Fenomena Kenari Yorkshire

Bulan Oktober  sebentar lagi menyambangi kita, bulan oktober merupakan waktu yang ditunggu-tunggu  kenarimania dimana pada bulan tersebut kenari impor mulai masuk ke Indonesia. Gema mengenai masuknya kenari impor mulai terasa di beberapa forum, ada beberapa kenarimania yang mulai membuat kelompok untuk mengambil kenari impor terutama YS secara gabungan. Di Facebook lebih seru lagi  ada beberapa individu yang mengajak beli kenari Yorkshire secara kelompok…

Waktu masih di Jakarta saya pernah ngobrol cukup intens dengan importer, Waktu itu rencananya saya dan beberapa teman mau mengambil kenari Yorkshire bersama-sama berhubung dananya terbatas maka kami sepakat hanya mengambil setengah box. Yang menjadi perbincangan cukup alot saat itu adalah cara membagi kenari Yorkshire tersebut menjadi 2 bagian. Menurut si Importir yang bagus adalah kenari digiring dari 1 box ke box lainnya sampai mencapai jumlah setengah box (kalau tidak salah 1 box itu 40 ekor jadi setengahnya sekitar 20 ekor).

Saya sebagai orang awam saat itu berpikiran kok beli kenari Yorkshire ribet banget masa mindahinnya harus digiring satu-satu ke box lain, kan lebih gampang  tangkapin satu-satu dipindah ke box lainnya. Ternyata si importer  melakukan kegiatan tersebut berdasarkan pengalaman beliau waktu menjual kenari beberapa tahun yang lalu, pada waktu itu sampai sempat terjadi perang bharatayudha (mode lebay on hehe…), antar pembeli karena rebutan kenari, nach berdasarkan pengalaman itulah dia melakukan trik giring hehe…

Peternak kenari Yorkshire di luar negeri sana tidak sebanyak peternak kenari colour, waterslager, Spanish Timbrado atau kenari jenis lainnya, akibatnya Yorkshire yang dikirim campur aduk, usianya tidak seragam, terdiri dari beberapa peternak (ring beragam),  jenis kelamin dicampur antara betina dan jantan dan terakhir kesehatannya tidak terjamin. Beda dengan kenari impor kecil (WS, Holland ataupun ST) dalam 1 box usianya merata (ring 2010 hampir semuanya menggunakan ring 2010 hanya beberapa ekor yang berbeda), untuk jenis kelamin dalam satu box si importer bisa menjamin semuanya sama (jantan semua atau betina semua).

Sekarang kita kembali dengan fenomena yang ada di beberapa forum atau di fan page Facebook,  bagi saya Pribadi adanya pembelian secara berkelompok sangat menguntungkan, hanya pembelian berkelompok ini ada nilai plus dan minusnya,. Plus-nya pembelian berkelompok bisa menghemat biaya (beli rombongan lebih murah dari pada membeli satuan),ada kepastian untuk mendapatkan kenari YS.. dimana si importer lebih mengutamakan pembeli 1 box dari pada pembeli 1 ekor.

Nilai minusnya usia YS tidak seragam dari usia termuda sampai usianya paling tua, jenis kelamin campur aduk tidak ada jaminan jenis kelamin jantan semua , YS termasuk kenari rentan terhadap penyakit dalam 1 box ada saja kenari yang sakit, untuk YS mati ada jaminan ditukar tetapi YS sakit importer tidak mau menjamin. Sedangkan secara saya Pribadi (mungkin rekan-rekan juga sama) jika beli secara kelompok harapannya dapat YS jantan, sudah bunyi dan sehat. Nach sekarang siapa yang dapat menjamin semua criteria diatas bisa terpenuhi… Demikian sharing saya mengenai  fenomena kenari Yorkshire, saya mengajak rekan-rekan untuk memikirkan bagaimana caranya meningkatkan nilai plus dan meminimalisir nilai minus dari pembelian berkelompok, jangan sampai gara-gara beli berkelompok terjadi perang bharatayudha hehe….

54 Responses to “Fenomena Kenari Yorkshire”


  1. 1 Dian auwel 31 May 2013 at 3:29 pm

    Slm kenal kenari mania.
    Sy bs di bilang pemula buat kenari ys,sy sgt ngiler liat kenari ys big size,sy pengen beli tp gk tahu di mana,untuk area mojokerto tolong infonya 081358888445 trim’s sebelumnya

  2. 2 ekojogja 17 May 2013 at 4:37 am

    Mantap all

  3. 3 Asep Fauzan 20 August 2012 at 4:51 pm

    Mohon bantuan infonya, bagi kami yg bermukim di wil. Cirebon,di manakah kami bisa mendptkan kenari Ys di sktr Cirebon? Sy juga sgt bertrmaksh sekali kalau ada senior2 yg mau berbagi anakan kenari Ys…
    Bagi sobat/senior2 yg berkenan membantu,bs hub Sy di no 085224118377/087729994377

  4. 4 joko 19 June 2012 at 11:09 pm

    mohon infonya saya mau ternak kenari postur besar.klo ada yg jual indukan mohon kabari saya.saya disolo

  5. 5 Wawu 18 April 2012 at 6:33 am

    Salam Kenarimex Aku orang Jogyakarta ingin coba-coba pelihara kenari jenis YS Tapi Tidak Tahu Dimana dan Berapa Harganya untuk wilayah Jogja bisa Kontak HP 081215716999 dan Untuk Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga (APBK) Tahun Anggaran 2012 Sangat Terbatas sekali

  6. 6 Wawu 18 April 2012 at 6:17 am

    Kalau untuk Kota Yogya pada siapa bisa Ngecer YS 1 Pasang dan harganya berapa

    Om mohon maaf saya belum bisa bantu, belum ada penjual di Yogya yang saya kenal… terimakasih

  7. 7 fathoni 24 February 2012 at 5:39 am

    salam kenal om….
    Saya baru aja mulai beternak kenari om….cuma butuh lebih buat wawasan. Dari beberapa komen sy denger nama pak noer jogja….saya boleh minta info pak noer gak ya om?? Soalnya saya domisili juga d jogja….trims….

  8. 8 sulistyo 2 February 2012 at 4:20 pm

    salam kicau ,aq sulis !aq mau tny gimana cara biar kenari itu bunyi sambil jln

  9. 9 andri 17 January 2012 at 6:13 am

    tlg kasih info dunk gan,.yg jual kenari yorkshire betina di jakarta/ dibandung dgn harga standart& kl bs lbh murah,.he,.he,. hub.
    087812115779

  10. 10 Setyawan Conection 3 September 2011 at 1:39 pm

    salam smua kicau mania KN..sy pendatang baru d blog ini….
    om mau nanya bener g’ ya nilai jual kenari itu salah satunya dari warna? trs wrna yg nilai jualnya tinggi utk th sekarang warna apa ya?
    terima kasih sobat…
    salam kicau mania KN Bandung

    Tergantung tujuan dari memelihara kenarinya om, jika yang senang kenari warna maka warna cerah harganya lebih mahal contohnya warna oranye cukup tinggi semakin pekat warnanya maka akan semakin mahal harganya. Jika hobis kenari senang suara maka faktor utama pada suaranya warna tidak menjadi fokus utama

    wassalam

  11. 11 adi is 11 March 2011 at 9:14 pm

    om kalo mau beli kenari import tu dimana tho aku pengen beli tapi ga tau…aku posisi di jogja om

    Coba om cari peternak kenari disekitaran Jogja, di daerah Jogja banyak peternak kenari impor….

    Wassalam

  12. 12 salman sby 5 December 2010 at 1:59 pm

    ass…..

    saya pecinta kenari yang masih baru…

    saya baru aja melihara 1 yorkshire…

    saya tertarik pak kalo jadi anggota buat beli yorkshire secara gabungan.

    kl msh kurang orang saya maw ngikut bos…

    bs hub d i nomer : 08563188999

    maternuwun……

    ass…

  13. 13 winto 17 November 2010 at 3:04 pm

    Om Sofyan saya ada YS ring orange tertulis ABNL ; 23 10 huruf posisi vertikal,dan huruf 023 ; 9421 tertulis horizontal, artinya apa yaa?

    Wah saya belum sempet merhatikan kode-kode seperti diatas om, belajar cara beternak dan mempelajari katuranggan kenari saja belum khatam hehe…. kalau kode-kode seperti diatas kang Gede lebih familiar ….

    salam

    • 14 winto 18 November 2010 at 10:55 am

      Sip thanks Om,…
      Bagaimana di palembang perkembangan perkenariannya Om?
      apakah peminatnya cukup rame?
      Om Sofyan bisa tambah meramaikan donk

      Saya belum berkunjung ke pasar lagi om jadi belum dapat informasi yang pasti tetapi kalau melihat serapan pasar saya pikir masih cukup tinggi karena saya lihat di tukang burung (kios) kenari hanya beberapa hari sudah tidak ada, berarti peminatnya masih ada, insya Allah suatu hari saya coba kembangkan kenari di Palembang hehe….

      salam

  14. 15 dwi 6 November 2010 at 2:03 pm

    oo… ya trim om… kapan2 klo ada YS import hubungi saya om… saya lagi butuh YS nya klo ada sepasang

  15. 17 reno 5 November 2010 at 2:57 pm

    Tanya om AS…apa bnr hrg F1 ama F2 lebih mahal F2 ? klo iya bedanya apa yg bs bikin lbh mahal….trims

    Om Reno, betul harga F2 lebih mahal dari pada F1… F2 merupakan hasil silangan YS dengan F1YS ciri-cirinya F2YS body-nya hampir mendekati body YS dan lebih besar dari F1YS…

    salam

  16. 21 naryo 5 November 2010 at 7:21 am

    met kenal bos….saya naryo dari solo
    22 oktober kemaren saya ke pak noer jogya, tapi gak kebagian YS karena diborong orang malang

    katanya 26 november akan masuk lagi, …kalau saya mau pre-sales 1 YS jantan dan 1 YS betina harus bayar berapa bos …..
    mohon info ke e_sunaryo@yahoo.com
    matur nuwun
    naryo solo

    Waduh Om Naryo sepertinya butuh sekali nich hehe…. sayang saya jauh dari Jakarta kalau deket saya bantu cari ini YS ketemen-temen yang lain om…sedikit saran aja kalau nyari YS harus sabar dan tenang jangan grasak grusuk penjual YS banyak akalnya untuk menjual YS agar harganya tinggi… ada yang bilang YS ngisi, YS belum bunyi dibilang sudah bunyi dengan alasan sedang mabung dan hati2 terhadap YS yang matanya kena katarak… kalau sudah kena katarak nyeseknya seumur-umur om hehe….

    salam

    • 22 toheng 6 November 2010 at 6:14 am

      Om sebenernya mata kenari katarak itu gimana sih ciri-cirinya? soalnya ada mata kenariku senderung kemerahan (induk dan anak) tapi kayaknya normal2 aja aktifitasnya?

      Om Toha ciri-ciri mata kenari terkena katarak disekitar mata ada titik warna putih… kalau belum terbiasa susah melihatnya, pada saat makan dia mencari-cari makanan dan KN yang terkena katarak cukup berat biasanya jarang banyak bergerak hanya diam di tanggkringan…. kalau mata merah biasanya normal hanya kenari mata merah kurang kuat terhadap sinar matahari orang biasa menyebut albino… demikian om

      salam

  17. 23 dwi_jakarta 4 November 2010 at 1:25 pm

    halo om salam kenal… saya pecinta knari q mau nanya klo knari YS yang kecil/blum jadi biasanya brapa duit gtu…

    Kenari YS impor dikirim rata-rata pada usia 8 bulan keatas, tidak ada kenari YS bahan… kalau ingin YS bahan harus ngambil YS lokal dan harganya lebih mahal dari kenari impor paling murah 1,7 jt.. demikian om semoga bisa membantu…

    salam

    • 24 yunior 5 November 2010 at 3:17 am

      maaf om sofyan saya ralat sedikit harga ys sekarang paling murah 2 juta…itu harga eceran importir dan harga eceran saya jual ke temen…untk betina 1,6

      sep… banyak yang nanya YS nich om…, cman saya juga ngga punya refensi lapaker YS hehe… btw biar ketahuan sama yang lain komentar ini ditulis di halaman lapak juga om jadi yang niat nyari YS udah tahu harga dasarnya….

      salam

    • 25 rhyo 28 August 2011 at 3:48 pm

      halooo boss knari ysnya masih ada hub no saya 087875555995 2jt saya ambil lokasi cibubur rhyo

      Salam kenal juga om Rhyo, kalau ada YS harga 2 juta saya juga mau om

      Wassalam

  18. 26 kenari depok 23 October 2010 at 12:57 am

    numapang nyimak buat agan2 diatas ….boleh minta fbnya om yunior g???oiya om yg ys ijo 500k msh ada g????hehehe maklum pemula eceran

  19. 28 fediyan syahputra 20 October 2010 at 4:37 am

    Luar biasa kang gede…kayaknya prospek banget tuh YS nya ya…….
    Makin membuat penasaran dan makin membuat hati tertambat buat ternak yg agak lebih baik lagi…hehehhe…
    Gimana om Sofian….?kayaknya amunisi Om Gede mantap banget tuh……
    Koq semakin menarik yah dunia kenari …… pagi2 bangun dah dengar suara kenari…hmmmm membuat hari semakin optimis….
    Ok Sukses buat Om Gede….kayaknya Om Yunior juga ngak kalah mantap dan sukses tuh……
    Buat fediyan akan menjadi sarana belajar dari para senior kenari…
    terima kasih semuanya…

    • 29 gede 20 October 2010 at 10:58 am

      True Story tuh Om… tp sy yakin ntar akan ada yg lbh tinggi lg harganya…. ini terinspirasi dari artikel Kang AS; Pangkat Kopral Penghasilan Jendral !

      Terimakasih Kang AS atas Blog yg indah ini

  20. 30 yunior 20 September 2010 at 8:56 am

    udah lama gk mengunjungi blok om sofyan yg guanteng jadi rindu nih he..he…

    oh ya om saya masukin border cuma beberapa ekor and YS cukup banyak jadi gimana??? kemarin juga dapet yellow X. canary dari tanzania yg gacor mudah2an bisa jadi materi masteran baru.. he..he..oh ya om munir yg dah denger tuh bunyinya pas main kerumah saya???

    Kenari Tanzania seperti apa om..??, kenari border saya seneng sama suaranya hanya saya kurang seneng sama body-nya bulet-bulet mirip saya hehe…

    salam

  21. 36 budi 16 September 2010 at 8:42 am

    hallo kenari mania,,ak mau tanya ni,ak kan punya f2 baru ngorok,tenggorokan berlendir,udah tak kasih enro-b kok gak sembuh2 y,,kira2 ad lg nggak obat buat f2 ku biar cpt smbuh.thx..

    Om Budi, mengobati kenari yang terkena penyakit tenggorokan agak lama, harus telaten mengobatinya… coba diberi antibiotik (kalau saya untuk kenari yang terkena penyakit tenggorokan biasa menggunakan Spektra )

    salam

  22. 37 Yohanes Haryanto 16 September 2010 at 2:48 am

    Om AS , Mohon Maaf lahir batin dan juga buat rekan-rekan yang sedang buka blog ini, YS import sebentar lagi akan datangkan Om, punya tips perlakuan kenari YS setelah kita beli dari importir supaya cepat meyesuaikan dengan iklim dikita dan pola makan yang kita berikan..maklum baru mau coba YS

    Coba baca link ini om https://burungkenari.wordpress.com/2009/10/06/perawatan-yorkshire-ys … mudah2an bisa membantu…

    salam

  23. 38 Deni_Bekasi 15 September 2010 at 2:26 pm

    Om Sofyan, minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir batin. Krn terlalu seringnya sy berkunjung ke blog ini dan yg jelas sering banget berkonsultasi, barangkali ada kata-kata yg kurang berkenan mhn di maafkan.

    Kembli ke tema di atas. Ini info berharga sekali Om Sofyan, seidaknya sy jadi tahu sedikit tentang “ribetnya beli YS”. Mungkin krn ribetnya itulah jd salah satu faktor knpa harga YS tetap mahal. Jika model pembelian dg cara gabungan itu jadi, sy sangat setuju harus disepakati dulu cara pembagiannya.

    Bagi peminat yg membelinya dalam jumlah banyak, sy kira tdk terlalu banyak dirugikan. Misalnya Om Sofyan mau borong 10 pasang, ketika ternyata kelak dapat jatah 8 jantan dan 12 betina msh ga masalah. Tetapi akan jadi masalah bagi peminat yg membelinya dlm jumlah sedikit, misalnya Si Fulan mau membeli 2 pasang, jika ternyata kelak dapat jatah 1 jantan dan dan 3 betina kan jd agak repot tuh.

    BTW, harga YS untuk kesempatan Oktober nanti kira-kira ada di kisaran harga brp Om ?

    Sebetulnya yang membuat ribet si hobisnya sendiri om… berhubung jumlahnya terbatas dan peminatnya banyak jadi berbagai masalah muncul coba kalau jumlah YS banyak ngga bakalan terjadi rebutan hehe…
    Yang lucu di awal tahun 2010 (kalau tidak salah pengiriman terakhir) ada pedagang yang beli dari importir paginya ditempat importir tersebut jualan YS dengan harga yang cukup tinggi dan ada saja hobis yang mau beli akibatnya si importir jualan YS satuan sama dengan harga jual pedagang tersebut..
    Harga YS satuan di importir awal tahun 2010 sekitar 1,75 jt sampai 2 jt.. tergantung kualitas saya dapat YS harga 500K cuman sedang sakit hehe….

    salam

  24. 42 warno 15 September 2010 at 11:42 am

    Slamat Idul Fitri dulu ya para penggemar Kenari, Mohon maaf lahir bathin.
    Ya sekarang makin mantap aja para kenarimania. Burung kenari yang imut makin banyak penggemarnya. Bahkan ada info YS import mau tiba, bagi saya yang masih bayi di dunia kenari belum bisa untuk yang di kelas YS, maklum baru pemula banget. Trims banget buat artikelnya buat belajar saya. Salam Buat Semua penggemar Kenari

    Om Warno untuk beberapa kenarimania keberhasilan ternak YS merupakan kebanggaan tersendiri, sehingga setiap kedatangan impor merupakan momen yang sangat di tungu-tunggu, salam kompor hehe….

  25. 43 munir 15 September 2010 at 2:29 am

    mohon maaf lahir batin om.

    berkaitan dg tulisan om Sofyan, ada fenomena yg menggelikan, dimana ada pengkoordiner untuk pembelian Ys secara kelompok dg tujuan agar dpt harga lbh murah. harga sudah ditentukan lbh awal, dan peminat harus transfer duit lbh dulu dg alasan uang akan disetor ke pengimpor. setelah Ys datang langsung akan dibagi dg cara diundi… qqqq (apa ini yg namanya jagad aneh-aneh ya Om?).

    Yach setiap kelompok mempunyai cara masing-masing om hehe…, sebetulnya pengunjung blog ini ada ahli-ahlinya om… kalau ada yang mau repot sedikit saja jadi koordinator … program beli YS bareng-bareng bisa terwujud hehe…. sebetulnya momen ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan YS. Kalau menurut saya 1 sampai 2 tahun ke depan trend YS masih bagus, harga masih cukup bagus baik anakannya maupun YS-nya sendiri… Ayo siapa yang mau jadi koordinator ???…. hehe….

    • 44 rere 17 September 2010 at 8:50 am

      Setelah sya perhatiin obrolan yg seru ini,kekhawatiran dari calon pembeli & pengkoordinir masih ada krn masing-masing memiliki pengalaman serta pengetahuan yg berbeda-beda dalam pembelian YS dari importir dengan harga murah…klo boleh sya ikutan nimbrung untuk pembelian YS murah bisa dengan cara om gede yaitu pembeli harus bayar dimuka tp dikasih kesempatan untuk memilih jns kelamin yg diinginkan J/B sedangkan yg mengkoordinir membatasi pesanan dgn kuota 1 box tsb 60% Jntan & 40% Betina mungkin saja pemesan tdk semuanya butuh jantan..maaf ini cma ide aja ya om…

    • 45 Afiudin_Lampung 19 September 2010 at 11:46 am

      Hehehe…. Rumit banget ya bisnis burung import terutama Ys. Coba Om Sofyan masih di Jakarta, bisa jadi panitia pembelian kolektif Ys deh.:)

      hehe… saya dananya terbatas om jadi belum berani jadi koordinator pembelian YS, tadi siang saya dapat informasi dari temen katanya YS yang datang akhir bulan oktober sudah habis di borong pedagang… sayang sekali di kita importir kenari hanya beberapa gelintir yang saya tahu yang aktif hanya 1 orang yang lainnya hanya ngaku-ngaku importir doang … makanya kalau denger orang ngaku-ngaku importir suka ketawa-tawa aja kebetulan saya deket sama importirnya jadi sedikit tahu mengenai seluk beluk impor…

      salam

    • 46 yunior 20 September 2010 at 8:48 am

      ya udah saya koordinir deh..dijamin gk ribut hwa..hwa

    • 49 yunior 21 September 2010 at 6:55 am

      kalau disaya gk usah DP2 an karena yg mau ambil biasanya temen peternak semua kalau gk jadi gampang kok bisa dijual ke orang lain dgn harga yg lebih mantap tentunya..intinya kalau kita gk mau berkorban untuk orang lain gimana orang lain mau berkorban untuk kita??? he…he

    • 50 gede 23 September 2010 at 8:43 am

      Hehehe… kata Pepatah ” Dunia tak Selebar Daun Kelor ” mungkin itu yg membuat saya selalu mencari dan berusaha lebih keras untuk menjadi lebih baik… berkat Blog Akang dan bantuan dari sesama hobies, wawasan dan Jaringan saya dalam dunia KN terus meningkat ke arah yg lbh baik… Terimakasih !

      Kalau saya kebalikannya kang, dunia kenari selebar daun kelor hehe… ketika kita berbuat kesalahan atau mengecewakan hobis lain informasinya akan menyebar dengan cepat, berhubung hobis kenari terbatas akibatnya akan susah bergerak. Ada beberapa kasus yang membuat hobis curang tidak bisa berbuat apa-apa lagi…, saya bersyukur di blog ini tidak terjadi pertengkaran, walaupun terjadi gesekan-gesekan sedikit sich saya anggap masih wajar, kalau terlalu adem ayem juga kurang baik hehe….

      salam

  26. 51 Hary Key 15 September 2010 at 1:44 am

    Mohon Maaf Lahir Batin Om Sofyan. Kita hapus segala salah dan dosa yang kadang terselip dalam canda. Juga buat Om-Om yang sering mampir di Blog ini.
    Oh iya bila ada kelompok yang ingin membeli YS secara gabungan dan masih kekurangan anggota, saya bersedia ikut. Hubungi saya di 08176022868, 08158245828 dan 02198393828

    Salam
    Hary – di Jati Asih.

    sama2 Pak Hary… coba hubungi om Yunior atau kang Gede, atau bagaimana kita buat kelompok minimal 10 orang nanti dibagi 10 orang, sisanya kita jual hehe…. saat ini saya coba sedang merumuskan cara pembagiannya agar bisa adil minimal tidak terlalu mengecewakan… insya Allah rumusannya dari orang hobi murni bukan jiwa dagang hehe….

    salam

  27. 52 rere 14 September 2010 at 10:57 am

    om AS….sya lg cri kenari impor kecil kya WS,ST,roller..bisa kasih tau referensi importir yang bisa dipercaya & bisa di nego harganya..trims

    Om Rere… saya juga sama sedang nyari kenari, saya tanya temen-temen katanya belum ada, mungkin temen-temen sungkan ngasih harga kali jadi bilang ngga ada hehe….

    salam

    • 53 yunior 20 September 2010 at 8:50 am

      nanti tunggu in anakan border saya aja ya he..he dijamin muantap

      • 54 Afiudin_Lampung 23 September 2010 at 4:28 pm

        Jangan lupa jatah pre-man(gan). Huehehehe… Kalo bisa indukannya sekalian.:P

        sep, nanti kalau ada tugas ke Palembang silahkan mampir kebetulan rumah saya deket hotel tempat om Afiudin mangkal hehe….

        salam


Leave a comment




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,996,554 hits

Ingin Berlangganan Artikel