Tanda-tanda Burung Kenari Sakit

“Yah si abang kayanya sakit tuch, makannya kurang dan badannya panas “

“Bang emam yach ?, Bunda buatin ayam goreng kesukaan Abang “

Itulah ungkapan istri saya ketika melihat salah satu dari anak kami terlihat kurang sehat, istri  saya sangat peka dan tahu kondisi anak-anak jika ada sedikit perubahan dia akan segera mengetahuinya, ketika anak terlihat murung pada saat pulang sekolah bundanya akan segera tahu penyebab kemurungan tersebut. Itulah hebatnya perasaan sang Ibu, dia tahu betul kondisi anaknya. Saya rasa semua diantara kita bisa merasakan bagaimana rasanya kasih sayang seorang Ibu.

Disini saya tidak akan membahas betapa besarnya kasih saying ibu, tetapi bagaimana kita belajar menerapkan rasa kasih saying tersebut pada hewan peliharaan. “Om mohon bantuannya kenarinya saya sakit kondisi sekarang badannya kurus dan tidak mau makan”  walah kalau sudah dapat pertanyaan seperti ini,saya suka garuk-garuk kepala sendiri hehe…. Masalahnya kondisi seperti ini cuman tinggal menunggu hari “H”-nya untuk pindah alam, kalau kenari sudah mogok makan maka sulit penangannya karena jika kita paksakan makan bukannya akan menyelesaikan masalah tetapi akan mempercepat burung kenari pindah alam.

Terus bagaimana caranya mengetahui gejala awal hewan kesayangan kita dalam kondisi sakit, ada dua cara untuk melihat bagaimana kondisi sesungguhnya yaitu melalui pengamatan dan melalui kondisi fisik burung kenari.

Semua makhluk hidup ketika mengalami sakit maka akan memperlihatkan gejala awal seperti yang biasanya rajin bunyi jadi berkurang kerajinannya, burung kenari terlihat kurang napsu makan atau terlihat tidak lincah, Hanya cirri-ciri tersebut bagi orang yang baru mengenal burung kenari agak sulit mengenalinya. Semua binatang mempunyai naluri/sifat ingin mempertahankan diri dari bahaya serangan predator, sehingga binatang akan berusaha menutupi/menyembunyikan kondisi keadaan sesungguhnya dari perhatian predator. Demikian dengan burung kenari jika hanya gejala awal kalau tidak terbiasa akan kesulitan melihat kondisi sesungguhnya.

Ada beberapa kiat untuk melihat kondisi awal bagaimana kondisi sesungguhnya burung kenari yang kita pelihara, kita bisa melihat kondisi kotorannya. Feses burung kenari akan memperlihatkan kondisi burung sesungguhnya jika fesesnya kering pertanda burung kenari sehat, jika fesesnya cair berwarna putih apalagi sampai terlihat ada darahnya berarti burung kenari ada masalah. Selain dilihat dari kotoran bisa dilihat dari tingkah lakunya, burung kenari selain mempunyai badan yang kecil dengan warna yang menarik dia juga mempunyai sifat yang menggemaskan yaitu kelincahannya. Jika burung kenari terlihat kurang lincah apalagi terlihat bulunya merinding maka berhati-hatilah karena burung kenari menandakan sedang ada masalah. Dan masih banyak tanda-tanda lain yang saya rasa kalau ditulis disini tidak akan cukup 1 halaman dan yang utama akan membosankan membacanya.

Selanjutnya untuk mengetahui kondisi/keadaan kesehatan burung kenari yaitu memperhatikan kondisi fisik burung kenari. Hal yang utama yang harus diperhatikan yaitu kalau ada waktu sekali-kali coba memegang burung kenari, burung kenari termasuk burung jinak walaupun sering dipegang tidak gampang stress. Jika sudah terbiasa dipegang, burung kenari akan merasa nyaman pada saat dipegang dan tidak terlalu liar (jika kita dekatin tidak nabrak-nabrak ruji). Dengan dipegang maka kita bisa mengecek kondisi badan burung kenari, apakah badan burung kenari gendut atau kurus. Burung kenari sama dengan manusia ketika sakit akan memberikan tanda-tanda seperti badannya lebih hangat dari kondisi normal, napasnya panas dll.

Itulah tanda-tanda kenari yang kurang sehat bagaimana penanganannya nanti saya ulas ditulisan  selanjutnya … wassalam

About these ads

49 Responses to “Tanda-tanda Burung Kenari Sakit”


  1. 1 jarwo 9 May 2014 at 6:45 am

    Misi om
    jika bulu ekor nya berwarna hitam seperti kotor? Itu sakit tidak ya
    thx om

    burungnya terlihat aktif tidak om ?, kalau terlihat aktif berarti sehat bulu kotor biasanya karena burung kenari om jarang mandi atau kalaupun mandi hanya cuci muka….

  2. 2 gill as king 13 March 2014 at 8:30 pm

    Kunjungi juga tongkrongan baru ane ya men….semoga menambah wawasan kita semua…terima kasih…

    http://gillkenari.blogspot.com/

  3. 3 Lulih 17 December 2013 at 2:50 pm

    Om salam kenal ane punya kenari dada nyilet dan sebelah kiri kuping bengkak dan beraknya berair tapi masih lincah dan kagak nempel kototannya gejala apa ya om

    Untuk tahap awal coba diberi Super-N (bisa diteteskan langsung ke mulutnya atau dicampur ke tempat minum) makanannya diberi yang paling disenangin oleh burung kenari (bisa dilihat bijian mana yang paling banyak dimakan) serta telor puyuh….

  4. 4 aan 29 October 2013 at 2:00 pm

    mlm om ..
    semoga om sofyan slalu diberi kesehatan ..
    nanya nih om (ujung2nya ikut nanya jg hehe..)
    kenari jantan umur 1 th kurang lbhnya. baru ngawin 4 betina. dan yg jd cm betina 1 dan 2. stlh saya amati, vennya kayak bengkak. warna kuning kemerahan. termasuk penyakitkah? obatnya apa? pengaruhkah saat ngawin?
    maturnuwun sblmnya..

    Aamiin, jantan jangan terlalu diporsir kawin om… setelah kawin diistirahatkan 1 minggu atau lebih dan jangan lupa multivitamin serta gizi pakannnya harus diperhatikan….memang ada jantan yang setelah kawin hari ini besok bisa dikawinkan dengan betina yang lain namun akibatnya si jantan cepat drop…. mengenai ven-nya bengkak coba om perhatikan apakah ada bekas gigitan nyamuk atau si jantan gigit ven-nya sendiri karena merasa gatal ?, pengobatannya coba olesin minyak tawon om…..

    • 5 aan 30 October 2013 at 6:16 am

      iya om. pejantan utk ngawin om. istirahat paling sehari dua hari. atau agak lama pas betina semua angrem/miyik.
      saya perhatikan, ndak pernah matuk ven_nya om. kalau gigitan nyamuk, saya kurang tau.
      coba deh saya olesin minyak tawon. moga sembuh.
      makasih atas perhatiannya om..

  5. 6 arif pintoko 9 October 2013 at 6:16 am

    mau tanya om sofyan

    sekitar sebulan yang lalu, KN saya masuk masa mabung, baru kelar numbuhin ekor, muncul penyakit yang aga janggal klo buat saya, tiba2 saja kenari saya mandek makan, dan hanya mau makan biji sawi dan biji niger, karena kasihan kondisinya mabung dan sebagainya saya putuskan nyari biji sawi dan biji niger ke Pramuka setelah dapat sekrang malah gak mau makan biji2-an sama sekali, hanya mau makan EF yg saya berikan seperti telur puyuh, oyong, sawi, selada, apel, pear dll namun tidak sama sekali menyentuh biji2-an.

    klo saya perhatikan sih kotoran agak cair, dari mulut suka keluar ludah berlebih di ujung paruhnya, saya sudah berikan threatment netesin Super-* tapi tetep gak ada hasil, masih bgitu aja, hanya mau makan EF mohon masukannya, sekalian klo boleh apa nama penyakit dan obat untuk kenari saya sudah googling blom ketemu jawabannya. mohon dibantu ya om… terima kasih sebelumnya…

    Coba diberi obat pilar om, makanan yang dia suka diperbanyak dan ketempat minum diberi multivitamin…. usahakan kondisi/stamina kenari baik jangan sampai kondisinya ngedrop…. jangan lupa jaga kebersihan sangkar….

    • 7 arif pintoko 13 October 2013 at 11:22 pm

      obat pilar tuh maksudnya apa yah om? maklum newbie…

      coba om searching di google kalau dibahas disini terlalu panjang

      • 8 arif pintoko 28 November 2013 at 12:22 am

        ane cari di google blom nemu om, bingung mau diapain… tolong dibantu om, mungkin merk dan dosisnya berapa, itu aja om, kasian burung dirumah udah kurus..

        Terus terang setelah pindah ke Palembang 3 tahun yang lalu saya belum pernah ngalamin burung kenari dada nyilet jadi mohon maaf saya belum bisa bantu, coba cari di google dgn keyword/kata kunci “penyakit dada nyilet pada burung”…. cara googlingnya saya rasa om sudah bisa tidak harus saya tuntun satu-satu…

  6. 9 Febry Fauza 30 September 2013 at 2:28 pm

    Om mau nanya ni om! Saya baru membeli burung kenari jenis rutgal, tapi saya masih ragu ini kenari rutgal jantan atau betina, kata penjualnya ini kenari rutgal jantan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara membedakan kenari rutgal jantan sama kenari rutgal betina. Terima kasih sebelumnya.

    baca link ini aja ya om http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari/

  7. 10 Wawan engko 16 September 2013 at 9:18 am

    Mau tanya om pakan kenari untuk umur 3 bulan yg bagus apa ya om..

    Cari pakan yang mudah didapat om, yang terbaik adalah kita senang menjalani hobi jangan sampai ngerawat kenari kita malah stress berat :) ….

  8. 11 Susis Baraho 14 September 2013 at 12:57 pm

    om kalo kenari biar cepat gacor gimana cara ngurus keseharian nya yang bener dan baik. dan tentang tulang sothong kegunaan serta cara pemakaian nya..

    usia kenarinya berapa bulan om ?, mengenai tulang sotong sudah saya bahas coba om cari ditulisan saya terdahulu…..

  9. 12 sapto 7 September 2013 at 12:26 am

    Om. bagaimana atasin, kenari makan kotoran sendiri…???
    Waktu saya baru” beli ga seperti itu..setelah beberapa hari drmh saya, seperti itu.( makan kotoran sendiri )

    Menghilangkan kebiasaan agak susah ya om, coba alasnya diberi jeruji sehingga kenari kesulitan makan kotorannya dan setiap sore jerujinya dibersihkan

    • 13 sapto 9 September 2013 at 3:06 pm

      Untuk alasnya sdh saya kasih Jeruji om…tapi, tetap masih seperti it om. klw untuk jeruji dibersihkan setiap sore, it blm d coba..!!!

      Om Sapto, mungkin dia butuh asinan ( bukan asinan bogor ya om :) ) coba diberi tulang sotong atau grit…..

  10. 15 Susis Baraho 26 August 2013 at 11:43 am

    salam kenal ya om. saya pemula dalam memelihara burung kenari. saya mau tanya om kalo kenari hanya di jemur di siang hari tidak apa apa ya om. soal nya pagi hari nya saya sekolah. jadi hanya di gantung di atas sambil di kerodong. apakah tidak apa apa itu om ??. terima kasih sebelum nya\

    Biasanya yang dijemur siang-siang adalah anak sekolah yang bandel hehe…. maaf becanda, sinar matahari yang baik untuk berjemur adalah pagi hari kalau siang hari kasian kepanasan…. kalau ada waktu lebih baik dijemur sore hari (jam 4 sore)…. semoga kenarinya sehat ya mas/mba……

  11. 17 echoliman 31 July 2013 at 1:19 pm

    Malam om, saya penggemar baru kenari. Saya au tanya klo kenari saya sekarang obesitas dan saya kurangi jatah makannya. Yg biasa saya kasih sawi putih dan jewawut ( tidak di takar ) sekarang hanya saya kasih timun dan jewawut 1 sendok teh.
    Tapi akibatnya kenari saya sering menarik narik bulu ekornya. Kira2 kenapa ya pm dengan kenari saya.
    Trimakasih banyak om

    makanan terbaik adalah campuran beberapa jenis bijian dipasaran banyak makanan campuran bijian yang dijual bebas, kalau hanya diberi 1 jenis makanan (jewawut) bisa berakibat kekurangan mineral yang lainnya, saya rasa untuk diet sudah sesuai tinggal campuran makanannya yang banyak variasi. Narik-narik bulu ekor bisa diakibatkan oleh beberapa hal bisa karena gatal ada kutu, bisa karena birahi dan nyari-nyari bahan untuk sarang atau bisa juga karena dia butuh kalsium …

  12. 19 rahmat 18 June 2013 at 11:47 am

    om, pemula mau nanya ni..
    saya punya pejantan AF usia 8 bln,
    1.kalo bunyi putus2 di tengah n males bunyi.
    2.kalo di dekatkan betina yg udah birahi cuma diam saja
    3. kurang lincah, sering diem diatas tangkringan
    4.mata sayu
    yg saya tanyakan, apakah kenarinya sakit?? solusinya gmn??? thx

    kenari om sakit, sebelum penyakitnya parah coba obatin menggunakan antibiotik (saya biasa pakai super N), sangkar kenari dikerodong. Kenari tidak tahan tiupan angin kencang, jika menggantang di tempat terbuka jangan terlalu lama lebih baik digantang di dalam rumah agar terhindar tiupan angin kencang

  13. 20 Gito 12 June 2013 at 12:33 pm

    Om ma’af mau tanya saya bru punya burung kenari yg jenis F1 bli dri teman,yg mau saya tanya dri pertama bli KN itu klo naik turun tangkringan ga pada brung pada umumx hanya ngeruji n’ skarang ini lgi mabung prilakux ko’ matukin ornamen sangkar yah om?? Tlong dibantu(sewaktu di tempat teman KN ini gacorx pas lgi dijemur ato klo pas kena cahaya matahari)

    Haduhhhh…. kalau sudah tua begini baca tulisan seperti ini susah mencernanya …. tolong tulisan/bahasa yang mudah dipahami om, terus terang saya kesulitan memahaminya…. sebagai informasi saja saya menjawab semua pertanyaan meluang waktu pada saat jeda pekerjaan jadi kalau bahasanya susah dipahami kadang-kadang jawabnya tidak sesuai dengan pertanyaannya…..

    • 21 Gito 13 June 2013 at 3:42 am

      Oh iya om ma’af om gini om kenari saya kan lagi mabung trus kenapa om yah kok kenari itu matukin ornamen sangkar?? Nah dari pertama beli kenari itu klo naik turun tangkringan ga mau loncat tapi terbang dulu terus ngerayap gitu om klo naik turun di tangkringan….?? Mohon bantuan yah om dan tulisan semoga mudah di mengerti sama om!!!

      ooooo…. coba sangkar kenarinya dicuci terus diberi tulang sotong, mengenai kebiasa terbang pada saat menuju tangkringan mungkin kebiasaan saja kali….

      • 22 Gito 13 June 2013 at 11:43 am

        Trima kasih om atas jawabannya!! Iya om mungkin kebiasa’annya kli om yah soalx saya lihat kakinya tidak ada yg bermasalah dan tulang sotongnya besok akan mulai saya coba

  14. 23 Rendra aditya 7 June 2013 at 6:35 am

    Siang om..saya punya kenari AF gacor kmrn saya kasih minyak zaitun ke mulutnya eh tiba2 ga gacor lagi..dh gtu diem aja om ditangkringan.saya kasih makan CD.SAWI PUTIH.AMA APEL.sawi putih ama CD ya dimakan.apakah kenari saya sakit atau gmna om..thank mohon bantuannya biar kenari saya bunyi lagi

    Mungkin stress kali om, coba diberi obat anti sters

  15. 24 didot88 16 April 2013 at 1:12 pm

    om,, ko’ kenari bakalan saya kurang anteng gt.. sering ke ruji2 sangkarnya gt.gmana solusinya om?? Makasih

    Coba sharing ya om, sudah lama nich tidak sharing… pelihara kenari memerlukan kesabaran, kenarinya harus dijinakan dulu om…. cara jinakinnya gantang kenari setinggi kepala dan tempatnya sering dilalui oleh orang, semoga burungnya cepat jinak om…. salam

  16. 25 rafa 24 December 2012 at 5:06 am

    Mas kenari saya kok kelihatannya agak sering mbungkuk knp ya?

  17. 26 heri cahyadi 29 November 2012 at 3:44 pm

    Om kenari saya sayap nya ngamplek cara nyembuhinnya gimana

    Mungkin staminanya ngedrop om, coba rajin jemur setiap pagi serta diberi multivitamin ke dalam minumannya…

  18. 27 mossa 3 November 2012 at 4:52 am

    saya mau tanya belinya obat Megabac-S Vetafarm di solo ada nggak ya klo gak ada adANYA DI INDONESIA DIMANA…? TERIMAKASIH

  19. 30 Rizki raditya 2 November 2012 at 9:13 pm

    Om kenari saya klo berak berwarna putih n yangkut d anus itu sakit apa dan apa obatx,than’s by andik

    • 31 Uphay 7 November 2012 at 3:45 am

      Berak kapur biasanya om… kasih Super N (banyak di pasaran), sesuai aturan pakai yah… hehehhe, stop pakan sayuran dulu,

  20. 32 ardyatama 25 October 2012 at 3:59 pm

    Om saya masih awam masalah burung kenari,dirumah burung saya masih bahan setelah 3 minggu burung saya tiba2 bulu nya mengembang, jarang bergerak (tidak lincah) dan mata sebelah kiri nya ditutup dengan selaput matanya (tidak bisa melihat).. saya ingin tanya,apa yg dialami oleh burung saya?sakit atau apa?bagaimana cara penanggulangannya om.. Terima kasih sebelumnya om

    • 33 Uphay 29 October 2012 at 6:22 am

      jelas sakit om, coba dadanya dipegang,kurus / nyilet apa ndak? biasanya itu sakit kurus, bulu mengembang, mata sayu kadang terpejam, penanganannya, kenari slalu di kerodong sertakan lampu 40Watt didalam sangkarnya, berikan pilihan pakan yang beragam dan perbanyak apa pakan yang paling ia sukai. untuk pengobatan, musti dipastikan dulu sakitnya apa, kalau pencernaan bisa pakai Sper N, kalau nyilet kurus, biasanya merk Megabac-S Vetafarm (obat import). semoga bermanfaat,,,

  21. 34 ardyatama (@ardyatamatama) 23 October 2012 at 12:55 pm

    Om saya masih awam tentang burung,maklum masih pemula..burung kenari saya masih piyik sekitar 2 bulanan,masih bahan.. tiba2 burung setelah tiga minggu bulu burung mengembang pagi siang sore,tidak lincah bergerak,dan mata sebelah kiri burung menutup sm selaput matanya.. yang ingin saya tanyakan apa yg dialami oleh burung ini?sakit atau apa?bagaimana cara penanganannya om..mohon dibantu terima kasih

  22. 35 Joko Santoso 22 September 2012 at 2:29 pm

    Om Sofyan, saya masih awam tentang burung kenari terutama jenis YS. Kebetulan saat ini saya punya kenari Ys lokal (hasil ternak lokal). Yang saya mau tanyakan apakah burung kenari jenis Ys mempunyai sifat fighter seperti kenari lokal, artinya bisa dikonteskan. Berikutnya pada usia berapa bulan biasanya kenari Ys (lokal) bisa dikawinkan sebagai pejantan ?
    Terimakasih Om Sofyan.

  23. 36 fiqyud 22 August 2012 at 5:10 am

    om numpang nayak maklum br pemula niii,sây masih bingung dimana ya perbeda,an antara kenari black red dan rutgal? makasi…… sebelumnya

  24. 37 ican 14 July 2012 at 5:03 am

    siang om. . .
    Mau curhat dikit om. . . Kenari ku kurus ,bulu sering ngembang, dada nyilet, jadi males bunyi,kalo pun bunyi suara pendek2, semula gacor n suara panjang, gmana cara penanganan n pengobatanya biar sehat n gacor kembali om ?
    Mkasih n salam

    • 38 Uphay 17 July 2012 at 6:02 am

      biasanya itu gejala Megabac om / kurus nyilet, obatnya hanya Megabac-S (import) yang saya rasakan berhasil, namun karena obatnya jarang dan mahal, jadi burung nyilet jarang ke tolong. mungkin om yang lain ada yang punya alternatif lain yang berhasil dan murah… silahkan berbagi,,,, hehehe

  25. 39 ikhsanuddin_Aziz 23 May 2012 at 3:18 am

    apa kenari bisa terkena diabetes juga ya Om2?, soalnya sering kaki kenari luka terus diobatin dan sembuh, tapi nanti nongol lagi lukanya dan akhirnya ga ketolong juga.

    • 40 Uphay 23 May 2012 at 10:32 am

      saya nimbrung nih, saya pernah alami om, gejala awal kaki bentol, kadang menguning, lama2 hitam dan kering, sampai saat ini, saya belum ketemu nama penyakitnya, namun saya coba pakai Betadine Salep, lumayan menolong, tapi ada yang sembuh (kalau belum parah) ada yang sembuh kemudian timbul lagi (seperti om alami) dan ada yang lewat juga. dan ini menular om, kecurigaan sementara masih akibat kebersihan kandang yang kurang. semoga bermanfaat.

  26. 41 Arif Trisakti BF 22 May 2012 at 3:26 am

    sangat berguna sekali nih infonya om Sofyan, sebenarnya jika kita sudah terbiasa dengan burung kenari, dan sudah menjadi “belahan jiwa” terkadang kita bisa mengajaknya “bercanda dan berbicara”. Burung sakit apa tidak memang sepintas tidak terlihat kasat mata, tetapi jika kita sudah masuk “kedunianya” kita akan sangat mudah mendeteksinya. Memang saya sendiri terkadang tidak sempat untuk memantau satu persatu kenari-kenari saya saking banyakknya, tapi kalo sdh dikandang terkadang lupa waktu sampai larut malam hanya untuk meluangkan waktu berkomunikasi dengan mereka. Bagi pecinta kenari tentunya penyakit menjadi suatu momok tapi tidak ada penyakit yang tdk bisa disembuhkan kecuali kematian. Minggu kemarin saya sempat ngobrol sama om Uphay tentang kenari, penyakit, dan pengobatannya, sederhana simple dan murah. Monggo Om Uphay disharing obrolan kita ke Blog tercinta ini. Wassalam

    • 42 Uphay 22 May 2012 at 10:14 am

      Wuihh,,, akhirnya om Arif mampir juga, hehehe, terima kasih atas keramahan dan beberapa pasang Blackthroat nya… xixixiix… Panjang om kalau dijelasin disini, seperti om Sofyan bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati… jadi… rawatlah sebaik-baiknya… dijaga kebersihan, pakan, vitamin dll, sehingga ga terlalu banyak bermain obat2an. Sukses yah om….

    • 43 tri hat 25 March 2013 at 9:49 am

      Kangen rasanya lama tidak mendarat di blog tercinta ini,, apalagi setelah om arif trisakti bird farm menyempatkan sumbang sih komentar diblog tercinta ini,, jadi inget dulu saya pernah tanya tentang kenari sakit kaki dan lama kelamaan menghitam juga,, betul kata om uphay,, mencegah lebih baik daripada mengobati.. Sukses buat semua salam Kenari mania … Tqx. Buat om sofyan..

  27. 44 Muhamad saefullah 16 May 2012 at 5:27 am

    Klo cri” y burung kenari sakit apa” ch.

    ciri-ciri kenari sakit pakannya yang biasa habis menjadi banyak sisanya, kotoran kenari encer dan yang utama dilihat dari kebiasaan kenari yang biasanya rajin bunyi jadi berkurang, biasanya lincah jadi banyak diamnya dll wassalam

  28. 45 wengq 15 May 2012 at 7:03 am

    Gan kalau kenari mabung bagusnya di beri EF apaan?

    Om bagi saya pribadi kenari pada saat mabung diperlakukan sama saja karena kalau ada perubahan perlakuan takutnya tambah stress, paling banter kenari mabung saya kasih telor puyuh agak sering biasanya seminggu 2x menjadi 4x itu saja perlakuan yg lainnya sama saja, demikian om … kalau punya tip lain boleh sharing disini om, wassalam

  29. 46 yunior 14 May 2012 at 6:34 am

    wah lama gk berkunjung nih saya…he,,he gimana kabarnya om sofyan?

    Alhamdulilla kabar saya baik om, mudah2an om Yunior juga ada dalam keadaan baik amin…. wassalam

    • 47 Uphay 15 May 2012 at 6:21 am

      Omm Yuuuunn,,.. apa kabar..? wah makin sukses kayaknya nih… ampe baru sempet nongol dimari… xixixxiixxi…

  30. 48 Uphay 2 May 2012 at 9:50 am

    Mantaappss….. iya om, kadang kalau udah ketahuan KN kita sakit, masalah berikutnya adalah menentukan sakitnya apa dan tindakan pengobatannya. masing2 penyakit kadang punya ciri yang hampir sama… fiuvhhh,,,, ditunggu kolom khusus penyakit dan penanganannya om… hehehhe

    Kalau untuk menentukan jenis penyakitnya harus nanya dokter hewan om, saya cuman hobis kenari hehe… nanti saya lanjutkan tulisannya menunggu wangsit dulu hehe…. wassalam

    • 49 Daniel 15 June 2013 at 11:28 am

      salam kenal . ikut nimbrung ‘ sy ingin share masalah penyakit burung kenari , betul semua makhluk bisa terjangkit penyakit,tapi itu bisa diatasi tanpa harus mengobati, caranya : rajin ,disiplin ,dan perduli disertai dengan cinta dan kasih merawat burung kesayangan anda. niscaya burung kenari yg anda sayangi terhidar dari penyakit ( sy sudah 5 thn memelihara dan beternak burung kenari , dan tak satupun dari kenari sy terkena penyakit, sehingga sy tidak membutuhkan obat obatan. salam

      Mantap, terimakasih sharingnya om…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

didik on Paguyuban Peternak Kenari
erni sulistiani on Semua Akan Indah Pada Akhirnya…
erni sulistiani on Side Job
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari

Blog Stats

  • 2,198,186 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: