Berinvestasilah dengan hobi Anda jilid 2

fetchcolourSampai saat ini tanggapan hobis pada tulisan saya mengenai Berinvestasilah dengan hobi Anda  alhamdulillah sangat banyak dan menjadi salah satu artikel favorit di blog saya……  tiap hari tidak kurang dari 50 pembaca dengan telaten meluangkan waktu untuk membaca artikel tersebut ……

 Saya sangat berharap peternak-peternak kenari yang sudah karatan (pengalaman) hehe……. mau bercerita mengenai ternak kenari dan hasilnya…. saya yakin banyak orang yang ingin mencoba ternak kenari tetapi tidak ada model/contoh yang dapat di tiru sehingga mereka ragu-ragu….  banyak email atau sms yang bertanya mengenai prospek ternak kenari hanya sampai saat ini saya juga masih belajar jadi belum bisa bercerita banyak…. Pada tulisan ini saya ingin menampilkan peternak kenari senior saya yang sudah berhasil dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh saya rasa om Hasan termasuk peternak sukses dan ulet ….. ini saya lampirkan cerita beliau….. selamat menikmati

Jujur aja, klo diitung2 dari kenari saya dah ga bisa hitung labanya, just info aja kisaran puluhan juta rupiah nettnya  sudah masuk kantong, tp ga tau pada kemana koq hilang smua..?? Mungkin kantongya bolong…hehehehee…

1. Untuk ternak sendiri…..

Sy cenderung main di holland/lokal dengan jumlah banyak ternaknya, kisaran ternak 75-100 betina biasa warna polos2 kuning, orens, putih, sunkis jeruk, wortel dll, dengan pejantan kurang lebih 25 ekor.

Dengan asumsi tiap indukan nelur 2-4 n netas sampe besar kurang lebih 1bln 2 ekor aja, sy dpt panen anakan minimal 2X50 = 100 ekor perbulan,

Bila disetorkan ato dijual harga anakan minimal 30-40 rb jd tiap bulan dapat 3-4 jt, dikurangi pakan dan anak kandang (perawat ) 1,5 jt, jd masih dpt untung bersih 1,5-2 jt perbulan

2. Jadi Pengepul

Ini untungnya, jujur aja lebih banyak dari ternak sendiri, jd saya menerima setoran burung kenari apapun asal tidak cacat, anakan, pejantan, indukan, suara istimewa, suara isian dll, sistemnya kayak kita tuker duit asing, misal klo orang setor jantan bunyi 100 rb, klo beli di saya 120 rb

Syaratnya biar lancar selain kita punya ternak sendiri juga harus punya :

1. Mitra peternak kenari lainnya

2. Orang yg keliling kampung ato rumah2(bakul) ke peternak2 ato yg punya kenari (alhamdulilah sdh punya 4 org)

3. Mitra Pedagang di pasar burung (alhamdulilah 90% pedagang kenari di PB splendid malang sudah jd temen sy.hehehhe….)

4. Bos besar yang mau menerima setoran kenari dr kita berapapun jumlahnya bisa dalam kota maupun luar kota

Saat ini sy tetep jalankan ke22nya disamping pekerjaan utama saya sbg [b]kuli[/b]

Smoga berkenan…… n sy tunggu kiat2 om sofyan, junior dan senior2 yg lain…., ok

29 Responses to “Berinvestasilah dengan hobi Anda jilid 2”


  1. 1 sadid 22 May 2014 at 3:20 am

    pak boleh mnta nomer handphone gk nc

    komunikasinya di blog aja ya om, mohon maaf belum bisa beri no.hp pengalaman saya kalau no.hp disebar/diberikan saya kerepotan sendiri, lagi enak istirahat ada yang nelpon atau sedang meeting ada yang nelpon kalau diblog kan enak saya bisa balas ketika kondisi santai…..

  2. 2 darmawan 31 March 2012 at 4:04 pm

    minta no hpnya pak

  3. 3 fifi 8 November 2010 at 2:46 pm

    Pak..saya baru mau memulai bisnis ternak burung kenari ini..apa bs bertatap muka dengan bapak langsung untuk berbagi pengalaman pak? Karena tadi saya liat bapak sepertinya domisili di malang..dan kebetulan saya juga berdomisili di malank pak..mohon info yaa pak..

    Saya tinggal di Palembang kalau om/tante (maaf namanya samar nich laki-laki atau perempuan hehe…) mau mampir ke Palembang silahkan saja…

    salam

  4. 4 naryo 2 November 2010 at 7:05 am

    Salam kenal bang …. saya naryo dari kota solo
    baru dua bulan ini saya mengikuti blog kenari mania, saya tertarik dengan ulasan ulasan yang menurut saya sangat membantu bagi pendatang baru seperti saya…

    saya tertarik dengan YS impor , kalau di PB Pramuka jakarta kira2 YS jantan dan betina berapa duit ya….
    pingin punya sepasang kalau terjangkau ….mohon info
    matur nuwun….naryo kota bengawan solo

  5. 5 yunus 30 July 2010 at 1:27 am

    gan….saya pny ternakan kecil2an kenari ya dari hobi n coba2 gtu]…..saya msh bingung masarinya mas….mohon bantuannya untuk setoran ternakan di kota Malang dimana ya…….trims

    Pasar yang potensial adalah konsumen di sekitar peternakan anda coba anda terbuka mengenai peternakan yang anda kelola, maksudnya anda bergaul dengan komunitas hobis kenari disekitar (lingkungan) anda tinggal… om aja bingung nyari pengepul di sekitar om bagaimana saya yang jauh dari Palembang hehe… (maaf becanda om) saya rasa disekitar malang banyak pengepul tinggal om yang harus berusaha mencarinya….

  6. 6 eko kecil 16 February 2010 at 7:47 am

    mantap om ulasannya, saya juga lagi nyoba2 ternak. mulai dari lokal dulu aja. salut om sofyan. kl kenari f1 bakalan harga berapa ya.

    • 7 ahmad sofyan 16 February 2010 at 8:46 am

      temen-temen saya biasa jual F1YS kisaran 400 rb – 500 rb usia 1 s/d 2 bulan, tergantung kualitas dan warna bulu … saat ini mohon maaf saya belum produksi kenari, masih tahap penyesuaian kandang ternak… terimakasih

      salam

  7. 8 Dony 22 January 2010 at 2:49 am

    Memang betul kok..
    Hobi bisa menjadi investasi yang saya rasa malah bisa menjadii usaha pokok kita.
    Perhitungan kasar aja (pengalaman pribadi) hanya dengan 1 kandang ternak aja kl tiap 2 bulan sekali netas anakan 3 aja dah paling tidak menutup biaya pakan. Minimal kita sudah bs menyalurkan hobi….
    Pingin nambah kandang jadinya…….he3x..

    • 9 ahmad sofyan 22 January 2010 at 2:58 am

      iya lah om Don tidak usah banyak-banyak cukup 3 kandang ternak (3 betina 2 jantan) sudah bisa menghasilkan… apalagi kalau berhasil cetak kenari lomba penghasilannya bisa tambah mantap hehe…..

      SalamJabatanKopralPenghasilanJenderal

      • 10 Dony 22 January 2010 at 6:44 am

        wakakakakak..bener om…
        Makanya ini lg mendidik kenari lokal buat lomba. Mudah2an habis mabung bisa on lagi.

  8. 11 PAK WIENARTO 21 January 2010 at 1:01 pm

    saya bisa di hub di no 081804043207

    P. WIEN

  9. 12 PAK WIENARTO 21 January 2010 at 1:00 pm

    SEBAIKNY ILMU MEMENG WAJIB DI BAGI SELAIN DAPAT PAHALA Y ILMU ITU AKAN JADI BERRARTI SIAPA YANG MAU BANTU SAYA BIARR SAYA SUCSES TERNAK EDEL SANGERR

    RGD
    P> WIEN

  10. 13 PAK WIENARTO 21 January 2010 at 12:58 pm

    LUARRRRRR BIASA SAYA BARU BACA JA DAHHHH SENANG SAAT INI SAYA BARU COBA BELAJAR TRNAK SANGER BARU PUNYA $ PASANG DO AIN YAA

    SALAM P> WIEN

  11. 15 warno 16 January 2010 at 5:33 am

    ok terima kasih kang…kapan2 boleh mampir ke rumah yaa 😉

  12. 16 ahmad sofyan 8 January 2010 at 2:58 am

    Saya sudah tanya-tanya tapi belum ada gambaran secara pastinya Pak, Bapak coba tanya langsung ke yang bersangkutan (pak Hasan) ini no hpnya 0811369334, terimakasih

    salam

  13. 17 warno 10 November 2009 at 6:30 pm

    pak boleh diceritakan bagaimana me-manage anak kandang…beserta gaji nya..serta ulasan kreteria anak kandang yg baik.

    thanks om, mohon maaf pertanyaan yg singkat namun jawaban nya keliatan-nya panjang hehehe.

    • 18 ahmad sofyan 11 November 2009 at 12:57 am

      Pak Warno nanti saya tanya ke yang bersangkutan, masalahnya yang sudah berhasil ternak ini nama om Hasan tinggal di Malang Jatim…. demikian nanti kalau sudah ada kabarnya saya infokan kembali….
      terimakasih

  14. 20 si-Jiy 6 November 2009 at 4:31 am

    Setuju Om AS,

    Melihat Kenari saya bisa berbiak saja Alhamdulillah … bagi saya adalah Rejeki tersendiri, sebab beberapa teman sekampung yang mencoba beberapakali masih sering gagal dan akhirnya nyerah. Saat inipun beberapa anakan pertama di pesen/diambil teman-teman sekantor cuma-cuma. Saya sih pesennya supaya di rawat baik-baik karena saya ingin melihat/mendengar kualitas anakan tersebut.
    Matur Nuwun sharingnya Om, mudah-mudahan selalu sukses ternaknya … Amiin.
    Lagi ngumpulin modal neh … mau coba hunting YS lokal … kalo yang import masih takut nggak bisa ngrawat … hehehehe.
    Matur Nuwun

    • 21 ahmad sofyan 6 November 2009 at 7:05 am

      Sep, kalau ingin main kenari besar coba F2 dulu aja …. sebetulnya ngerawat YS impor tidak terlalu susah Pak hanya butuh ketelatenan & kesabaran……

      salam
      sofyan

  15. 22 sofyan 6 November 2009 at 1:04 am

    Pak Jiy, kalau pendapat saya jangan melihat dulu keuntungan tetapi kelola-lah hobi ini menjadi sesuatu yang bermanfaat setidaknya bisa menutupi biaya operasional….. kalau belum apa-apa sudah menghitung keuntungan takutnya malah stress sendiri…… Lakukan dengan senang hati kalau Bapak senang di suara standard …. masih banyak orang yang senang suara standar, seperti telah saya tulis di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/03/pengalaman-ternak-kenari-4/ hobis kenari tidak hanya senang suaranya saja, masih ada yg senang warnanya atau postur tubuhnya demikian Pak semoga bisa membantu.

    salam
    sofyan

  16. 23 si-Jiy 5 November 2009 at 2:08 am

    Matur Nuwun Om AS untuk tanggapannya.
    Kalo menurut Om sendiri, nilai jual Kenari itu paling banyak di suara atau di body/warna ? Kalo suara di isiannya atau di lagunya ? Walaupun hanya hobbie ( mudah-mudahan bisa menjadi sampingan ) saya ingin fokus mencetak kenari berdasarkan kegemaran di pasar. Jujur saja, saya lebih suka Kenari suara standar/aslinya dari pada isian, tapi yaitu kok saya denger dari teman-teman Kenari isian harganya bisa relatif lebih mahal, mungkin karena susahnya memaster kali ya Om … 🙂

    Matur Nuwun

  17. 24 si-Jiy 4 November 2009 at 4:28 am

    Om AS,
    yang di maksud kenari AF itu apa ya ? Saya punya indukan jantan kuning polos, 2 betina kuning belang-belang ( blorok ) dan kuning polos. Kata teman yang ngasih itu adalah AF, kata teman yang lain mungkin F1 holland. Apa bedanya ? Maaf belum tahu jenis2 kenari … 🙂

    Alhamdulillah, anakan pertama sudah 1,5 bulan dan sudah saya pisah, 2 jantan sudah ngriwik. Saat ini 2 indukan betina tersebut sudah netas lagi masing2 4 ekor.
    Untuk pemasteran anakan yang ngriwik itu, suara burung apa yang lebih cepat di tiru. Saya punya suara Ciblek dan Jalak Suren.

    Kira2, anakan tersebut harganya kisaran berapa ya jika dijual.

    Matur Nuwun sebelumnya

    • 25 ahmad sofyan 4 November 2009 at 4:42 am

      om Jiy,
      yang dimaksud AF itu secara umum adalah anak dari F1YS, F1YS disilangin dengan kenari lokal atau kenari lainnya…Wah selamat om semoga bisa selamat sampai besar, mengenai harga tergantung kualitas induk dan anaknya…. biasanya anak dari indukan juara harganya bisa mahal atau anaknya mempunyai talenta juara harganya jg bisa agak tinggi…. kalau anak kenari biasa-biasa aja berkisar antar 50 rb s/d 100 rb.
      Mengenai isian mau diisi ciblek atau Jalak suren bagus hanya kadang-kadang ada anakan yang susah ngikutin suara master-nya sehingga suaranya menjadi aneh….

      demikian om mohon maaf kalau kurang berkenan.

      salam
      sofyan

  18. 26 KD 3 November 2009 at 1:53 am

    tapi prosesnya gak instans kan ini yg gak semudah membalik tangan perlu proses klo dan berhasil tinggal nikmati aja

    trims infonya mr sofyan

    • 27 ahmad sofyan 3 November 2009 at 3:14 am

      Betul Pak butuh proses yang cukup lama… tidak bisa ujug-ujug langsung berhasil karena yang namanya makhluk hidup punya kemauan sendiri….. walaupun peternak sudah berpengalaman untuk menjodohkan pasangan kenari baru saja butuh proses mempelajari karakter dari pasangan tersebut…. dan proses begini yang saya senangin karena hampir setiap saat ada proses pembelajaran. Demikian Pak

      salam
      sofyan

  19. 28 Tono 30 October 2009 at 4:16 am

    Enak Banget ya kalo bisnis udah mapan
    Mau maen kesana cuma liat liat boleh ya pak

    • 29 ahmad sofyan 3 November 2009 at 3:31 am

      kalau sudah mapan memang enak Pak, tetapi seperti yang dibilang Pak KD semua butuh proses, untuk menjadi peternak berhasil dibutuhkan kesabaran dan keuletan si peternak … demikian.

      salam
      sofyan


Leave a comment




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,996,151 hits

Ingin Berlangganan Artikel