Perawatan Yorkshire (YS)

Pendahuluan Perawatan Yorkshire (YS)

yorkshire7Pada saat Yorkshire tiba dirumah Anda jangan berharap bisa langsung mendengarkan suara  Yorkshire atau Yorkshire langsung bunyi, anda harus bersabar dalam memelihara Yorkshire.  Tahap awal pemiliharaan YS adalah mempertahankan kesehatannya, pakan yang diberikan usahakan makanan yang bergizi pakan harus bersih (kalau ada makanannya diberi makanan impor atau dicampur antara makanan impor dan makanan lokal) dan kedalam air minumnya diberi vitamin, vitamin banyak jenisnya anda bisa mencarinya di pasar burung.

Pada tahap-tahap awal YS jangan dimandikan dengan cara disemprot cukup diberi tempat minum (cepuk) besar biarkan YS mandi sendiri dicepuk air minum, setelah mandi usahakan untuk dijemur. Dalam penjemuran jangan terlalu lama cukup 10 menit atau paling lama 30 Menit.. Burung kenari import rata-rata tidak tahan terhadap angin kencang untuk itu pada saat dijemur usahakan YS jangan terkena angin kencang secara langsung. Untuk menjaga ketenangan dan gangguan dari nyamuk sangkar YS harus dikerodong.

Dua minggu pertama merupakan masa-masa kritis dalam pemeliharaan kenari YS, jika bisa melewati masa kritis proses selanjutkan memancing YS berbunyi… ada beberapa trik untuk memancing YS mau berbunyi. Proses awal dekatkan YS dengan kenari yang rajin berbunyi/gacor usahakan YS tidak melihat kenari gacor cukup mendengarkan suaranya saja… YS termasuk kenari yang mudah dimaster saran saya harap hati-hati dalam memaster YS takutnya mendengar suara kenari kurang bagus….. atau kemasukan suara kenari yang kurang bagus…

Keuntungan Menanti Anda

Kalau baca tulisan diawal……. memelihara Yorkshire (YS) sepertinya ribet banget dan menurut saya memang cukup ribet tetapi dibalik keribetan tersebut ada nilai ekonomis yang cukup tinggi, tidak semua orang sanggup melakukan keribetan tersebut…… jadi bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari ternak kenari saran saya coba anda ternak Yorkshire karena masih banyak kesempatan dan pasarnya cukup terbuka.

Sesuai dengan pribahasa tidak ada makan siang yang gratis  katanya didunia ini tidak ada yang gratis semua harus bayar…… kalau anda ingin menghasilkan untung besar harus berani mengeluarkan modal besar dan harus mampu menerima resikonya juga besar walaupun ada kejadian dengan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan yang besar tetapi sangat sedikit sekali orang-orang beruntung di dunia ini, rata-rata keuntungan linier dengan modal & resikonya …… semakin besar untungnya maka resikonya semakin besar.

Kalau anda berhasil ternak Yorkshire istilahnya anda sudah menciptakan ATM sendiri hehe… saya mencoba memberi gambaran dari penghasilan ternak kenari YS.  Modal awal sepasang YS minimal 3,5 juta rupiah…. Sangkar ternak 2 buah sekitar 150 ribu, biaya pakan selama 1 bulan sekitar 50 ribu dan sarana penunjang sekitar 10 ribu. Jarak YS bertelor sampai anak lepas sapih dan bertelor periode berikutnya sekitar 1,5 bulan dan setiap 1 tahun YS mengalami mabung 1 kali, lamanya mabung sampai siap ternak sekitar 3 bulan jadi dalam 1 tahun YS bisa punya anak sekitar 6 periode. Jika dalam 1 periode berhasil menetas dan hidup sampai besar sebanyak 2 ekor maka dalam 1 tahun menghasilkan 12 anak…. Harga 1 ekor YS local sekitar 1,250,000 maka dalam 1 tahun hanya ternak dengan 1 pasang saja anda bisa menghasilkan 15 Juta dengan biaya operasional sekitar 75 ribu perbulan. Bagaimana kalau anda berhasil ternak 10 pasang………. wuihhhh mantap sepertinya tidak usah nguli seperti saat ini he..he…….

Kendala dalam beternak Yorkshire

Tetapi tidak semudah hitung-hitungan diatas…… ternak YS banyak kendalanya, proses ternak YS termasuk cukup rumit….. YS mempunyai body yang bongsor sehingga cukup sulit dalam proses penjodohan sering terjadi telor kosong (tanpa dibuahi), jantan YS sulit birahi dan banyak kejadian YS betina kurang pintar dalam merawat anak……..  Kalau anda berhasil melewati kendala diatas anda telah menciptakan ATM yang bisa digesek setiap 1,5 bulan sekali hehe……..

Demikian dulu gambaran mengenai ternak Yorkshire saya merasa masih banyak kekurangan dalam tulisan ini, saya sangat  berterimakasih jika anda bersedia untuk memberikan saran dan masukan ……

40 Responses to “Perawatan Yorkshire (YS)”


  1. 1 Rudy_java 21 January 2013 at 5:56 am

    Om saya peternak kenari af,, dan sekarang mau nambah SANGER & BLACTHROAT, q mau tanya om? Punya kenalan peternak MOZAMBIK gak? Kalo ada q minta nomer hp peternak,nya OM?

  2. 2 melly 3 January 2013 at 4:29 am

    Maaf lam kenl om. Saya pemula main kenari YS dan coba keoari YS saya tangkar. Nelor 3 n jadi cvman 2. Tapi masalahnya indukan suka patokin bulu mtda anaknya. Mohon pencerahannya om2. Trmksh.

  3. 4 Aka 19 February 2012 at 4:03 am

    mohon ijin gabung Pak, sekalian tanya
    Ada aplikasi untuk mencatat hasil breeding kenarinya gak? yang pake kertas juga boleh, aplikasi di komputer kalo ada juga alhamdulillah.
    makasih pak.

  4. 5 Mochamad Anwar 9 July 2011 at 4:37 am

    di balikpapan ada yg punya kenari ys sepasang tlong dong info,,,sy ada niat pingin di ternak,,,,,,,,,,,,,,,,,?

    • 6 Agoes M.Roedjino 14 November 2011 at 5:42 am

      @mas bro anwar… di t4 kios burung” tuh bnyk bngt..walaupun blm jodoh dirawat n d tunggu sampai dia benar” birahi… selamat berburu n mencoba

  5. 7 qhoddam 25 October 2010 at 2:39 am

    om kalau mu beli yorkshire di bandung harus hubungi siapa ya om? minta alamat ma no tlpnya om…..? makasih om sebelunya…..

  6. 8 wk 13 October 2010 at 2:29 pm

    Salam knal semua, sy mau belajar merawat kenari kenapa susaah bgt membuat kenari gacor,ama ada yg punya kenari bahan f1 atau f2 dan brapa harganya tlg yah dibantu /dibls ke emailnya trimakasi

    Om kalau baru belajar lebih baik membeli kenari sudah jadi (dewasa) agar tidak jenuh menunggu sampai kenari rajin berrbunyi… kenari akan rajin berbunyi ketika disekelilingnya ada kenari lain yang bunyi, kalau hanya punya 1 ekor dan masih bahan maka akan kenari bahan agak lama bunyi…

    salam

  7. 9 yunus 30 July 2010 at 1:17 am

    om sepengetahuan pengalaman saya….biasanya rata2 kenari bertelur 3-5 butir kadang ya sampai 6…untuk mudahnya dua minggu dari bertelur itu biasanya uda pada netas…kadang ada juga yang gk jd dalam 1 periode penetasan…jd ditungguin aja kl netas 4 ya biasanya ya 4 hari….

  8. 10 sudarmanto 17 June 2010 at 5:17 am

    siang om…
    mau tanya jarak penetasan telur satu dngn yg lainnya berapa hari?kenari sy ngerami telur 6 butir udah netes 1 dari hari,sabtu-12/06/2010 kok enggk netes2 lagi>?apa itu masih bisa netes apa nggk?tp indukananya msh mau ngerami trus>trimakasih

  9. 11 novi rizal 25 May 2010 at 9:43 am

    apa beda kenari Yorkshire dan kenari F1??

  10. 12 Achmad Chairul 16 May 2010 at 2:00 pm

    Salam kenal Pak, mohon infonya donk dimana saya bisa mendapatkan kenari YS dan harganya berapa untuk sepasang baik yang msh bahan maupun yg sudah siap ?

  11. 15 donny malang 11 May 2010 at 4:06 am

    salam kenal pak gerry, tapi sayang saya udah pindah ke gading serpong

  12. 16 gerry1984 10 May 2010 at 12:13 pm

    malam bapak2 dan om2 semua…saya baru join di forum ini..
    saya hoby burung kicauan termasuk kenari. yang saya mau tanyakan,untuk wilayah jawa timur wilayah malang atau surabaya adakah breeding farm yang bisa saya kunjungi untuk jenis kenari yorkshire dan holland..

    mohon sharing dari sesepuh…
    trima kasih…

    • 17 ahmad sofyan 11 May 2010 at 12:15 am

      ayo orang Malang angkat tangan ada yang nanyain peternak di malang nich … hehe….

      salam

    • 18 munir 11 May 2010 at 4:25 am

      di panjen om banyak, tp alamat kurang tahu, coba tanya pd
      1. Malang Bird Farm (MBF) Phone: (+62 341) 384 162; 9018982, kali aja punya banyak koneksi.
      2. Jl. Kenanga Indah 28 rt. 01 / rw. 06 Bioro Jatimulyo Malang 65141
      Telepon: 085755860334 (Didik / Paimo).

      maaf om….nama tsb ada di FB-ku, jadi bkn promosi.

  13. 21 tri 26 April 2010 at 5:04 pm

    kenarinya udah besar semua om…bakalan n gak bisa bedain mana yang betina n jantan sesuai dengan artikel om tulis di link lainnya..

  14. 23 tri 26 April 2010 at 4:55 pm

    malam ne pak….saya mau tanya ne ….saya kan mau belajar ternak kenari ….. kemarin dipasar ada burung kenari tapi warnanya kuning…dengan harga 100rb/ekor …gak tau jenis apa…tapi saya bingung mau milihnya yang mana betina ma jantan…mungkin dari pengalaman bapak bisa share ilmunya sama saya…
    kalau bisa balas ke email saya saja..trimakasih
    mingkak87@yahoo.co.id

  15. 24 Heru Mufarid 16 February 2010 at 5:16 am

    Pak Sofyan, saya memang ingin menekuni ternak BT yang katanya memang lebih sulit daripada ternak kenari atau ternak yang lain. Pengetahuan tentang BTmasih sangat minim yang tentunya ingin berguru dan tukar kawruh dg teman2 petenak kenari atau lainnya, terutama ingin menimba ilmu dari Pak Sofyan, boleh kan?

    • 25 ahmad sofyan 16 February 2010 at 7:16 am

      Om Arief, saya masih belajar…. belajar dari pengalaman selama ini pada saat saya mengalami masalah saya susah mencari tempat untuk bertanya… mudah-mudahan dengan adanya blog ini kita bisa belajar bersama-sama sehingga ketika menghadapi masalah dapat dipecahkan bersama-sama…. demikian di tunggu sharingnya mengenai ternak BT hehe….

      salam

  16. 26 Heru Mufarid 26 December 2009 at 4:08 pm

    Maaf Pak (keluar dari YS) Bagaimana dg beternak bleksrut permasalahan dan masa depan pemasaraannya jika dibandingkan dengan YS? Kelihataannya belum banyak mania burung kenari yg melirik sikecil mungil ini yg sama2 aslinya burung impor

    • 27 sofyan 27 December 2009 at 7:30 am

      Salam kenal Pak Heru…. saya coba fokus di kenari….. jenis finch seperti blackstroat, edel sanger, mozambik dll biar Pak Heru aja yang bahas hehe….. setelah didalamin ternyata dalam burung kenari banyak hal-hal yang menarik yang belum saya ketahui kalau ditambah jenis finch bisa kedodoran hehe…. Mumpung belum banyak yang bahas ayo Pak Heru yang bahas ….

      salam
      sofyan

  17. 28 yunior 27 October 2009 at 1:50 am

    om saya ngasih pendapat nih ya bolehkan?…he..he
    gimana kalau kasih thread khusus untuk jual beli, pict2 kenari ternakan om sofyan ma thread diskusi he..he biar tambah mantap blognya om

    • 29 ahmad sofyan 27 October 2009 at 5:26 am

      terimakasih atas masukannya om, utk nampilin gambar kenari hasil ternak saya sudah saya laksanakan di kategori galeri kenari. Untuk thread diskusi dan thread jual beli mohon maaf tidak bisa diakomodir karena sudah ada http://www.kicaumania.org dan http://www.galerikenari.com saya pikir kedua situs ini sudah sangat bagus dan membernya sudah banyak sehingga artikelnya lebih bermakna dan berbobot….. blog burungkenari ini saya coba arahkan untuk mewakili rasa senang, unek-unek dan pengalaman saya selama menekuni burung kenari….. sehingga hobis yang baru kenal kenari bisa memaknai apa dan bagaimana dunia kenari…. demikian om

      salam
      sofyan

  18. 30 djanoear 23 October 2009 at 4:25 pm

    thks infonya om sofyan mohon ijin copas ya ….pak andi untuk pemasaran di malang sepertinya tidak menemukan kendala byk lahan kl kita mau … 🙂 utk beternak kenari kita memang harus ada tujuan , kita mau jual kualitas atau kuantitas , menurut saya Di Malang kebanyakan orang beternak untuk mencari kuantitas …..kita bisa pasarin kok asal harganya cocok .

    • 31 ahmad sofyan 26 October 2009 at 3:08 am

      Pak Djanoear silahkan aja kalau mau copas yang penting tolong disebutkan sumber linknya Pak …. mudah2an bisa bermanfaat ….

      salam
      sofyan

  19. 32 Alfian 20 October 2009 at 5:07 am

    Siang mas,..

    Mas, saya mau pesan indukan / pasangan YS yang sudah jadi/produktif…
    Berapa harganya dan ongkos kirim ke padang

    Terima kasih

    Alfian

    • 33 ahmad sofyan 20 October 2009 at 6:36 am

      Pak Alfian untuk saaat ini mohon maaf saya belum bisa memenuhi permintaan Bapak ….. Insya Allah kalau diantara temen-temen ada yang mau melepas Yorkshire nanti saya kabarin Pak… terimakasih

  20. 34 adefiat 11 October 2009 at 1:19 pm

    Wah…menarik sekali ulasannya ni bos, tidak hanya mengenai burung dan permasalahannya tapi banyak saran dan ide yang cemerlang. Enak di baca saya jadi sering berkunjung dan baca semua posting nya. Saya juga penggemar burung kenari tapi masih pemula jadi banyak belajar nih. Salam kenal

    • 35 ahmad sofyan 11 October 2009 at 2:59 pm

      Saya senang kalau Bapak menyenangi artikel yang saya tulis….. saya juga sama Pak masih pemula ternyata semakin dipelajari semakin komplek & banyak yang saya tidak tahu …. yuk kita belajar sama-sama

      salam

  21. 36 Andri 8 October 2009 at 1:57 am

    Pagi pak, kok kelihatannya yang diulas cuma yang impor aja, kalo yang lokal gimana pak. Apakah pasarnya masih menjanjikan, sebab saya punya kurang lebih 25 ekor kenari lokal warna wortel siap pakai, tapi pemasarannya masih susah. Di Malang sini anakan masih bertengger di 20- 60rb. Mgkn ada pemecahan dari dari permasahan saya?

    • 37 ahmad sofyan 8 October 2009 at 3:31 am

      Pak Andri, kenapa saya banyak mengulas kenari impor karena kenari impor itu perawatannya agak rumit belum banyak orang yang berhasil merawat YS, tujuan lain saya banyak mengulas kenari import yaitu mengajak pakar-pakar kenari agar mau berbagi pengalaman …… menurut informasi hampir 30 % kenari yorkshire yang masuk ke Indonesia mati….. kan sayang berapa uang yang hilang karena kematian. Mudah-mudahan dengan adanya blog yang kecil ini bisa membantu menekan jumlah kematian & bisa membantu hobis menambah penghasilan…. kenapa pemasaran kenari lokal susah Bapak bisa baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/03/pengalaman-ternak-kenari-4/ menurut saya dalam beternak itu harus punya tujuan jangan asal ternak dan si peternak harus pandai mengemas produknya sehingga kesan lebih exlusive kalau hanya ikut-ikutan akhirnya produknya jadi produk masal dan harganya rendah… Menurut saya menjual kenari mudah hanya memang memerlukan usaha agak keras untuk menemukan pasar yang potensial. Demikian Pak semoga bisa membantu.

      salam
      sofyan

    • 38 adi 22 January 2010 at 1:32 pm

      pak,,saya ingin membeli 100 ekor kenari lokal untuk dijual jantan lot
      jika bpk bersedia bisa hubungi saya di 081386800892
      trimakasih

    • 39 Hadi 24 August 2010 at 3:20 am

      Om Andri alamatnya mana? Sy juga di Mlg.


  1. 1 Perawatan Yorkshire (YS) « vdocd Trackback on 4 April 2011 at 1:29 pm

Leave a comment




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,996,554 hits

Ingin Berlangganan Artikel