mau nanya.. sya bru blajar ternak knri.. tp tdk pny mntor.. jadi sy bljar dr refrensi diinternet sja..
    sya sudah 2 bln jodohkan knari.. tp kok blm kawin2 ya om..?? sdh bbrp kali kliatan jodoh.. tp brntem lg..
    jd sya gnti psangan’a.. tp stlh sy gnti.. jantan’a jd krg agresif.. (cuek sm betina’a)
    mohon masukan’a om.. sy sdh hmpir nyerah.. (kok mlh curhat)

    silahkan baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula/#more-345 dan https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan/#more-370

  11. 11 eka wonosobo 7 February 2014 at 3:26 am

    Assalamu’alaikum,
    Oom mau nanya lagi,
    salah satu kenari saya kaya agak malas ngoceh (jarang bgt, biasanya cuma pagi pas dijemur), ybs sering buka mulut (penjemuran normal, air minum selalu full), trus ada suara kaya serak2 gitu,
    Ngobatinya gimana Oom.
    jawaban sangat ditunggu agar ybs gacor maning.

    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum

    Waalaikumslm, kenari tidak kuat terhadap tiupan kencang pada saat menjemur jangan terlalu terbuka maksudnya usahakan penjemurannya ditempat yang kurang tertiup angin… pengobatannya coba diberi SuperN atau obat Napas, pada saat pengobatan sangkar dikerodong dibuka hanya pada saat pagi hari ketika dijemur setelah dijemur dikerodong kembali sampai kenari bersuara normal, jangan lupa jaga kebersihan kandang…..

  12. 12 eka wonosobo 29 January 2014 at 5:35 am

    Assalamualaikum

    Oom, kalo YS NB12 kuning stabilo siap ngawin ditawarkan dg harga 9.5jt pantas (wajar) gak ya?

    Nuhun,
    Wassalamualaikum

    Waalaikumslm, dunia hobi tidak ada batasnya jadi saya tidak bisa menentukan wajar atau tidak wajar… yang penting suka sama suka ….

  13. 13 budipurnama6969 25 January 2014 at 12:48 pm

    bos kenari saya kok suarane ngak bisa cuing cuing gtu yaa… �cuma ngeroll aja,padahal umurnya udah dewasa. trus kalo kenari matanya ngak bisa di buka knpa yaa?? apa da cairan gtu dlunya trus menyebabkan mata burung ngak bisa terbuka.

    kenarinya jenis apa om…??, kalau matanya tidak bisa dibuka jangan2 kenari penyakit snot …. coba baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2010/07/28/penyakit-snot/

  14. 14 eka wonosobo 24 January 2014 at 5:33 am

    Assalamuaialkum wr wb

    Oom saya ditawari pejantan YS inggris th 2012 katanya sih kawin ngisi, tapi ada katarak dimata kirinya. Yang saya tanyakan :
    1. Seberapa bahaya penyakit katarak pada burung (kenari) apakah bisa sampai menyebabkan kematian ?
    2. Seandainya tidak mematikan apakah bisa mempengaruhi produktifitasnya sebagai indukan ?
    3. Apakah penyakit ini menular (kemata kanan) atau kepada kenari lainnya ?
    4. menurut Oom kira2 aman gak beli burung indukan dengan kondisi seperti diatas ? mungkin dari sisi harga bisa jadi poin untuk nego dengan harga lebih miring.

    sekian dulu dari saya & terima kasih atas jawabannya.

    Waalaikumsalam, saya tidak merekomendasikan membeli burung YS katarak… penyembuhan penyakit katarak ini masih simpang siur, namun yang pasti sampai saat ini belum ada yang bisa mengoperasi lensa mata burung YS yang katarak… katanya bisa diobati dengan madu arab tetapi itu baru katanya…. saran saya lebih baik membeli harga mahal namun burung sehat dari pada beli murah burung dalam kondisi sakit….

    Wassalamualaikum wr. wb

  15. 15 Sobari 20 January 2014 at 12:55 pm

    Om kenapah yah kenari saya kaki nya tmbh kaya kutil ga tau apah.?
    Trus cara ngobatin nya gimna yah..?
    Makasih om

    silahkan baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2011/10/20/pemeliharaan-kaki-kenari

  16. 16 eka wonosobo 13 January 2014 at 4:13 am

    Oom, mau nanya

    apa benar kenari Yorkshire Jantan (yang ada di Indonesia) hanya bisa melakukan perkawinan selama 3x & setelah itu loyo (ndak bisa ngawin / bisa ngawin tp infertil) ?
    Jawaban Oom benar2 saya tunggu (eh kok jadi maksa ya), sebagai bahan referensi sebelum saya beli jantan YS untuk coba saya ternakkan.

    terima kasih atas penjelasannya

    itu pitnah (maklum orang sunda jadi tidak bisa ngomong F) hehe….. YS jantan bisa diternak sampai usia lanjut, kenapa setelah 3 kali tidak produktif lagi ?, karena kita tidak tahu pola perawatan di luar negeri (negara asal kenari YS diternak). Penanganan kenari Yorkshire memang tidak semudah penanganan kenari lainnya dengan postur tubuh yang besar membutuhkan pola perawatan yang lebih intensif seperti sudah saya ulas di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2010/05/24/penanganan-yorkshire-macet/#more-777

    • 17 eka wonosobo 15 January 2014 at 4:18 am

      Assalamualaikum

      Terima kasih oom atas penjelasannya jadi lebih mantap (ndak pake f……) he..he..he.. & jangan bosen kalo saya jadi lebih sering nanya lagi

      Wassalamualaikum

  17. 18 baharudin 3 January 2014 at 3:47 am

    ngeri mas penyakitnya

    dicoba dulu mas tipsnya
    semoga membantu🙂

    sepppp….

  18. 19 bayu 26 December 2013 at 2:04 am

    Sabarr om ini ujian dari ALLAH. Semoga bisa kembali ternak dan burungnya sehat semua. Btw kenari ane baru beli seminggu lepas om….sedih dah uang ane terbang…..salam kicau mania

    siap om, terimakasih…. kenari lepas bagi hobis kenari sudah biasa om, insya Allah om akan mendapatkan penggantinya yang lebih baik…..

  19. 20 ronny hadi saputra 24 December 2013 at 11:49 am

    Turut berduka om…….
    Senasib juga ternyata……..

    terimakasih om Ronny, waduhhh kejadian yang saya alami menimpa ke peternak sekaliber om….?…. semoga om juga bisa menemukan cara penanggulangannya…. kalau sudah menemukan penanggulangannya tolong share ke kami om, terimakasih….


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


