Anak Kenari Merah

kenarimerahSetelah dipelihara selama 5 bulan akhirnya bisa menghasilkan anak pertama yang berhasil netes sampai usia 7 hari dan sudah dipasang cincin, mudah-mudahan bisa hidup sampai besar sehingga apa yang saya janjikan di link ini

https://burungkenari.wordpress.com/2009/07/22/kenari-merah-lokal/ . Saya ingin merekam bagaimana perkembangan anak kenari merah dari kecil sampai besar dan sampai punya anak.  Saya tidak bermaksud apa-apa hanya ingin merekam jejak bagaimana perkembangan  warna merah yang disebut dengan kenari merah. Sejak  saya ambil dari temen sampai saat ini warna merahnya semakin merata dan semakin pekat tetapi tidak sepekat warna merah impor. Perawatan harian disamakan dengan kenari lain yang bukan warna merah, sampai saat ini saya belum menggunakan makanan atau obat-obatan untuk meningkatkan warna merah, menurut beberapa sumber untuk meningkatkan warna merah bisa diberi wortel, cabe merah atau buah bit…..

Sebetulnya anak ini merupakan tetasan kedua, untuk anak tetasan pertama usianya tidak sampai besar hanya sampai usia 3 hari anaknya mati semua. Inilah keunikannya beternak kenari baik peternak senior maupun junior setiap ada pasangan baru harus belajar lagi mengenai karakter dan sifat kenari calon indukan. Yang menjadikan peternak sukses bukan karena senioritas tetapi hanya kesabaran dan ketelatenan dalam mempelajari karakter kenari. Saya pernah mendapatkan indukan kenari yang karakternya sangat jelek setiap anaknya keluar sarang bulu mudanya selalu habis dicabutin indukannya. Ada indukan yang super protective dimana setiap ada orang lewat indukannya sangat ketakutan langsung mendekam kedalam sarang akibatnya setiap punya anak tidak pernah sampai besar karena terinjak oleh induknya. Ada indukan yang jika jantannya diambil tidak mau mengeram atau meloloh anaknya karena si induk betina akan mencari jantan.

Belajar dari kenyataan diatas bagi anda yang baru mulai belajar ternak jangan takut untuk memulai beternak karena semua peternak akan mengalami kejadian seperti anda…. Anda hanya harus belajar sabar dan telaten dalam merawat dan memahami sifat kenari… Yang harus anda camkan mulailah dari kenari lokal dan sudah siap ternak, kenapa saya menyarankan kenari lokal dan sudah siap ternak dengan beternak kenarin lokal dan siap ternak biaya lebih murah dan waktu yang dibutuhkan sedikit…. Pengalaman saya dulu diawal memelihara Yorkshire sering deg-degan karena takut mati juga kepikiran ngebohongin istri harga 1,25 jt bilang sama istri cuman 150 rebu hehe…….. maaf jangan dicontoh kalau sifat yang jelek. Selanjutnya untuk amannya gunakan induk betina yang masih dara/belum pernah diternak, karena kalau membeli induk betina yang pernah diternak takutnya mempunyai karakter atau sifat yang jelek seperti yang saya ceritakan diatas…..Demikian dulu selamat menikmati foto-foto anakan yang baru menetas…

kenarimerah1

Anak kenari merah usia 7 hari

kenarimerah2

Akhirnya ring no. 30 dan 31 FF terpasang juga …??….. hehe……..

merahlokal1

 

Yang ini Bapak dan Ibu- nya sedang bergaya……..

kenarimerah4

Jantan

merahlokal4

Betinanya

Foto dibawah ini……, Foto RI momongan om Redmoz (Firman)

merah_firman

merah_firman1

Anak kenari merah usia 4 bulan

anakmerah

94 Responses to “Anak Kenari Merah”


  1. 1 opan 6 February 2015 at 3:01 am

    om saya punya knari dan skarang sudah bertelor 9 biji,yang saya tanyakan adalah bagaimana memberi makanan biar burung nya tetap pit dan sehat

    uppppssss….. telurnya banyak sekali om, ini dalam waktu 1 periode atau 2 periode ?, jika dalam 1 periode coba cek pasangan kenarinya om……pemberian makanan sama seperti biasa om….

  2. 2 JS 3 June 2014 at 8:16 am

    Hallo Om,

    Saya ada kenari betina bertelur 7 butir,sudah 5 hari ini si betina mengerami telurnya. Pagi tadi saya cek ke 7 butir telur tersebut dan ternyata isi semua. Pertanyaan saya apakah si betina dan si jantan mampu merawat anak sebanyak itu,seandainya 7 butir telur itu menetas semua.

    Mohon pencerahanya ya Om

    salam 🙂

    insya Allah bisa asal jantannya jangan dipisah dan makanannya terutama telor rebus jangan sampai kosong, kalau om sempet sehari 2 kali diberi telor rebus…. hanya yang riskin anak yang no. 5,6 dan 7 perbedaan waktu menetasnya agak jauh sehingga kalah pada saat rebutan makanan, itulah fungsinya si jantan yang akan merawat anak-anaknya yang paling kecil……

  3. 4 moren 28 May 2014 at 8:34 pm

    om mau tanya saya punya kenari cewean bon, usia sekitar 10bln saya jodohin sama kenari loper knp saya campurin g ada reaksi ya, padahal yg cowo udah bisa ngebuahin kenari yang satunya
    tapi saya campurin sama yg bon malah g ada reaksinya
    mohon penjelasannya om
    terimakasih….

    jantannya sudah dalam kondisi birahi om ??….., kalau tidak berantem biarkan saja nanti kalau sudah ingin kawin akan kawin sendiri….

  4. 5 goes 27 March 2014 at 3:05 am

    kalau saya sih selama ini ternak enggak pernah dipisahkan dari induk jantan selalu di satukan yg saya amati selama ini peran jantan sering membantu betina kasih makan malah anaknya sehat dan besar pas sudah bisa makan sendiri baru saya keluarkan anaknya,yg saya tahu hewan juga butuh pasangan hidup jadi berpasangan gitu hehehee

    Saya setuju dengan pendapat om Goes, namun ada juga orang yang mengejar produksi dan effisiensi maka berkembanglah pola poligami hehe….

  5. 6 ade nur 18 March 2014 at 2:17 pm

    terima kasih atas sarannya om sangat membantu sekali…
    ngomong” kenari merah dimana ya om bisa saya dapatkan
    saya pingin jg punya knari merahnya

  6. 7 ade nur 18 March 2014 at 2:15 pm

    terima kasih atas sarannya om sangat membantu sekali…

  7. 8 ade nur 13 March 2014 at 6:33 am

    kl dibilang telur sisa saya liat lg kmrn 1 lg pecah ada anaknya didalem telur itu dan saya jg tidak memisahkan si jantan selama siinduk mengeram apakah telur itu hasil dari sijantan pas kebetulan siinduk mengeram ya om.
    kebetulan nyisa tinggal 1 lg tuh telur dan si jantan sudah saya pisah jg
    apa telurnya saya goreng aja ya
    abis gemes liatnya
    kl saya campur lg jantannya takut sianak ditelantarin nantinya(g dikasih makan)
    soalnya saya g berani buat ngambil anaknya takut g bisa ngasih makan….

    Kalau ada indukan lain yang sedang ngeram lebih baik telor dipindah aja om, karena kalaupun netes akan kalah bersaing dalam berebut makanan dengan kakaknya sehingga si bungsu lama besar (kontet)…..

  8. 9 ade nur 10 March 2014 at 9:57 pm

    alhamdulillah om akhirnya kenari saya sudah ada anaknya tapi yg jadi masalah
    cerita dikit ya om:
    maaf sebelumnya entah sedih entah seneng campir aduk senengnya: saya pemula tp berhasil ternakin kenari biarpun anaknya cuma 1 sbetulnya 2 keinjek induknya jiun1 dan saya orangnya penaSaran saya selalu liat aktifitas indukan saya liat pas ngeram cuma ada 2 telur, sampe netes g ada telur lg, nah
    sedihnya: begitu sudah netes semua, kok si induk ngluarin telur 2 lagi om saya jg herman(heran maksude)
    nah yg jadi masalah si induk g mau ngeramin telur yg 2 itu si induk malah asik ngobrol terus sama anaknya,
    minta solusinya dong om biar siinduk g asik ngobrol terus sama anaknya apa anaknya saya culik biar siinduk mau ngeramin telur itu apa gmn
    mohon batuannya om saya sedih liat kelakuan si indukan terimakasih….
    maaf ya om kepanjangan ceritane

    telor yang keluar setelah telor terdahulu menetas biasanya telur sisa, jadi ikhlaskan saja telor yang keluar belakangan untuk dibuang om…. kedepannya pada saat induknya akan bertelor coba diberi pakan yang berkualitas dan perawatan diperhatikan….. saran saya ketika indukan sedang mengeram jangan terlalu sering dilihatin supaya induknya bisa tenang mengeram atau merawat anak…..

  9. 10 Erika 8 March 2014 at 8:45 am

    kenari R I impor bisa diternak ndak?

    bisa diternak…

  10. 11 ade nur 14 February 2014 at 9:53 am

    assalamualaikum…
    om mau tanya lg kenari udah gacor usia 6-7bulan tp yg jadi masalah suaranya pendek bgt hanya sekitar paling lama 4detikan minta solusinya om biar kenari saya suaranya bisa lebih panjang terimakasih..

    Waalaikumsalam, biasanya kenari usia 6 bulan belum mabung kedua… nanti setelah mabung kedua suaranya semakin keras dan bertambah panjang, selain bertambahnya usia faktor penambahan panjangnya suara burung kenari ditentukan oleh faktor pola perawatan dan faktor genetik (turunan). Yang menjadi pertanyaan bagaimana tipikal suara kedua induknya, kalau induknya bersuara panjang insya Allah anaknya sebagian besar bersuara panjang walaupun tidak menutup kemungkinan ada anak yang suaranya pendek….

    • 12 ade nur 17 February 2014 at 5:17 am

      tp suaranya udah sampai ketahap kristal om dan suaranya jg kenceng
      ya tp itu td hanya bertahan beberapa detik saja…

      mungkin tipikalnya memang pendek kali om, yang bisa dilakukan sering-sering menempatkan di kandang umbaran tapi tidak bisa menambah panjang secara signifikan hanya bisa menambah beberapa detik saja…..

  11. 13 ade nur 11 February 2014 at 4:48 am

    assalamualaikum
    saya pemula ternak kenari om
    jujur ini baru pertama kali saya mau ternak
    mau tanya kandang ternak sayakan menggunakan kandang biasa, baiknya ditutup samping”nya apa di biarkan tidak tertutup
    mohon pencerahannya
    terimakasih….

    silahkan baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula/#more-345 dan https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan/#more-370

  12. 14 fajar cahyono 16 November 2013 at 4:36 pm

    Di mana bisa beli cathaxanthin dan beta-carotene?

    mohon maaf saya belum bisa bantu menunjukkan tempatnya om….

  13. 15 alexs 4 November 2013 at 6:41 am

    bukan merah itu omm,,yg asli merah umur anakan umur 2 bln sudah merah tapi belum terang masih pucat,,tapi ada juga warna kuning pucat waktu anakan,,setelah rontok bulu ,,jadi merah,,tergantung faktor keturunanya,,oh ya ,,ada tip nih untuk pecinta kenari,,biar anakan cepat bunyi,,jemur anakan di pagi hari anatara jam 7 ampe jam 8,,cukup sediakan minum sewaktu penjemuaran,,setelah di angkat sambil di angin anginkakan,,beri makan milet seperti pada umumnya,,dengan porsi 50%campur 50%biji sawi,,jangan lupa sediakan telor tapi jangan terlalu banyak,,hasilnya sy punya anakan 45 hari sudah rajin ngriwikkkk,,yg 2 bulan sudah mualai kerass,,selamat mencoba

    terimakasih atas tipsnya om, saya sudah kemukakan di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/07/22/kenari-merah-lokal , saya tidak mau berpolemik mengenai merah atau bukan, terimakasih……

  14. 16 alexs 4 November 2013 at 6:28 am

    nimbrung dikit,,betulk kenari di atas,,,bukanlah merah tapi oranye,,aku ada tip nih buat yg punya anakan biar cepat ngeriwik,,,jemur burung di pagi hari antara jam 8 ampe jam 9,,waktu penjemuran cukup sediakan minum,,setalah di angkat baru di kasih makanan seperti biasa,,tapi perbanyak biji sawi,,wuhhh hasilnya brooo,,,aku punya anakan umur 45 hari sudah ngriwikkkk,,,yg 2 bulan sudah mulai keras,,,selamat mencoba,,asli tanpa rekayasa

  15. 17 agata 16 October 2013 at 2:53 pm

    megenai cerita diatas memang benar karakter burung indukan kenari memang berbeda beda ,jadi seandainya kita beli indukan jangan lupa tanyakan karakter /kebiasaan cara perawatanya ,,,,,

    setuju sekali om…., terimakasih atas sharingnya…..

  16. 18 yuyun 4 October 2013 at 4:38 pm

    Om kl yang spt gambar diatas apa warna bulu bagian dalamnya sama dgn bagian luarnya, saya belum paham benar. ditunggu jawabannya ya. trims

    bulu dalam sama dengan bulu luarnya tante…..

  17. 20 denikurniawan 27 January 2013 at 2:37 pm

    saya pnya sprti itu tp orng blng orange kty

  18. 21 Jejen suparman 10 August 2012 at 12:54 am

    om..gimana caranya supaya suara kenari keras. makasih Jejen puncak

  19. 22 arief 9 August 2012 at 10:10 am

    Salam knl,.saya perkenalkan diri dulu,. Saya pemula ternak kenari dari jayapura papua,..om saya mau tanya,.. Kalau jantan setarblu betina kuning,.anaknya bisa jd merah gak?

  20. 23 salman al~afghanie 22 May 2012 at 3:50 am

    Om saya punya kenari merah jantan,,,,gimana kalau di silangkan dngan kenari betina ijo,,,,,bagus ga om hasilnya!!

  21. 24 red_canary168 18 May 2012 at 3:18 am

    ass,wr,wb……sangar pol kenarine. barapaan hrganya Om????
    aku baru beli 550rb,umur 3 bln.
    kemahalen apa ndak?

  22. 25 wengq 11 May 2012 at 2:17 am

    Juragan berepa harga sepasang indukan kenari merah

  23. 26 Doyok 18 April 2012 at 6:08 pm

    wah seru bnget nih baca-baca obrolan di atas.
    aslmmualaikum…..
    om mo ikut nimbrung nih,soalnya da dikit unek2,,,,!!!
    saya punya 3 pasang kenari tapi tiap netes anakanya pada mati semua…
    klo pakan untuk kenari yang sedang nyuapi anaknya dari umur 1 hari sampai 1 bulan apa ya om,dan ga boleh di kasih apa aja…

    Om bisa cerita penyebab matinya anak kenari ??… karena ada beberapa faktor penyebab anakan mati, bisa induknya masih muda, indukan tidak pandai mengasuh anak, lingkungan ternak kurang nyaman bagi indukan atau bisa akibat kita sering ngintipin induk yg sedang ngasuh anak akibatnya anaknya mati karena siinduk terlalu melindungi anaknya (over protective) …. wassalam

  24. 27 @^onik 29 January 2012 at 9:06 am

    lm knal nh dri indrdmayu.nimbrung.sy pnya knri mrh 2 jantan,sy pgn nernak,lg cri btina.ad yg bs bantu ga.bleh hu ke 087828999180.bravo kenari mania..

  25. 28 doddy 20 January 2012 at 2:21 pm

    aslkm. salam kenal pada semua, saya sedang nyoba nernak, asalnya ga punya burung, satu hari ada burung ke teras seperti kelaparan lalu saya tangkap dan beli sangkar, ternyata suaranya bagus sekali, lalu saya beli betina dara dari teman, sekarang setelah mungkin empat bulanan beranak dari induk yang satu netas satu dari yang ke dua netas tiga tapi satu mati. Sekarang saya jadi ingin benar benar ternak, bagi info dong untuk betina yang bagus dan jangan terlalu mahal he he he

  26. 29 Dejavu 30 December 2011 at 4:50 pm

    Om sofyan ,jumpa lgi om,sy udah lmayan bsa nie ternak knari mrah,maksih saran untuk sabar dlm ternak knari,alhamdulilah sy udah bsa produksi anakan knr merah dng kwalitas yg lbih baik drpd gmbar diatas.dan tnpa pigmen(wortel,paprika,dll) sama skali. skali lgi makasih om wasalam

  27. 30 Dejavu 30 December 2011 at 4:48 pm

    Om sofyan ,jumpa lgi om,sy udah lmayan bsa nie ternak knari mrah,maksih saran untuk sabar dlm ternak knari,alhamdulilah sy udah bsa produksi anakan knr merah dng kwalitas yg lbih baik drpd gmbar diatas..skali lgi makasih om wasalam

    Sama2, semoga ternak kenarinya sukses om. wassalam

  28. 31 Dejavu 30 December 2011 at 4:39 pm

    Om2 dan agan2 smuanya sya ternak knr mrah di bndung utara tpatnya di sarijadi klo ada yg minat anakan knri mrah,boleh hub sy di 02292983554,klo mw liat sample di fb sy donyde_javu@yahoo.com..trims,non pigmen pakan kiloan,.trims

  29. 32 febro 20 December 2011 at 5:26 am

    Mas Sofyan…1,25 jeti jadi 150rb?..harusnya yang bener itu 1,25 jt jadi 125rb..masalahnya saya beli yg 1.5 jadi 150 rb hahahahaha….

    salam
    febro

    Om Febro, istri saya tahunya harga kenari itu sekitar 150 rb jadi yach saya bilang harga segitu, tetapi sekarang saya gak pernah bohong ke istri kapok om kenarinya jadi aneh-aneh, ada yang mati, ada yang gak pernah sehat-sehat ada juga yang mandul. 😦 wassalam

    • 33 upik 30 December 2011 at 5:06 pm

      bener om,, jadi aneh-aneh, anakan RI 2 bulan mati mendadak, 3 hari kemudian kandang induknya jatuh, burung kabur entah kemana….kapok..kapok…

      wassalam,

      Mungkin itu yang namanya rejeki tidak berkah ya om ?… dengan berlaku jujur insya Allah hati lebih tenang dan ternak lancar hehe…. wassalam

  30. 34 Tedy Murdock 18 December 2011 at 2:39 pm

    sya bingung dngan kenari merah k’bnyakan orng bilang yg kya d atas d blang wrna sunkis merah,soalnya sya pnya wrna kya gt d blang orng sunkis merah,jdi yg mna yg bnar???

    Di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/07/22/kenari-merah-lokal Saya sudah kemukan bahwa warna merah ini masih menjadi perdebatan, kalau saya pribadi lebih senang menyebut kenari orange, demikian om, wslm

  31. 35 deni 19 November 2011 at 1:25 pm

    om,,,,,,maaf nih…..pertama salam kenal…..aq deni dari Bansel…….gimana cara membuat kenari betina supaya tidak galak sama jantannya…..??? dan gimana buat jantan jadi agresif….?

  32. 36 Amat Jaya 12 November 2011 at 2:21 pm

    OM KALO MO NGEDAPETIN KENARI MERAH DIMANA YAH ? AN BERAPA BAJET YANG MESTI DISIAPIN

    Om Maaf mungkin kedepannya kalau bisa jangan menggunakan huruf besar semua, saya pribadi membacanya kurang nyaman karena kesannya marah-marah. Untuk mendapatkan kenari merah bisa dicari di pasar burung, tks

  33. 37 wahyufirman 10 November 2011 at 2:26 pm

    om sofyan mau nanya lagi nih maaf om banyak nanya maklum lagi belajar ngerawat kenari merah, kalau yang termasuk pakan pigmen apa saja Om ?… Kebetulan saya nambah lagi 1 Ekor anakan merah maksud saya pengen murni ga di kasih pakan pigmen.

    Sebetulnya menggunakan figment juga tidak masalah om, yang menjadi masalah adalah ketika kita menjual tidak menjelaskan secara detail mengenai kenari merah ini, maksudnya pembeli mengerti bahwa jika tidak diberi zat pewarna (figment) ketika ganti bulu nanti warnanya akan berubah…… Kalau tidak ingin menggunakan zat pewarna (figment) diberi makan alami seperti wortel atau buah bit merah (sebetulnya sich umbi), hanya tetap harus dijelaskan ke pembelinya bahwa burung yang akan di jual mengkonsumsi wortel & buah bit, demikian mohon maaf jawabnya sedang nyambi kerjaan jadi kalau pabaliut mohon maaf hehe….

    wassalam

  34. 38 agung 8 November 2011 at 8:20 pm

    mat kenal om bagaiman caranya memilih indukan yang baik

    Kalau tidak salah sudah saya bahas coba om cari-cari ditulisan saya yang lalu-lalu, terimakasih

    Wassalam

  35. 39 upik 20 October 2011 at 2:23 pm

    assallamualikum om…untuk alas sarang bagusnya pake bahan apa ya om..??udah coba pake sabut kelapa dikasih kapas & daun jagung kering tapi semua dibongkar.
    btw, ada stock kenari merahnya ga…??? jadi pengen.

    wassalam,

    Isi sarang bisa saja yang terasa lunak/empuk, mungkin belum siap banget untuk bertelur kali om… mohon maaf sejak pindah ke Palembang belum mulai ternak kenari lagi

    wassalam

  36. 40 Fdianrizki 11 October 2011 at 3:46 am

    Om tolong bantu pcahkan kasus donk, kiranya bisa atw tdk untk knari btna, disilang dgn gould amadin pelangi. Trims om.

    Om mohon maaf saya belum bisa menolong, saya bukan ahli biologi… barangkali diantara rekans ada yang mengerti mengenai perjodohan kenari dengan GA, terimakasih

  37. 41 wahyufirman 10 October 2011 at 1:26 pm

    salam kena?l mau nanya nih usia berapa kenari merah full warna merahnya kebetulan saya baru dapet anakan merah usia 1,5 bulan dan pola pakannya gimana.

    om Wahyu untuk kenari merah lokal warna merah merata pada usia 1 tahun, hanya jangan berharap merah full seperti kenari impor, kalau ingin merah seperti kenari impor ketika mabung diberi makanan bogena. demikian

    Wassalam

  38. 42 achil 25 September 2011 at 1:59 am

    ass.. lam kenal ya kang.. mo tanya neh saya punya juga kenari jantan merah lokal umurnya dah mau 6 bulan tapi suaranya belom keras juga, gimana ya kang caranya supaya suaranya cepet kencang. makasih waslm

    Waalaikumslm, ini om Achil yang dulu bukan yach ??… kalau denger nama Acil saya trauma hehe…. (maaf becanda om), usia 6 bulan saya rasa suaranya belum lepas om coba tunggu sampai usia 8 bulan usia 1 tahun, kalau usia 1 belum lepas juga suaranya coba kawinkan, mudah2an jika perjakanya lepas dia bisa narik-narik suaranya…. demikian kalau tidak yakin jangan ikuti, just sharing

    wassalam

  39. 43 Hary 18 August 2011 at 3:05 am

    Om, mau nanya dong…
    Saya punya kenari jantan 4 ekor, betina 1 ekor, ditempatkan di kandang gantung masing2 satu ekor, Rencana nya saya mau keluar kota 10 harian, kelima kenari tsb mau disatukan di kandang besar ukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm agar bisa diberikan makanan dan air minum dalam jumlah banyak. Berantemkah burung2 kenari tsb ?? Kalau berantem, solusi nya terbaiknya bagaimana ya ??

    Terima kasih ya om.

    kenari jantan jika di satukan dalam satu kandang akan berantem, dikhawatirkan kenari yang kalah mentalnya akan ngedrop dan akan memakan waktu yang cukup lama untuk pemulihannya… pengalaman saya jika meninggalkan kenari cukup lama bisa dibaca di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/09/10/tip-aman-kenari-ditinggal-munidk

    wassalam

  40. 44 dayat 12 August 2011 at 2:28 am

    ternyata rata – rata semua penghobi burung kalau memulai gak berani terus terang sama istri yaa??? tak kira cuma q doang heee…eeee

    hehe… itulah seni-nya memelihara kenari, tapikan bohongnya demi kebaikan om hehe…. tetapi saya rasa lebih baik terus terang karena kalau awalnya dimulai bohong proses ternaknya agak susah godaannya ada aja hehe…..

    wassalam

  41. 45 nurman 19 July 2011 at 2:21 pm

    Om ku. aku mau nanya, kalo beli cincin utk kenari dmn ya?

  42. 47 wildan 23 May 2011 at 12:07 pm

    Salam kenal Om….
    Om saya mau coba ternak kenari RI, ada yang buat indukan yang akan dijual ga? atau anak juga gpp yang umuran 2 bulanan….
    thx ya om…..

  43. 49 robert 10 May 2011 at 12:13 pm

    salam kenal bt smuanya

  44. 52 Muhammad Hadlman Fuad 28 February 2011 at 5:33 am

    Assalamu’laikum warahmatulahi wa barokatuh
    Saya mau bergabung menimba ilmu Penangkaran Kenari, bagaimana yoo!

  45. 53 gugun 10 February 2011 at 8:09 am

    om kira2 kalo ane mo bli !??? kena berapa sepasang !!! anakannya ane di tangerang

  46. 55 NAZAR 28 January 2011 at 4:57 pm

    Assalamuallaikum Om
    Maaf saya sering tanya om hehehe..saya baru baca artikel yg diatas ini tentang ” Anakan Kenari Merah ”
    Kebetulan saya juga punya seekor jantan RI usia 2,5 bulan, dan skrg lg mabung.
    Yg sya ingin tanya ;
    – Amankah utk kesehatan kenari tsb di masa mendatang,jika kenari merah diberi canthaxanthin/lypochrome agar merahnya makin ngejreng?
    _ Adakah pengganti zat penguat warna yg alami selain wortel (karena RI saya ga tlalu suka wortel :(?
    – Dan normalkah jika kenari baru usia 2 bulan sudah mabung ?
    Maaf om merepotkan:) maklum pemula
    Trima ksh atas kesabarannya menjawab ptanyaan2 saya
    Wassalamuallaikum

    Kalau masalah kenari merah (RI) ada ahlinya om, om Gede mohon sharingnya…maaf mabungnya apakah seluruh bulunya rontok atau hanya bulu dikepala saja yang lepas om ??…..

    Wassalam

    • 56 NAZAR 31 January 2011 at 4:35 pm

      Assalamuallaikum
      Trima kasih atas jawabannya Om, kenari Merah saya yg rontok bulu sekitar dada, sayap, kemudian paha..berangsur2..sehari biasanya rontok 3-5 helai bulu.
      Mohon pencerahannya Om Sofyan & Om Gede
      Wassalamuallaikum

      Walaikumslm, saya rasa wajar om… coba dikasih makanan yang mengandung betakarotin (maaf kalau salah tulis hehe…), kalau tidak senang dikasih wortel mentah bisa diberi air perasan wortel, diberi cabe marah, buah bit dll… yang penting kenari mau makan, selamat berkreasi ….

      Wassalam

  47. 57 Iwan Hartono 23 December 2010 at 4:10 am

    Yth Bpk/ Ibu

    Saya ingin menanyakan alamat peternakan Bpk/ Ibu di Bandung.

    Terima kasih.

    Om Iwan mohon maaf saya belum bisa memberi tahu alamat peternak kenari, lebih baik mencari kenari di pasar burung Sukahaji bisa milih sesuka hati

    Wassalam

  48. 58 bensu 4 October 2010 at 7:36 am

    om mau tanya dong,peternakan kenari lokal di daerah bandung & malang punya almtnya ga om,bru merintis ni?sya ada di 081398143334 atau 083893335333.thx be4 om

    om Bensu, coba hubungi kang Gede ini emailnya gede_titans@yahoo.com , no. telp. bisa tanya langsung ke kang Gede

    salam

    • 59 bensu 4 October 2010 at 7:57 am

      om thx bgt ya infonya,salam kenal dri sya.smoga +berjaya.tp klo ada info dadakan dri om lgsg sya lebih seneng bgt.mudah2an sya bsa jln dlm damai.hehehehehehehehehehehhehe……………..

  49. 60 Virga 14 September 2010 at 6:18 pm

    Hallo Oom Sofyan…ama Oom Redmoz…saya pengen tau alamat jelasnya Oom2 semuanya dapet RI non pigmen di Bandung..saya pengen nyoba ternakin…

    Oom Sofyan..Oom Redmoz…tolong Share yaaa..atau No.HP si penjual yg aktif…hehehe…sorry..penasaran nich..

    Email ku….virgawien@yahoo.com

    Thanks berat para senior yg hebat

    Salam cuit – cuittttttt….( nurutin Oom Sofyan…hehehe )

    Kalau saya dapat kenari merah (RI lokal) dari Pak Yusman hanya sekarang beliau sudah tidak ternak kenari merah lagi, beliau tinggal di daerah cimahi bukan gunung batu… kalau yang digunung batu namanya rumah kenari alamat lengkapnya saya tidak hapal om coba searching di Facebook….

    salam

  50. 61 wit 11 September 2010 at 5:59 pm

    misi om om.
    om sy mau dong yg msh anakan,emang almtnya di mn om ?

    maaf om, kenari merahnya sudah habis… alamat saya jl. Angkatan 45 Lr. Majapahit no. 2398 Palembang…

    salam

  51. 62 romi kenari 18 June 2010 at 9:52 am

    sae pisan,,skses lah om,jd pngn bljar lbih euy….

  52. 63 fediyan syahputra 5 May 2010 at 4:51 am

    wah ,jadi pengen nampilkan anak kenari RI yang sudah menetas selama 6 hr, tapi
    takut nanti kalau di foto indukannya marah dan nagk mau meloloh anaknya nanti…
    hehehhehe
    Insya Allah kalau ada waktu nanti coba di foto anak2 kenarinya dan induknya ke
    blog ini atau email om sofian….
    Emang asyik tiap hari mengikuti perkembangan pertumbuhan kenari2 yang dirumah..
    Betul kata Om sofian dan pakar kenari …(maaf lupa namanya)…pakai jurus APH
    Action, Pikir dan Hitung…
    kalau ngak baca blog ini dan artikel APH ..pasti hanya angan2 saja dan tdk terealisasi….
    Jadi saat ini saya masuk tahap Pikir ….(bagaimana cara membesarkan,mengikuti perkembangan ,
    membaca karakter indukan dll)…..nah belum sampai tahap hitung nih….kayaknya masih lamalah ..
    nunggu dah mulai banyak bibit kenari untuk diternak dulu….
    Maksud hitung disini bisa komplekslah ya om…….
    Terima kasih sekali buat Om Sofian,Om Yunior dan Om2 yg lain atas masukkannya buat saya.
    Wasalam

    • 64 ahmad sofyan 5 May 2010 at 8:17 am

      jangan terlalu sering di tengokin om, walaupun usia 6 hari sudah melewati masa kritis tetapi kadang2 ada indukan yg ngga terbiasa keganggu akhirnya indukannya malah ketakutan… yang jadi korban anaknya bisa tergencet … berdasarkan pengalaman usia 7 hari pas untuk pemasangan gelang (ring)… selamat sukses om

      salam

  53. 65 heri 5 May 2010 at 2:45 am

    saya bukan ngiri lagi Om, tapi sampe ngiler…
    salut Om Sofain…..

  54. 66 achmad depok 27 April 2010 at 4:08 am

    bagus om jadi ngiri deh

  55. 67 Iskandar Zulkarnain 9 March 2010 at 7:43 am

    Wah jadi pengen ternak kenari lagi neh Om.. makasih om info2nya.. jgn bosen tulis pengalaman yang lain Ok!

  56. 69 toheng 1 December 2009 at 1:04 pm

    Bos, anakannya boleh gak terbang ke rumahku?

    • 70 ahmad sofyan 2 December 2009 at 12:13 am

      Salam kenal Pak Toheng, anaknya masih muda usianya baru 1 bulan … kualitasnya belum ketahuan karena ini anak tetasan pertama ….. nanti kalau sudah usia 4 bulan boleh dech….. terbang ke rumah Pak Toheng hehe…..

      salam

  57. 71 Dony 1 December 2009 at 2:42 am

    Mudah2an anakan kenari merahku yg tinggal 1 bisa sampai gede….
    Om Sofyan, makasih atas bantuannya selama ini. Jgn bosen ane sms & telp yah..he3x…………..

    • 72 ahmad sofyan 1 December 2009 at 4:28 am

      Iya om semoga bisa hidup sampai besar …. untuk telor yang belum netas coba di terawang klo bening buang aja om…… sep… silahkan kalau mau sms-an mudah2an bisa membantu

      salam

  58. 73 Warno 25 November 2009 at 12:46 am

    Kenari keren bener, cakep-cakep lagi sayang saya punya keinginan untuk ternak kenari tapi belum kesampaian maklum saya masih buta masalah kenari. Tapi saya demen banget ama burung ini. Warnanya merah seperti warna wortel. Pak Sofyan ada gak list harga burung kenari yang masik anakan sampai yang siap diternak dan kalo belinya di pramuka itu gimana? kalo ada dan berkenan bisa kirim ke email saya : warno_betho@yahoo.com. trims banget. Salam kenal buat para hobiis kenari. Warno

    • 74 ahmad sofyan 25 November 2009 at 1:50 am

      Sampai saat ini kenari merah/orange tanpa figmen masih beredar di kalangan tertentu saja…. di pasar burung pramuka belum ada…. saya pernah ngobrol sama penjual di pramuka mereka bilang harganya masih tinggi jadi mereka belum berani jualan merah lokal (tanpa figmen) ….. harga di Bandung usia 1 sampai 3 bulan paling murah sekitar 350 rb….. tergantung kualitas anakannya….. Demikian semoga bisa membantu …..

      salam

  59. 75 redmoz 13 November 2009 at 6:42 am

    alo om…
    just share aja: Alhamdulillah RI dah netes 3 ekor om, kemaren. 1 betina lagi masih ngeram 4 telur, netas sekitar tgl 21-22 november ini….belum difoto sehh…tar alo sempet difoto n send to om sofyan..tq

  60. 78 r1za 12 November 2009 at 7:42 am

    wah tambah ok ajah nih ternakannya om sofyan

    • 79 ahmad sofyan 12 November 2009 at 8:29 am

      Makasih om R1za, masih dalam tahap pengembangan …… agar pada saat buat tulisan bisa berdasarkan pengalaman sendiri biar lebih membumi hehe……

      salam

  61. 80 redmoz 6 November 2009 at 7:55 am

    ups thanks pak….

  62. 81 ahmad sofyan 6 November 2009 at 7:07 am

    Om Firman kirim ke email saya aja di…. akhmad.sofyan@gmail.com nanti saya tampilkan di blog ini…. kayanya nampilin di kolom komentar belum bisa …. terimakasih.

    wassalam
    sofyan

  63. 82 redmoz 6 November 2009 at 6:30 am

    cara upload gambar di comment ini bisa khan yah Pak? mo liatin ri yg dirumah..thanks

  64. 83 sofyan 6 November 2009 at 1:15 am

    Om Redmoz …ehhh…. om Firman terimakasih atas sharingnya, ….. saya sich seneng aja lihat RI warnanya cerah dan suaranya juga gak mengecewakan …. salam
    sofyan

  65. 84 redmoz 5 November 2009 at 11:18 am

    agrobur pernah nerbitin poster jenis kenari colourfull, mei 2008, alo diperhatiin yg termasuk Red Intensive di Indo tuh, masuk katagori red ivory intensive, (biar ga repot qt bilang RI aja kaliii yahhh) heheh..n alo diperhatiin jg memang ga sama dengan red yg pake bogena or pewrana sejenis. sy dah liat rumah kenari dan jg reiza kenari di bandung peternak RI no pigmen…memang itulah RI yang beredar di Indoe memang kualitas warnanya ada yg solid bgt tp jg ada yg ga terlalu solid..n biasanya itulah yg jadi ngebedain harganya… so biar ga ragu beli RI langsung aja beli dipeternak or minimal ortu burungnya kliatan biar jelas keturunannya…..
    mohon maaf bila salah kateee…..

  66. 85 yunior 5 November 2009 at 1:20 am

    oh ya om saya pernah lihat di Bandung ditempat ternakan temen warna merahnya rata and mendekati warna merah kenari import sayang wktu itu saya mau beli gk dikasih katanya sih warna merahnya alami…..

  67. 86 ahmad sofyan 4 November 2009 at 11:57 pm

    Om Yunior lihat aja nanti besar-nya bagaimana, saya juga penasaran pingin lihat warna setelah usia 4 bulan …..

    salam
    sofyan

    • 87 yunior 5 November 2009 at 1:17 am

      saya penasaran apakah merahnya bisa mendekati merah kenari import yg diksih obat….he..he tapi merahnya dah gk kyk waktu ambil diciputat ya sekarang merahnya dah rata om tambah pengetahuan buat saya nih jadinya…..

  68. 88 Ade fiat 4 November 2009 at 12:57 pm

    Wah keren alus euy. urang jadi kabita.

  69. 90 redmoz 4 November 2009 at 3:21 am

    mantafff om..
    sangat mirip pengalamannya dgn yg punya sy om, alhamdulillah RI lokal yg sy dapatkan dr slah satu peternak RI di bandung anakannya sudah mulai bunyi (umur skarang 3.5 bulan) cuma dpt 2 ekor n 1 betina kayanya. tp sebetulnya seblum ini sudah berhasil menetaskan 2 x tp tidak ada yg sampe besar…nyesel bgt waktu itu, karna emang ditinggal kluar kota walau cuma 3 hr, pas pulang anakannya sudah pada dibawah sangkar. N skarang alhamdulillah sudah mengeram lagi 3 butir tertanggal 30 oktober kmren berarti skiitar tgl 11 or 12 nov ini netas. mudah2an netas semua… thanks sharing infonya om…sangat bermanfaat untuk sy yg msh sedang belajr…

    • 91 ahmad sofyan 4 November 2009 at 4:24 am

      Selamat om Redmoz,
      memang dalam beternak perasaan ini penuh dinamika seperti naik jet coaster kadang-kadang naik tapi tiba-tiba bisa turun seperti dihempaskan, kadang-kadang senang bisa berhasil ternak tapi disatu sisi bisa sedih karena anak yang kita harapkan mati. Tetapi tetap semangat walaupun dalam kondisi apapun.

      salam
      sofyan

  70. 93 yunior 4 November 2009 at 3:16 am

    mantap euy….selamat om he..he


Leave a comment




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,996,083 hits

Ingin Berlangganan Artikel