Tip memilih kenari YS (Yorkshire)

kandang ys2Menurut informasi dari temen sebentar lagi kenari impor mulai masuk ke Indonesia. Bagi saya dan kenarimania saat-saat kedatangan kenari impor merupakan waktu yang ditungu-tunggu, dengan masuknya kenari impor bisa nambah materi indukan buat ternak. Keuntungan mengambil langsung dari importer kita bisa memilih kenari dengan sesuka hati.

Tetapi dibalik kelebihan diatas ada beberapa kelemahan mengambil kenari impor langsung pada saat kedatangan. Kenari yang baru dating rentan sakit dan lebih parahnya mudah mati. Terutama kenari jenis Yorkshire sangat rentan sekali terhadap penyakit dan kematian. Berhubung harga kenari Yorkshire cukup tinggi sekitar 2 juta pada saat memilih kita harus sangat teliti. Hal utama yang harus diperhatikan yaitu kesehatan, Yorkshire sangat rentan terkena penyakit, penyakit yang paling menakutkan bagi YS yaitu MB dan penyakit pernapasan. Kedua penyakit tersebut sangat menakutkan karena bisa mengantarkan YS ke pintu liang lahat….

Pada saat memilih Yorkshire kita harus memperhatikan beberapa factor yaitu :

1.  Kenari lincah dan banyak bergerak

2.  Rajin makan

3.  Sorot mata tajam

4.  Tidak ada kotoran yang menempel di pantat atau pangkal ekor

5.  Minta ijin sama importirnya agar bisa memegang kenari,  

–    Raba tulang dadanya…. Kalau badanya kurus (dada menonjol apalagi tipis seperti silet) jangan diambil dikhawatirkan Ys tersebut mengidap penyakit MB. 

–    Dengerkan suara napasnya, jika napasnya kedengeran berbunyi ngik..ngik, saran saya jangan diambil karena takutnya terkena penyakit pernapasan.

6.  Kalau ada sangkar kosong pisahkan Yorkshire yang sudah kita pilih.

7.  Perhatikan postur badannya :

–    Badannya seperti wortel terbalik

–    Mata cerah dan sorot matanya tajam

–    Bulu tipis

–    Kaki tinggi jenjang

yorkshire58.  Pilih umur sesuai kebutuhan, jika ingin cepat ber-reproduksi atau ingin cepat diternak pilih Yorkshire yang lahir tahun 2008, 2007 maksimal kelahiran 2006. Kenapa saya menyarankan maksimal usia 3 tdahun karena jika usianya diatas 3 tahun dikhawatirkan Yorkshire tersebudt merupakan indukan afkir. Kalau anda ingin nyari Yorkshire untuk dimaster pilih usianya yang masih muda, pengalaman saya Yorkshire termasuk burung yang mudah dimaster sebagian suara master dapat di terima dengan baik. Kelemahan memilih kenari usia muda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendengarkan suaranya. Untuk mengetahui umur Yorkshdire dapat dilihat dari ringnya :

–   Warna biru tahun kelahirannya 2008

–   Warna hitam tahun kelahirannya 2007

–   Warna merah tahun kelahirannya 2006

–   Warna hijau tahun kelahirannya 2005

9.  Seperti kita ketahui Yorkshire merupakan kenari yang lambat bunyi pada saat memilih jangan terlalu berharap dapat Yorkshire yang bunyi mendapatkan Yorkshire yang ngeriwik saja sudah cukup. Biasanya Yorkshire yang bunyi ciapnya kencang berprospek suara kenceng.

Setelah mendapatkan Yorkshire yang kita pilih, proses selanjutnya penyesuaian kondisi di rumah kita. Sudah saya sebutkan diatas Yorkshire merupakan kenari yang rentan terhadap cuaca lingkungan sekitar. Yorkshire merupakan burung subtropics yang cuaca cukup dingin. Tetapi berdasarkan pengalaman saya kalau kita menguasai cara perawatannya Yorkshire bisa hidup diberbagai tempat. Mulai dari dataran tinggi dengan cuaca dingin seperti Bandung, Bogor ataupun Malang juga masih bisa hidup didaerah dataran rendah seperti di Jakarta dan Surabaya. Selama 3 tahun merawat Yorkshire saya  sudah berhasil ternak Yorkshire dan alhamdulillah selama saya ngerawat Yorkshire belum pernah mati karena karena sakit pernah mati itupun hanya kecerobohan saya menggantung sangkar tanpa melihat lingkungan sekitar akibatnya YS mati dikerubung semut.

131 Responses to “Tip memilih kenari YS (Yorkshire)”


  1. 1 Dedi 17 March 2015 at 11:28 am

    Mas.Bos_ Bisa minta PIN BMM atau Nomor Hp nya…

    Saya mau Konsultasi masalah Kenari Yorkshire.

    Sharingnya di sini saja ya om, blog ini saya sediakan bagi temen2 yang ingin sharing mengenai burung kenari, mohon maaf saya belum menyediakan BB atau no hp untuk sharing karena waktu saya terbatas….

  2. 2 ahmad mulyadi 7 June 2013 at 5:56 am

    om mau tanya kalo mau beli kenari YS di jakarta dimana ya

    Kalau saya pribadi beli burung kenari apapun di pasar burung Pramuka

  3. 3 JeongHann 27 October 2012 at 8:11 pm

    ada yang tau importir Yorkshire daerah Bandung alamatnya dimana..? dan nomor telf nya jika ada. thx.
    JeongHann
    +62818627007
    jeonghann@yahoo.com

  4. 5 mossa.heandryesa0@gmail.com 25 July 2012 at 2:34 pm

    om klo nyari kenari ys di solo/surakarta dimana ya…? ane butuh bahan klo ada. makasih

  5. 6 joko santoso 18 May 2012 at 3:48 am

    Om Sofyan yang baik, saya mau tanya kekuarangan dan kelebihan Ys lokal di bandingkan dg Ys import apa ? Terutama untuk breeding. Terimakasih dan sukses selalu. Amin

    Maaf ini hanya pendapat pribadi kelebihannya YS lokal sudah dikondisikan dgn cuaca Indonesia sehingga relative kuat terhadap cuaca Indonesia, di YS ada rumor YS betina sulit diternak karena sudah disteril oleh peternak bule sono kalau produk lokal saya belum denger YS lokal steril. kekurangannya YS lokal mahal hehe…. wassalam

  6. 7 Wawu 16 April 2012 at 6:50 am

    Mas, Saya betul betul pemula dan dana sekitar 6 jt mau mulai ternak kenari yg Yorkshine dimana belinya kalau di wilayah Kota Yoogyakarta

    mohon maaf saya belum mempunyai kenlanan penjual Yorkshire di daerah Yogya, om Wawu sebagai informasi untuk saat ini uang 6 juta hanya dapat untuk 1ekor Yorkshire, wassalam

  7. 8 Son Tatto 9 April 2012 at 5:56 am

    lnl tenpat nya d mana??????????

  8. 9 herman 3 April 2012 at 6:22 am

    Om berapa harga ys betina dan jantan yang siap kawin

  9. 10 adit 2 April 2012 at 1:18 pm

    dimana jual kenari ys di mlg yah?

  10. 11 Nur chafid 27 March 2012 at 11:49 pm

    Alamat mana nich farmx??

  11. 12 Ughy 19 March 2012 at 12:24 am

    klo boleh tnya ,harga yorkshire jantan muda brpa om??

    dan alamat om dmana?

    makasih

  12. 13 devi_jk 18 March 2012 at 11:19 am

    Sayaa butuh f3/ysbetina kl gak kenari besar 081395345636

  13. 14 devi_jk 17 March 2012 at 3:42 am

    Ini daerah mn..

  14. 15 anom 3 March 2012 at 9:47 am

    Aslm wr.wb salam kenal pak ahmad…sya seorang mahasiswa yg sgnt tertarik dengan kenari …kira2 harga anakan kenari YS berapa ?rencana sya pingin menangkarkan kenari tpi msh bingung utk membeli indukannya, klo bsa saya mnta no hp bpk .

  15. 16 asep 12 February 2012 at 1:05 pm

    kang saiah pengen punya ys klo di bandung di daerah mana yah

  16. 18 iwan 9 February 2012 at 1:19 pm

    om kalau ring warna oren kelahiran tahun berapa?trimakasih sebelumnya

  17. 19 tugik 28 September 2011 at 2:23 pm

    pak kalo nyari indukan sepasang brp? lokasi saya di prabumulih

  18. 20 yayan 29 June 2011 at 12:03 pm

    Salam Kenal,

    Saya mau tanya untuk daerah jakarta untuk cari peternak / penjual kenari yorkshire dimana yah? saya kesulitan menemukan penjual nya, Mohon info nya teman-teman..

    Salam

  19. 21 ahmad 4 April 2011 at 3:00 pm

    salam silahturahmi, saya dari jakarta kalau boleh
    tahu harga f2, f3 serta yorkshire berapa ?
    terus terang saya sangat tertarik dgn brg kenari
    saya tunggu jawaban anda, terima kasih wassalam

  20. 22 gilang 21 February 2011 at 12:40 pm

    om yang jual ys daerah bandung dmn yah.,.,trus sapa.,.,minta nmer hpnya.,.,

  21. 23 Tanto 23 January 2011 at 4:45 pm

    Maaf, kalau bisa sy minta alamat dan nmr hp anda. Tq

    alamat saya bisa di lihat di kanan pojok blog ini, untuk no. HP mohon maaf saya hanya punya no. HP operasional dari kantor jadi belum bisa memberi karena takutnya bercampur dengan urusan pekerjaan hehe….

    Wassalam

  22. 25 maryo 13 January 2011 at 5:47 am

    om kalo ada info ys tlong kabarin yg th 2009 atau 2010 02199117044

  23. 26 Purba Mustika 11 January 2011 at 4:00 pm

    Salam Kenari,
    Saya Angga dari BDG,bagi teman-teman yang punya stok YS th 2008 / 2009 yang ngisi tlng hub saya di 022-91732750.

    Trims

  24. 27 salman sby 2 December 2010 at 12:05 pm

    kalo ada yorkshire baru tolong hub saya lewat : manutdfans85@gmail.com

    thx

    sy tunggu

  25. 28 eko 21 November 2010 at 4:48 am

    assalamualaikum wr.wb. om.om semuanya

    numpang tanya nie, yang jual indukan f1 disekitar magelang dimana ya??

    mohon infonya ya..
    trimakasih semua..
    wassalamualaikum wr.wb.

  26. 29 qhoddam 25 October 2010 at 2:50 am

    saya qhoddam,
    mas minta alamat penampung yorkshire import di bandung mas….?

    coba tanya di ling ini om… https://burungkenari.wordpress.com/lapak , nanti juga banyak yang nawarin YS, terimakasih

    salam

  27. 30 cani 13 October 2010 at 3:26 am

    mas sya cani,sya mau jual burung kenari yorkshire kalau ada yg mau beli bleh hbngi saya

    Pak coba di diskripsikan YS seperti apa ?, apakah jantan atau betina, bunyi atau sedang macet, warnanya apa ?, ring tahun berapa serta kondisinya bagaimana ?(sehat atau sedang mabung). Agar banyak yang melihat om bisa tulis di linik ini demikian

    salam

  28. 31 cahyo 22 August 2010 at 3:36 am

    mas, akang, abang2 sekalian salam kenal…
    sy pengen baget punya yokser tp sampai sekarang blm kesampaian karna di semarang susah belinya…apalagi minta hehehe
    klo ada yg punya info dimana bs nempil beli yoksernya tlg dong sy dikasih tau biar tdk ngiler lg liat yokser kawan2

    Om Cahyo, disini ada beberapa temen yang rencananya mau jual Yorkshire, coba kontak om Yunior atau kang Gede…no. HP-nya bisa di cari diblog ini…

    salam

  29. 32 Agus 3 June 2010 at 1:20 pm

    butuh kenari yorkshire asli yg belum ngicau dan yg udah gacor…tolong detai dg harganya di ajbcool@gmail.com

  30. 33 vino 13 May 2010 at 10:55 am

    Salam kenal Om Yunior

    saya vino di bandung mau tanya om saya cari F1 mungkin punya
    minta alamatnya om atau no HP nya trims

  31. 35 yunior 12 May 2010 at 8:33 am

    oke langsung terbang..he..he

  32. 38 Hary Key 12 May 2010 at 8:02 am

    Om, sofyan ngumpulnya gak jadi di rumah Om Nungkie ya?

    • 39 ahmad sofyan 12 May 2010 at 8:17 am

      Insya Allah jadi ngumpul di rumah Pak Nungki om, hanya saya belum dapat informasi dari ketua panitianya, om Yunior bagaimana kabar terakhir acara sabtu depan….hehe…..

      salam

  33. 40 Ari 12 May 2010 at 7:20 am

    Kenari York Shire impor datang lagi kapan ya om? Saya punya 1 ekor jantan, big size, ring 2007, warna orange, tapi bulu ekornya lepas karena kecepit kandang. Kira-kira butuh berapa lama untuk menumbuhnya bulu ekor yang lengkap. Dari ringnya, YS saya itu asal Jerman. Nuwun.

    Best Regards,

    Ari – Solo

    • 41 ahmad sofyan 12 May 2010 at 7:33 am

      Paling cepet YS impor masuk lagi bulan 10 (oktober)… untuk menumbuhkan bulu ekor yang lepas bisa beberapa minggu… tergantung gizi pakan dan perawatannya…

      salam

  34. 42 Agung 19 March 2010 at 7:14 am

    wah…om sofyan…kalo Jumat sore sy pulang k bdg om….sayang yaaa….pengen main ke rumah om sofyan juga nie…silaturahmi sekalian belajar….saya di tangerang kalo senin – jumat aja om…..klo libur pulang dech k bdg…hehehehe

    • 43 ahmad sofyan 19 March 2010 at 7:51 am

      pulang ke bandungnya besok aja bareng kang Gede… insya Allah besok hari sabtu jam 10.00 WIB kang Gede dan temen-temen kenarimania mau ngumpul di rumah saya… btw sekalian aja buat temen-temen yang besok blm ada acara/kegiatan, dari pada bengong lebih baik ikut kumpul2 di rumah saya, insya Allah bermanfaat buat temen-temen hehe….

      salam

  35. 44 Agung 19 March 2010 at 2:45 am

    Jadi pengen nie om….tapi kok tinggi ya….hmmmm…….tapi itu harga YS import apa lokal ya om Gede….nuhun pisan om

  36. 47 Agung 17 March 2010 at 10:21 am

    sore om sofyan….menarik banget euy tulisan2 nya dan komen2 nya…mw tanya nih om….klo di om sofyan ada YS siap ternak lom om….trus kisaran brp an ya…atau ada info….thx

    • 48 ahmad sofyan 18 March 2010 at 12:23 am

      om Agus … mohon maaf saya tidak punya YS siap ternak…. nyari YS saat ini cukup sulit walaupun ada harganya sudah tinggi, untuk saat ini harga YS jantan sekitar 2,5 jt dan YS betina sekitar 1,5 jt kalau nyari indukan yang siap ternak sepasang sekitar 5 jt…

      salam

      • 49 Agung 18 March 2010 at 8:37 am

        makasih banyak infonya om……pengen belajar dari om sofyan nie euy jadinya…hehehehehe

      • 50 sofyan 19 March 2010 at 12:09 am

        Kang Gede, sekarang harga YS gila-gilaan yach ..??? serem dengernya hehe…. beruntung di rumah sudah punya YS, kalau sekarang mah udah ngga kebeli euy ….

        salam

      • 51 Tomjoad 3 November 2011 at 6:59 am

        kira2 panjang YS nya berapa centimeter ya om Sofyan, kira2 ada 20 CM ga ukurannya…. Terimakasih.

        Ukuran YS minimal 18 cm bisa sampai diatas 20 cm

        Wassalam

      • 52 Didih 4 November 2011 at 4:14 am

        mohon minta info harga YS yg baru yahhh, butuh pencerahannya om… tq… tolong hubungi via sms : 082123600387 (didih)

        Mohon maaf saya belum bisa membantu om, di Palembang masih jarang pemain yang senang YS, demikian

        wassalam

  37. 53 Danu 6 March 2010 at 6:51 am

    Om sofyan, semoga kerjasama dengan pihak luar negerinya sukses. Saya peternak pemula yang sedang mencari indukan. Harap diberi kabar bila yorkshire-nya sudah ada. Salam perkenalan

  38. 54 Deni _ Bekasi 5 March 2010 at 3:05 pm

    Wa….ah ketinggalan jauh dech….. orang-orang mah sudah pd janjian mo ke bandara. Ada yg jemput YS dan ada yg jual YS. Sedang saya ????? Boro-boro… masih aja berkutat mikirin gimana caranya spy 4 pasang kenari muda cepat kawin dan bebas tikus….. bikin iri aja neh Si Om- om.

  39. 55 yunior 5 March 2010 at 2:55 am

    mantap..mantap jadikan nih besok sabtu kita kebandara sekalian saya mau ngirim burung kepangkal pinang..he..he

  40. 57 Heru Mufarid 4 March 2010 at 9:02 pm

    Om..Mengapa kita tdk memasyarakatkan saja ternak YS, Apa sih kendalanya? Kalau kita bisa bikin sendiri YS tentunya tak perlu lagi import YS. Pada hal nantinya YS kelairan Indonesia itu barangkali akan lebih “tahan banting” karena terbiasa makan tahu tempe plus nasi aking dan telah menyesuaikan diri dengan iklim tropis sejak dalam telur.YS import kan terbiasa makan burger hot dog maupun spageti dan tidurnya dihotel berselimut tebal. Bagaimana Om?

    • 58 ahmad sofyan 5 March 2010 at 12:18 am

      Tujuan saya juga ingin membuat perkumpulan peternak YS dengan suaranya khas suara burung-burung lokal indonesia tetapi untuk mencapai kearah sana tidak mudah banyak kendalanya diantaranya kendala untuk mendapatkan indukan dengan kualitas baik dan tidak steril (mandul) dan dana yang terbatas tetapi saya yakin jika kita mau berkerja sama insya Allah bisa. Mohon do’anya saat ini saya sedang membuat kerjasama dengan seseorang dari luar negeri untuk memasukkan YS ke sini…. habis di importir rebutan hanya orang-orang berani dan modal besar yang bisa dapet YS impor….

      salam

      • 59 Heru Mufarid 5 March 2010 at 4:00 pm

        Tak pikir-pikir kita ini masih belum pintar juga. Setiap tahunnya masih saja ngimpor YS. Padahal burung ini kan bisa diternakkan di Indonesia dan kita punya “pakarnya” dalam hal ternak burung seperti misalnya 0m Sofyan sendiri. Saya berandai-andai (boleh kan?) Dana yang 6,7 T itu diambil 250 jt dibelikan YS yg bagus2 dpt berapa ya ? misalnya dpt 50 pasang dan disuruh melihara kepada mereka yang “mau” dg ketentuan dan syarat2 berlaku.Insya Allah dalam beberapa tahun kedepan kita tak perlu lagi ngimpor YS dan akan ada burung kenari yang bernama JOKSER INDONESIA dengan segala kelebihannya

      • 60 yan 30 June 2011 at 4:27 pm

        sipppp…kang sofian..pemikiran & jiwa yang bagus…setuju….di do’akan kang….sy dpt ys jg dari rekomen kang sofian…. susah bgt pgn dpt ys…

      • 61 redmoz 6 July 2011 at 7:26 am

        Setuju dan didoakan om… hasilnya jgn lupa dieksport ke ciputat om. hehehe

  41. 62 Anan Herlambang 4 March 2010 at 7:44 pm

    Kalo ada betina produksi yang mau dijual (Lizard, WS, F1 YS, F2 YS) tolong kontak email saya ya Om Sofyan, makasih sebelumnya.
    email saya : anan.solo@yahoo.com

    • 63 ahmad sofyan 5 March 2010 at 12:09 am

      om Anan aya-aya wae… masa kenari produksi di jual, terus saya ternak apa hehe…. maaf becanda om, saat ini saya juga sedang berusaha mencari indukan yang bagus buat meningkatkan produksi….

      salam

  42. 64 Awin 1 March 2010 at 3:11 pm

    Om Sof, trims infonya, wuihh cepet banget di jawabnya nih om…
    Kango kang Gede, hatur nuhun pisan info na, upami bade kopdar nyungkeun di kabaran nya. Abdi bumi di Baleendah (komplek wartawan), upami kang Gede di mana? iraha2 abdi hoyong ameng ka rorompok.

  43. 66 ahmad sofyan 1 March 2010 at 4:05 am

    Kang Gede… kalau ada Kopdar ajak-ajak saya… insya Allah saya usahakan hadir hehe…. pingin tahu bagaimana perkembangan kenari di Bandung terutama ternak YS…. sebagai informasi saya ada rencana kerjasama dengan temen di Eropa (hobis kenari) mau masukin Yorkshire kalau Kang Gede tertarik ingin bergabung silahkan saja… saat ini saya sedang mendata kebutuhannya dulu… terimakasih…

    salam

  44. 68 Awin 28 February 2010 at 3:19 pm

    tanya YS nih om:
    1. Apakah harga YS tergantung dari warna dan jenis kelamin?
    kalo iya, minta info kisaran harga berdasarkan warna dan kelaminnya ya om.
    2. Alamat peternak YS di Bandung di mana aja ya?
    tengkyu berat om, maaf ngerepotin.

    • 69 sofyan 1 March 2010 at 12:15 am

      Betul om harga YS ditentukan oleh jenis kelamin dan warna…. semakin cerah/unik warnanya harganya semakin mahal… kalau alamat peternak YS yang saya tahu hanya P’ Eko…. btw beli F1YS, F2YS atau YS lokal harus hati-hati, lebih baik mahal sedikit tetapi qualitasnya terjamin… jadi kalau bisa beli dipeternak yang sudah kita kenal, demikian

      salam

  45. 70 Heru Mufarid 24 February 2010 at 4:26 pm

    Bagaimana caranya njodohkan YS dgn YS atau YS dgn F2?, apakah spt kenari yang 1 pejantan bisa untuk beberapa ekor betina. Atau seekor YS jantan hanya dgn seekor YS betina yang dimasukkan dalam satu sangkar ditunggu sampai bertelur?

    • 71 sofyan 24 February 2010 at 11:55 pm

      Ternak YS sama saja dengan ternak kenari lokal biasa, hanya…. (ada hanya om hehe…) faktor utama ternak YS menjaga stamina, jadi kebersihan dan kesehatan Yorkshire harus benar-benar dijaga…

      salam

    • 72 Heri 27 February 2010 at 5:55 am

      Om Sofyan ada stok anakan YS dengan YS ga ?

      Pak Heru yg rumahnya di krapyak itu ya ? BT bakalannya udah ada yg mau dijual blom pak ? hehehe maaf oot om…

      • 73 Heru Mufarid 28 February 2010 at 3:11 pm

        Ya betul mas Heri……. anakannya BT sementara belum ada yang keluar, ntar kalau sdh ada cicit2nya BT kelairan Krapyak bolehlah dipelihara teman2

  46. 74 randy 20 February 2010 at 7:13 pm

    Sangat betul kata pak sofyan jika mau membeli YS harus hati hati begitupun untuk merawatx,,sama kata orang orang di sini jg(Danmark),

  47. 75 yunior 18 February 2010 at 9:35 am

    wah yogya nih coba buka situs papburi yogya om biasanya ada tuh…he..he

  48. 76 Dans 17 February 2010 at 2:35 pm

    Slm kenal smua,,saya mau tanya ada yg tau alamat penangkar Yorshire d JOGJA??..ak m cb ternak YS nich!!
    Thnks BGT!!

  49. 77 Heru Mufarid 13 February 2010 at 3:25 pm

    Makasih 0m Sofyan (maaf panggilnya ikut2an pakai om). Saya sadar dan insaf selama ini YS saya perlakukan “salah” yg akibatnya “mota mati”.Insya Allah mendatang akan beli 2 ekor jantan dan seekor betina dan tentunya akan saya rawat sebaik-baiknya biar berhasil

  50. 79 Herry 11 February 2010 at 9:02 pm

    Salam kenal om..saya ingin tanya tentang YS yg masuk ke importir,apakah YS yg di impor berasal dari 2 tempat (BELANDA dan GERMAN) bagaimana cara membedakannya?apa kelemahan dan kelebihan masing2,dan utk harga apakah jg beda?maaf om saya pemula yg banyak tanya..trims,salam ciap..ciap..ciap..

    • 80 ahmad sofyan 12 February 2010 at 7:59 am

      Om Herry … ekportir Yorkshire sebetulnya ada beberapa negara yaitu holland, belgia, jerman, inggris juga ada dari amerika…. hanya yang dikenal di kita yaitu impor dari holland dan jerman…. untuk membedakan hasil ternak jerman dengan belanda dilihat dari ringnya jerman ringnya DKB sedangkan belanda ada AOB ada beberapa lagi tapi maaf yang lainnya lupa …. kelemahan dan kelebihannya tergantung induvidunya om bagi saya 2-2 nya bagus saya pernah punya ring belanda bisa diternak dengan bagus ring jerman pun demikian bagus juga buat diternak…. untuk di indonesia ring DKB harganya lebih tinggi tetapi bukan karena kualitasnya tetapi importir di Indonesia ngambil Yorkshirenya dari belanda sehingga ada biaya transportasi dari jerman ke belanda… demikian

      salam

  51. 81 Heru Mufarid 11 February 2010 at 3:16 pm

    Saya sudah “kepaten” 3 ekor YS, 2 ekor jantan 1 ekor betina yg kalau ditotal harganya 6 jt.Sementara selama pelihara YS blm pernah jual hasil ternaknya, lha wong memang belum berhasil ternaknya kok. Rasanya “nglangut” mau beli lagi YS lagi. Padahal pengin sekali ternak buat nambah2 hasil biar dapur bisa ngebul terus

    • 82 ahmad sofyan 12 February 2010 at 8:00 am

      Pak Heru kalau tidak salah Bapak mengeluh mengenai Yorkshire di blog ini sudah beberapa kali…. mohon maaf sebelumnya ini hanya pendapat saya pribadi… di dunia ini penuh resiko ketika kita berjalan di rumah saja bisa terpeleset …. apakah setelah terpeleset kemudian Bapak tidak mau jalan di dalam rumah… setiap masuk rumah merangkak hehe…?? saya rasa tidak….. ketika Bapak terpeleset saya yakin Bapak akan melihat/menelliti apa penyebab kita terpeleset, bisa saja lantainya basah atau ada kulit pisang yang terinjak kita…. demikian dengan memelihara Yorkshire… coba Bapak teliti lagi penyebab sakitnya kenapa… kemudian Bapak sharing di blog ini saya rasa lebih berguna sharing tips merawat Yorkshire model Heru dari pada berkeluh kesah seperti di atas…. Demikian mohon maaf kalau salah…

      salam

      • 83 yunior 12 February 2010 at 8:30 am

        Om Arif mungkin tidak berkeluh kesah tapi mungkin minta tanggapan dari om sofyan supaya bisa lebih bersemangat dalam beternak YS…ayo om sofyan kasih semangat om Arif he…he….jgn loyo om Arif kegagalan itu hal biasa dalam mencapai keberhasilan……

      • 84 Heru Mufarid 12 February 2010 at 1:56 pm

        Pelihara YS memang belum berhasil, masih “mota mati aja”, tetapi untuk BT nya alhamdulillah sdh menampakkan hasilnya yg bikin teman2 pada kepengin “mbibit” anakannya.Untuk sementara anakannya “belum bisa keluar” masih saya jadikan pengganti bapak ibunya.Ya nanti kalau sdh ada cucu/cicitnya, bisalah teman2 pada mbibit atau barter dg YS.Saya masih penasaran dgYS

      • 85 sofyan 13 February 2010 at 1:03 am

        om Yun ….. karena saya merasa om Arief punya kemampuan dalam beternak kenari jadi saya ngomong seperti itu…. saya yakin om Arief mampu menyelesaikan masalah per-Yorkshire-an hehe…..

        salam

      • 86 sofyan 13 February 2010 at 1:11 am

        untuk BT nya alhamdulillah sdh menampakkan hasilnya yg bikin teman2 pada kepengin “mbibit” anakannya.Untuk sementara anakannya “belum bisa keluar” masih saya jadikan pengganti bapak ibunya

        Tuchkan… orang lain masih banyak yang belum berhasil ternak BT om Arief mau menunggu cucu-nya hehe…. BTW ternak YS lebih mudah dari pada ternak BT …. faktor keberhasilan ternak YS yaitu kemampuan peternak dalam menjaga kondisi/stamina YS ….. cara-cara menjodohkannya gampang tidak serumit BT karena BT sangat sensitif….

        salam

      • 87 yunior 18 February 2010 at 9:32 am

        boleh tuh kapan2 bt nya dikirimin buat masteran he..he

  52. 88 yunior 28 January 2010 at 3:30 am

    kalau saya pake obat marvel aid terus makanannya kasih apal ma cede setiap hari sampai burung fit, full kerodong and kasih lampu pijar 5 watt….

  53. 89 yunior 28 January 2010 at 3:27 am

    biasanya kalau sakit dah kyk gitu obatnya sulit ya om…itu bisa jadi karena kena tiupan angin, sanitasi yg kurang baik dan kebersihan kandang yg gk baik

  54. 90 Heru Mufarid 27 January 2010 at 2:34 pm

    Saya punya YS jantan ring 08, saya beli dari teman harganya 3 jt, yang katanya sudah “berproduksi” .Dari awal memang nampaknya kurang “oke” sdh 10 bln belum juga ada hasilnya, malahan sakit-sakiten terus dg mencret warna putih.Sebulan yl saya titipkan (opname) selama seminggu dan perkembangannya agak lumayanlah.Sekarang sakit lagi tak mau bertengger.Sdh saya obati .Apakah YS memang “susah amat” Saya sdh KEPATEN ekor. Tolooooooooooooooong bantuan utk dikomentari,diagnose,penyebab,pengobatannya. Matur nuwun

    • 91 sofyan 28 January 2010 at 1:15 am

      Sebelumnya mohon maaf kalau salah …. kadang-kadang kita tidak mau repot memperhatikan kondisinya dan memantau suaranya, biar simple denger apa katanya pedagang…. padahal kalau kita mau sedikit meluangkan waktu hasilnya akan lebih bagus …. kita juga tidak bisa menyalahkan 100% ke pedagang kemungkinan kita kurang paham merawatnya sehingga berakibat sakit-sakitan terus … coba sangkar berikut tangkringannya dijaga kebersihannya, tangkringan minimal seminggu 2 kali dicuci… makanan dan minumannya diganti tiap hari jangan lupa multivitamin dan probiotik diberikan seminggu sekali secara rutin … untuk pengobatan coba dikasih super N… demikian semoga membantu & mohon maaf kalau salah…

      salam

    • 92 yunior 28 January 2010 at 3:37 am

      coba beli ma sa YS nya dijamin muantap he…he………

      • 93 ahmad sofyan 28 January 2010 at 4:41 am

        buka lapak disini harus bayar om hehe…. btw beli Yorkshire harus hati-hati tetapi merawatnya harus lebih hati-hati lagi ……

        salam

      • 94 noval 9 June 2010 at 12:09 pm

        ma.ap pak saya btuh kenari YS jantan, gmana cra.x sya dpt kan itu. klau bleh tau brpah nomer telpun bapak ..
        tlpunt saya 0817303555

        saya berdomisili d surabaya ..
        terima kasih ..
        tolong hubungi sgera ..i

      • 95 ahmad sofyan 10 June 2010 at 12:31 am

        Wah om Noval kayanya butuh YS sangat mendesak sampai saya harus segera menghubungi dengan segera,…. mohon maaf om saya belum bisa membantu saya tidak punya YS yang mau di jual, ada juga buat indukan (diternak)….

        salam

      • 96 noval 11 June 2010 at 9:04 am

        maaf om krn slama ini blum pnah sukses ternak ys,stelah melihat ulasan2 om hati ini jadi kepingin tuk beli ys lg sampai2 gak sopan cara nanya ke om(hub segera segala) jd skali lg sy minta maaf om,kembali ke ys lg om,kalau anakan ys apa om ada kalau ada kira2 brp harganya om, skali lg trima kasih om…

  55. 97 Heru Mufarid 30 December 2009 at 4:52 pm

    Saya punya YS ring 07.selesai ganti bulu sampai sekarang macet (sudah 5 bln) dan kotorannya encer ada putihnya, sakit apa burung saya ini?

    • 98 sofyan 31 December 2009 at 12:21 am

      Om Heru, coba sharing yach … ?? pada saat mabung kenari terutama kenari dengan badan besar membutuhkan nutrisi/gizi yang cukup banyak, jika pada saat mabung nutrisi/gizi-nya kurang maka membutuhkan waktu lama untuk recovery… coba YS om diberi obat metabolisme, perawatan yang optimal makanan yang bergizi, diberi multivitamin jangan lupa mandi dan jemur minimal seminggu 3 kali.. demikian om semoga bisa membantu

      salam

  56. 99 sofyan 27 December 2009 at 7:47 am

    om Bram … alamat Pak Eko di Puri cipageran Indah I Blok H 1 No. 85 B Cimahi Bandung no hp. 081316631120

  57. 100 sofyan 27 December 2009 at 7:44 am

    Pak Heru… blackthroat (BT) fisiknya lebih kuat dibanding YS … BT maupun YS hanyalah alat mengenai prospek tergantung kita-nya sebagai hobis dalam memasarkannya…. saya denger BT banyak digunakan sebagai master (suara isian) untuk Murai Batu jadi selama lomba MB banyak peminatnya prospek MB masih cerah ….. Demikian semoga membantu

    salam

    • 101 yunior 28 December 2009 at 2:43 am

      menurut saya Bt and YS punya pangsar sendiri2…pada kenyataannya ternak BT katanya lebih sulit dibanding YS tapi menurut saya bukan lebih sulit tapi karena materi BT lebih langka dibandingkan YS (terkait dgn import) jadi kendala ternak BT terkait dgn materi indukan, proses perjodohan dan pengeraman…kalau pemasaran jgn khawatir permintaan lebih banyk dari stock barangnya…kalau betul2 mau ternak Bt sebaiknya betul2 hanya ternak bt aja sehingga bisa lebih focus…

  58. 102 Heru Mufarid 26 December 2009 at 3:41 pm

    Maaf Pak (keluar dari YS) Bagaimana tentang beternak bleksrut, permasalahan dan masa depan pemasarannya dibandingkan dengan beternak YS?

  59. 103 bram heryanto 23 November 2009 at 1:32 pm

    om sy pingi au rumah pak eko cimahi ingin belajar ternak

  60. 104 bayucaem 18 November 2009 at 8:33 am

    selamat sore om, saya ini orang awam yang baru saja suka burung. saya tertarik dengan burung kenari karena suaranya. akhirnya saya penasaran untuk beternak kenari, ternakan pertama gagal om. tapi alhamdulillah sekarang sudah berhasil 2 ekor. mohon informasi dong, dimana saya bisa mendapat bibit kenari yang siap ternak. bisa lokal atau impor. terima kasih banyak sharingnya, sangat membantu buat saya.

    • 105 ahmad sofyan 18 November 2009 at 12:18 pm

      Om Bayu ….. selamat sudah berhasil ternak kenari … tidak semua orang bisa berhasil ternak kenari lho om….. he..he…. berhubung om sudah berhasil ternak jadi sepertinya perlu naik tingkat nich om…. karena menurut saya pelihara kenari biasa sama kenari berkualitas sama repotnya …..tetapi hasilnya jauh berbeda…. kalau ingin alamat peternak kenari tolong kirim email ke email saya di akhmad.sofyan@gmail.com, terimakasih.

      salam

  61. 106 ahmad sofyan 9 November 2009 at 1:20 pm

    Pak Gunawan mau ambil berapa ekor ?, kalau 1 ekor mahal di ongkosnya Pak, terimakasih.

    salam
    sofyan

  62. 107 heru mufarid 7 November 2009 at 4:44 pm

    saya pengin juga beternak yokser, sdh punya 2 jantan 1 betina dan sdh bertelur, mau beli sepasang lagi . Bisa kasih info kisaran harganya

    • 108 ahmad sofyan 9 November 2009 at 2:33 am

      Pak Heru ….. waktu datang tanggal 28 Oktober 2009 harganya sekitar 1,75 jt… untuk kedatangan bulan ini saya belum dapat informasi lagi, nanti kalau sudah dapat harganya yang pasti saya kabarin… terimakasih.

      salam
      sofyan

  63. 109 Anan Herlambang 26 October 2009 at 7:02 pm

    Mo tanya om, untuk saat ini apakah ada anakan YS lokalnya?

  64. 111 krupuk 17 October 2009 at 11:08 am

    mewah tenan semut di tempat sampean di kasih makan YS yang harganta jutaan hehehe

  65. 113 budi 13 October 2009 at 8:00 am

    terima kasih om sofyan atas ulasannya sangat membantu sekali untuk memilih ys terimakasih

  66. 115 yunior 9 October 2009 at 1:44 am

    hallo om…mungkin perlu dijelaskan lagi kalau 1.35 juta itu anakan ys asli atau bukan and gimana harga anakan f1,f2,f3,f4 dan seterusnya he..he

    mantap om sofyan….

    • 116 ahmad sofyan 9 October 2009 at 2:26 am

      wah kalau yang ini sich sudah pakarnya he..he…. terimakasih atas koreksinya om, harga 1,35 jt itu harga anakan YS dengan YS, untuk harga F1 (YS dengan lokal) kisaran 400 rb, harga F2 (F1 dengan YS) mulai dari 750 rb dan harga F3 (F2 dengan YS) mulai harga 900 rb (maaf untuk penamaan F1,F2 dst. masih menjadi perdebatan saya mengacu ke penyebutan secara umum) ……..Harga yg saya sebut diatas relatif masih tergantung tempat, kualitas anaknya dan kualitas indukannya kalau indukannya jagoan lapangan harganya bisa lebih tinggi. Demikian dulu om barangkali om punya daftar harga yang lebih detail sehingga bisa menjadi pembelajaran bersama. Terimakasih.

      salam

      • 117 yunior 13 October 2009 at 2:16 pm

        mantap saya setuju ma om sofyan intinya harga tergantung kualitas baik dari indukan maupun dari anakan itu sendiri…he..he

      • 118 gunawan 3 November 2009 at 6:18 am

        Apakah Bapak melayani pembeli dari luar P. Jawa, saya domisili di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Berapa biaya kirimnya Pak?

      • 119 yunior 9 November 2009 at 10:20 am

        ayo tuh om da ymau beli orang kalimantan nanti saya bantu pengirimannya deh

  67. 120 ahmad sofyan 9 October 2009 at 12:23 am

    Salam kenal Pak Didi,
    Wah Bapak termasuk kenarimania kelas berat 🙂 ……. untuk alamat dan no. hp Bapak bisa lihat di contact us….. harga anakan usia 2-4 bulan 1,35 jt,…… mengenai YS banyak mati memang karakter kenari jenis ini kurang kuat fisiknya mungkin karena bodynya yang bongsor….. pendapat saya lebih baik pelihara sedikit dulu setelah Bapak paham dan mengesuai karakter YS baru nambah sesuai kemampuan kita dalam merawat tiap hari… pendapat penjualnya mungkin bagus buat di daerah penjual tsb. tetapi belum tentu cocok untuk di daerah Bapak, demikian dulu Pak sharingnya mohon maaf kalau salah ….
    salam
    sofyan

  68. 121 Didi 8 October 2009 at 8:57 am

    pak saya Minta tolong Kirimi saya Range Harga Yorkshire Ternakan dari Bapak sama alamat&No HP… Karena saya selama berternak kenari Tidak pernah Berhasil Memelihara Yorkshire. setiap saya beli pasti Ujung2nya Mati. saya sudah pernah beli anakan sebanyak 8 ekor dengan Harga 7jt. mati semua. terakhir saya beli 1 ekor pejantan seharga 2.5jt jg akhirnya mati…. padahal apa yg di sarankan dari penjual sudah saya lakukan. terimaksih sebelumnya..

  69. 122 Didi 8 October 2009 at 8:55 am

    pak saya Minta tolong Kirimi saya Range Harga Yorkshir Ternakan dari Bapak sama alamat&No HP… Karena saya selama berternak kenari Tidak pernah Berhasil Memelihara Yorkshire. setiap saya beli pasti Ujung2nya Mati. saya sudah pernah beli anakan sebanyak 8 ekor dengan Harga 7jt. mati semua. terakhir saya beli 1 ekor pejantan seharga 2.5jt jg akhirnya mati…. padahal apa yg di sarankan dari penjual sudah saya lakukan. terimaksih sebelumnya..

  70. 123 dimas 1 October 2009 at 5:07 am

    wah ini ulasannya mantap dan lengkap……keren om Sofyan

  71. 125 yunior 30 September 2009 at 7:51 am

    wah saya dibawa-bawa nih he..he mantap om ulasannya…….

  72. 127 sodikin 30 September 2009 at 6:07 am

    mau tanya lagi itu tempat nya dmn klo mau nbli kenari yg baru akan di impor bulan okttober ,

    • 128 ahmad sofyan 30 September 2009 at 7:38 am

      Mohon maaf Pak saya blm tahu importir langsung… Bapak bisa hubungin om Yunior, alamat email Bapak apa nanti saya kirim no HP. terimakasih.

      salam

      • 129 aan (WIN malang) 17 April 2010 at 5:15 am

        pak sya minta no hp bpk n alamtna dmna yow… aan malang (ring WIN)…. sya btuh yogser yng asli skrang.. pnya saya da g produksi lge…

      • 130 ahmad sofyan 17 April 2010 at 2:59 pm

        Mohon maaf HP saya HP operasional di kantor jadi belum bisa di share ke temen-temen kalau ingin komunikasi lewat email saja…. alamat saya ada di sebelah kanan blog ini…. untuk Yorkshire mohon maaf belum ada, kalau om Aan di Malang coba hubungi P’ Anang Malang….

        salam


  1. 1 Tips Memilih Kenari YS (Yorkshire) « vdocd Trackback on 5 April 2011 at 4:19 am

Leave a comment




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,996,554 hits

Ingin Berlangganan Artikel