Kisah 3 Orang Buta

Alkisah ada 3 orang buta disuruh mengenali Gajah, mereka diberi waktu beberapa saat untuk mengenali gajah dengan cara meraba. Pada waktu yang telah ditentukan ke 3 orang buta tersebut di panggil untuk mendeskripsikan apa itu binatang Gajah. Orang pertama bilang Gajah itu tipis seperti kipas, orang ke 2 bilang gajah itu tinggi besar seperti pohon kelapa sedangkan orang ke 3 bilang Gajah itu kecil seperti ular.

Bagi orang yang mempunyai indra penglihatan normal seperti kita akan tertawa membaca cerita diatas. Karena Gajah yang digambarkan ke 3 orang buta tersebut tidak sama dengan bentuk gajah sesungguhnya. Bisa saja kita tertawa atau tersenyum sinis membaca cerita diatas, padahal kalau kita mau merenungi diri sendiri kejadian seperti cerita diatas sering terjadi pada diri kita. Faktor utamanya bukan karena ke 3 orang tersebut buta, tetapi cara pengenalannya yang salah. Jika ada orang yang bijak mau memberikan miniature gajah sehingga ke 3 buta tersebut bisa meraba miniature Gajah secara keseluruhan ceritanya akan lain, tidak seperti kejadian diatas dimana yang satu hanya berkesempatan memegang telinga, yang satu memegang kakinya dan yang satu kebagian memegang ekornya….

Demikian juga dalam kehidupan kita sehari-hari, dalam hal ini permasalahan utamanya bukan factor meleknya mata tetapi informasi yang kita terima. Jika informasi yang kita terima utuh (menyeluruh) maka pengetahuan yang kita terima akan sempurna, sebaliknya jika informasi yang kita terima sepotong-sepotong maka pengetahuan kita pun akan sepotong-potong akibatnya dalam menyampaikan informasi tersebut akan menjadi bias.

Bulan Oktober sudah mulai kita jalani biasanya dibulan ini berbagai burung kenari impor sudah mulai masuk, bintangnya tentu kenari Yorkshire. Dulu ketika saya baru mengenal Yorkshire tidak ada pembagian ring ataupun ukuran badan. Pokoknya jenis Yorkshire mau badannya sebesar gajah kek mau sebesar burung emprit tidak masalah harganya sama. Dengan berjalannya waktu dimana supply lebih kecil dari pada demand, maka pedagang mulai mencari celah ada yang mulai membedakan ringnya contohnya ring DKB ataupun non DKB, atau ada yang membedakan berdasarkan ukuran badannya.

Disinilah masalah baru timbul dimana saya pernah ngambil kenari ring DKB setelah sampai di rumah ternyata ringnya non DKB, pada saat saya konfirmasi ke pedagang dia bilang bahwa ring tersebut produk Negara Jerman sama dengan ring DKB. Mungkin perlu didiskripsikan lebih lanjut dalam hal ini bukan membedakan ring tetapi Negara asal burung tersebut. Si pedagang seharusnya memberikan list ring produk Negara Jerman itu apa saja.

Ada lagi penjual yang menbedakan ukuran badannya big size dan normal size, disini juga akan timbul masalah jika si pedagang tidak menjelaskan ukuran big size itu mulai berapa cm dan ukuran normal mulai berapa cm. Ukuran besar itu besarnya sebesar apa dan pembandingnya apa ?, karena kalau menurut saya yang nama Yorkshire sekecil-kecilnya Yorkshire kalau dibandingkan dengan kenari local akan lebih besar Yorkshire. Dengan adanya penjelasan yang mendetail maka si pembeli tidak meraba-raba seperti orang buta.

Demikian saja dulu sharing dari saya semoga bisa bermanfaat, dan menjadi pembelajaran bagi kita semua, dalam dunia perkenarian masih banyak hal-hal yang belum kita ketahui secara mendalam sehingga kesannya menjadi rancu. Saya mohon maaf jika ada yang tidak berkenan dengan oret-oretan saya ini, sebagai hobis saya hanya mengingatkan rekan-rekan pemula bahwa dalam dunia perkenarian masih banyak jebakan-jebakan yang jika kita tidak hati-hati akan menjerumuskan kita. Saya tidak bisa melarang pedagang berbuat curang saya hanya bisa sharing pengetahuan burung kenari, dengan semakin mendalam pengetahuan kita mengenai kenari akan sulit bagi si penjual nakal ngerjain kita.

6 Responses to “Kisah 3 Orang Buta”


  1. 1 Uphay 17 October 2011 at 8:53 am

    Om Sofyaaann…. Apa Kabar..? Akhirnya.. ada yang baru ulasannya… hehehhe. Hayoo.. harga YS sekarang 4 Jutaan….(Katanya sih), dan masih banyak peminatnya.. Luar biasa.. kapan yah.. Indonesia punya peternak YS dan gantian eksport ke luar negeri,,? hmm… Sukses aja deh buat semua….. Salam….

    Alhamdulillah kabar saya baik om, denger2 dari si Bewok peternakan om Uphay tambah mantap & produknya semakin berkualitas hehe…., Iya om saya dapat info-nya sekitar 3,5 juta/ekor. Insya Allah suatu saat kita bisa menghasilkan YS dengan kualitas yang lebih baik

    Wassalam

    • 2 Uphay 21 October 2011 at 5:56 am

      Alhamdulillah Om, berkat bimbingan Om2 semua di Blog kita tercinta ini, tapi yah masih lokalan aja om,,,belum kebeli YS euy,,,, hikss… mudah2an tahun ini kebagian… hehehe…

      Wah senangnya mendengar rekan-rekan kenarimania mulai berhasil ternak kenari, om Uphay santai saja insya Allah kalau sudah rejeki tuch YS gak bakal kemana hehe…. kalau menurut saya jangan terlalu memaksakan rata-rata umur orang Indonesia sekitar 60 tahun, kalau umur om Uphay sekitar 30 tahunan jadi masih ada kesempatan sekitar 30 tahun, jadi santai saja om hehe….. (wah Jaka Sembung makan tahu hehe…..)

      Wassalam

  2. 3 muji 12 October 2011 at 1:02 pm

    memang orang jujur sulit dicari….tapi kalo kita jujur insyaAlloh akan dipertemukan dengan orang2 jujur juga…..om sofyan up date blognya yg nunggu banyak..sering2 di update om biar tambah pahalanya he..he…he.. khan bikin orang pinter….

    amin… mohon do’anya dari semua hobis kenarimania agar saya punya banyak waktu untuk maintenance, dan update artikel….

    wassalam

  3. 4 yunior 12 October 2011 at 5:00 am

    wuih mantap om..,. saya tambahin infonya ya om kyknya saya tau orang yg beli kalau gk salah ketemu saya di premuka terus saya bilang om itu bukan YS tapi bedner tapi karena orangnya gk percaya..he..he kyknya wktu itu petian YS tercampur

    Bagaimana kabarnya om ??… terimakasih atas informasinya

    wassalam

  4. 5 adar 10 October 2011 at 2:31 am

    assalamualaikum…

    salam kenal buat smua…
    saya “adar” dari binjai sumatera utara.
    maaf y mas klo ga nyambung dgn wacana di atas…saya cuma pengen konfirm jenis kenari apa ya yang menjadi pic di atas?karena sy kmaren bli kenari dan mirip bentuk serta warnanya…masalahnya saya tanya sama penjual dia cuma blg kenari aj…hehe
    skali lg maaf ya mas, maklum saya pemain baru nih…hehe

    om Adar kenari yang di foto itu silangan Yorkshire dengan Lizard, kami bisa menyebut F1YSLizard, tks

    Wassalam

  5. 6 Afiudin_Lampung 9 October 2011 at 10:28 pm

    Alhamdulillah… Akhirnya ada update terbaru dari Om Sofyan. Betul sekali apa yang disampaikan Om AS. Barusan semalem sharing dengan sesama hobiis kenari dr lampung beli Ys dari pasar burung pramuka jakarta kurang lebih 4bulan yang lalu katanya seharga 3 jt. Tetapi Ys nya cuma sebesar F1Ys (kata beliau), setelah saya tanya lebih dalam ke beliau dia itu belum faham benar tentang kenari Ys. Dia cuma tertarik untuk menaikkan pamor ternakannya (lokalan) tetapi dia belum tau bagaimana bentuk, cara perawatan. dan lain sebagainya mengenai Ys yang menurut saya sangat kompleks/rumit apabila dipelihara oleh orang awam yang baru meliharanya tanpa banyak belajar dan berguru baik dr bacaan atau dari pengalaman orang yang telah mengurusnya. Semoga dengan adanya ulasan dr Om AS bisa sedikit membantu mencerahkan kita. Amn YRA.:)

    NB: Lupa Kaosnya eui, dah jarang ke Palembang nih Om. Minta list harga kaos+ongkir ke lampung Om. Thx.

    Om Udin, kejadian seperti om utarakan banyak terjadi (maaf bagi rekan-rekan pemula saya tidak bermaksud menakut-nakuti hanya menginformasikan agar rekan-rekan waspada), yang sering kejadian adalah transaksi F1YS, F2YS dll… semua terjadi karena belum ada standarnya, mudah2an dengan adanya sharing seperti ini bisa memberi pemahaman mengenai perkenarian. Untuk kaosnya nanti ya om kalau sudah ada waktu senggang akan saya informasikan, terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: