Galaunya Peternak Kenari…….

burungkenari2Akhir-akhir ini banyak pertanyaan masuk mengenai perkembangan dunia perkenarian. Dibiarkan terus lama-lama panas juga nich kuping hehe….. mudah-mudahan tulisan singkat ini bisa membantu dan menjadi pencerahan bagi kita semua. Perlu kita ketahui tren penurunan harga tidak hanya terjadi pada burung kenari, namun hampir semua bidang mengalami penurunan, yang trennya meningkat mungkin hanya korupsi dan tekanan darah hehe…..

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216) maaf saya cuplik sebuah ayat dari AlQur’an sebagai kitab suci agama saya. Mungkin kita tidak nyaman dengan kondisi saat ini harga burung kenari turun meroket ketitik terendah, harga burung kenari local hanya dihargai Rp. 100,000. Dalam kondisi seperti saat ini saya akan sharing 3 hal yang bisa kita lakukan yaitu : Merenung, upgrade materi dan lebih meningkatkan pengelolaan uang.

Hal pertama mengenai merenung, saat ini merupakan saat yang tepat untuk merenung. Coba kita renungkan kembali tujuan dari ternak burung kenari, apakah tujuan kita mengejar materi, mengejar rasa kepuasan ketika berternak atau mencari kegiatan diluar pekerjaan dll. Jika tujuannya baik dan menurut Anda, kegiatan ternak burung kenari banyak manfaatnya bagi kehidupan. Kegiatan ternak burung kenari bisa dilanjutkan. Namun sebaliknya jika ternak burung kenari malah menambah musuh, meningkatkan tekanan darah saya rasa lebih baik tinggalkan ternak burung kenari karena kesehatan anda lebih penting. Kondisi sulit menjadikan salah satu media seleksi alam yang ampuh dalam menentukan hobis sejati🙂.

Hal kedua mengenai upgrade materi ternak, selain harga turun cukup dalam juga banyak peternak-peternak yang mulai menjual materi ternak. Kini saat yang tepat untuk upgrade indukan. Selain harganya kompetitif juga banyak materi bagus yang dijual dipasaran. Dalam beternak kita tidak hanya senang ketika indukan menghasilkan anak atau menjual hasil ternak, namun ada yang lebih baik lagi yaitu menghasilkan burung kenari dengan kualitas yang baik. Kualitas disini bisa saja kualitas suaranya yang baik atau mempunyai postur yang mantap…. Peternak pembelajar adalah peternak yang kualitas produknya meningkat. Untuk menghasilkan produksi yang kualitas jempolan dibutuhkan indukan yang jempolan.

Hal Ketiga mengenai managemen keuangan, dari kejadian saat ini kita belajar bahwa kita butuh dana cadangan untuk operasional ternak burung kenari . Kalau nanti harga kenari mulai merambat naik, sisihkan sedikit keuntungan, simpan dalam bentuk tabungan, deposito atau kalau ingin hasilnya lebih bagus dapat diinvestasikan dalam bentuk reksadana ataupun saham. Dengan adanya dana cadangan ketika harga kenari turun kita bisa mengambil biaya operasional dari tabungan atau hasil investasi reksadana.

Dari ketiga hal tersebut bisa diambil kesimpulan dalam kondisi harga burung kenari turun drastis kita tidak harus ngomel-ngomelin batu akik, karena bukan hanya batu akik yang membuat harga burung kenari turun tetapi banyak factor seperti daya beli masyarakat yang turun, waktu idul Fitri bertepatan dengan tahun ajaran baru sekolah dll. Daripada ngomel-ngomel lebih baik merenung, introspeksi diri apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan gairah khazanah perkenarian. Saya mempunyai kenyakinan jika diantara kita kompak saling bahu membahu, saling tolong menolong, insya Allah dalam beberapa bulan kedepan dunia perkenarian akan cerah….. salam cuittt..cuitttt…..

7 Responses to “Galaunya Peternak Kenari…….”


  1. 1 om yunior 29 February 2016 at 10:14 am

    saya masih ternak kenari sudah terlanjur mendarah daging mencintai kenari

  2. 2 om yunior 29 February 2016 at 10:11 am

    lama tidak mengunjungi blog ini, ayo om sofyan bangkit

  3. 3 hendradiadhi 23 August 2015 at 1:12 pm

    om mau dong bakalan kenari jawara nya🙂 biar tenar lagi om kenari jawara nya hahaha alamat dimana ya om

    Om Hendra, saya belum punya kenari jawara masih berhitung dengan kebutuhan dapur…. walaupun kondisi harga burung kenari turun, burung jawara harganya tidak turun…. saya tinggal di Palembang, alamatnya tidak pasti maklum di Palembang tinggal dirumah kontrakan jadi alamatnya berubah2 terus om…..

  4. 4 andyAura 16 August 2015 at 10:37 am

    sangat sepakat dgn kutipan ini . . .

    “Hal pertama mengenai merenung, saat ini merupakan saat yang tepat untuk merenung. Coba kita renungkan kembali tujuan dari ternak burung kenari, apakah tujuan kita mengejar materi, mengejar rasa kepuasan ketika berternak atau mencari kegiatan diluar pekerjaan dll. Jika tujuannya baik dan menurut Anda, kegiatan ternak burung kenari banyak manfaatnya bagi kehidupan. Kegiatan ternak burung kenari bisa dilanjutkan. Namun sebaliknya jika ternak burung kenari malah menambah musuh, meningkatkan tekanan darah saya rasa lebih baik tinggalkan ternak burung kenari karena kesehatan anda lebih penting. Kondisi sulit menjadikan salah satu media seleksi alam yang ampuh dalam menentukan hobis sejati🙂.

    semangatttt 45 (y)

  5. 5 samuel handoko 15 August 2015 at 11:07 am

    Sip ulasanan.harga indukan yg kwalitas bagus berapa?kalau boleh pin bb atau no hp.maturnuwun.

    saat ini saya belum jual burung om, peliharaan hanya untuk menyalurkan hobi dan sebagai bukti bahwa saya hobis kenari abadi hehe….. kalau ingin sharing mengenai kenari di blog saja om, BB maupun HP jarang direspon, terimakasih…..

  6. 6 Uphay d52 15 August 2015 at 9:59 am

    Hahaahahah…. Suhu nulis lagi….. Plus satu lagi om, petuah om yg slalu saya ingat… “Yg namanya hobby itu bikin seneng hati, kalo ga seneng hatinya berarti hobbynya salah”… Heheheheh.. Naik turun itu biasa.. Yg ga biasa itu yang berani bertahan di lesuhnya usaha ini.. Seperti Karang yg tegar berdiri walau selalu ditampar sang ombak…. Loh…!!!!

    lagi belajar nulis lagi om setelah vakum hampir 1 tahun…. yang membuat bertahan adalah adanya rasa cinta terhadap peliharaan, beda dengan yang biasa bakulan ketika isi bakulnya kurang menguntungkan menjadi stress karena takut bakulnya rugi hehe….

  7. 7 widyantopurbo 12 August 2015 at 2:27 am

    Alhmdulillah.. senang sekalii om🙂
    Bisa ada tulisan ny lagi..
    Setuju-selalu optimis

    :Salam Satu Jiwa:
    @Singosari

    om Widyanto, apapun yang kita hadapi harus di jalani dengan optimis….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: