Penanganan Kenari Sakit

Saya sering mendapat keluhan indukan kenari mati pada saat mengeram…. Pada saat kenari sedang mengeram kondisi fisik-nya susah terpantau karena hampir seharian induk kenari mengeram di sarang…. Selain banyak diam di sarang kenari termasuk burung yang pandai menyembunyikan sakitnya…. Mungkin naluri alamnya masih berfungsi, agar tidak menjadi mangsa binatang buas maka kenari harus mempelihatkan kondisi fisik yang prima. Kenari akan menghindar terlihat sakit ketika kenari merasa terancam …..

Kenari akan terlihat sakit jika penyakitnya sudah cukup parah sehingga kenari tidak bisa menyembunyikan lagi kondisi fisik sebenarnya…. Padahal penyembuhan kenari yang bagus pada saat sakitnya masih ringan (belum parah). Dipasaran obat maupun multivitamin khusus kenari masih cukup sulit ditemukan, hanya ada di tempat-tempat tertentu…. jadi sebelum kenari sakit parah kita harus tahu gejala awal kenari sakit. Adapun ciri-cirinya :

1. Bulu terlihat kusam, kotor dan tidak mengkilap

2. Sorot mata sayu kadang-kadang suka memejamkan mata seperti tidur

3. Bulu-bulu sekitar kepala dan leher terlihat merinding

Jika Anda melihat ciri-ciri seperti diatas maka usahakan tanggulangi secepatnya dengan memberi obat yang sesuai dengan penyakitnya, atau kalau deket dengan dokter hewan bisa langsung dibawa ke dokter hewan. Setelah kenari diberi obat langkah selanjutnya yaitu :

1. Memberikan kehangatan

 Kenari yang sedang sakit fisiknya lemah sehingga membutuhkan lingkungan yang nyaman untuk mempertahankan kondisi fisiknya. Salah satu pertolongan awal terhadap kenari sakit yaitu dengan memberikan kehangatan… Untuk meningkatkan kehangatan di sangkar dipasang lampu dengan daya sekitar 40 watt.

2. Memberikan pakan ektra

Kenari yang mengalami sakit rata-rata kurang makan, untuk meningkatkan napsu makan bisa diberi makanan yang disenangi kenari seperti telor puyuh, biji sawi atau makanan lainnya. Untuk kasus-kasus tertentu kita harus menyuapi kenari agar mau makan, makanan yang diberikan harus berbentuk bubur (bisa menggunakan bubur bayi)

3. Memberikan minuman

Kenari sakit jarang minum, kita harus membantu kenari agar mau minum… bisa dibantu memberi minum dengan cara meneteskan air ke mulut kenari, ketika meneteskan air ke mulut kenari harus hati-hati jangan sampai masuk ke rongga pernapasan. Ketika kenari sakit kalau tidak ingin repot bisa memasukkan obat ke dalam air minum kenari

4. Memberikan ketenangan

Terakhir untuk memulihkan stamina kenari harus diberikan ketenangan, cara memberikan ketenangan yaitu dengan mengerodong sangkar kenari…

Langkah selanjutnya peternak/hobis kenari harus punya stok obat atau multivitamin khusus kenari… karena kita tidak tahu kapan penyakit menyerang kenari kesayangan kita. Tetapi yang utama adalah lebih baik menanggulangi dari pada mengobati.

About these ads

175 Responses to “Penanganan Kenari Sakit”


  1. 1 callus 8 March 2014 at 10:54 am

    misi om, mo tanya obat bisul pada ekor KN apa, soal’n jd malas bunyi om..:(

  2. 2 edwin 5 March 2014 at 6:17 am

    om kenari saya di ujung sayapnya bengkak dan bernanah..obatnya apa om dan extra fooding yang tepat selama penyembuhan apa om…sementara ini saya beri canary seed dan sawi hijau setiap harinya..mohon petunjuknya om…terima kasih

    nanahnya buang om dengan cara menusuk yang bengkak dengan peniti steril setelah itu diberi betadin, untuk EF bisa diberi CeDe atau telor puyuh….

    • 3 djokobagus 4 April 2014 at 1:11 am

      wah sma jg master sma kn sya…apa itu di ksih betadine aja hbs di tusuk..ga di ksih anti biotik pa obat lainx..??
      gejalax knp yah..??

      untuk luka luar saya rasa cukup diberi betadin om….

  3. 4 djokobagus 19 February 2014 at 1:01 pm

    master mau tanya,,di dalam mulut burung kn saya terdapat benjolan kecil..itu penyakit apa ya..apa sejenis kista ato sariawan ya..he.he.. mav newbiee..
    tapi kn tetep gacor tp dengan suara yg kurang power ( KN umur 5bln ).. trmksih master..

    benjolan kecil mengandung nanah om ?, jika ya…. hati2 itu penyakit gowam, penangannya diberi antibiotik dan multivitamin saya biasa menggunakan super N jangan lupa jaga kebersihan kandang….

    • 5 djokobagus 20 February 2014 at 10:05 am

      oh.. bisa buat kn smpai mati ga ya..
      kyakx kug msi sehat” sja..
      ya smoga saja pke antibiotik bisa sembuh..
      trmaksih masukanx master..

      Kalau penangannya tidak cepat-cepat bisa menimbulkan kematian om, jangan lupa jaga kebersihan sangkar berikut sarana penunjangnya (tangkringan, tempat pakan/minum)….

  4. 6 wijaya 18 February 2014 at 8:04 pm

    Om.. Sya punya kenari betina af warna ijo botol.. Tpi kok nggak birahi malah aku satukan ke pejantan kok suka berkelahii.. Dn kenari betina saya ngeriwik om. Pdhal umur udh 1th lebih. Aku campur sma2 betina ya juga berkelahi..npenyebabny ap om

    Kenari betina yang om punya berarti kenari petarung harus dicari jantan yang lebih galak, kalau berhasil diternak akan mempunyai anak yang mentalnya bagus om…. hanya biasanya kenari betina seperti itu sulit ditaklukkan/diternak ….. yang perlu diingat tidak ada jalur short cut untuk menempuh kesuksesan yang abadi

  5. 7 gita leticia 4 February 2014 at 10:11 am

    misi om keanri saya kemaren dikasih obat buat proses bertelurnya cepat tpi obatnya terkena pipi burung kenari saya jdi agak botak gtu, obatnya apa ya om

    tolong di bls om

    masa sih obat peningkat birahi menyebabkan bulu dipipi rontok ?, coba om perhatikan dulu apa iya penyebab bulu pipi rontok itu obat peningkat birahi ???

  6. 8 dedi 8 December 2013 at 3:39 am

    Gan ane punya kenari sepasang umur setahun lebih dah ane jodohin tpi dah jodoh dah tdr sebelahan tpi k g kunjung kawin apa karena ceweanya lagi mabung jadi ngaruh y gan

    kenari mabung seperti kenari sakit jadi tidak bersemangat untuk bereproduksi, lebih baik dijodohkan ketika selesai mabung….

  7. 9 Tri Pujantoro 7 December 2013 at 11:11 am

    Salam kenal Om, kenari saya mati berturut turut, sampai sekarang suda 8 ekor, tanda awal diam seperti tidur gak mau makan. saat ini sangkar2 saya semprot pakai rodalon termasuk burung dan makanannya. makanan saya beri vitamin dan obat tervicin dan super-N. Selama saya beri obat2 itu tetep ada yang mati. kandang bersih . Ada saran dari Om? Terima kasih jawabannya Om ..

    Wah berat juga ya om cobaannya…. kemungkinan akibat dari virus om, saran saya untuk sementara jangan menambah kenari dulu om… coba selesaikan dulu permasalahannya, setelah virusnya bisa ditanggulangi baru boleh nambah lagi, untuk penanganan penyakit yang om lakukan saat ini saya rasa sudah betul…. Untuk kedepannya jika akan menambah burung lagi harus hati-hati selama 2 minggu kenari baru dikarantina dulu (jangan disatukan/dekatkan) dengan kandang ternak. Setelah dua minggu baru kenari baru tersebut disatukan dengan kenari lain, takutnya virus yang menyerang ke peternakan om berasal dari tempat lain……

  8. 10 Risya 6 December 2013 at 1:42 pm

    malam om…numpang tanya nich…
    ada sedikit luka di pojok mulutnya kayak digigit nyamuk
    mangkanya seminggu ini udah gak mau gacor lagi…gmn om penangananya,,,terima kasih

    coba om perhatikan lagi apa betul digigit nyamuk ? ada beberapa penyakit disekitar mulut seperti snot atau goham…. coba buka mulutnya kalau dalam mulutnya ada luka seperti sariawan berarti goham, kalau tidak ada luka tapi ada benjolan berarti snot…. untuk obatnya bisa dicari dikios-kios penjual pakan burung…..

  9. 11 rindam putra 26 November 2013 at 1:11 pm

    Pak kenari saya umur 5bulann awalnya sehat* saja ,, makan normal,, tapi kadang* kenari saya tidur … Gak lama [ạ̣̥̲̲̅̅][κ̣̥̲̲̅̅][u] pegang,ya ampun kurus banget …. Caran penangulangannyua gimana ya om ?mhon bales

    Om coba perhatikan kotorannya kalau kotorannya bau menyengat coba beri obat cacing, obat cacing khusus burung banyak dijual dikios-kios burung…, kalau kotorannya tidak bau menyengat coba beri obat MB biasanya sich hobis burung menyebutnya penyakit dada nyilet….

  10. 12 abien 10 October 2013 at 10:01 am

    om saya mau tanya kaki kenari saya keseleo gmn cara ngobatinnya..makasih om

    halah aya-aya wae hehe…. maksudnya keseleo gimana om ?, saya baru denger ada burung keseleo….

  11. 13 sibungsu blora 9 October 2013 at 3:35 am

    salam kenal gan,aku mau tanya gan kenari saya tiba-tiba badannya kurus mendadak,obatnya apa y gan….??????

    waduh kalau penyakit seperti ini saya baru denger om ada kenari tiba-tiba kurus…. mungkin temen-temen ada yang pernah ngalamin burung kenarinya tiba-tiba kurus…???

  12. 14 Nova M 21 June 2013 at 12:30 pm

    om mau tanya,burung kenari saya sakit : lemes, tidak berkicau lagi, badannya kurus/ringan, matanya agak sayu, obat yang cocok untuk kenari saya apa ya om? trus kalo ada obat herbal/tanaman obat yang cocok apa om agar kenari saya sembuh lagi.
    terima kasih.
    ditunggu jawabannya.

    coba diberi obat super N

  13. 15 beq 16 June 2013 at 5:06 am

    salam kenal om.

    saya mau sediki minta pencerahaan nya dong om. begini blm lama kenari saya sehat wal’afiat, trus tiba2 blm lama saya liat di kelopak mata’y
    tumbuk pembekakan, lalu saya tanya ke pb tentang obat yg cocok untuk sakit tadi. setelah saya kasih obat itu seperti’y kenari saya ngos2an
    ato sesak nafas gitu om. udh hampir 3 hri blm ada perubahan. Tp klo dalam segi makan kenari saya masih bernafsu utk makan.

    yg ingin saya tanyakan, bagaimana ya om cara menghilangkan sesak nafas kenari saya?
    apa mungkin obat (berrupa serbuk di dlm pil) itu masuk ke rongga hidung’y?

    mohon info’y ya om…saya cukup mengalami stress nh om.

    matanya bengkak biasanya karena terkena penyakit snot…. coba cari di PB obat snot, mengenai napas coba cari obat napas saat ini dipasar burung obat-obatan mulai lengkap, yang penting perhatikan kebersihan sangkar berikut tangkringannya…. sangkar dicuci seminggu sekali sedangkan tangkirngan 3 hari sekali….

  14. 16 Fedri 29 May 2013 at 7:12 am

    Slm knal….
    om, mau nnya nh klau kenari kenari ngoceh tp ga ada suaranya itu kenapa y om?
    Tanks….

    Mungkin sakit saluran pernapasan om, coba diberi obat khusus pernapasan dan sangkarnya dikerodong. Kenari tidak tahan terkena terpaan angin kencang jadi pada saat menggantang usahakan ditempat tidak terlalu terkena angin kencang.

  15. 17 kadewo 21 April 2013 at 11:06 am

    mf om nimbrung nh sdikit,burung kenari saya kakinya ada benjolan di ujung kaki tengahnya,dan sering kaki nya di angkat trusss,sudah saya ciba kasi obat slef 88,,,,kira2 yg bgus apaya om obatnya…mkash om

    Salep 88 bagus om, hanya jangan terlalu banyak pemakaiannya karena panas, kalau mau cepat sembuh coba kakinya dicuci menggunakan air hangat + anti septik (detol)

    salam

  16. 18 maikam 16 April 2013 at 2:16 pm

    salam kenal om,sy punya kenari betina umur 1,5 thn dan patah kakinya,sy sdh obati sesuai arahan om,pertanyaan sy adalah extra food apa ya utk percepatan pemulihannya,tq

    saya rasa tidak ada EF khusus om, paling diberi vitamin atau multivitamin untuk kebugaran burung, semoga burungnya cepat sembuh om…. salam

  17. 19 Dimas 8 April 2013 at 7:35 am

    Om kenari saya sakit
    gejalanya itu burungnya lemes gak bersemangat gakmau ngoceh obatnya apaya.

    Tolong dijawab secepatnya, keburu mati #makasih#

    Om Dimas gimana kenarinya masih hidup ?, coba beri Super N mudah2an bisa membantu…

  18. 20 Mbe gundul 21 February 2013 at 2:54 am

    Salam kenal mas bro… Saya mau tnya nih mas,kn saya dah seminggu ini macet trus suka mekarin bulunya kaya yg hilang kepercayadiriannya,makannya normal malahan saya perhatikn belakangan ini lbh gembul… Kira2 knp ya mas bro..?? Tolong dibantu… Thanks…

  19. 21 Lukman Wibowo 26 January 2013 at 6:03 am

    kenapa om kenari saya setiap mau diberi makan bulu2 nya pada mekar ,sayap nya buka lebar n seolah2 mau melawan n nabrak2

    tolong pencerahan nya om..tank’s

    • 22 zombie bird 18 May 2013 at 12:16 pm

      ada sedikit tips dari kampung nih om…yg kurang modal
      kenari saya 3X semingu di kasih daun cengkudu muda”pucuk” sya liat perkembangan kenari lumyan ada perubahan dari bakalan jadi banyak yg nawar he.he
      trus sari buahnya saya jadikan obat tradisional buat kenari + madu…

      Saya juga suka kasih daun mengkudu ke kenari, hasilnya lumayan kenari terlihat sehat…. terimakasih atas sharingnya om

  20. 23 Lukman Wibowo 26 January 2013 at 5:59 am

    kenapa om kenari saya setiap mau diberi makan bulu2 nya pada mekar ,sayap nya buka lebar n seolah2 mau melawan n nabrak2

    • 24 zombie bird 21 May 2013 at 1:17 pm

      pasaran kenari betina lokal berapa yah…0m ??

      harga kenari tiap daerah berbeda, di Palembang harga kenari betina lokal sekitar 400.0000

    • 25 zombie bird 24 May 2013 at 1:49 pm

      …HADIR OM….
      ada yang pnya tips nga….aku kerja 1mnggu sekali dirumah

      kenari di urus sama istri :( ….. saya mah takut nga sama perawatan nya apa bakal ngaruh ntar ke kenarinya….

      Perawatan kenari tidak terlalu rumit om, yang penting om sediakan pakan yang bagus (bagus disini tidak harus mahal yang penting mudah didapat ditempat om tinggal)…. kemudian seminggu sekali diberi multivitamin dan jangan lupa diberi sayuran selang-seling dengan telor puyuh jika ada waktu kenari jemur tidak usah lama-lama cukup 30 menit….. Mengenai cerita seorang ibu yang merawat kenari saya sedang menunggu kiriman cerita beliau mengenai pola perawatannya dan pengaturan waktu dalam perawatan kenari….

    • 26 zombie bird 24 May 2013 at 2:04 pm

      malem Om…
      ada 1 prtanyaan nih…
      dalam perjodohan..
      kandang jantan umur??? orange+

      betina”putih”8blan?????(nga tau jantan atau betina)
      beda kandang didkatkan sekitar 3 hari kelihattanya saling meloloh+tidur berdekattan kalau di pisah si jantan & betina nga mau dieum dalam kandang sambil sahut-sahuttan cuit…cuit
      tapi kalau di satuin ko malah kaya mau brantem kaya mau saling gigit.
      saya pisahin aja takut saling melukai…

      Pada awal penjodohan kadang-kadang berantem, pengalaman saya dibiarkan saja yang penting jangan sampai terjadi pertumbahan darah, pada saat penjodohan harus dipantau jangan ditinggal, jika terlihat berkelahi disemprot air namun dilakukannya pada saat cuaca cerah…. tks

    • 27 zombie bird 26 May 2013 at 3:17 am

      kenari ku kenapa yah…
      sering mengepak_ngepak’kan sayap nya…”jantan gacor”

      Mungkin lagi birahi kali om

    • 28 zombie bird 4 June 2013 at 3:35 pm

      berbagi pengalaman
      mudah mudahan ber manfaat buat pemula seperti sayo iko
      saya beli kenari dari obyokan di pasar brung
      dah yakin tu burung jantan
      mungkin faktor kebetulan saja tu burung smnggu di rumah dah bunyi gacor ngalahin burung yg udah 6 blan ku urus
      apakah ngaruh dlam pengurusan saya
      slma semingu ku buat tu burung merasa betah di kndang barunya
      2tips : buat 2 kaitan untuk
      buah buahan & sayuran “setiap hri hrus slalu ada dan ganti2 biar g bosen”
      mandi jemur kbersihan air pakan dan kandang
      “bersambung”

      Terimakasih atas sharingnya om…..

    • 29 zombie bird 7 June 2013 at 12:12 pm

      kenari mudaku umur 6 bulan suaranya baru tembus 38 detik….
      kalau umurnya bertambah apakah akan bertambah pula panjang nafas’nya…?

      Kalau perawatan bagus, insya Allah akan semakin bertambah panjang om

    • 30 zombie bird 24 June 2013 at 1:30 pm

      mudah mudahan bisa bermanfaat buat pemula seperti saya
      setiap jam 5 pagi kenariku selalu di embun embun kan di teras depan rumah
      al hasil suara kenari panjang ngeroll terdengar jernih.
      ilmu dari guru ngaji “dulu”
      kalau pingin suara panjang dan bagus latihan vokalnya subuh2 “adzan subuh”
      eh tapi bener he he pernah juara 1 adzan di sekolah he he
      sekarang suara kenariku baru durasi 39 detik…
      moga bermanfaat

      NB: air embun sangat bermanfaat cari aja info manfaatnya di mbah http://www.google.com

      Terimakasih atas sharingnya om, insya Allah sangat bermanfaat….

  21. 31 Cahyo Enduuth 23 January 2013 at 3:22 pm

    misi om , mau tanya burung kenari saya dlu pernah ngawin trus ngisi, udah pernah ngisi 2x tpi sekarang kalau ngawin gk pernah ngisi lg ya om ? trus caranya muat burung kenarinya ngisi lagi gimana ya om ?? trims om ,,

  22. 32 bayu 20 December 2012 at 7:55 am

    om saya mau tanya saya punya kenari star blue gacor di rumah tetapi pada saat di bawa ke arena lomba jd macet apa karna mental burung yg kurang apa memang jenis star blue suka macet?

    makasih om maaf tanya tanya terus :)
    hehehehehehe

  23. 33 win 19 November 2012 at 4:02 pm

    salam kenal om sepuh..
    mau tanya dan butuh pertolongan ni om.
    saya baru beli kenari, kata tukangnya gacor.
    tapi ternyata pas drumah cuma bisa bunyi ” ceerrr ” aja ngak ada suara yang lain dan sudah sebulan lebih.
    burung sehat, lincah dan makan normal om. cuma bulu di sekitar kepala kadang-kadang berdiri.
    itu kenapa ya om ?
    memang karakter suaranya begitu atau karna penyakit pernafasan ya ?
    klo ternyata sakit, dikasih obat apa baiknya ?

    hehehe..
    ngerepotin sdikit nih om..
    mohon pencerahannya om sepuh..
    suwun..

  24. 34 nonotrinto 1 November 2012 at 6:11 pm

    Saya beli kenari dipeternak Malang, 1 sarang isi 3 & 1 sarang isi 4. Sampai umur 5bln ini, beruntun 5ekor sakit kista kemudian mati. Apakah hal ini termasuk cacat keturunan ?

    • 35 Uphay 7 November 2012 at 3:30 am

      kalau menurut saya, Kista itu microbactery om, bisa juga Virus / jamur, jadi tidak diturunkan secara genetic. karena virus, penularannya sangat cepat, sudah beberapa betina saya terkena, dan tidak tertolong, yang palinf benar, pisahkan yg sakit dari yang sehat. mungkin ada om-om yg lain yg lebih tau cara penanganannya, silahkan sharing2 disini,

      • 36 nonotrinto 15 November 2012 at 9:57 am

        thanks, om. apa jenis tumor yang lain ya .? Skarang 7ekor yang satu peternak mati semua, sedangkan yang dari peternak lain sehat2 saja. Niat saya memang breeding/pemuliaan kenari lokal Malang, siap kondisi ini, tapi ya kaget & sempat bingung, hehe..

      • 37 Uphay 20 November 2012 at 1:45 am

        coba manajemen kandangnya di review lagi om… mumgkin ada yg kurang,,, kotoran dibersihkan minimal 2X sehari, di disinfektan minimal 1 minggu sekali, kelembaban, curahan sinar matahari, dll. bila sudah sesuai, baru pindahkan tertuduhnya ke KN nya,,,,,,, semoga cepat melaluinya om….

  25. 38 vanss 2 October 2012 at 10:49 am

    knapa y KN saya suka gigitin jarinya…padahal sudah saya liat ga ada kejanggalan…Apa mungkin over birahi ya om..mohon solusinya thanks sebelumnya…

    • 39 Uphay 3 October 2012 at 1:07 am

      menggiigit / Mematuk anggota tubuh bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya over birahi dan kutu, bila di kaki, biasanya kutu / apalah namanya. pengobatannya biasanya tetes ivomec / Wormectin di tengkuknya, selain itu, perawatan kaki harus dijalankan dgn oles minyak tawon 1X seminggu.

  26. 40 vanss 2 October 2012 at 10:48 am

    knapa y KN saya suka gigitin jarinya…padahal sudah saya liat ga ada kejanggalan…Apa mungkin over birahi ya om..mohon solusinya thanks sebelumnya…

  27. 41 Rizki 19 September 2012 at 3:03 am

    gan…mau tanya nih…kenari F1 saya gan abis mabung.tapi gak mau bunyi lagi gan…malah sukanya tidur mulu gan…gimana cara rawatnya ya gan biar gacor lagi…

  28. 42 furqon 26 June 2012 at 3:21 am

    Selamat pagi om
    saya mau tanya nih om,sya berkunjung ke rmh temen saya om dan di rmh dia ada kn yang kondisinya sangat kacau,bulu di bagian ekor sampai pertengahan badanya botak,dan yang lebih kasian di bagian maff pantatnya menjadi berjendol,dan yang saya suka karna dengan kondisi yang memprihatinkan kaya gitu kn ya tetap saja bunyi gacor seperti burung sehat lainya ,dan itu mesti bagaimana cara penyembuhan dan perawatanya,terimakasih.

  29. 43 Si-kent 14 June 2012 at 10:18 am

    Om…sy mau bertanya nih klo stelan kN habis/sesudah mabung langkah2 apa saja sih om..yg hrs diterapkan..? Sdangkan KN sy baru pertama kali mabung,mhon pencerahanya ya om..

  30. 44 Trangg Oyi 15 May 2012 at 3:20 am

    Salam kenal Om Sofyan.
    Om mau tanya
    1. saya baru beli burung kenari sudah berkicau n ngerol ngerol sampai sampai anak senang sekali, tapi kenapa ya burung kenari saya habis ngorak sekarang kok mancet gak mau bunyi sama sekali padahal sebelumnya rajin sekali berkicau om, bagaimana cara mengatasinya ya om mungkin Om punya solusi lebih lanjut
    2. ini pertanyaan titipan om, apa obat kenari klu matanya itu putih keduanya kayak buta setelah kena penyakit mata itu si kenari macet ngak mau bunyi padahal sebelumnya ngerol ngerol terus….

    1. Om kenari tidak kuat terkena terpaan angin langsung apalagi terkena angin malam, kenari tidak senang dugem hehe… jadi pada saat gantang usahakan jangan langsung terkena terpaan angin, setelah dijemur sebentar kenari ditempatkan di tempat yang tidak terkena angin langsung (di dlm rumah), sore hari kenari dikerodong… coba kenarinya diberi obat super N, semoga lekas sembuh kenarinya om…
    2. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan katarak… demikian om semoga bisa membantu
    wassalam

  31. 45 Dhyt013 12 May 2012 at 11:58 am

    Ass,om ikut nimbrung,saya punya kenari indukan tp yang betinanya ky lagi sakit om suara nyaa merintih terus,penanggulangannya gmn Ƴª om?!mohon bantuannya om??

    maksudnya merintih gimana om, bru denger ada kenari merintih …:) wassalam

  32. 46 Dhandy 25 April 2012 at 2:19 pm

    Slam kenal mass Broo…”saya peternak pemula..”yang saya mau tanyakan…knapa kok udah 6 bulan umur suara burung ko ngak lepas…volumenya kecil…” saya pernah bertanya kpd seorang peternak…katanya ..klo kenari warna putih…agak susah…/ lama gacoor…rata2…”Apakah benar mass broo….”Nd apa ada kiat2 husus untuk kenari saya ini supaya…cepet gacoorr….”Terimakasih banyak…

    Om Dhandy, banyak faktor penyebab suara kenari lambat pecah seperti gen dari induknya biasanya turunan Yorkshire agak lambat, perawatan (biasanya kenari kurang jemur atau perawatan seadanya juga bisa lambat bunyi), burung kenari hidup menyendiri dll…. saya rasa faktor warna tidak terlalu pengaruh terhadap cepat/lambatnya pecah suara, demikian om semoga bisa membantu, wassalam

  33. 47 andrew 25 April 2012 at 2:03 pm

    om.sofyan.. mau ty , kenari saya kok tiba2 kakinya lemas sebelah , ama bulu rada mekar (merinding) ,sy kira digigit nyamuk /serangga lainnya, tp saya liat gak ada tanda2 merah / bentol …thanks om

    Om Andrew, coba perhatikan makannya bagus atau tidak ?, kalau makannya kurang baik coba diberi vitamin kalau ada diberi telor puyuh, kalau makannya baik kakinya coba di olesin minyak tawon, demikian om semoga bisa membantu, wassalam

  34. 48 endung 12 April 2012 at 4:12 am

    om tolong bantuanya, kenari saya betina dan saat ini sedang mengeram padahal kondisinya kurang baik, bagaimana caranya kenari saya dapat mengeram dan kondisinya sehat, dan harus di beri vitamin apa apakah misal super N itu dapat meningkatkan kondisi nya dalam mengeram tolong om bantu trimakasih

    • 49 Uphay 13 April 2012 at 6:32 am

      om Endung, betina mengeram sebaiknya dalam kondisi yang sehat, artinya makannya bagus, mengeramnya bagus, kalau diawal sudah tidak kondisi, biasanya ngeramnya gak bagus (nafas terengah2 dan tdk mau mengerami). kasih penerangan 24 jam, kasih asupan makanan tinggi gizi spt buah, sayur, telur dll. semoga bermanfaat

      setuju om Uphay, om Endung kalau ada indukan lain yg sedang mengeram telornya dititipkan saja karena nantinya si induk kurang optimal walaupun telornya menetas anaknya akan terjangkiti penyakit…. wassalam

  35. 50 satria veri 5 March 2012 at 2:36 pm

    Salam kenal…sy mau tanya bagaimana cara menambah kerasnya suara kinari kita..trmksh.

  36. 51 wahyufirman 3 February 2012 at 2:40 pm

    mau tanya Om?.. Bagaimana cara membasmi kutu pada sangkar,padahal kandang selalu di bersihkan tiaphari air minum dan pakan juga diganti tiap hari.

  37. 52 Farid 3 February 2012 at 12:30 pm

    Masih bingung dgan kenari saya, umur 9 blan lbih habis mabung 1 blanan kok klo bunyi cuma pendek pendek kadang cuma ciap2 gk bisa ngeroll / panjang. Dah tk kasih gacor n metabolisme juga gk pengaruh, kdang klo mlem pas tdur kyak pilek..
    Sbnernya antara pilek sma sakit pernafasan obatnya sama gak ya.
    Perawatan tiap hari d jemur dr jam 7an smpai jam 9 nan. Mungkin dr om2 senior ada yg tau solusinya…
    trimakasih

  38. 53 febro 1 February 2012 at 9:44 am

    buat om uphay…namanya jg kenari….harus kena matahari…kalo kena bulan ya namanya jadi “kenabul’ atau malah jadi ‘kenalan’……..hahahaha…

    salam
    Febro

  39. 54 waspadateroris 31 January 2012 at 4:20 pm

    assalamu’alaikum Wr Wb
    Kang As mohon pencerahannya Kenari mulai berguguran satu persatu terutama yang memasuki usia ternak (siap kawin) dua jantan dan 2 betina. mati dalam rentang waktu yang sama setiap enam sampai tujuh hari. gejala awal sehat dan lincah serta makan masih oke, ketika pagi Kenari sudah ada di dasar sangkar dan kelihatan loyo. makan mulai tidak mau. tidak lama berselang (kurang lebih 2 jam) kenari mati. catatan : kenari tidak mengalami berak kapur atau sesak nafas. terimakasih. ditunggu jawabannya.
    wassalamu’alaikum Wr Wb

  40. 55 antok 31 January 2012 at 1:34 pm

    makasih om uphay.jgn bosen-bosen ngasih solusi bgi peternak pemula….muakasih bgt…

  41. 56 antok 29 January 2012 at 4:26 pm

    om mau nanya cara ngatasi anakan sakit.sakitnya kayak lesu ngak mau makan n tenggorokannya pasti ngak ada makanannya.padahal umurnya hampir 1 bln jadi anakan 3 mati satu persatu.apa induknya males ngloloh.indukan agak pilek kelihatannya tp apa pengaruh ya om?anakan udah tak ksh obat kurus ,spektra, dr.eddy.tp ttp mati.ada penanganan khusus ngak klo mengalami kasus kayak gini?maaf panjang…hehehehehehe

    • 57 Uphay 30 January 2012 at 9:58 am

      turut berduka yah om, coba nanti saat masa ngeloloh dikasih “Soft food” seperti kuning telur & bubuk roti (ada produk khusus juga dipasaran). dan kecambah, biasanya induk tidak mau ngeloloh karena sakit atau krn tidak ada makanan yang cocok untuk anakannya. kalau indukan sakit, yah diobati dulu dan anakan diloloh sendiri om. semoga bermanfaat.

      • 58 antok 30 January 2012 at 12:49 pm

        makasih atas solusinya om uphay….pada umur brp hari anakan bisa diloloh om,….?sehari brp X?klo sakit anakannya harus dipisah ama indukannyakah?lampunya brp watt?hehehehehe jadi banyak ,sekalian om biar tau…..

      • 59 Uphay 31 January 2012 at 3:13 am

        Sama2 om, Usia 1 hari masih ada sel telur ditubuhnya untuk bertahan, biasanya hari ke 2 sudah bisa diloloh tiap 1 jam sekali om atau tergantung anakannya. tapi lolohannya secukupnya, kalau kekenyangan juga gak bagus. Induk yang sakit diobati dan jangan dipisah dari anakan, biasanya sakitnya karena ngedrop / kurang stamina karena pada saat mengeram kurang makan. lampu kalau saya 5Watt, fungsinya hanya untuk menerangi kalau2 malam hari indukan ingin makan.

  42. 60 pluscdrnuecholis 27 January 2012 at 3:56 pm

    hai sahabat kenari mania..aq da 1 problem ma knariku..
    kakinya pada bengkak trus ada bintil2 kuning d ujung kakinya itu kenapa ya.? trus bagaimana perawatan dan penyembuhannya,dah aq obati sama superN,salep 88 rutin msh tetep ja lum sembuh sembuh ommmm……….

    • 61 Uphay 30 January 2012 at 9:52 am

      Om Plus, saya pernah alami, biasanya bisa berakibat kukunya sampai ketutup flek kuning tsb (Kalau diujung jari), saya juga sudah coba banyak obat seperti om, bahkan 6 indukan saya sampai mati, Sampai akhirnya saya berikan Betadine salep yang di oles pagi & sore/malam, kemudian mandi dan jemur rutin, alhamdulillah sudah ga masalah lagi. Namun bila ada efek bengkak di ujung jarinya memerah seperti bisul, itu harus di tetes Ivomec di tengkuk plus diolesi betadine juga, semoga bermanfaat

  43. 62 nares 5 January 2012 at 2:47 pm

    om mohon bantuan x kenari saya sukak mejamkan mata om tu katanya salah satu ciri sakit om tp saya gk tau sakit apa om mohon x bantuan om

  44. 63 antok 7 November 2011 at 2:56 am

    om mau sharing nich.aku ounya betina tp perutnya ada benjolan sebesar telor tp dipegang ngak keras.kenari nya sehat,makan banyak,birahi,sudah buat sarang .mau tak kawinin apa bisa bertelur ngak?benjolannya bisa sembuh?dikasih obat apa?3 hari ini masih tak kasih spektra.

    benjolannya diperut yach om ?, coba periksa dibenjolan tersebut kalau seperti daging jadi akan sulit pengobatannya harus melalui operasi pembuangan daging jadi tersebut, kalau ada nanahnya seperti bisul coba buang nanahnya. selama tidak mengganggu proses perkawinan coba jodohkan saja om, demikian

    Wassalam

  45. 64 muh rahman sumatera 31 October 2011 at 2:11 am

    salam kicau mania, om saya pendatang baru mau tanya kenari saya sakit kaki bengkak sampai jari belakangnya hitam mengering sdh saya coba saleb 88 atau obat lainnya tp blm sembuh juga malah kondisi kenari saya makin parah mata sayup,tdk mau makan hampir mendekati mati.
    tolong dikasih pengarahan cara agar kenari saya sembuh sedia kala dan gacor lg.

    Om untuk mengobati kaki kenari yang bengkak saya biasa menggunakan salep Garamicyn bisa dibeli diapotek, untuk meningkatkan staminanya coba diberi multivitamin … semoga kenarinya lekas sembuh dan menambah kemeriahan di rumah

    Wassalam

  46. 65 Aghes 23 July 2011 at 7:38 am

    Lam knal om sofyan.
    Om ane pnya spasang KN dh br jodo dh hmpir 2 bln blm jgu brtlur pdhal ane sring ngliat mreka kwin
    apakh KN ane mandul om?
    Apakh Minyak GPU tdk br bahaya tuk mngobati KN yg pincang?

    coba kedalam sangkar masukkan sobekan kertas atau kapas, mudah2an bisa cepat bertelur … GPU bisa digunakan utk mengobati kaki yang pincang kalau ada lebih baik menggunakan minyak tawon….

    wassalam

  47. 66 mat sahri 30 May 2011 at 8:21 am

    nanya om, kalo pengobatan untuk kenari pilek itu apa y?

  48. 67 Rizal 22 April 2011 at 7:36 am

    om saya mau tanya ?
    knp yh knari saya kalo di jemur suka merinding tapi jarang itu juga terkadang suka gtu ? apa kenari saya sakit? trus pola makan jadi menurun jadi kurang nafsu,.
    apa karena asep ? soalnya dideket rumah saya ada yg suka masak pake kayu bakar,, jadi suka banyak asep dan terkadang suka kena sma kenari saya …
    mohon saran nya ya om….

  49. 68 alink 28 March 2011 at 10:02 am

    salam knal om..saya pemula..mau nanya om..kmrn pas mau motong kuku kn saya,saya kget pas megang bdan kn ini trnyt kurus bngt om..pdhal kn saya ini gacor..lincah…knp ya om???trus pnanganan ny gmn om…mksh bnyak om..tolong dibantu…

    Om kurusnya sampai tajam (orang bilang nyilet), untuk tahap awal coba diberi spektra selama 3 hari berturut-turut cara pemakaiannya bisa dibaca diaturan pakai… jangan lupa ke dalam air minumnya diberi multivitamin… demikian om semoga kenarinya bisa ideal jangan terlalu gendut om…

    Wassalam

  50. 69 yanuar 19 March 2011 at 10:17 am

    aq mau nanya nih om aq pny kenari ,saat ini kaya nya sakit , bulu dkt kepala merinding ,mata nya kadang merem ,gmn penangannanya ,trimz om ,yanuar tangerang

    untuk sementara coba diberi obat spektra, kebersihan kandang harus diperhatikan dan terlalu terkena angin kencang….

    Wassalam

  51. 70 Heri asgar 22 December 2010 at 1:08 pm

    Susahnya ternak kenari banyak sekali kendala hampir2 stress ,kenari ga mau bertelur,terserang penyakit kesabaran di uji bener2 .untung bisa belajar pada senior2 mksh smuanya ilmunya bermanfaat

    sebetulnya kunci utama dalam beternak adalah kesabaran dan keuletan, jika keduanya bisa dilaksanakan insya Allah akan berhasil…. eittttt…. tunggu dulu ada satu hal lagi yaitu jangan malu bertanya ketika menemui kendala…hehe… semoga tambah sukses dalam beternak

    salam

  52. 71 adi 7 November 2010 at 2:32 pm

    salam kenal om2 senior…aq mau nany knp brung KN ku bulunya pd rontok pdhal habis mabung trus ada benjolan di jari kakiny,ketambhan brung KN ku keliatan loyo kaya gak smangt hidup…tolong dong om ksh tau apa obatny???seblmny salam kenal trima kasih…

    Salam kenal om Adi, sebagai informasi orang yang pertama memberi komentar akan dimoderasi jadi tolong tidak kirim komentar berulang-ulang … mengenai kenari yang selelai mabung dan mabung kembali banyak penyebabnya bisa karena mabungnya tidak tuntas akibatnya mabung berkepanjangan atau orang biasa bilang nyulam penyebabnya pada saat mabung kenari kekurangan gizi dan vitamin, penanggulangannya pemberian makanan yang berkualitas dan ditunjang pemberian multivitamin yang teratur. Selain kekurangan gizi bisa juga akibat ganti komposisi makanan… kalau saya perhatikan banyak orang yang senang gonta ganti jenis makanan terutama makanan kemasan, untuk benjolan di kaki coba beri obat oleh betasson N. Demikian dulu om jadi kebanyakan nich… oi lupa untuk kenari lemas coba beri multivitamin khusus untuk kenari bisa menggunakan obat merk gacor, vitalur atau stamina….

    salam

    • 72 adi 8 November 2010 at 11:02 am

      sorry om slh ngepos…emang makanan kenari yg bgs apa om? maklum pertama kali mlihara KN…o iya trima ksh bnyk atas informasiny td om..

      cari saja makanan kemasan yang sudah jadi seperti ebod, vita kenari, XO, coba cari disekitar rumah om banyak makanan kemasan yang sudah dicampur dengan multivitamin,… saya rasa hobi kenari untuk menghilangkan stress, jadi kita jangan dibuat stress oleh kenari

      salam

      • 73 adi 9 November 2010 at 11:06 am

        makasih atas infony,,,bener om mlh aq ny yg d bikin stres oleh burung.tp mlh bikin aq penasaran mlihara kenari,aq te2p mau coba trus mlihara kenari ampe brasil,doa in ya om br aq brasil….????

        sep.. semoga sampai Brasil hehe…. jangan takut gagal om… kegagalan akan terkenang dengan indah ketika kita sudah berhasil… tetep semangat om….

        salam

  53. 74 irwansah faher 3 November 2010 at 12:56 pm

    saya punya keneri langganan juara dilampung,seminggu belakanganini kenariku macet,setelah diamati ternyata kaki kenari yg jari tengahnya bengkak dan suka diangkat2 kemudian tak olesi salep 88 dan tak tetesin superN,dalam dua hari kakinya senbuh,tapi besoknya kaki yg satunya lagi jg bengkak dan lebih parah dr kaki yg satunya walau sudah tak obati dgn salep88 dan superN tapi blm jg ada perubahan sampai jari tengahnya menghitam dan putus dgn sendirinya,skrng kenarinya masih sakit dan bengkak kakinya,buat teman2 pecinta kenari tlng dong gimana caranya biar kenariku sehat lagi dan kembali juara

    Om coba obatin menggunakan Betasson N bisa dicari ditoko obat atau apotek.. cara pemakaiannya di oleskan ke tempat yang luka seperti menggunakan salep 88… selain diobatin, sangkar berikut aksesorisnya harus rutin dibersihkan… alas sangkar dan tangkringan di cuci 2 hari sekali sedangkan sangkar bisa di cuci 2 minggu sekali.. demikian om semoga kenarinya bisa moncer kembali …amin

    salam

  54. 76 arya 1 November 2010 at 12:52 pm

    om mau ikut tanya gmna caranya q mau beli obat untuk snot kenari saya??

    Om Arya tinggal dimana ?, sebetulnya saya ada obat snot hanya kalau dikirim dari Palembang kemahalan ongkos kirimnya dari pada harga obat snotnya… coba cari obat spektra di sekitar om mudah2an ada, kalau tidak ada bisa menggunakan antibiotik untuk orang caranya di campurkan dengan air minum dan matanya ditetesin obat mata (obat mata buat orang) demikian om semoga bisa membantu….

    salam,

  55. 77 bintoro 24 October 2010 at 9:07 am

    slm knl om..om!
    ni q pemula dlm mrwt kn,q mau ty gmn ya cara mmbwt kenari cepat bunyi.
    kbetulan aq pny kn warna putih jantan,kok sulit bgt ya bunyix pdhl udh stiap hr aq jmur n q br multivitamin tp te2p ja.
    mhon bantuanx ya om..
    thx…

    Om usia kenarinya berapa bulan ?… statusnya sudah jelas jantan …?, kenari mulai belajar bunyi pada usia 2 bulan dan mulai bunyi keras pada usia 6 bulan … demikian

    salam

  56. 78 sigit 19 October 2010 at 2:41 am

    mau tanya ni oom,obat untuk kaki kenari yang pincang apaan ya?thanks

    kakinya pincang karena apa om, apakah ada lukanya atau pincang karena ada benjolan (bentol) seperti di gigit nyamuk.. kalau ada luka, lukanya diobatin menggunakan betadin. Kalau ada benjolan, benjolannya di olesin betason (maaf kalau tulisannya salah), kalau tidak ada luka atau benjolan coba olesin minyak tawon… demikian om kalau ragu-ragu jangan diikutin hehe….

    salam

  57. 79 endro nugrahardhi 7 September 2010 at 11:41 am

    saya bru dapat kenari umur kr2 1 tahun,suara tembakan ciblek jelas,gacor,tp vol nya ngga kenceng,yg pnya sblmnya krg terawat,apakah bsa diobati mas biar bsa kmbli kenceng gtu…prwtan smntara ini,ef sayur sawi,telur,kroto sdkt,jemur,krodong…… trmksh matur suwun

    Pak Endro, kemungkinan kenari Bapak suaranya ngedrop karena setingan pakan dan perawatannya berubah, coba jemurnya agak lamaan minimal 1 jam, mandi dan jemur sesering mungkin kalau ada waktu sich selama 1 minggu berturut-turut, sayuran dikurangi seminggu cukup 1 kali, telur puyuh 1 minggu sekali kroto jangan dikasih… yang repot setingan untuk makanan bijiannya karena setiap hobis mempunyai setingan masing-masing… coba Bapak tanya ke yang merawat pertama setingan pakannya bagaimana, demikian semoga bisa membantu…

    salam

  58. 80 Adam 1 September 2010 at 10:13 am

    om saya punya kenari tapi ge sakit om terus saya kasih parutan kunyit sama madu bener ga om..??
    makasih…

  59. 81 antok 4 August 2010 at 8:52 am

    om nanya,klo kenari jodoh tp sering tempat angremnya di ambil lgi,jd morat marit dibawah,itu knapa om?apa kurang birahi atau

    om coba lihat di link ini http://burungkenari.wordpress.com/artikel-favorit/faq

    salam

  60. 82 Hary Key 2 July 2010 at 7:16 am

    Om Softy (hehehe) saya mau tanya nih, burung kenari betina saya kurang sehat. Ciri-cirinya adalah kedua sayap turun dan tidak dapat berdiri normal selalu limbung seperti mau jatuh. Apakah doi menderita kelumpuhan?
    Terima kasih atas jawabannya Om Sofyan.

    Salam
    Hary di Jati Asih – Bekasi

    • 83 ahmad sofyan 2 July 2010 at 8:34 am

      Pak Hary bagaimana kabarnya ??…. burung kenari om kemungkinan staminanya drop. Coba di kondisikan tempatkan di sangkar soliter diberi lampu, diberi multivitamin dan diberi antibiotik. Untuk antibiotik saya biasa menggunakan spektra sehari 3x sebanyak 3 tetes. bisa juga menggunakan antibiotik buat orang 1/2 kapsul di masuk ke tempat minum (kalau tidak salah namanya amoxilin). Demikian Pak semoga kenarinya cepat sembuh…

      salam
      sofyan

    • 84 gede 4 August 2010 at 12:14 pm

      Om Harry…. kasih tau KN Betinya JANGAN DUGEM aja :D apalagi sampai minum2 dan kegiatan lainnya yg sampai merusak kesehatan heheheheheheh…… Om Harrryyyyy gw kangen neeehhhhh xixixixi *syngetiksambiltertawaterpingkal-pingkalom
      tuh dengerin nasehat dari kang AS….

  61. 85 toheng 1 July 2010 at 10:37 pm

    Saya ada pengalaman unik nih, mungkin berhasil buat yang lain. Kenari saya beberapa waktu yang lalu ada yang membola seperti kedinginan padahal siang loh! kotoran kebanyakan cairan bening. Saya pake obat tradisional : ambil daun jambu biji 3 lembar rebus bersama air segelas. Tunggu dingin, tempatkan di wadah minum, jemur biar hangat, bisa juga di kandang soliter yang di pasang lampu, maam harus di kerodong, dan hasilnya 2 hari kemudian dia mulai membaik! sekarang sudah sembuh seperti sedia kala!

    • 86 munir 2 July 2010 at 8:37 am

      wah kayak jaman dulu om…. kalo terus2an “bab” dikasih rebusan air daun jambu biji jd mampet. ternyata gak hanya manusia….. burung pun bisa sembuh…

  62. 87 yunior 1 July 2010 at 1:44 am

    betul sekali…kunyit memiliki fungsi mengobati peradangan and penghambat pertumbuhan bakteri….

  63. 88 usin 19 June 2010 at 12:03 pm

    om maaf nih baru bergabung lagi. talking-talking kunyit bisa untuk obatin kaki bengkak kenari,katanya bisa sebagai anti biotik juga om. betul ga tuh om. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasiih.

  64. 89 rudi bekasi 25 May 2010 at 5:58 am

    ok,, trimakasih om Yunior, saya akan coba..

    • 90 ahmad sofyan 25 May 2010 at 8:46 am

      Om yang penting kita berusaha hasilnya biarkan Tuhan yang menentukan…. coba pengobatannya di lanjutkan mata yang berarti di bersihkan dengan kapas basah, multivitamin diberikan setiap hari, rawat dengan baik dan penuh kasih sayang insya Allah kenari om yang sakit akan sembuh… tetap semangat om…

      salam

  65. 91 yunior 25 May 2010 at 4:23 am

    kyknya dah sulit om.. karena dah stadium lanjut coba dikaratina kandang dikasih lampu pijar 5 watt…kasih sayuran and apel merah jgn lupa makanan lunak terutama biscuit and lanjutkan obat snot dari dr. edi semoga sembuh he..he

  66. 92 rudi bekasi 25 May 2010 at 3:21 am

    para senior, minta petunjukknya nih.. kanari AF saya umur 2,5 bln sudah satu minggu lebih ini kena snot, matanya bengkak dan sekitarnya berair. saya sudah kasih obat snot dari dr edi, setelah 3 hari sudah kempes dan kering. setelah itu saya kasih juga obat tetes mata, eh malah sehari kemudian bengkak lagi, sampai sekarang mash saya obati pakai tetes dr edi, sudah mengering tapi masih bengkak, kondisi burung makin ngedrop. makan masih mau, tapi makin lemes, kaki diangkat satu. mohon petunjuk untuk mengatasinya, trimakasih..

  67. 93 yunior 25 May 2010 at 2:18 am

    saya tambahin ya om …kalau menurut saya kurang prospek he..he yg utama bukan panjangnya om tapi lagu karena kalau pinter bawain lagu biasanya suara bisa panjang and ngetemnya juga minimal …kalau volumenya kecil wajar suara bisa panjang yg gk wajar kalau volume kenceng, suara panjang and jarang ngetem he..he maaf kalau ada yang salah

    • 94 ahmad sofyan 25 May 2010 at 8:42 am

      om Adit saya sharing aja maklum ilmu saya tidak sehebat ilmunya om Yunior dengan data yang sedikit langsung bisa menerawang bahwa kenari om tidak prospek hehe….. sebagai informasi dalam lomba kenari dikenal ada 2 jenis lomba yaitu lomba konvensional dimana suara yang teriak bisa mengalahkan suara kenari-nya sendiri dan lomba tanpa teriak. Tiap jenis lomba mempunyai karakter sendiri-sendiri untuk lomba konvensional butuh kenari yg suaranya kenceng dengan ngetem yang sebentar sedangkan lomba tanpa teriak sangat menitik beratkan suara. Suara kenari juga ada suara standar dan suara isian… kalau karakter kenari om suaranya tidak keras tetapi panjang mungkin lebih baik coba dimaster dengan isian suara burung lain dan disiapkan ikut lomba tanpa teriak… Demikian om tetap semangat … hehe…..

      salam

      • 95 yunior 1 July 2010 at 1:51 am

        menurut saya lomba dijakarta ini rata2 yg penting suara keras, panjang and jarang ngetem baik itu lomba teriak atau non teriak…beda dgn lomba di solo yg mengedepankan ke indahan lagu atau lomba diyogya yg menganut trend jakarta and trend solo…maaf om kalau salah maklum main lomba juga jarang menang he..he…and untuk master biasanya kalau kita memaster burung pada saat mabung tidak akan merubah suara dasarnya hanya menambah variasi suara jadi ini istilahnya isian gk full.

      • 96 Fadly 1 July 2010 at 2:09 am

        klo mau cepat om, kasih aja obat antibiotik 1 kapsul secukupnya sampe 3 hari. KNnya harus dipisah dari KN yg lain minimal seminggu lah. tambah sayur atau buah utk makanannya.

  68. 97 adit serpong 24 May 2010 at 2:50 pm

    om…barusan momong kenari masih muda. mo nanya, klo suaranya panjang tapi volumenya biasa aja (startnya, pelan-pelan. tapi kesononya panjanggggg…hihihi) apa prospek ni buat turun ke arena?….:)

    • 98 ahmad sofyan 25 May 2010 at 12:21 am

      salam kenal om Adit, senang berkenalan dengan om… kenari muda powernya belum kuat sehingga suaranya belum begitu kuat (volume tinggi) dengan berjalannya waktu insya Allah powernya semakin kuat, mengenai pospek kenari tergantung perawatan kita kalau di rawat dengan intensif, mentalnya terlatih insya Allah prospeknya cerah om…

      salam

  69. 99 L. Andy 24 May 2010 at 2:49 am

    wuih..kayaknya blognya Om Sofyan makin banyak peminat neh..
    soalnya memang dalam memberikan masukan memangt informatif.

    • 100 ahmad sofyan 24 May 2010 at 3:49 am

      alhamdulillah mulai banyak pengunjungnya om… alhamdulillah kalau ada yang merasakan manfaatnya

      salam

  70. 101 nurnandi 19 May 2010 at 2:15 pm

    Terimakasih atas infonya om..saya berminat obat tetes.gimana cara mendapatkanya?..

  71. 103 nurnandi 18 May 2010 at 1:11 pm

    salam kenal om…saya punya kenari, banyak kutunya sampai merinding melihatnya.apa obatnya untuk memberantas sang kutu and trik agar terhindar dari sang kutu.

    • 104 ahmad sofyan 19 May 2010 at 12:57 am

      obat anti kutu bisa menggunakan mushi (maaf lupa tulisannya) disemprotkan ke seluruh badan hanya penyemprotannya pada saat pagi cerah, kalau mendung takutnya malah kenari kedinginan…. mencegah kutu dengan cara kenari dijemur minimal satu minggu 2 kali, jangan lupa sediakan tempat mandi atau tempat air minum yang besar sehingga ada kesempatan kenari untuk mandi… jangan lupa kebersihan sangkar harus diperhatikan demikian om, kalau om berminat saya ada obat kutu juga caranya ditetesin ke pundaknya… demikian

      salam

  72. 105 yunior 18 May 2010 at 9:37 am

    sama2 om mohon maaf kalau salah mklum masih amatiran juga he..he

  73. 106 rudi bekasi 18 May 2010 at 8:45 am

    wah trimakasih banyak atas tambahan ilmunya nih om Yunior,, nanti saya cek dulu ya, sepertinya kadang dia keras dan ngotot, kadang sedeng2 aja kalau bunyi

    salam

  74. 107 yunior 18 May 2010 at 8:26 am

    untuk burung kita harus karakter suaranya om….kalau dia main dinada tinggi terus biasanya banyk ngetem karena lama ngambil nafasnya biasanya jenis suara ini kemampuannya dah full…..kalau burungnya mampu main nada kykny bisa ditingkatkan…untuk suara 30 detik saya pikir cukup panjang

  75. 108 rudi bekasi 18 May 2010 at 8:04 am

    okelah kalau beg begitu.. trimakasih banyak para senior,,, untuk ukuran panjang 30 detik itu udah termasuk panjang atau blm?? dan masih bisa ditingkatkan tidak? umur sekitar 1 tahun 2 bln

  76. 109 rudi bekasi 18 May 2010 at 6:31 am

    om kalau kenari F2 dijemur kok agak ngos2an itu kenapa ya? jemur sekitar 1/2 jam. apa nafasnya kurang panjang ya? bgmana cara menambah panjang tanpa hrs pakai kandang umbaran? kalau bunyi dia sekitar 30 detik

    • 110 sofyan 18 May 2010 at 6:45 am

      om Rudi turunan Yorkshire memang kurang kuat panas apalagi akhir2 ini panas mataharinya mantap, tetapi faktor fisik juga mempengaruhi bisa karena kegemukan. Untuk memperpanjang napas coba sambung dengan napas burung lain om hehe…. (maaf becanda) ….. yang saya tahu salah satu cara untuk memperkuat napas harus lewat kandang umbaran.

      salam

      • 111 yunior 18 May 2010 at 7:54 am

        ma tambah porsi jemurnya he..he biasa setengah jam jadi 1 jam tapi jemurnya jgn diatas jam 9 om ntr malah loyo burungnya he..he

  77. 112 agly lanaggalih 17 May 2010 at 7:27 am

    saya punya kenari tp sekarang hampir keseluruhan dalam keadaan mabung, kemarin 2 indukan dah netas masing2 4ekor tp dlm wktu 1 minggu anakannya mati satu persatu hingga seluruhnya tewas dengan sukses,saya ingin carikan solusinya bagaimana adakah yg mau berbagi ilmu dgn saya mohon bantuaanya

    • 113 ahmad sofyan 17 May 2010 at 8:15 am

      om Agly turut berduka atas kematian anak kenarinya, om waktu indukannya mengerami anak sering dilihatin ?, terus makanannya dikasih apa ?

      salam

  78. 114 wa2n_cndt 17 May 2010 at 7:19 am

    om kenari saya kena sakit serak dah saya kasih anti erak dr. edi, tapi blom sembuh” juga ada obat lain yg lebih jutu gak om….

    makasih

    sallam

    • 115 ahmad sofyan 17 May 2010 at 8:12 am

      om Wawan coba kasih daun mengkudu setiap hari 1 lembar (pengganti sayuran), mudah2an bisa cepet sembuh kenarinya om

      salam

  79. 116 yunior 11 May 2010 at 2:15 am

    ditunggu ditunggu he..he

  80. 117 prie 10 May 2010 at 11:23 pm

    permisi ikut nimbrung lagi dunk…

    aku setuju usulannya om Munir.

    kapan om sofyan menyediakan obat untuk kutu kenari, coz walaupun kenari sy yang banyak kutunya sehat wal afiat, tapi bulu sayapnya semakin rusak terus.

    mohon bantuannya Om…

    THX.

    • 118 sofyan 10 May 2010 at 11:57 pm

      siap om, insya Allah sebentar lagi launching, kebetulan ada supplyer dari Bandung nich hehe….

      salam

    • 119 Sigid 4 November 2011 at 7:51 pm

      Mf om…numpang ikut ngbrol and slam knal bwt smua’y !!! Saya cm mau ngsih info nich,,,bwt tmn2 smua,yg burung’y lg pd kena kutu .coba ambil daun sirih 7-10 lmbar dan kemudian ambil air bekas cucian beras ( pususan beras,klau orang jawa bilang ) bs jg di tambah dg buah pinang 2 atau 3 butir,kmdian direbus hingga mendidih lalu stlah dingin baru kita smprotkan/taruh di tmpt biasa’y burung mandi !!! NB:klau g ada buah pinang,cukup dg daun sirih sama air bekas cucian beras jg udah manjur bwt menghilangkan kutu burung ! Selamat mencoba para kicau mania

      Mantap terimakasih atas sharingnya om, ditunggu sharing-sharingnya yang lain. Sebagai tambahan kenapa menggunakan air bekas cucian beras, seperti kita ketahui bulu burung mengandung minyak pada saat terkena air hanya lewat saja (seperti air di daun talas) nah dengan adanya air bekas cucian beras zat tersebut tidak berfungsi sehingga air bisa langsung meresap kedalam bulu. Hanya menggunakan air bekas cucian jangan terlalu sering akibat terlalu sering menggunakan air bekas cucian beras bulu menjadi kusam karena minyaknya habis terkikis. Demikian semoga bermanfaat. tks

      wassalam

      • 120 andi 18 February 2013 at 7:16 am

        pernah ngalami juga…tapi pakek jurus nekat…hehe…nunggu cuara terik, trus pake shampo bayi, kemudian dicampurkan ke air hangat…dimandiin pake tangan om, ludes para kutu…:)

  81. 121 jaelani 10 May 2010 at 8:19 am

    Om AS, KN saya kaya nya kena kutu punya obat yang manjur ga?
    Biasanya saya pake mushi sih.Ada yang bagus tapi lebih murah ga?
    trims

    • 122 ahmad sofyan 10 May 2010 at 8:44 am

      waduh saya jarang menggunakan obat kutu yang di semprot/campur air om saya pakai produk dr. Eddy, sekali oles mabur tuch kutu hehe… cuman harganya lebih mahal om hehe….

      salam

      • 123 munir 10 May 2010 at 9:13 am

        lha ini baru info produk…… dibuka aja Om harganya berapa….bentuk cair, gel atau gemana??? yakin deh banyak yg mau……termasuk aku jg mau….

  82. 124 yunior 10 May 2010 at 7:15 am

    ayo2 om sofyan ada yang cari YS nih he..he

  83. 125 Bambang S 10 May 2010 at 5:58 am

    Salam kenal Pak Sofyan…saya mau ternak kenari, sebaiknya pakai indukan KN yg lokal dulu..pinginnya mau nyoba KN YS dengan F1 atau lokal super. Sementara ini sdh tersedia kandang dari alumunium dengan ukuran 60x45x45 jumlah 12. Yang terisi baru 5 box dg indukan jantan F1 dan betina lokal super. Satu kandang sdh bertelor empat…Kalo cari indukan YS dimana ya??

  84. 127 donny 10 May 2010 at 3:18 am

    untuk info tambahan yang macet asal sehat juga boleh pak

  85. 129 yunior 10 May 2010 at 2:14 am

    wah mantap euy he..he

  86. 130 donny 9 May 2010 at 10:19 am

    oh ya pak kalo ada tlng ksh kabar ke alex_dny@ymail.com or 0817380088, sebelumnya makasih banyak

  87. 132 donny 9 May 2010 at 10:14 am

    salam kenal pak sofyan, saya mau cari YS, apa ada stok, yg 1/2 jadi or udah jadi, tk’s

  88. 133 ahmad sofyan 9 May 2010 at 1:27 am

    om Fadly membersihkan kandang dgn antiseptik setiap hari bagus hanya untuk memandikan kenari kurang bagus takutnya menghilangkan fungsi lilin bulu, bulu kenari menjadi kusam tidak berminyak yg bagus mandi sendiri di campur sampo khusus burung

  89. 135 Ram 8 May 2010 at 1:26 pm

    Iya om mksh saran’y..
    Jg mohon maaf ats knsltasi’y om hehe..
    Sy lg pgn bgt om pnya mo2ngan yg agak berkualitas dkt,
    Dulu sy kurang hobi piara2n om
    tp stlh iseng2 piara kn jenis lokal,ekh sini mkin sini ky ny makin kepincut aje om dgn suara kenari,
    sy pikir kn lokal aja dah enak di dgr apalagi yg ad ktrnan indo’y om hehe..

    • 136 sofyan 9 May 2010 at 11:46 pm

      Kalau mau sharing, ke email saya aja om… masalahnya biar tidak menjadi polemik hehe…yang saya tahu AF ada darah YS-nya sehingga yang di kejar bukan suaranya tetapi body-nya besar mengenai suara sama saja kecuali suaranya sudah di master burung lain…

      salam

  90. 137 Ram 7 May 2010 at 2:01 pm

    Om sofyan mu tanya nech,kalo Kn aFYS bahan jantan harga 3rts itu standar gak ya,maklum om blm pnglaman nech..
    Mksh bnyk om.

    • 138 ahmad sofyan 8 May 2010 at 11:57 am

      waduh kalau konsultasi terbuka seperti ngga enak om, prinsifnya harga kenari ditentukan oleh kualitas kenari, kelangkaan karena unik dan usia kenari… semakin muda usianya gamblingnya semakin tinggi karena blm jelas jenis kelaminnya, suaranya blm jelas dan rentan terhadap penyakit…

      salam

  91. 139 Hary Key 7 May 2010 at 1:32 am

    Om Gede, terima kasih informasinya. Ooo…jadi bahan tangkringan bikin pengaruh juga ya Om. Wah saya pikir tangkringan semakin bagus KN nya semakin senang ternyata saya salah. Saya pake tangkringan bekas stir mobil BMW Om. Hahahaha.

    • 140 ahmad sofyan 7 May 2010 at 2:49 am

      wah mantap tuch om hary menggunakan tangkringan bekas stir mobil… kenarinya bisa belajar nyetir mobil hehe….

      salam

  92. 141 Ram 6 May 2010 at 8:38 am

    Tp om nyarios2 pangawisna berapa nech untuk Af bahan/yg udah ngeriwik om?
    Biar sy pny terawangan maklum blm pny pnglaman om.
    Sy pelihara bakalan dah hampir 2bln sy rwat blm kdgrn bljr bunyi om..tp kn lokal om yg hrg’y jg lokal hehe..

  93. 142 Ram 6 May 2010 at 6:21 am

    Jantan om..
    Ya buat burung rumahan aja,kira2 hrg berapa untk bakalan dan yg udah mulai bunyi om thnk..

    • 143 ahmad sofyan 6 May 2010 at 7:53 am

      Waduh sayang banget saat ini sedang kosong om… kalau mau nunggu hari sabtu nanti saya kabarin om…

      salam

  94. 144 Rudi Bekasi 6 May 2010 at 2:45 am

    untuk mas Ram, saya punya AF jantan, warna putih, tapi masih anakan, masih kurang 2 bln, burung bagus, pilihan.. kalau memang mau dipelihara boleh call saya,, tks

  95. 145 Rudi Bekasi 6 May 2010 at 2:43 am

    untuk mas Ram, saya punya AF jantan, warna putih, tapi masih anakan, masih ng bagus, pilihan.. kalau memang mau dipelihara boleh call saya,, tks

  96. 146 Rudi Bekasi 6 May 2010 at 12:40 am

    trimakasih sarannya, burung di jemur antara jam 8 s.d jam 8.30, setiap hari. bulunya agak rontok, padahal 3 bulan lalu baru selesai mabung lho…
    om Yunior, beli avimix di mana ya? trimakasih semuanya..

  97. 147 Ram 5 May 2010 at 5:01 pm

    Om sofyan punya koleksi AFYS yg mu di jual gak?
    Sy pemula dlm kN om,pengen nambahin piaraan nech,pnya 2 ekor tp yg satu blm bunyi2 om.
    Trmks..

  98. 149 Rudi Bekasi 5 May 2010 at 7:26 am

    Om kenari betina saya baru saya dekatkan dengan yang jantan siap kawin, kenari betina ini dah pernah produksi, jenis F1YS, tapi belum kelihatan birahi jadi blm saya gabung. sekaran malah matanya kadang merem2 dan kakinya kadang diangkat satu, saya liat matanya ga papa, tapi kakinya blm saya periksa. kira2 kena apa ya om? tadi saya coba order ke Fina vitamin dan obat, apa bia segera dikirim?? mohon pencerahannya, trimakasih….

    • 150 ahmad sofyan 5 May 2010 at 8:47 am

      kenarinya sering di jemur om ?… kalau kakinya diangkat2 berarti dia merasa kurang nyaman terhadap tangkringannya… coba tangkringannya di cuci dan kalau kurang jemur coba di jemur tetapi jangan lama-lama cukup 1/4 jam saja… jangan lupa pemberian multivitamin dan pakan yang bergizi…. semoga cepat sembuh kenarinya om…

      salam

      • 151 yunior 5 May 2010 at 11:21 am

        mantap2 untuk multivitamin coba kasih avimix untuk yg lagi dijodohin kasih avipro saya coba mantap hasilnya he..he

  99. 152 Ram 4 May 2010 at 3:16 pm

    Salam kN mania om2
    bwt om sofyan sy ad sdkt prtanya’n nech.
    1.apa yg dimaksud kenari AFYS om?
    2.kira2 untuk harga bakalan AFYS jantan kisaran berapa ya om?
    Thnk om ats mskane,maklum msh blm pny pnglaman dlm plhara kenari om.

    • 153 sofyan 5 May 2010 at 1:17 am

      om Ram… AFYS kepanjangan dari Anak F1YS, cuman penamaan AF ini masih rancu ada yang bilang silangan F1 dengan betina lokal, kadang-kadang silangan F2 dengan betina lokal juga masih dibilang AF … yang repot silangan F1YS dengan F1YS ada yang bilang AF tetapi ada juga yang bilang F1YS lokal…pokoknya di kita masalah penamaan ini agak repot, masalahnya berhubungan dengan perut hehe… masalah harga biasanya AF dibawah harga F1YS, demikian

      salam

  100. 154 prie23 4 May 2010 at 7:39 am

    wah posting kali ini mengingatkanku pada kenariku yg mati saat sedang mengerami telur 1 minggu yang lalu.
    padahal nafsu makan normal, tapi emang perilakunya agak loyo, bahkan kena sinar matahari aja dia gk mau (aneh banget, kayak gejala rabies aja).
    so tanpa pikir panjang telurnya saya buang pdhl hampir menetas lho, tapi mungkin karena penanganannya terlambat akhirnya dlm masa pengobatan yg baru 2 hari knariku mati (Innalillahi wainna ilaihi rojiuun).
    stelah flashback kyaknya kenariku itu jarang kena sinar matahari, soalnya kenari yg ini paling rajin bertelur, bhkan anaknya msh blm keluar sarang aja dah bertelur, jadi ya jarang di jemur, kenariku yg satu ini emang semasa hidupnya termasuk kenari yang super hiper produktif.

    • 155 ahmad sofyan 4 May 2010 at 8:26 am

      Biasanya terjadi karena staminanya drop, untuk itu kenari yang sedang di ternak harus di beri multivitamin dan suplemen…

      salam

    • 156 gede 5 May 2010 at 6:12 am

      Wah… terlalu di forsir Om, Rekondisi stamina itu penting Om… Lampu bisa membantu kalau sulit terjangkau sinar matahari…

  101. 157 gede 4 May 2010 at 5:40 am

    wah… Mantap… Memasuki perubahan Cuaca memang KN rentan sakit… Pakan Harus, Musti, Wajib bersih… EF telur, Sayuran (salad / ginseng Jawa) di seling seminggu 2x dan yg gak kalah penting air minum gunakan air matang atau refill air kemasan utk galon. Om Harry bisa pake salep 88 yg kemasannya warna merah, tangkringan ganti pake ranting Asem… jgn yg ada kaya amplasnya… kalo kuku KN panjang, bawa ke salon aja buat Meni / Pedi :D xixixixixi….

  102. 158 Estu 4 May 2010 at 3:54 am

    Om Ahmad, saya sekarang lagi belajar ternak kenari, mulai dr KN lokal dulu…1 pejantan dan 2 betina…utk betina pertama skrg sdh punya anak 1 (yg netas cmn 1 dari 3 telur)…yg betina ke2 masih anggrem dgn 3 telurnya, prediksi saya tgl 6 ini netas (semoga hehehe)…utk yg betina ke-2 ini memiliki tanda2 ” suka memejamkan mata seperti tidur, Bulu-bulu sekitar kepala dan leher terlihat merinding” waktu anggrem…tapi ketika pejantan ngerool ato ngacor (pejantan dipisah Om)…betina turun seperti kenari sehat, nafsu makannya juga baik… yg saya tanyakan apakah kenari tsb sakit…trus vitamin apa yg cocok buat kenari baik yg sehat maupun yg mempunyai gejala sakit (gpp sebutin merknya Om-biar jelas)…trims Om sebelumnya…

    • 159 ahmad sofyan 4 May 2010 at 5:05 am

      om Estu selamat sudah berhasil ternak kenarinya…. untuk kenari yang sedang mengeram harus rajin memberi multivitamin… kalau saya perawatan kenari yang sedang mengeram hari senin dan jum’at diberi multivitamin (saya biasa menggunakan vitalur) hari rabu dan sabtu diberi suplemen (saya biasa menggunakan stamina) pakan bijian seperti biasa, telur 2 x seminggu dan sayuran. Demikian om…

      salam
      gambar vitalur http://kenarimania.e-kios.com/katalog/vitalur-p21.html
      gambar stamina http://kenarimania.e-kios.com/katalog/stamina-p20.html

      • 160 munir 4 May 2010 at 6:27 am

        Tambahan:
        om sofyan ini kelihatannya agak low profil and pemalu kayaknya. om estu, mungkin om sofyan mau bilang bahwa burung bpk kekurangan vitamin dan mineral. oleh karena itu perlu dikasih tambahan vitamin dan mineral terutama dlm masa pengeraman.
        1. untuk treatment / kondisi kurang sehat:
        5 tetes untuk 50 ml air (5 cc/50 ml air) tiap hari selama
        1 minggu, (lihat aturan pakai pd label botol vitamin
        dan mineral).
        2. untuk rawatan harian (tdk dlm kondisi ngeram):
        2x dlm seminggu dosis lihat aturan pakai.
        3. agar burung tetep sehat, kasih Vitamin dan Mineral secara
        teratur, banyak dijual di kios burung
        4. kalo burung ingin tetep sehat dan produktif, pake Vitalur
        dan Stamina sperti yg dipake om sofyan.
        4. susah nyari?? tinggal kontak dan pesan om sofyan aja…

        (maaf Om Sofyan…….jgn dilaporkan ke polici ya…)

      • 161 ahmad sofyan 4 May 2010 at 6:55 am

        om Munir bisa aja, maklum om… saya juga masih belajar… cara perawatan setiap peternak beda-beda jadi yang saya perlihatkan cara perawatan saya…. saya yakin di blog ini banyak pakarnya, cuman biasanya kalau pakar itu jarang ngomong hehe….

        salam

      • 162 Estu 5 May 2010 at 4:38 am

        Buat Om Sofyan
        Terima Kasih Om atas info vitaminnya, kemaren habis pulang kantor saya sudah beli vitalur dan stamina, tetapi msh belum saya pakai…soalnya mau ngabisin vitamin yg lama…Oh ya Om ternyata prediksi saya mbleset…kemaren ternyata telur kenari indukan ke-2 telah menetas…mgkn itu telur yg pertama, yg kedua dan ketiga mgkn hari ini sama besok (mgkn Lho…hehehe…)
        Buat Om Munir
        Benar om, utk pemberian vitamin sesuai apa dgn yg Om tuliskan…tpi saya berikan cuman 1 X dalam seminggu, takut over vitamin…coba nanti saya rutinkan…terima kasih om atas petunjuknya…

        Sekali lagi terima kasih buat Om-Om semua ..

      • 163 ahmad sofyan 5 May 2010 at 6:11 am

        sep om Estu. semoga ternaknya sukses… wah bentar lagi peternak kenari bertambah nich hehe…. saingannya semakin banyak euy hehe… untuk suplemen staminanya bisa langsung di kasih om… karena fungsinya beda dengan multivitamin…

        salam

  103. 164 alir 3 May 2010 at 1:57 pm

    om bubun, saya pernah ke jl. lmu nurtanio 76 (jl. Garuda) n jl. Sudirman sebelum BNI kayaknya rada lengkap atau pesan aja ke Om Sofyan akan dikirim cepat he..he.
    ..salam..

    • 165 ahmad sofyan 4 May 2010 at 1:01 am

      om Alir bisa aja, kios online sy masih alakadarnya …. ini ada yang ngomel-ngomel katanya jualan ngga ada barangnya hehe…. maklum masih belajar jualan jadi masih banyak bolongnya, insya Allah sambil berjalan dibenahi bolong2nya…

      salam

  104. 166 bubun 3 May 2010 at 9:04 am

    om klu beli obat/vitamin yng bagus di bdg dimana?

  105. 167 Hary Key 3 May 2010 at 8:14 am

    Waduh Om Sofyan ada musibah besar! Tiba-tiba salah satu Kenari saya pincang dan selalu angkat kaki satu kayak murid lagi dihukum oleh gurunya. Setelah saya amati ternyata salah satu jarinya bengkak dan kemerahan. Padahal tidak ada pecahan beling dan paku di dalam kandangnya Om. Saya pikir kemasukan beling atau tertusuk paku. Saya sudah oleskan salep ultrasilin tidak sembuh. Saya oleskan minyak tawon juga tidak sembuh. Kira-kira obat yang cespleng untuk penyakit kaki kenari saya apa ya Om? kasihan sudah 3 pekan jalannya pincang dan tiap malam selalu merintih kesakitan. Mohon bantuannya Om… Terima kasiiih. (he he he.. lebay banget ya)

    • 168 ahmad sofyan 3 May 2010 at 8:24 am

      coba di kasih salep garamycin atau oxytetracyclin 2x sehari di olehkan ke daerah bengkak…. semoga cepat sembuh om… utk mendapatkan obat garamycin atau oxytetracyclin bisa di cari d kios/toko obat,

      salam

      • 169 tri 17 February 2013 at 4:02 pm

        om senior mau tanya sy pemula peternak kenari,… induk betina selesai angrem, tp telur gagal menetas, kemudian sy pindahkan dari sangkar, sebab kenapa indukan tsb kepalanya mbelok kekiri kayak ayam sakit keloren….solusinya gmn om & obatnya apa

  106. 170 munir 3 May 2010 at 6:39 am

    setuju om….lbh baik melakukan pencegahan dari pd pengobatan. kalo aku sih sebelum memelihara burung biasanya belajar dulu ilmunya (dalam hal kenari bisa belajar ke om sofyan dan om yunior), bagaimana ciri2 kenari yg sehat dan sakit, apa penyebabnya, gemana pencegahannya dan apa obatnya. (2) siapin vitamin dan obat2an sebelum memelihara kenari, kalo susah nyari vit. and obat ya pesen aja ama om sofyan…, langkah berikutnya menentukan pilihan (jenis sangkar serta ukuran sangkar yg cocok, dst). hehe… burung datang, sangkar tlah siap, vitamin dan obat siap sedia, burung tetep sehat………….kita bisa sikat gigi sambil bersiul…

    • 171 ahmad sofyan 3 May 2010 at 7:07 am

      mantap om… sebetulnya pengunjung blog ini udah pada pinter makanya saya jarang bahas mengenai cara perawatan kenari… malu ilmunya masih dangkal hehe…. salam sikat gigi sambil bersiul hehe….

  107. 172 yunior 3 May 2010 at 4:27 am

    satu lagi pakan extra pada saat burung kurang fit biji niger om he..he kya lemak and bikin tubuh hangat..

  108. 173 yunior 3 May 2010 at 4:24 am

    setuju…yg pentingnya kita harus selalu peka and waspada..he..he

    • 174 fendi 8 May 2010 at 10:56 am

      mas mu nanya,klo pemakaian antiseptik untuk membersihkan kandang dan memandikan burung setiap hari, boleh ga…thx

      • 175 mimpi burung 18 May 2013 at 1:32 pm

        “””setiap hari di temeni burung kenari”””
        kalian tahu apa yang di inginkan oleh si burung di dalam kandang
        1.dia ingin di temani
        2.perlakukan dengan lembut
        3.slalu ingin bersih
        4.jika bakalan kasih makanan yang beragam selama 1 minggu “”sayur + telur+buah+makanan pokoknya””
        niscaya dia akan betah dalam kandang
        5.butuh sinar matahari pagi 1jam buat bule
        lokal 2 jam+
        6.butuh ketenagan di saat istirahat
        7.kenari mahluk hidup ajak ngobrol


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

INDOSAT

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,097,947 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 155 other followers

%d bloggers like this: